advertisement

teknologi pemcemaran air

50 %
50 %
advertisement
Information about teknologi pemcemaran air
Education

Published on December 2, 2008

Author: KarlaSolo

Source: slideshare.net

Description

Ini presentasi bersama
advertisement

TEKNOLOGI DALAM PENGELOLAAN LIMBAH CAIR XI IA 7

Limbah Cair LC yang tidak berbahaya &dapat dimanfaatkan kembali LC yang berbahaya Ditampung Sumur Resepan Menyiram Tanaman Tangki Septik Konvesional Tangki Septik Bio Filter Ditampung/ Memelihara ikan Ditampung di kolam Yang diberi Tanaman air Menyiram Tanaman Panen Eceng Gondok sbg Bahan baku Produksi Kerajinan tangan

Cubluk Cubluk berupa lubang yang diberi dinding tidak kedap air di bagian atas dan dilengkapi dengan tutupnya. Cubluk adalah pilihan alternatif dalam melakukan lokalisasi limbah rumah tangga yang paling sederhana dan murah. Namun tingkat pengotoran terhadap air tanah tinggi, sehingga hanya baik digunakan di daerah yang kepadatan penduduknya rendah, dan jarak antara cubluk dan sumur gali lebih dari 15 meter. Pengotoran terhadap tanah juga tinggi sehingga penempatan cubluk dibuat tidak terlalu dekat dengan rumah tinggal. Keuntung dalam menggunakan cubluk sebagai tempat penampungan limbah manusia adalah bahwa akan diperoleh pupuk yang berkualitas secara periodik.

Cubluk

Cubluk berupa lubang yang diberi dinding tidak kedap air di bagian atas dan dilengkapi dengan tutupnya.

Cubluk adalah pilihan alternatif dalam melakukan lokalisasi limbah rumah tangga yang paling sederhana dan murah.

Namun tingkat pengotoran terhadap air tanah tinggi, sehingga hanya baik digunakan di daerah yang kepadatan penduduknya rendah, dan jarak antara cubluk dan sumur gali lebih dari 15 meter.

Pengotoran terhadap tanah juga tinggi sehingga penempatan cubluk dibuat tidak terlalu dekat dengan rumah tinggal.

Keuntung dalam menggunakan cubluk sebagai tempat penampungan limbah manusia adalah bahwa akan diperoleh pupuk yang berkualitas secara periodik.

Tangki Septik Tangki septik adalah teknoligi pengolahan limbah sederhana berupa bak kedap air yang dilengkapi dengan pipa vebtilasi dan lubang kontrol. Proses pengolahan limbah cair dalam tangki septik ini mengandlkan pada prinsip pengendapan dan sedikit proses biologis yang terjadi dalam bidang resapannya. Endapan lumpur tinja dalam tangki septik dikuras secara periodik. Bidang resapan berupa pipa yang dikelilingi dengan saringna kerikil, pasir, dan ijuk yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dan proses penguraian bahan organik secara bilogis.

Tangki Septik

Tangki septik adalah teknoligi pengolahan limbah sederhana berupa bak kedap air yang dilengkapi dengan pipa vebtilasi dan lubang kontrol.

Proses pengolahan limbah cair dalam tangki septik ini mengandlkan pada prinsip pengendapan dan sedikit proses biologis yang terjadi dalam bidang resapannya.

Endapan lumpur tinja dalam tangki septik dikuras secara periodik.

Bidang resapan berupa pipa yang dikelilingi dengan saringna kerikil, pasir, dan ijuk yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dan proses penguraian bahan organik secara bilogis.

Proses contoh perkembangan teknologi tangki septik yaitu Tangki Septik dengan dua ruang. Limbah dari jamabn rumah dialirkan menuju ke tangki septik dan tinggal di dalamnya selama minimal satu hari dan kemudian keluar melalui pipa meuju ke bidang resapan. Partikel padatan dalam limbah akan mengendap dan membentuk lupur tinja. Lubang pemeriksaan befungsi sebagai lubang penyedotan lumpur tinja dan lubang pemeriksaan apabila ada gangguan di dalamnya, sedangkan pipa ventilasi untuk mengeluarkan gas yang terbentuk. Pipa resapan adalah pipa yang diberi lunang kecil-kecil pada satu sisinya. Efluen limbah cair yang masuk ke pipa resapan tersebut akan keluar dari lubang-lubang pipa resapan dan mengalir ke bawah melalui media saringan berupa kerikil, pasir dan ijuk, dan akhirnya bergabung dengan air tanah. Cairan yang disalurkan ke daerah resapan masih mengandung banyak kuman, maka perlu diresapkan untuk jangka waktu cukup panjang.

Proses contoh perkembangan teknologi tangki septik yaitu Tangki Septik dengan dua ruang.

Limbah dari jamabn rumah dialirkan menuju ke tangki septik dan tinggal di dalamnya selama minimal satu hari dan kemudian keluar melalui pipa meuju ke bidang resapan.

Partikel padatan dalam limbah akan mengendap dan membentuk lupur tinja.

Lubang pemeriksaan befungsi sebagai lubang penyedotan lumpur tinja dan lubang pemeriksaan apabila ada gangguan di dalamnya, sedangkan pipa ventilasi untuk mengeluarkan gas yang terbentuk.

Pipa resapan adalah pipa yang diberi lunang kecil-kecil pada satu sisinya. Efluen limbah cair yang masuk ke pipa resapan tersebut akan keluar dari lubang-lubang pipa resapan dan mengalir ke bawah melalui media saringan berupa kerikil, pasir dan ijuk, dan akhirnya bergabung dengan air tanah.

Cairan yang disalurkan ke daerah resapan masih mengandung banyak kuman, maka perlu diresapkan untuk jangka waktu cukup panjang.

Tangki Septik BioFilter Contoh tangki septik ini adalah ‘Tangki Septik Up Flow Filter’. Tangki septik terdiri dari bak pengendapan, ditambah dengan suatu filter yang diisi batu pecah, batu apung, ijuk, dan kerikil. Penguraian bahan oganik yang ada dalam limbah cair atau tinja dilakukan bakteri anaaerob. Selanjutnya air luapan dari bak pengendap dialirkan ke ruang berikutnya yang berisi media filter dengan arah aliran dari bawah ke atas Setelah beberapa hari operasi, pada permukaan media filter akan tumbuh laipsan tipis mikroorgansme. Mikroorganisme inilah yang akan menguraikan bahan organik yang ada dalam limbah cair. Selanjutnya air luapan dari filter ini di alirkan ke ruang berikutnya yang berisi media resapan dan selanjutnya dapat dibuang ke badan air penerima maupn diresapkan kembali ke dalam tanah.

Tangki Septik BioFilter

Contoh tangki septik ini adalah ‘Tangki Septik Up Flow Filter’.

Tangki septik terdiri dari bak pengendapan, ditambah dengan suatu filter yang diisi batu pecah, batu apung, ijuk, dan kerikil.

Penguraian bahan oganik yang ada dalam limbah cair atau tinja dilakukan bakteri anaaerob. Selanjutnya air luapan dari bak pengendap dialirkan ke ruang berikutnya yang berisi media filter dengan arah aliran dari bawah ke atas

Setelah beberapa hari operasi, pada permukaan media filter akan tumbuh laipsan tipis mikroorgansme. Mikroorganisme inilah yang akan menguraikan bahan organik yang ada dalam limbah cair.

Selanjutnya air luapan dari filter ini di alirkan ke ruang berikutnya yang berisi media resapan dan selanjutnya dapat dibuang ke badan air penerima maupn diresapkan kembali ke dalam tanah.

Tangki septik Up Flow Filter ini mempunyai 2 fungsi yang menguntungkan yakni: 1. Menurunkan kadar padatan tersuspensi, juga menurunkan kadar organik dan bakteri Colli sebesar 86,7%, 80,9&%,77,5%, dan 82% 2. Menurunkan kadar Total Nitrogen dan Deterjen masing-masing 53% dan 54%

Tangki septik Up Flow Filter ini mempunyai 2 fungsi yang menguntungkan yakni:

1. Menurunkan kadar padatan tersuspensi, juga menurunkan kadar organik dan bakteri Colli sebesar 86,7%, 80,9&%,77,5%, dan 82%

2. Menurunkan kadar Total Nitrogen dan Deterjen masing-masing 53% dan 54%

Seri Biotek BT (Biotech BT-Series) Biotech BT-Series merupakan system pengolahan air limbah dalam kondisi anaerob yang terdiri dari empat ruangan yaitu: 1. ruang pengendapan pertama (primary anaerobic chamber) 2. ruang media berbutir pertama (primary anaerobic contactor bed) 3. ruang pengendapan kedua (secondary anaerobic chamber) 4. ruang media berbutir kedua (secondary anaerobic contractor bed)

Seri Biotek BT (Biotech BT-Series)

Biotech BT-Series merupakan system pengolahan air limbah dalam kondisi anaerob yang terdiri dari empat ruangan yaitu:

1. ruang pengendapan pertama (primary anaerobic chamber)

2. ruang media berbutir pertama (primary anaerobic contactor bed)

3. ruang pengendapan kedua (secondary anaerobic chamber)

4. ruang media berbutir kedua (secondary anaerobic contractor bed)

Proses Biotech BT-Series Didalam ruangan primary anaerobic contactor bed dan secondary anaerobic contactor bed tersebut iar limbah akan diuraikan secara anaerob dengan bantuan biocell media. Setelah beberapa hari operasi, pada permukaan biocell media akan tumbuh lapisan film mikroorganisme. Selanjutnya air luaapan dari secondary anaerobic contactor bed mengalir melewati sebuah filter untuk selanjutnya dialirkan menuju saluran drainase kota. Teknologi Tangki Setik tanpa atau dengan modifikasi ini dapat digunakan untuk mengolah limbah dari rumah tangga, sekolah, kantin, dll.

Proses Biotech BT-Series

Didalam ruangan primary anaerobic contactor bed dan secondary anaerobic contactor bed tersebut iar limbah akan diuraikan secara anaerob dengan bantuan biocell media.

Setelah beberapa hari operasi, pada permukaan biocell media akan tumbuh lapisan film mikroorganisme.

Selanjutnya air luaapan dari secondary anaerobic contactor bed mengalir melewati sebuah filter untuk selanjutnya dialirkan menuju saluran drainase kota.

Teknologi Tangki Setik tanpa atau dengan modifikasi ini dapat digunakan untuk mengolah limbah dari rumah tangga, sekolah, kantin, dll.

Pengelolaan Limbah dengan Sistem Terpusat Instalasi Pengelolahan Limbah Cair Pengolahan limbah cair dimaksudkan mengurangi kadar kontaminan yang ada dalam limbah tersebut hingga mencapai batas mutu efluen.

Instalasi Pengelolahan Limbah Cair

Pengolahan limbah cair dimaksudkan mengurangi kadar kontaminan yang ada dalam limbah tersebut hingga mencapai batas mutu efluen.

Proses pengolahan limbah cair mencakup proses fisik, kimiawi dan biologis. Proses tersebut umumnya mengikuti urutan tahapan pengolahan sebagai berikut: 1. Pengolahan pendahulan ( penyaringan , pemerataan aliran ) 2. Pengolahan pertama ( pengendapan ) 3. Pengolahan kedua ( proses biologis ) 4. Pengolahan lumpur

Proses pengolahan limbah cair mencakup proses fisik, kimiawi dan biologis.

Proses tersebut umumnya mengikuti urutan tahapan pengolahan sebagai berikut:

1. Pengolahan pendahulan ( penyaringan , pemerataan aliran )

2. Pengolahan pertama ( pengendapan )

3. Pengolahan kedua ( proses biologis )

4. Pengolahan lumpur

Pengolahan Pendahuluan 1. Saringan kasar berfungsi untuk menyaring benda-benda kasar yang terbawa dalam limbah cair. 2. Bak ekualisasi berfungsi untuk limbah cair dan mengatur agar aliran limbah meuju ke bak aerasi tidak berfluktuasi/tetap

Pengolahan Pendahuluan

1. Saringan kasar berfungsi untuk menyaring benda-benda kasar yang terbawa dalam limbah cair.

2. Bak ekualisasi berfungsi untuk limbah cair dan mengatur agar aliran limbah meuju ke bak aerasi tidak berfluktuasi/tetap

Pengolahan Pertama 1. Bak pengendapan pasir berfungsi untuk mengendapkan pasir 2. Bak pengendapan pertama berfungsi untuk mengendapakan partikel padatan

Pengolahan Pertama

1. Bak pengendapan pasir berfungsi untuk mengendapkan pasir

2. Bak pengendapan pertama berfungsi untuk mengendapakan partikel padatan

Pengolahan Kedua 1. Bak aerasi atau bak media saringan berfungsi untuk mengurangi bahan organik secara biokimia 2. Bak pengendapan kedua berfungsi untuk mengendapkan partikel padatan. 3. Desinfeksi berfungsi untuk membunuh kuman penyakit

Pengolahan Kedua

1. Bak aerasi atau bak media saringan berfungsi untuk mengurangi bahan organik secara biokimia

2. Bak pengendapan kedua berfungsi untuk mengendapkan partikel padatan.

3. Desinfeksi berfungsi untuk membunuh kuman penyakit

Pengolahan Lumpur 1. Bak pemekatan lumpur berfungsi untuk mengumpulkan dan mengurangi kadar air dalam lumpur. 2. Bak stabilisasi lumpur berfungsi untuk menstabilkan lumpur 3. Bak pengering lumpur berfungsi untuk mengeringkan lumpur.

Pengolahan Lumpur

1. Bak pemekatan lumpur berfungsi untuk mengumpulkan dan mengurangi kadar air dalam lumpur.

2. Bak stabilisasi lumpur berfungsi untuk menstabilkan lumpur

3. Bak pengering lumpur berfungsi untuk mengeringkan lumpur.

Saringan Kasar Bak Pengendapan Pertama Bak Aerasi Bak Pengendapan Kedua Disinfeksi Badan Air Penerima Pemekatan Lumpur Stabilisasi Lumpur Pengeringan Lumpur

Terima Kasih

Add a comment

Related presentations

Related pages

PENCEMARAN AIR - Pencemaran

Pencemaran air akan memberi kesan kepada kesihatan menusia. Air yang tercemar mengandungi bahan kimia seperti sodium, nitrat, merkuri dan sebagainya yang ...
Read more

Pencemaran Alam Sekitar - Scribd

Pencemaran Air Pencemaran air termasuklah pembuangan sisa toksik ke ... Penggunaan Teknologi Penggunaan teknologi moden untuk mengurangkan pencemaran ...
Read more

BAHASA MELAYU: Punca-punca Pencemaran Sungai

Punca utama pencemaran air ialah bahan buangan domestik. ... Karangan Ceramah Isu Teknologi Maklumat; Kasih Sayang Ibu Bapa Berkesan Mendidik Anak;
Read more

Sketch Book: PENCEMARAN

Penggunaan teknologi pertanian seperti baja kimia ... yang menyebabkan pemcemaran air berlaku. Selain itu, teknologi kitar semula juga dapat ...
Read more

Dampak Pencemaran air bagi manusia dan lingkungan

Dampak pencemaran air bagi manusia dan lingkungan 4 September 2009. Pencemaran air terjadi sejak lama dan telah kita ketahui bersama, baik di laut, sungai ...
Read more

Alam Sekitar: Jenis-jenis Pencemaran

Pengukuran bunyi juga amat penting bagi menilai sumber, kesan dan teknologi kawalan yang sesuai. ... sulfur monoksida dan wap air akan menghasilkanasid ...
Read more

Pencemaran Air - World News

Pencemaran Air 2.0, Pencemaran Air, Pencemaran Air, Pencemaran Air, pencemaran air, pencemaran air, PENCEMARAN AIR, PENCEMARAN AIR, Animasi Mat JAS ...
Read more