Siapa bisa menghentikan rusak dan hilangnya hutan indonesia oleh heru prasetyo bpredd

67 %
33 %
Information about Siapa bisa menghentikan rusak dan hilangnya hutan indonesia oleh heru...
News & Politics

Published on March 11, 2014

Author: septianm

Source: slideshare.net

Hutan Indonesia: Sekian Manaus, Sejumlah Singapura Heru Prasetyo

Imajinasi tentang hutan Indonesia Bagaimana pembangunan matra darat dan matra laut Indonesia dapat serempak, menyejaterahkan, berkualitas dan berkelanjutan?

Imajinasi tentang hutan Indonesia Sejumlah “Manaus” bermunculan di jantung hutan Borneo, Sumatra dan Papua sebagai economic growth center berbasis teknologi dan kelestarian lingkungan (sustainability). 1 10 “Singapura” bermunculan di pulau- pulau Indonesia sebagai bagian integrasi logis kawasan darat-kelautan nusantara 2

Teladan bernama Manaus  Interaksi nyata dan mungkin antara kekayaan hutan dan potensi ekonomi.  Pelajaran penting: Bukan sekedar menghadirkan harmoni antara konservasi dan ekonomi, melainkan melampauinya: mentransformasikan sustainability menjadi pertumbuhan ekonomi.

Manaus, Brazil  Manaus adalah ibukota Negara Bagian Amazonas, di utara Brazil.  Negara Bagian terbesar di Brazil, pemilik hutan tropis terbesar di dunia. 98% wilayahnya kawasan konservasi. 31% Hutan Amazon Brazil ada di sini.  Menjalankan kebijakan bisnis yang bersandar pada keberlanjutan (sustainability-based business policy), Manaus menjadi kota terkaya ke-6 di Brazil.

Manaus, Brazil  Pendapatan per kapita Kota Manaus 5.350 USD. Sebagai pembanding, tahun 2012 pendapatan per kapita Indonesia = 3.500 USD; pendapatan regional per kapita Kota Palangkaraya = 1.450 USD.  Lebih dari 500 perusahaan memiliki kantor pusat di Manaus. Industri teknologi tinggi seperti komponen, sepeda motor, elektro- elektronik, kosmetik, informatik dan konstruksi kapal laut.

Pembangunan Terpadu Manaus: Ekonomi, sosial, lingkungan hidup  Ekonomi Hijau Berbasis Hutan Green Free Trade Zone and the Forest Allowance  Program Sosial-ekologis PROSAMIM, Manaus Stream Social and Environmental Program  Interkoneksi Pembangunan jembatan Sungai Negro (3,5 km, 4 jalur) yang akan menghubungkan kawasan metropolitan Manaus dengan kota Iranduba dan are tetangga lainnya.  Kebijakan Energi Pembangunan jaringan pipa gas Coari-Manaus yang akan mengubah produksi dan konsumsi energi di delapan daerah, termasuk di Manaus.

PROSAMIM Manaus Industrial Hub

PROSAMIM Manaus Industrial Hub

PROSAMIM Manaus Industrial Hub

PROSAMIM

Apa yang menjelaskan “Manaus”?  Pembangunan berkelanjutan. Integrasi ekonomi, sosial dan lingkungan secara serampak dan koheren. Konsumen sekarang bertanya, “apa dampak produk yang mereka konsumsi terhadap lingkungan di sepanjang value chain produk” atau “apakah produk ini dihasilkan dengan cara yang bermartabat (decent) secara sosial”.  Pembangunan pusat pertumbuhan berbasis teknologi, kompetitif, bernilai tambah tinggi, bukan industri ekstraktif.

Apa yang menjelaskan “Manaus”?  Sejumlah insentif fiskal seperti pembebasan pajak penjualan sebagai stimulus produksi. Dari produksi ini, muncul sumber-sumber penerimaan fiskal yang baru. Tahun 2008, Manaus Industrial Hub menghasilkan penerimaan negara sebesar 30 Milyar US Dollar (17% lebih tinggi dari tahun sebelumnya).  Konektifitas tinggi ke ekonomi regional dan ekonomi dunia.  Komitmen politik tinggi.

Tantangan ekologis  Skenario evolusi hutan di Brazil menunjukkan kecenderungan tekanan pembangunan terhadap hutan di bagian utara Brazil (lihat gambar).  Di masa datang, (masih) mampukah Manaus menjawab tantangan ini?

Evolusi Hutan di Brazil 2000 Camara et al. 2014. REDD pac Brazil

Evolusi Hutan di Brazil 2010 Camara et al. 2014. REDD pac Brazil

Evolusi Hutan di Brazil 2020 Camara et al. 2014. REDD pac Brazil

Evolusi Hutan di Brazil 2030 Camara et al. 2014. REDD pac Brazil

Evolusi Hutan di Brazil 2040 Camara et al. 2014. REDD pac Brazil

Evolusi Hutan di Brazil 2050 Camara et al. 2014. REDD pac Brazil

Imajinasi tentang hutan Indonesia Sejumlah “Manaus” bermunculan di jantung hutan Borneo, Sumatra dan Papua sebagai economic growth center berbasis teknologi dan kelestarian lingkungan (sustainability). 1 10 “Singapura” bermunculan di pulau- pulau Indonesia sebagai bagian integrasi logis kawasan darat-kelautan nusantara 2

Faktor yang mempengaruhi keputusan bagi investor Singapura untuk investasi di Batam (Tan et al, 2005) Keputusan investasi di Batam Variabel Signifikansi statistik Koefisien Komitmen politik dari pemerintah Singapura Signifikan pada 5% level +3,8 Pemerintahan yang stabil +2,1 Overhead yang kompetitif Signifikan pada 1% level +6,7 Infrastruktur dapat diandalkan Signifikan pada 1% level +5,0 Upah buruh kompetitif -1,9 Kehadiran major buyers -1,6 Akses ke pasar domestik +1,7

Mampukah pembangunan matra darat dan matra laut ini mengatasi persoalan “pasar paralel” (brown economies) dan “China Wall”?

Add a comment

Related presentations