Visi Pelayanan Literatur

50 %
50 %
Information about Visi Pelayanan Literatur
Spiritual

Published on February 17, 2014

Author: JohanSetiawan

Source: slideshare.net

Description

Habakuk 2:1-2
Ulangan 6:4-9

Mengapa Melayani Melalui Literatur?
- Daya Tumbuh
- Daya Kembang
- Daya Sebar

Sasaran Pelayanan Literatur
Pelayanan Media

Visi Pelayanan Literatur JOHAN SETIAWAN

Habakuk 2:1-2 1 Aku mau berdiri di tempat pengintaianku dan berdiri tegak di menara, aku mau meninjau dan menantikan apa yang akan difirmankan-Nya kepadaku, dan apa yang akan dijawab-Nya atas pengaduanku. 2 Lalu TUHAN menjawab aku, demikian: “Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya.” BIS Ukirlah dengan jelas pada kepingan tanah liat, apa yang Kunyatakan kepadamu, supaya dapat dibaca dengan mudah. ESV Write the vision; make it plain on tablets, so he may run who reads it. NLT so that a runner can carry the correct message to others.

Ulangan 6:4-9 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu.

Mengapa Melayani Melalui Literatur? Daya Tumbuh Daya Kembang Daya Sebar

Daya Tumbuh RETENSI: perenungan, pengulangan, kecepatan berpikir. RELEVANSI: critical period, kebutuhan, hambatan, kesukaan. FLEKSIBILITAS: waktu, tempat, mood. KONEKTIVITAS: terhubung dengan pemikiran orang yang dipakai Tuhan dalam bidangnya, termasuk yang sudah tiada dan yang jauh. ISI: sistematis, lengkap, akurat/verbatim.

Oliver Wendell Holmes Pikiran seseorang yang telah direntangkan oleh suatu gagasan baru tidak akan pernah kembali pada ukurannya yang semula.

Christopher Morley Ketika Anda menjual sebuah buku kepada seseorang, Anda tidak hanya menjual sebuah benda seberat 12 ons yang terdiri atas kertas, tinta, dan lem. Anda telah menjual sebuah hidup baru untuknya.

Mengapa Melayani Melalui Literatur? Daya Tumbuh Daya Kembang Daya Sebar

Daya Kembang Literatur sebagai isi dan media sebagai wadah: Daya kembang literatur/isi Daya kembang media/wadah Daya kembang penggunaannya

Daya Kembang Literatur/Isi

Daya Kembang Literatur/Isi USIA: Anak, Remaja, Dewasa, Lanjut Usia GENRE: Non-fiksi, Fiksi, Komik BAHASA: Bahasa Asing, Bahasa Daerah AUDIENS KHUSUS: Wanita, Pria, Pasangan, Keluarga, Siswa/Mahasiswa, Dunia Kerja, Non-akademik, dll. KEBUTUHAN KHUSUS: Difabel, Retardasi Mental, Sakit, Bencana, dll.

Daya Kembang Media/Wadah

QUIETTIMELIVE.TV

Quiet Time Leaders Training Quiet Time Ministries Resource and Training Center, Bermuda Dunes, California

Daya Kembang Media/Wadah • • • • • • • • Audio, Radio Video, Televisi Podcast Mobile Website Milis Text Message Interaktif, Forum

Daya Kembang Penggunaan

Implementation Guide Consultant’s Guide Leader’s Guide Participant's Guide Network Center Online Resources CD DVD Video Power Point Overheads, User's Guide and Coach's Guide Drama Vignettes, Vision Casting, Coach Training

Daya Kembang Penggunaan • • • • • • • Bacaan Renungan Mentoring Kelompok Kecil Pelatihan Khotbah Retreat

Daya Kembang In-house Course Public Course Facilitators/ Trainers Course Consulting / Implementation Studi Kelas Literatur/ Isi Studi Kelompok Promosi/ Pernik Buku/ Pamflet Studi Pribadi Web/OnlineLearning Video/ Televisi Audio/ Radio

Mengapa Melayani Melalui Literatur? Daya Tumbuh Daya Kembang Daya Sebar

Daya Sebar MULTIPLIKASI: dapat dibagikan kepada banyak orang di berbagai tempat dalam satu waktu. TRANSFERABILITAS: dapat diteruskan dengan mudah kepada orang lain. DURABILITAS: “menyampaikan beritanya dengan rajin tanpa mengenal batas waktu, istirahat, atau cuti” (George Verwer). AKSES: dapat masuk sampai ke tempat-tempat yang sulit dimasuki seorang utusan Injil. EKONOMIS: relatif hemat biaya, perjalanan, waktu dengan nilai hasil yang tinggi.

Martin Luther Selain keselamatan dari Tuhan Yesus, maka anugerah terbesar dari Tuhan yang lain adalah mesin cetak.

Billy Graham dalam “Just As I Am” Liputan media mengenai kami, beberapa tahun pertama, tahun 50-an tak pelak lagi merupakan penentu yang membawa pekerjaan kami kepada masyarakat. Meskipun demikian, selama itu, pertanyaan lain terusmenerus timbul dalam pikiran saya: Jika media bisa digunakan untuk mempromosikan pelayanan penginjilan, apakah media juga bisa langsung digunakan untuk penginjilan? ...

Billy Graham dalam “Just As I Am” ... Seperti sudah saya catat, pemikiran tersebut membawa kami, mula-mula pada radio dan film. Namun tidak lama kemudian, kami mengalihkan perhatian kami pada halaman cetak. Begitu program radio atau film usai, pengaruhnya sebagian besar berakhir pula. Tetapi, buku dan majalah bisa mencapai tempat-tempat yang tidak bisa dicapai khotbah, dan bisa terus mempengaruhi, lama setelah si penulis sudah tidak ada.

Oswald Smith Gembala sidang People Church di Toronto, Kanada Saya sudah berkeliling dunia ke 70 negara sambil mencari cara manakah yang paling efektif untuk penginjilan sedunia. Sampai detik ini, yang bisa saya dapatkan adalah melalui media cetak.

George Verwer Tokoh penginjilan literatur, Pendiri dan Koordinator Internasional Operation Mobilisation Literatur Kristen adalah “Utusan Injil Tercetak”.

Napoleon Bonaparte Senjata api dan pena adalah kekuatan-kekuatan yang paling dahsyat di dunia. Tetapi, kekuatan pena akan bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan senjata api.

Benjamin Franklin “Jika saja Anda memberi 26 serdadu, maka saya akan menaklukkan dunia.” Ketika ditanya, apakah yang dimaksud dengan 26 serdadu, ia menjawab: “Huruf A sampai Z.”

Sasaran Pelayanan Literatur MATIUS 28:18 “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.”

Sasaran Pelayanan Literatur MATIUS 28:18 Sasaran kualitas : Murid Kristus Sasaran kuantitas : Semua bangsa Strategi : Baptislah (Penginjilan) Ajarlah (Pemuridan) Pergilah (Pengutus)

Sasaran Pelayanan Literatur EFESUS 4:11-16 Dialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembalagembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orangorang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh berbagai angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan. Sebaliknya, dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih, kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari Dialah seluruh tubuh -- yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Sasaran Pelayanan Literatur Rumah Harapanku

diperlengkapi untuk melayani erlengkapi untuk melayani

diperlengkapi untuk melayani

diperlengkapi untuk melayani

diperlengkapi untuk melayani

Pelayanan Media Perkembangan media komunikasi telah memungkinkan penyebaran firman Tuhan jauh melampaui batas-batas tempat dan waktu. Kita perlu mengoptimalkan sarana-sarana ini jika kita serius ingin menggarami dunia. Itu berarti, kita perlu memperlengkapi diri tidak hanya untuk berkhotbah atau mengajar secara lisan, tetapi juga untuk menulis. Karena kebanyakan media komunikasi merupakan media berbasis tulisan.

Isaac Phiri Editor Interlit, sebuah majalah internasional tentang penerbitan Kristen “Penerbitan dikatakan sebagai suatu profesi kecelakaan, dan tidaklah sukar untuk mengerti mengapa bisa begitu. Sangat sedikit akademi atau universitas yang menawarkan mata kuliah utama di bidang penerbitan. Para penasihat karir tidak bisa berkata banyak tentang karir di bidang penerbitan. Bagaimana orang bisa terlibat dalam penerbitan Kristen jauh lebih misterius. Seminari dan universitas Kristen, hampir tidak pernah menyebutkan penerbitan sebagai suatu bidang pelayanan. Demikian halnya dengan gereja. Allah memanggil manusia untuk misi, bukan penerbitan.”

Ezra 7:10 Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel.

Ulangan 32:1-3 “Pasanglah telingamu, hai langit, aku mau berbicara, dan baiklah bumi mendengarkan ucapan mulutku. Mudah-mudahan pengajaranku menitik laksana hujan, perkataanku menetes laksana embun, laksana hujan renai ke atas tunas muda, dan laksana dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan. Sebab nama TUHAN akan kuserukan: Berilah hormat kepada Allah kita …”

Visi Pelayanan Literatur

Agunglah Kasih Allahku The Love of God: F. M. Lehman Andaikan laut tintanya dan langit jadi kertasnya, Andaikan ranting kalamnya dan insan pun pujangganya, Takkan genap mengungkapkan hal kasih mulia Dan langit pun takkan lengkap memuat kisahnya. Ref: O kasih Allah agunglah! Tiada bandingnya! Kekal teguh dan mulia! Dijunjung umatNya.

The Love of God Frederick M. Lehman (1917) Could we with ink the ocean fill, And were the skies of parchment made, Were every stalk on earth a quill, And every man a scribe by trade; To write the love of God above Would drain the ocean dry; Nor could the scroll contain the whole, Though stretched from sky to sky.

The Love of God Frederick M. Lehman (1917) Ref: Oh, love of God, how rich and pure! How measureless and strong! It shall forevermore endure— The saints’ and angels’ song.

Visi Pelayanan Literatur JOHAN SETIAWAN

Add a comment

Related presentations

Related pages

Visi Pelayanan Literatur | Pena Di Tangan Bapa

Aku sebuah pena, Bapaku penulisnya... Aku mengawetkan cerita dalam kata-kata, tapi Bapaku yang menyusun alurnya... Aku sebuah pena di tangan ...
Read more

PKB-Pelajaran 01 | PESTA | Pendidikan Elektronik Studi ...

Pelajaran 01 - DASAR PELAYANAN LITERATUR KRISTEN. Daftar Isi. Definisi, Visi, dan Misi Pelayanan Literatur Kristen; Definisi; Visi; Misi; Jenis-Jenis ...
Read more

Visi Pelayanan Mahasiswa - Documents - dokumen.tips

Visi Pelayanan Literatur Habakuk 2:1-2 Ulangan 6:4-9 Mengapa Melayani Melalui Literatur? - Daya Tumbuh - Daya Kembang - Daya Sebar Sasaran Pelayanan ...
Read more

SABDA.org / PUBLIKASI / e-Penulis

Menyediakan bahan-bahan bermutu seputar dunia kepenulisan yang bermanfaat untuk menanamkan visi pelayanan literatur Kristen sekaligus berguna untuk ...
Read more

Pelayanan Maritim | e-MISI

Pelayanan-pelayanan utama lainnya termasuk mendistribusikan literatur, ... Pelayanan-pelayanan kapal telah memberikan dorongan bagi visi pelayanan misi ...
Read more

SABDA.org / PUBLIKASI / e-Buku / Edisi 2008 No. 031 ...

Pelayanan literatur adalah salah satu ladang pelayanan yang pontensial untuk memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus ... Visi dan Misi Jurnalistik ...
Read more

Pelayanan Literatur – Perkantas

Untuk menunjang pertumbuhan siswa, mahasiswa, ataupun alumni Kristen yang dilayani, Perkantas juga memiliki divisi pelayanan di bidang literatur.
Read more

Visi dan Misi – Perkantas

VISI Mempersiapkan siswa dan mahasiswa menjadi alumni yang dewasa dan menjadi berkat dalam keluarga, gereja, bangsa dan negara serta dunia. MISI
Read more