Teknik sidang

50 %
50 %
Information about Teknik sidang

Published on April 27, 2014

Author: 7578

Source: slideshare.net

TEKNIK PERSIDANGANTEKNIK PERSIDANGAN Oleh :Oleh : IRWANSYAH, A.Ma, S.Pd.IIRWANSYAH, A.Ma, S.Pd.I PEMBANTU PEMBINA GUDEP BL 09.043 – 09.044PEMBANTU PEMBINA GUDEP BL 09.043 – 09.044 PANGKALAN MAN 1 (MODEL) BANDARPANGKALAN MAN 1 (MODEL) BANDAR LAMPUNGLAMPUNG Disampaikan dalam acara;Disampaikan dalam acara; Pelatihan Tata Cara Sidang dan Tehnik Penyusunan ProposalPelatihan Tata Cara Sidang dan Tehnik Penyusunan Proposal GERAKAN PRAMUKAGERAKAN PRAMUKA GUDEP 09.043 – 09.044GUDEP 09.043 – 09.044 AMBALAN JEND.A.YANI – CUT NYAK DIENAMBALAN JEND.A.YANI – CUT NYAK DIEN Sabtu, 20 September 2008Sabtu, 20 September 2008

Definisi…Definisi… PersidanganPersidangan adalah bahasa lain dari suatuadalah bahasa lain dari suatu proses pertemuan yang diadakan secara khususproses pertemuan yang diadakan secara khusus untuk mengambil kebijakan dan membahas hal-untuk mengambil kebijakan dan membahas hal- hal tertentu dalam suatu organisasi atauhal tertentu dalam suatu organisasi atau lembaga. Persidangan ini biasanya merupakanlembaga. Persidangan ini biasanya merupakan bagian dari kegiatan yang berupa Musyawarahbagian dari kegiatan yang berupa Musyawarah Besar (Mubes), Muktamar, Kongres,Besar (Mubes), Muktamar, Kongres, Musyawarah Daerah (Musda), Rapat AnggotaMusyawarah Daerah (Musda), Rapat Anggota Tahunan (RAT), dan yang sejenisnya.Tahunan (RAT), dan yang sejenisnya.

Fungsi & Tujuan….Fungsi & Tujuan….  Sebagai sarana/wadah bagi para anggotaSebagai sarana/wadah bagi para anggota suatu organisasi/lembaga untuksuatu organisasi/lembaga untuk berpartisipasi di dalam prosesberpartisipasi di dalam proses pembahasan suatu kebijakan tertentu.pembahasan suatu kebijakan tertentu.  Sebuah mekanisme formal yang harus diSebuah mekanisme formal yang harus di lalui oleh sebuah organisasi/lembaga dilalui oleh sebuah organisasi/lembaga di dalam membahas atau mengambil suatudalam membahas atau mengambil suatu kebijakan tertentu.kebijakan tertentu.

Bentuk-Bentuk Persidangan….Bentuk-Bentuk Persidangan….  Sidang KomisiSidang Komisi Adalah persidangan yang dilakukan untukAdalah persidangan yang dilakukan untuk melakukan pembahasan terhadap bagianmelakukan pembahasan terhadap bagian khusus dari suatu objek/tema tertentukhusus dari suatu objek/tema tertentu yang sedang dibahas. Dan dalam hal ini,yang sedang dibahas. Dan dalam hal ini, seluruh peserta sidang dibagi/diseluruh peserta sidang dibagi/di distribusikan kedalam komisi-komisi yangdistribusikan kedalam komisi-komisi yang telah ditentukan.telah ditentukan.

 Sidang PlenoSidang Pleno Adalah persidangan yang dilakukan untukAdalah persidangan yang dilakukan untuk mensosialisasikan hasil-hasil dari sidang komisi-komisimensosialisasikan hasil-hasil dari sidang komisi-komisi untuk kemudian dilakukan pembahasan kembaliuntuk kemudian dilakukan pembahasan kembali kalaupun diperlukan. Sidang pleno ini adalah sidangkalaupun diperlukan. Sidang pleno ini adalah sidang yang diikuti oleh seluruh peserta sidang.yang diikuti oleh seluruh peserta sidang.  Sidang Khusus (Ad Hoc)Sidang Khusus (Ad Hoc) Adalah persidangan yang diadakan secara khusus untukAdalah persidangan yang diadakan secara khusus untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau kebijakanmenyelesaikan suatu permasalahan atau kebijakan tertentu, dengan memilih beberapa orang yang dianggaptertentu, dengan memilih beberapa orang yang dianggap berkompeten di dalam suatu objek atau permasalahanberkompeten di dalam suatu objek atau permasalahan yang sedang dibahas tersebut.yang sedang dibahas tersebut.

Mekanisme Persidangan…..Mekanisme Persidangan…..  Ketukan PaluKetukan Palu • Ketukan palu 1 xKetukan palu 1 x, digunakan untuk menyepakati, digunakan untuk menyepakati setiap point dalam pembahasansetiap point dalam pembahasan • Ketukan palu 2 xKetukan palu 2 x, digunakan untuk menskorsing, digunakan untuk menskorsing atau mempending sidang.atau mempending sidang. skorsing biasanya digunakan untukskorsing biasanya digunakan untuk menghentikan sidang dalam waktu yangmenghentikan sidang dalam waktu yang pendek. Ex. ISHOMA.pendek. Ex. ISHOMA. Sedangkan pending digunakan untuk untukSedangkan pending digunakan untuk untuk menghentikan sidang dalam waktu yang agakmenghentikan sidang dalam waktu yang agak lama. Ex. Sidang di pending hingga besok hari.lama. Ex. Sidang di pending hingga besok hari.

• Ketukan palu 3 xKetukan palu 3 x, digunakan untuk, digunakan untuk membuka dan mengakhiri persidangan.membuka dan mengakhiri persidangan. Juga digunakan ketika membacakan suratJuga digunakan ketika membacakan surat keputusan/ketetapan (SK) atas keputusankeputusan/ketetapan (SK) atas keputusan yang telah diksepakati.yang telah diksepakati. • Ketukan palu berkali-kaliKetukan palu berkali-kali, digunakan untuk, digunakan untuk untuk menenangkan kondisi persidanganuntuk menenangkan kondisi persidangan yang dianggap sudah tidak kondusif.yang dianggap sudah tidak kondusif.

Istilah-istilah Dalam Sidang…..Istilah-istilah Dalam Sidang…..  Point of OrderPoint of Order Yaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang kepadaYaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang kepada pimpinan sidang agar diberikan kesempatan untukpimpinan sidang agar diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan ataupun permintaannyamenyampaikan pandangan ataupun permintaannya terhadap sesuatu hal tertentu didalam forumterhadap sesuatu hal tertentu didalam forum persidangan.persidangan.  Point of InformationPoint of Information Yaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang kepadaYaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang kepada pimpinan sidang agar diberikan kesempatan untukpimpinan sidang agar diberikan kesempatan untuk menyampaikan kedalam forum persidangan suatumenyampaikan kedalam forum persidangan suatu informasi penting terkait dengan suatu hal yanginformasi penting terkait dengan suatu hal yang berkaitan dengan persidangan dan hal itu kemudianberkaitan dengan persidangan dan hal itu kemudian memungkinkan untuk jadi bahan pertimbangan dalammemungkinkan untuk jadi bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan tertentu.mengambil sebuah keputusan tertentu.

 Point of SolutionPoint of Solution Yaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang kepada pimpinanYaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang kepada pimpinan sidang agar diberikan kesempatan untuk memberikan solusi terkaitsidang agar diberikan kesempatan untuk memberikan solusi terkait dengan permasalahan yang sedang dibahas. Solusi ini harusdengan permasalahan yang sedang dibahas. Solusi ini harus konkret, jelas, dan langsung pada inti permasalahan.konkret, jelas, dan langsung pada inti permasalahan.  Interuption for Clearence (Klarifikasi)Interuption for Clearence (Klarifikasi) Yaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang untuk memotongYaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang untuk memotong pembicaraan peserta sidang lain yang dianggap mengalamipembicaraan peserta sidang lain yang dianggap mengalami kesalahan penafsiran terhadap suatu hal (mispersepsi) ataukesalahan penafsiran terhadap suatu hal (mispersepsi) atau pembicaraannya di anggap sudah keluar dari konteks. Tindakan inipembicaraannya di anggap sudah keluar dari konteks. Tindakan ini kemudian di ikuti dengan pemberian penjelasan terkait dengan halkemudian di ikuti dengan pemberian penjelasan terkait dengan hal tersebut.tersebut.  Interupsi untuk PK (Peninjauan Kembali)Interupsi untuk PK (Peninjauan Kembali) Yaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang untuk memotongYaitu istilah yang digunakan oleh peserta sidang untuk memotong jalannya suatu pembahasan tertentu dalam persidangan danjalannya suatu pembahasan tertentu dalam persidangan dan meminta kepada pimpinan sidang untuk mnenawarkan kepadameminta kepada pimpinan sidang untuk mnenawarkan kepada forum persidangan untuk meninjau kembali hal-hal yang telahforum persidangan untuk meninjau kembali hal-hal yang telah disepakati sebelumnya untuk dirubah kembali.disepakati sebelumnya untuk dirubah kembali.

Teknik Mengelola Persidangan…Teknik Mengelola Persidangan…  Mempersiapkan Perangkat-perangkat PersidanganMempersiapkan Perangkat-perangkat Persidangan  Presidium SidangPresidium Sidang Presidium sidang biasanya terdiri dari 3 orang, yaitu PimpinanPresidium sidang biasanya terdiri dari 3 orang, yaitu Pimpinan sidang I (Ketua), Pimpinan Sidang II (Wk. Ketua), Pimpinansidang I (Ketua), Pimpinan Sidang II (Wk. Ketua), Pimpinan Sidang III (Sekretaris). Presidium sidang bertugas untukSidang III (Sekretaris). Presidium sidang bertugas untuk memimpin dan mengarahkan jalannya persidangan agar dapatmemimpin dan mengarahkan jalannya persidangan agar dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Tugas ini kemudianberjalan dengan tertib dan lancar. Tugas ini kemudian ditekankan lebih sebagai fasilitator kepada setiap peserta sidangditekankan lebih sebagai fasilitator kepada setiap peserta sidang agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalamagar dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam persidangan.persidangan.  NotulensiNotulensi Notulensi persidangan ini selain bertugas untuk mencatathasil-Notulensi persidangan ini selain bertugas untuk mencatathasil- hasil pembahasan dalam persidangan. Juga diarahkan untukhasil pembahasan dalam persidangan. Juga diarahkan untuk mendokumentasikan secara tertulis terkait dengan bagaimanamendokumentasikan secara tertulis terkait dengan bagaimana sebuah kesepakatan diambil.sebuah kesepakatan diambil.

 Peserta SidangPeserta Sidang Peserta sidang adalah bagian paling pentingPeserta sidang adalah bagian paling penting dalam suatu persidangan yang dapatdalam suatu persidangan yang dapat menentukan kualitas dan produktifitas sertamenentukan kualitas dan produktifitas serta keabsahan dari persidangan yang dilakukan.keabsahan dari persidangan yang dilakukan. Oleh karenanya kita perlu menentukan pesertaOleh karenanya kita perlu menentukan peserta yang akan diundang dan pastikan bahwayang akan diundang dan pastikan bahwa undangan itu telah terdistribusikan dan telahundangan itu telah terdistribusikan dan telah tersampaikan. Pada umumnya ada 3 (tiga)tersampaikan. Pada umumnya ada 3 (tiga) kategori peserta sidang yaitu;kategori peserta sidang yaitu; Peserta penuh,Peserta penuh, yakni yang memilki hak bicara, memilih danyakni yang memilki hak bicara, memilih dan dipilih.dipilih.Peserta peninjau,Peserta peninjau, yang hanya memilki hakyang hanya memilki hak bicara.bicara. Peserta pengamat,Peserta pengamat, yang hanya meyang hanya me ngamati proses jalannya persidangan.ngamati proses jalannya persidangan.

 Bahan-bahan persidanganBahan-bahan persidangan Bahan-bahan persidangan yang perluBahan-bahan persidangan yang perlu dipersiapkan antara lain ; palu sidang,dipersiapkan antara lain ; palu sidang, jadwal acara, tata tertib, draftjadwal acara, tata tertib, draft permasalahan yang akan dibahaspermasalahan yang akan dibahas (AD/ART, Rekomendasi, dsb). Surat(AD/ART, Rekomendasi, dsb). Surat Keputusan/Ketetapan (SK) atauKeputusan/Ketetapan (SK) atau konsiderant, dll.konsiderant, dll.

Menguasai Medan……..Menguasai Medan……..  Menyadari adanya konflik kepentingan diantara pesertaMenyadari adanya konflik kepentingan diantara peserta sidangsidang  Melakukan pemetaan terhadap bangunan (konstelasi)Melakukan pemetaan terhadap bangunan (konstelasi) kekuatan kepentingan (politik) yang ada. Siapa kawan,kekuatan kepentingan (politik) yang ada. Siapa kawan, siapa kompetitor. Siapa kawannya kawan, siapasiapa kompetitor. Siapa kawannya kawan, siapa kompetitornya kawan. Siapa kompetitornya kompetitor,kompetitornya kawan. Siapa kompetitornya kompetitor, dan siapa kawannya kompetitordan siapa kawannya kompetitor  Mempersiapkan konsep tanding, baik legal draftingMempersiapkan konsep tanding, baik legal drafting maupun caunter legal drafting. Konsep tanding inimaupun caunter legal drafting. Konsep tanding ini tentunya juga dilakukan pra sidang, agar dalamtentunya juga dilakukan pra sidang, agar dalam persidangannya nanti semua element kawan dapatpersidangannya nanti semua element kawan dapat terfokus untuk mencapai tujuan bersama.terfokus untuk mencapai tujuan bersama.  Melakukan lobi, negosiasi, dan mediasi kepadaMelakukan lobi, negosiasi, dan mediasi kepada kompetitor. Prinsipny adalah mengalah untuk menang…kompetitor. Prinsipny adalah mengalah untuk menang…  Mengendalikan emosi, sehingga pikiran kita akan lebihMengendalikan emosi, sehingga pikiran kita akan lebih jernih dan tenang didalam mencerna setiapjernih dan tenang didalam mencerna setiap permasalahan.permasalahan.

Etika Persidangan….Etika Persidangan….  Mematuhi aturan main persidangan dan tataMematuhi aturan main persidangan dan tata tertib yang telah disepakatitertib yang telah disepakati  Memahami dan menghargai adanya perbedaanMemahami dan menghargai adanya perbedaan pendapatpendapat  Tidak memaksakan pendapat sendiri “egoistis”Tidak memaksakan pendapat sendiri “egoistis”  Menghormati segala keputusan yang telahMenghormati segala keputusan yang telah dihasilkan dalam proses persidangandihasilkan dalam proses persidangan  Menjaga akhlak Islami dalam persidangan selainMenjaga akhlak Islami dalam persidangan selain dari yang tertulis diatas.dari yang tertulis diatas. Wassalamu’alaikumWassalamu’alaikum Salam Pramuka....!!!Salam Pramuka....!!!

Add a comment

Related pages

TEKNIK SIDANG - de.scribd.com

latihan dasar kepemimpinan mahasiswa bem akper aisyiah sabtu, 24 january 2009 presented by ahmad ridwan al faruq as thechairman of imm upi phone:...
Read more

Teknik Memimpin Sidang, Rapat Dan Diskusi - ml.scribd.com

Teknik Memimpin Sidang, Rapat Dan Diskusi - Download as Powerpoint Presentation (.ppt / .pptx), PDF File (.pdf), Text File (.txt) or view presentation ...
Read more

Teknik Persidangan, Diskusi, dan Rapat | Gudang Ilmu ...

Sidang Paripurna / pleno yaitu sidang yang diikuti oleh seluruh peserta persidangan; Sidang Komisi yaitu sidang yang diikuti hanya oleh beberapa ...
Read more

Teknik Persidangan Organisasi | Mahasiswa Tak Abadi

Secara sederhana sidang bisa diartikan sebagai pertemuan untuk membicarakan sesuatu. Sedangkan sidang dalam organisasi adalah pertemuan formal suatu ...
Read more

TEKNIK PERSIDANGAN ~ UNTUK BANGSAKU

Latar belakang Sebuah Persidangan Setiap permusyawaratan dalam sebuah organisasi formal pasti membutuhkan persidangan-persidangan. Hal ini dilakukan secara ...
Read more

Teknik Persidangan | Dewan Perwakilan Mahasiswa FMIPA Unnes

Latar belakang Sebuah Persidangan Setiap permusyawaratan dalam sebuah organisasi formal pasti membutuhkan persidangan-persidangan. Hal ini dilakukan secara ...
Read more

TEKNIK PERSIDANGAN - pangeransastra.files.wordpress.com

TEKNIK PERSIDANGAN Oleh: Alfian Arif Bintara Dipresentasikan dalam: Pelatihan Dasar Organisasi Mahasiswa Himaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Read more