STRTEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI (kel. 4 pendekatan jas)

100 %
0 %
Information about STRTEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI (kel. 4 pendekatan jas)
Education

Published on March 16, 2014

Author: rrrrrrizki

Source: slideshare.net

PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) K e l o m p o k 4 Debbie Linda F. (4401412093) Rivetta Astri N. (4401412095) Dewi Masithoh (4401412127)

Biologi merupakan pendidikan berorientasi kehidupan, serta lingkungan dan pelaksanaannya sangat dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat. Latar Belakang

Pembelajaran Biologi yang baik ialah pembelajaran yang dilandaskan pada prinsip keterampilan proses, dimana siswa dididik untuk menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsepnya sendiri.

Menurut Marianti &Kartijono, 2005 Pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan alam sekitar kehidupan peserta didik baik lingkungan fisik, sosial, teknologi maupun budaya sebagai objek belajar biologi yang fenomenanya dipelajari melalui kerja ilmiah.

ciri kegiatan pembelajaran berpendekatan JAS Selalu dikaitkan dengan alam sekitar secara langsung maupun tidak langsung yaitu menggunakan media Selalu ada kegiatan berupa prediksi, pengamatan, dan penjelasan Ada laporan untuk dikomunikasikan baik secara lisan, tulisan, gambar, foto atau audiovisual Kegiatan pembelajaran dirancang menyenangkan sehingga menimbulkan minat untuk belajar lebih lanjut (Santosa dalam Marianti 2006)

Manfaat dari Pembelajaran JAS Pemahaman siswa terhadap materi dapat meningkat. Secara spesifik studi lapangan memiliki pengaruh positif terhadap memori jangka panjang. Dapat meningkatan ketrampilan sosial. Dapat menjembatani pembelajaran tingkat tinggi (HOT).

Kelebihan dari Pembelajaran JAS Siswa belajar dalam kondisi yang menyenangkan. Siswa dapat berinteraksi langsung dengan keadaan alam nyata. Siswa dapat melihat/mengamati secara langsung fenomena alam sekitar.

Kekurangan dari pembelajaran JAS Tidak terkontrolnya proses belajar mengajar. Menghabiskan banyak waktu. Proses belajar mengajar kurang efektif. Pengelolaan siswa yang cukup merepotkan guru.

Komponen-Komponen Utama Dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Dalam pendekatan pembelajaran JAS model-model pembelajaran yang bisa dikembangkan adalah model yang lebih bersifat student centered, lebih memaknakan sosial, lebih memanfaatkan multi resources dan assesment yang berbasis mastery learning (Ridlo, 2005).

1. Eksplorasi Dengan melakukan eksplorasi terhadap lingkungannya, seseorang akan berinteraksi dengan fakta yang ada di lingkungan sehingga menemukan pengalaman dan sesuatu yang menimbulkan pertanyaan atau masalah.

2. Konstruktivisme Pengetahuan lebih dianggap sebagai suatu proses pembentukan (konstruksi) yang terus menerus, terus berubah dan berkembang yang tersedia bagi seseorang untuk mengetahui sesuatu adalah alat indranya. 3. Proses Sains Proses sains atau proses kegiatan ilmiah dimulai ketika seseorang mengamati sesuatu. memunculkan pertanyaan atau permasalahan.

4. Masyarakat Belajar (learning community) Konsep learning community menyarankan agar hasil pembelajaran diperoleh dari kerjasama dengan orang lain 5. Bio edutainment Strategi bio edutainment menekankan kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan situasi nyata, sehingga dapat membuka wawasan berfikir yang beragam dari seluruh peserta didik.

6. Assessment Autentik Assessment adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik. Assessment dilakukan selama proses pembelajaran, terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, bukan hanya pada akhir periode pembelajaran saja.

Keuntungan-keuntungan pembelajaran dengan pendekatan jelajah alam sekitar 1. Siswa dapat memperoleh pengalaman secara pribadi tentang masalah yang dipelajari. 2. Merangsang sikap ingin tahu dan sikap mencari tahu pada siswa. 3. Dapat terbentuk rasa sayang terhadap alam pada diri siswa sehingga dapat menimbulkan minat untuk memelihara dan melestarikannya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb. SEKIAN & TERIMA KASIH

• Putri : contoh penerapan pembelajaran jas? • Rizki: apkh pembljrn dg JAS bisa didlm ruangan? Contoh? • Temuningsih : bentuk pendktan JAS? • Agus setiowati : outbond sma/brbd dg JAS ? • ELEN : kurangnya efisiensi wktucara mengefisiensi waktu? • Wafak bunaya: skolah tdk pny lhan untuk JAS • IDHA : assesment autentik?

• ... • ... • ...

Add a comment

Related presentations

Related pages

Rizki Amaliyah - HubSlide

STRTEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI (kel. 4 pendekatan jas) a month ago. General
Read more

SKRIPSI BIOLOGI - Scribd

Gambaran mengenai kegiatan belajar mengajar biologi ... proses belajar mengajar. 4. ... hasil belajar Pendekatan JAS ...
Read more

7. Sumber Belajar - ml.scribd.com

dalam proses belajar-mengajar. ... menyatakan sumber belajar biologi adalah ... (Kel. 4 Pendekatan JAS) 7. Sumber Belajar.
Read more

SKRIPSI BIOLOGI - es.scribd.com

Gambaran mengenai kegiatan belajar mengajar biologi ... proses belajar mengajar. 4. ... hasil belajar Pendekatan JAS dikembangkan ...
Read more