Slide week 1c introduction - filter digital

67 %
33 %
Information about Slide week 1c introduction - filter digital
Education

Published on March 12, 2014

Author: nugrahabeny

Source: slideshare.net

Modul ke: Fakultas Program Studi Pengolahan Sinyal Digital Pendahuluan – Filter Digital Beny Nugraha, MT, M.Sc 01FAKULTAS TEKNIK TEKNIK ELEKTRO

Definisi • Pengertian Filter: Filter adalah suatu sistem yang melakukan suatu prosedur atau algoritma tertentu terhadap sebuah sinyal masukan untuk menghasilkan sinyal keluaran yang diinginkan. Contoh: Melemahkan suatu sinyal, mengurangi intensitas noise, dsb. • Pengertian Filter Digital: Filter yang menerima sinyal masukan berupa sinyal diskrit.

Filter Digital • Diagram Blok Filter Digital:

Elemen-Elemen Filter Digital 1. Adder (Penjumlah) Elemen ini mempunyai dua input dan satu output. Kedua input akan dijumlahkan untuk menghasilkan output yang baru. Untuk menjumlahkan tiga atau lebih input, beberapa adder dapat dipasang secara berurutan.

Elemen-Elemen Filter Digital 2. Multiplier (Pengali) Elemen ini mempunyai satu input dan satu output. Input akan dikali dengan sebuah gain (penguat) untuk menghasilkan output yang baru.

Elemen-Elemen Filter Digital 3. Delay (Penunda) Elemen ini memungkinkan untuk mengakses nilai- nilai sebelum atau sesudahnya pada sebuah sekuens. a. Delay Positif Diimplementasikan dengan menyimpan nilai saat ini dari sebuah sekuens agar tersedia untuk kalkulasi selanjutnya.

Elemen-Elemen Filter Digital b. Delay Negatif Diimplementasikan untuk mengakses dan menggunakan nilai selanjutnya dari sebuah sekuens.

Jenis-Jenis Filter Digital 1.Filter FIR (Finite Impulse Response) Disebut “finite” karena response impulse dari sistem LTI memiliki durasi yang berhingga. Fungsi sistem Filter FIR: Respons impuls Filter FIR:

Jenis-Jenis Filter Digital Persamaan Diferensial Filter FIR: Orde Filter FIR adalah (M-1) sedangkan panjang fiter adalah M, sesuai dengan jumlah koefisien. Contoh: Diketahui ada sebuah Filter FIR dengan panjang filter M = 5 (Filter FIR orde 4), maka persamaan diferensial Filter FIR tersebut adalah:

Jenis-Jenis Filter Digital Sehingga struktur bentuk langsung Filter FIR tersebut adalah:

Jenis-Jenis Filter Digital 2. Filter IIR (Infinite Impulse Response) Disebut “infinite” karena response impulse dari sistem LTI memiliki durasi yang tak berhingga. Fungsi sistem Filter IIR: bn dan an adalah koefisien filter, dan a0 = 1. Orde filter IIR adalah sama dengan N jika aN ≠ 0.

Jenis-Jenis Filter Digital Persamaan Diferensial Filter IIR: Contoh: Diketahui ada sebuah Filter IIR dengan koefisien M=N=4. Maka persamaan diferensial Filter IIR tersebut adalah:

Jenis-Jenis Filter Digital Sehingga struktur bentuk langsung Filter IIR tersebut adalah:

Terima Kasih Beny Nugraha, MT, M.Sc

Add a comment

Related presentations