advertisement

Rpp ekonomi kelas x kurikulum 2013

47 %
53 %
advertisement
Information about Rpp ekonomi kelas x kurikulum 2013

Published on March 8, 2014

Author: nidazahehe

Source: slideshare.net

advertisement

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester :X/1 Mata Pelajaran : Ekonomi-Wajib Topik : Sistem Ekonomi Waktu : 2 × 45 menit A. Kompetensi Inti SMA kelas X: 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. B. Kompetensi Dasar 2.1 Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analitis dalam mengatasi permasalahan ekonomi. 2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi. 3.2 Menganalisa masalah ekonomi dan cara mengatasinya 4.2Melaporkan hasil analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya C. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Terlibat aktif dalam pembelajaran Sistem Ekonomi 2. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 3. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 4. Menjelaskan kembali pengertian sistem ekonomi dan pembagiannya kedalam empat macam yaitu sistem ekonomi tradisional, komando, liberal dan campuran.

5. Menyatakan kembali kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi tradisional, komando, liberal dan campuran. 6. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem ekonomi yang ada didunia. D. Tujuan Pembelajaran Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran trigonometri inii diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat 1. Menjelaskan kembali pengertian sistem ekonomi dan pembagiannya kedalam empat macam yaitu sistem ekonomi tradisional, komando, liberal dan campuran serta pengertian dari masingmasing sistemsecara tepat dan sistematis. 2. Menyatakan kembali kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi tradisional, komando, liberal dan campuran I secara tepat dan kreatif. 3. Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem ekonomi yang ada didunia E. Materi Ekonomi 1. Mengingat kembali mengenai konsep ilmu ekonomi dan pelaku-pelaku kegiatan ekonomi. Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan sumberdaya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas guna mencapai kemakmuran.Efisiensi dalam pengelolaan sumberdaya menjadi kajian utama dalam ilmu ekonomi. Pelaku-pelaku dalam kegiatan ekonomi adalah produsen dan konsumen. Produsen sebagai penjual barang/jasa dan konsumen sebagai pembeli barang/jasa tersebut. 2. Perluasan pengertian sistem ekonomi dan macam-macamnya dari pelaku-pelaku kegiatan ekonomi. Beberapa pertanyaan penggugah: Pola atau sistem apa yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi di suatu masyarakat? Apakah antara suatu masyarakat dengan masyarakat yang lain mempunyai pola yang sama? Ataukah berbeda? Sistem ekonomi merupakan cara suatu masyarakat mengatur kehidupan ekonominya atau dengan kata lain merupakan sebuah jaringan organisasi dan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi. Macam-macam sistem ekonomi: - Sistem Ekonomi Tradisional Sistem ekonomi dasar, dan masih menggunakan kebiasaan masyarakat yang berpola pada budayanya. Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional:

- - - 1. Pembagian kerja belum ada 2. Peran masyarakat dalam berusaha masih kurang 3. Produksi masih terbatas dan ditentukan sesuai kebutuhan 4. Masih ada praktek barter. Sistem ekonomi komando (terpusat) Seluruh kegiatan ekonomi ditentukan dan diatur oleh pemerintah. Dipraktikkan pada negara-negara komunis. Ciri-ciri sistem ekonomi komando: 1. Perencanaan ekonomi, kegiatan produksi dan pengawasan secara terpusat. 2. Sumber ekonomi (tanah, alat produksi dan perusahaan) milik pemerintah. 3. Tidak ada milik perseorangan kecuali barang-barang yang telah dibagikan. 4. Harga ditetapkan oleh pemerintah. Sistem ekonomi pasar (liberal) Memberikan kebebasan secara penuh kepada produsen dan konsumen dalam melaksanakan kegiatan ekonomi. Tidak ada campur tangan dari pemerintah. Ciri-ciri sistem ekonomi pasar: 1. Semua alat dan sumber produksi dimiliki oleh perseorangan. 2. Pemerintah tidak ikut campur dalam kegiatan ekonomi. 3. Semua kegiatan ekonomi dilakukan oleh pihak swasta. 4. Ada persaingan antar pengusaha. Sistem ekonomi campuran Sistem ekonomi yang melibatkan pemerintah dan swasta secara berimbang dalam melaksanakan kegiatan ekonomi. 3. Kelebihan dan kekurangan Sistem Ekonomi Tradisional, Komando, Liberal dan Campuran. Sistem Ekonomi Kelebihan (+) Kekurangan (-) Tradisional + tidak terjadi persaingan - Bekerja untuk memenuhi + Cukup aman karena tidak kebutuhan hidup bukan ada beban untuk meningkatkan kesejahteraan - Perbedaan dianggap tabu sehingga menghambat kemajuan. Komando/Terpusat + pemerintah bertanggung - Inisiatif dan kreatifitas jawab penuh terhadap individu tidak bisa perkembangan ekonomi. berkembang. + kebutuhan rakyat - Hak milik perseorangan terpenuhi secara menyeluruh tidak diakui. Pasar/Liberal + Setiap individu memiliki - Kebebasan bersaing kebebasan untuk mengatur membuat yang kuat kehidupan ekonominya. menindas yang lemah. + Terdorong untuk mencapai - Pemerataan pendapatan kemajuan. sulit dicapai karena individu mencari keuntungannya sendiri.

Campuran + Pertumbuhan ekonomi - Sulit untuk menetukan menjadi stabil unsur yang benar antara + ada dorongan untuk pemerintah dan swasta. mencapai kemajuan F. Model/Metode Pembelajaran Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning). G. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya 10 menit memahami sistem ekonomi dan aplikasinya didalam kehidupan nyata. 2. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana sistem-sitem ekonomi di dunia berjalan dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakatnya. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memperluas pengertian sistem ekonomi dan macam-macam sitem ekonomi yang ada di dunia beserta dengan kelebihan dan kekurangannya. Inti 1. Guru bertanya apakah yang siswa ketahui tentang 70 menit sistem ekonomi. 2. Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan siswa tentang kegiatan ekonomi dan pelakunya. 3. Dengan tanya jawab, disimpulkan bahwa sitem ekonomi merupakan sebuah pola pengaturan kegiatan ekonomi dalam suatu masyarakat tertentu. 4. Dengan tanya jawab, siswa diyakinkan bahwa di sitem ekonomi dibagi menjadi 4 macam yaitu tradisional, komando, liberal dan campuran. 5. Selanjutnya, guru membuka cakrawala tentang pengertian dasar dari masing-masing sistem ekonomi. Dilajutkan dengan tanya jawab yang mengasilkan sebuah kesimpulan tentang pengertian dan ciri dari masing-masing sistem ekonomi tersebut. 6. Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok yang terdiri dari 6 orang per kelompok. 7. Tiap kelompok mendapat tugas untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem ekonomi.

8. Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya. 9. Setiap kelompok diskusi diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan. 10. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok 11. Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai sistem ekonomi dan macammacamnya serta kelebihan dan kekurangan dari masingmasing sistem ekonomi tersebut. 12. Guru menanyakan sistem ekonomi yang diberlakukan di Indonesia. Siswa disuruh menjawab dibuku tulisnya masing-masing. Apabila siswa belum mampu menjawab maka pertanyaan ini dijadikan tugas untuk dikerjakan dirumah. Penutup 1. Siswa diminta menyimpulkan tentang sistem ekonomi 10 menit dan macam-macamnya. 2. Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai sitem ekonomi. 3. Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan sistem ekonomi diberbagai negara di dunia. 4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. H. Alat/Media/Sumber Pembelajaran 1. Laptop, LCD, Buku, Worksheet atau lembar kerja ( peserta didik ) 2. Lembar penilaian I. Penilaian Hasil Belajar 1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis 2. Prosedur Penilaian: No 1. Aspek yang dinilai Sikap a. Terlibat aktif dalam pembelajaran sistem ekonomi. b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan Teknik Penilaian Pengamatan Waktu Penilaian Selama pembelajaran dan saat diskusi

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian kreatif. 2. Pengetahuan a. Menjelaskan kembali Tes tertulis, tes lisan, Menjawab tes tertulis, penyelesaian pengertian sistem tugas individu serta tugas tugas individu dan kelompok ekonomi dan kelompok. pembagiannya kedalam empat macam yaitu sistem ekonomi tradisional, komando, liberal dan campuran serta pengertian dari masing-masing sistemsecara tepat dan sistematis b. Menyatakan kembali kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi tradisional, komando, liberal dan campuran I secara tepat dan kreatif. 3. Keterampilan a. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem ekonomi yang ada didunia. Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi J. Instrumen Penilaian Hasil belajar Tes tertulis 1. Jelaskan pengertian dari sistem ekonomi? 2. Apakah ciri-ciri dari sistem ekonomi tradisional? 3. Apakah perbedaan dari sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi komando?

4. Bandingkan sistem ekonomi yang ada di Indonesia dengan ke-empat sistem ekonomi (tradisional, komando, liberal dan campuran) 5. Adakah sistem ekonomi yang digunakan di dunia ini yang tidak termasuk dalam ke-empat sistem ekonomi diatas?? Catatan: Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah. K. Norma Penilaian Setiap soal bernialai 20 Nilai maksimal: 5 x 20 = 100 L. Kunci Jawaban LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP Mata Pelajaran : Ekonomi Kelas/Semester : X/1 Tahun Pelajaran : 2013/2014 Waktu Pengamatan : Indikator sikap aktif dalam pembelajaran sistem ekonomi 1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten 3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten. 3. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten. 3. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten. Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. No Nama Siswa Sikap Aktif KB 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 B Bekerjasama SB KB B Toleran SB KB B SB

Keterangan: KB : Kurang baik B : Baik SB : Sangat baik LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN Mata Pelajaran : Ekonomi Kelas/Semester : X/1 Tahun Pelajaran : 2013/2014 Waktu Pengamatan : Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran. 1. Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem ekonomi. 2. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem ekonomitetapi belum tepat. 3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem ekonomi dan sudah tepat. Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. No Nama Siswa Keterampilan Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah KT 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 T ST

11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 Keterangan: KT : Kurang terampil T : Terampil ST : Sangat terampil Semarang, 20 Agustus 2013 Mengetahui, Kepala Sekolah SMA N 2 Semarang Guru Mapel Ekonomi Drs. Hari Waluyo, M.M Mohamad Ridho Hasanudin

Add a comment

Related pages

Ekonomi Sma Kelas X Kurikulum 2013 - Downloadily Docs

Contoh Rpp Ekonomi Sma Kelas X Kurikulum 2013; Materi Ekonomi Sma Kelas X Kurikulum 2013; Buku Ekonomi Sma Kelas X Kurikulum 2013; Download Rpp Ekonomi Sma ...
Read more

rpp ekonomi kurikulum 2013 - no 005 kelas x - scribd.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) No : 005 Satuan Pendidikan : MA NW Menceh Mata Pelajaran : Ekonomi Kelas / Semester : X / Semester 2 ...
Read more

Ekonomi Kelas X Kurikulum 2013 Pdf - Downloadily Docs

... xls, txt) online about Ekonomi Kelas X Kurikulum 2013 Pdf Preview the pdf eBook free before ... ... Rpp matematika kelas xi mia kurikulum 2013 doc ...
Read more

Silabus dan RPP Ekonomi SMA kurikulum 2013 Kelas X

Silabus dan RPP Ekonomi SMA kurikulum 2013 Kelas X Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu ...
Read more

Download RPP dan Silabus Ekonomi kelas X Kurikulum 2013

RPP Ekonomi Kurikulum 2013 Silabus Ekonomi Kurikulum 2013 Banyak diantara sobat pengunjung menginginkan rpp ekonomi kelas x dan silabus ekonomi kelas x ...
Read more

rpp ekonomi kurikulum 2013 - no 008 kelas x - scribd.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NO. 008 Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu : : : : : MA NW Menceh Ekonomi
Read more

RPP dan Silabus SMA Kelas X, XII, XII Kurikulum 2013 dan KTSP

RPP dan Silabus SMA Kelas X, XII, XII Kurikulum 2013 dan KTSP ... rpp kelas xii ekonomi k13 ternyata isinya kelas xi,.. Balas. Shofia Maulida Rahmah 28 ...
Read more

RPP ekonomi kurikulum 2013 | pelajarpendidik

PERANGKAT PEMBELAJARAN SMA KELAS X. SEMESTER KE-1. Kompetensi Dasar : 3.2 Menganalisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya
Read more

CONTOH RPP EKONOMI KURIKULUM 2013 - GuraruGuraru

CONTOH RPP EKONOMI KURIKULUM 2013 ... saat ini pelaksanaan kurikulum 2013 sudah memasuki ... Nella Nurlita. 2013. Ekonomi SMA/MA kelas X ...
Read more