advertisement

Real precentasi buah

50 %
50 %
advertisement
Information about Real precentasi buah
Education

Published on March 10, 2014

Author: Tika167crew

Source: slideshare.net

Description

buah aslli indonesia
advertisement

Kelompok 6 Ernawati Perninda P. Nova Dwicahyani Ria Apriani W. Sartika Khairunisa Windha Umbarawati “Buah-buahan Indonesia dan Buah- buahan Asing” Pendidikan Tata Boga 2011

Buah-buahan

PENGERTIAN BUAH Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

Tipe Tipe Buah .. • Buah Tunggal, yakni buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, yang berisi satu biji atau lebih. Contohnya adalah mangga (Mangifera). • Buah Ganda, yakni jika buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki banyak bakal buah. Masing- masing bakal buah tumbuh menjadi buah tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadi kumpulan buah yang nampak seperti satu buah. Contohnya adalah sirsak (Annona). • Buah Majemuk, yakni jika buah terbentuk dari bunga majemuk. Dengan demikian buah ini berasal dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja. Contohnya adalah nanas (Ananas), bunga matahari (Helianthus).

GOLONGAN BUAH… a.Berries Adalah buah yang berukuran kecil-kecil. Yang termasuk buah berries diantaranya Strawberries, Blueberries, Raspberries, Blackberries, Cherries, Cranberries, Mulberries. Rasa dari keluarga Berries ini adalah rata-rata Asam Manis

b. Citrus Fruits Adalah buah yang berasa asam. Memiliki manfaat terapi karena sifat detoksifikasinya. Biasanya berupa macam-macam jeruk dan kaya akan vitamin C. Contohnya jeruk garut, jeruk medan, jeruk mandarin, jeruk lokam, jeruk bali, lemon, dll.

c. Exotic Fruits Adalah buah yang tumbuh hanya di daerah tropis. Termasuk buah musiman sehingga pemilihan exotic fruits akan bervariasi sepanjang tahun. Contohnya nanas, durian, rambutan, semangka, mangga, belimbing, dll.

d. Hard-Shelled Fruits Adalah buah yang bercangkang (berkulit) keras. Contohnya durian, nanas, kelapa, dll.

e. Seed Fruits Adalah buah yang berbiji banyak. Contohnya jambu biji, buah naga, delima, dll

f.Stone Fruits Adalah buah yang didalamnya ada sejenis batu atau kerikil. Biasa disebut juga buah berbiji dimana bagian daging buah mengelilingi batu. Contohnya plum, ceri, persik, almond, dll.

Jenis Buah-buahan Asli Indonesia

A.Buah Durian

Banyak yang Tidak tahu kalau buah berduri yang dijuluki King of Fruit ini berasal dari Indonesia. Durian yang khas dengan wangi menyengat ini ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Durian dengan nama latin Durio zibethinus adalah tumbuhan tropis yang berasal dari asia tenggara. Durian sangat bergizi karena mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein, dan mineral, juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitanin C, serta kalium, kalsium dan fosfor.

Hasil Olahan Buah Durian 1. Cake Durian 2. Dodol Durian 3.Jus Durian

B. Buah Manggis

Manggis (Garcinia mangostana L) adalah sejenis buah hijau abadi dari derah tropis yang berasal dari kepulawan indonesia, buah yang awalnya ditemukan di daerah Kalimantan dan Sunda ini rasanya asam-manis yang sangat segar. Selain itu, buah keunguan ini juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bagus buat tubuh. Buah ini menggandung xanthone, xanthone mempunyai aktivitas antiiflamasi dan antioksidan yang tinggi.

Hasil Olahan Buah Manggis 1. Sirup Manggis 2. Xanthones Manggis

3. Puree Manggis 4. Jus Manggis

C. Buah Kedondong

Buah dengan biji berduri ini berasal dari belahan timur Indonesia. Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan ( Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarella, hog plum, hevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand). Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai.

HASIL OLAHAN Asinan Kedondong

E. Buah Jambu Air

Dihasilkan dari pepohonan tropis Indonesia. Bunganya berwarna putih, sedangkan buahnya yang berbentuk mirip bel punya variasi warna keputihan, merah dan hijau, tergantung pada jenisnya. Biasanya, jambu berwarna merah memilki rasa paling manis. Jambu air dikenal mancanegara dengan nama Java Apple. Di beberapa negara, jambu dibuat menjadi buah untuk salad.

Hasil Olahan Jambu Rujak

F. Belimbing atau Carambola

Asli berasal dari Maluku. Awalnya, buah ini menjadi favorit di Asia, lalu kemudian dikenal hingga Amerika, khususnya di Florida. Buah ini dijuluki Starfruit karena jika dibelah, bentuknya mirip seperti bintang. Orang barat menyebut rasa belimbing sebagai penggabungan pepaya, jeruk, dan anggur.

Hasil Olahan Buah Belimbing 1. Jus Belimbing 2. Sirup Belimbing 3. Manisan Belimbing

F. Buah Rambutan

Karena kulitnya seperti ditumbuhi rambut, maka buah asli Indonesia ini dikenal dengan nama rambutan. Pada tahun 1906, Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat. Tapi sayang, rambutan nggak bisa hidup di sana. Rambutan yang bernama latin Nephelium lappaceum L, buah tropis ini berasal dari asia tenggara, buah yang dalam bahasa inggris disebut hairy fruit banyak terdapat di daerah tropis

Hasil Olahan Buah Rambutan 1. Jus Rambutan 2. Kripik Rambutan 3. Es Rambutan Kelapa Muda

G. Buah Salak

Salak disebut dengan sebagai Snake Fruit karena kulitnya yang bersisik. Buah ini asli berasal dari Indonesia, bahkan salah satu variannya, salak condet, menjadi Identitas kota Jakarta. Ada aneka macam rasa salak, mulai dari yang manis, sepat, asam, atau gabungan keempatnya.

Hasil Olahan Salak Manisan Salak

H. Buah Duku

Buah yang berbentuk bulat kecil berwarna kekuningan ini merupakan salah satu buah asli kebanggaan Indonesia. Pohonnya pun dijadikan flora identitas provinsi Sumatra Selatan. Buah ini dikenal pula dengan nama-nama yang lain seperti langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya.

I. Buah Cempedak

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nagka meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah Durian. Tanaman ini berasal dariAsia Tenggara Buah dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dulu. Daging buah cempedak, kadang-kadang beserta bijinya sekali, diberi tepung, gula atau garam dan digoreng, dijadikan camilan minum teh atau kopi. Bijinya dapat digoreng, direbus atau dibakar, sebelum dimakan dengan campuran sedikit garam. Buah mudanya, seperti nangka muda, dapat dijadikan sayur.

Hasil Olahan 1.Jemput-jemput cempedak 2. Mandai Cempedak

Jenis Buah- buahan Asli Indonesia (yang hampir punah)

1. Buah Menteng

Rasanya asam-asam manis. Daging buahnya sangat sedikit karena bijinya besar. Buah ini banyak terdapat di Bogor dan sekitarnya. Sekilas buah menteng mirip dengan buah duku namun tajuk pohonnya berbeda. Menteng dulu biasa ditanam di pekarangan namun sekarang sudah sulit ditemui akibat desakan penduduk dan penanaman tanaman buah lain yang lebih disukai. Tumbuhan ini asli dari Pulau Jawa. Di sekitar Jakarta.

2. Kemang (Mangifera caesia)

Buah kemang sejenis mangga, apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Daging buah berwarna kuning mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis. Buah yang masak dapat dimakan segar, sedang buah yang hampir masak biasanya dimakan untuk campuran rujak. Daunnya yang masih muda dapat digunakan untuk lalap. Kemang menyebar secara alami di Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaya dan banyak dibudidayakan di Jawa bagian barat, terutama dekat Bogor.

2. Gandaria (Bouea macrophylla Griffith)

Gandaria Adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand. Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria.Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan.

3. Kecapi (Sandoricumkoetjape)

Kecapi, sentul atau ketuat adalah nama sejenis buah dan juga pohon penghasilnya kecapi diperkirakan berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade

4. BISBUL (DIOSPYROS BLANCOI)

Bisbul adalah nama sejenis buah beserta pohonnya. Tumbuhan ini berkerabat dekat dengan kesemek dan kayu hitam. Buah bisbol berbentuk bulat, agak pipih. Kulit buah berwarna merah muda, atau jingga kekuning- kuningan dengan bulu halus berwarna kemerahan. Berbau seperti mentega. Biji berwarna coklat.

5. Burahol/Kepel (Stechocarpusburahol)

Burahol adalah flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Buah kepel dikenal sebagai buah meja (santapan wajib) kegemaran puteri kraton di Jawa karena menyebabkan keringat beraroma wangi. Bentuk buah burahol bulat lonjong atau kebulatan, bagian pangkal agak meruncing. Warnanya coklat keabu-abuan, kalau sudah tua berubah menjadi cokelat tua. Daging buah agak kekuningan sampai kecoklatan, rasa manis, membungkus biji yang berukuran cukup besar.

5. Jambu Mawar (Eugenia jambos)

Jambu mawar alias jambu keraton adalah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara, Dinamai demikian karena buah jambu ini memiliki aroma wangi yang keras seperti mawar. Buah berbentuk hampir bulat, agak lonjong atau melebar pada dasarnya. Garis tengahnya 4 - 5 cm. Bila sudah masak warnanya kuning pucat atau kehijau-hijauan, dengan kulit licin dan agak keras. Warna bijinya coklat. Buah yang sudah masak bisa dimakan segar atau dimasak dulu dicampur dengan buah lainnya serta gula untuk dibuat selai atau jeli.

6. Lobi-lobi (Flacourtia inermis)

Buah lobi-lobi berukuran kecil, bentuknya agak bundar. Yang sudah masak warnanya merah tua, rasanya asam atau manis, kadang-kadang kelat dengan biji banyak. Buah yang sudah masak digunakan untuk bahan pembuat rujak, sirup, sele, buah kalengan, asinan dan manisan.

7. RUKEM (FLACOURTIA RUKEM)

Buah berbentuk bulat, daging buahnya tebal dan mengandung cairan. Buah yang masak berwarna merah kehitaman. Rasanya asam- asam manis dan berbiji banyak. Dapat dimakan dalam keadaan segar dan dapat pula dibuat rujak.Bisa juga dibuat manisan dan asinan. Buah yang masih muda dapat digunkan sebagai obat, dan daun mudanya bisa untuk lalap.

8. Sawo Durian (Chrysophyllum cainito)

Buah sawo durian hijau yang telah tua kulitnya hijau keputihan dan jika masih muda warnanya hijau muda. Sedang daging buahnya lunak dan berwarna putih susu bila telah masak. Sawo durian merah mula-mula berwarna hijau, lalu berubah kemerahan dan lantas menjadi keunguan di saat mencapai kematangannya. Daging buah berwarna putih susu seperti sawo durian hijau. Hanya saja di bagian tepinya, bila dibelah, akan tampak warna keunguan.

9. Sawo Kecik (Manilkara kauki)

Buah berbentuk bulat telur berukuran kecil. Buah yang masak enak dimakan, rasanya manis, kadang-kadang sedikit sepet. Kulitnya sangat tipis dan mudah mengelupas. Buahnya selain dapat dimakan, kayunya yang keras dan kuat sangat baik untuk dibuat patung, perabot rumah tangga, alat-alat pertukangan, tiang penyangga rumah, dan sebagainya.

10. Terap

Pohon ini terutama ditanam karena buahnya, yang dimakan dalam keadaan segar atau diolah sebagai kue-kue. Buah terap harus segera dimakan dalam beberapa jam setelah dibuka, karena baunya yang harum cepat berkurang dan warnanya dapat berubah karena teroksidasi. Biji terap juga dapat dimakan setelah dipanggang atau direbus dengan garam. Pohon ini menyenangi tanah liat berpasir dan wilayah dengan curah hujan cukup tinggi dan merata.

11. Jambu Bol (Syzygium malaccense)

Jambu bol, bersama dengan jambu air dan jambu semarang atau jambu cincalo memiliki pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan dapat saling menggantikan. Buah-buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu bahan rujak. Aneka jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan. Karena rasa dan aromanya,

12. BUNI (ANTIDESMA BUNIUS)

Buni adalah pohon penghasil buah yang dapat dimakan. Buah buni kecil-kecil berwarna merah, dan tersusun dalam satu tangkai panjang, menyerupai rantai . Buni termasuk tumbuhan yang sudah jarang dijumpai di pekarangan. Buahnya dapat dimakan sebagai buah meja, dibuat selai, atau difermentasi menjadi minuman alkohol di Filipina dan Jawa.

MACAM-MACAM BUAH- BUAHAN ASING

1. GOJI BERRY

Tanaman ini dikembangkan di Cina dalam jumlah yang besar, namun dapat pula dijumpai di belahan bumi yang lain, antara lain Jepang, Vietnam, Inggris, Thailand, Tibet, Amerika dan India. Buah goji berry biasanya dikeringkan untuk digunakan sebagai campuran makanan lainnya. Di Cina, buah goji berry kering dimakan bersama sup tonik bersama dengan campuran lainnya, seperti daging, sayuran, akar manis, serta bahan lain. Goji berry juga dapat digunakan sebagai teh herbal bersama dengan bunga krisan.

2. CHERRY

Buah ceri (Prunus spp.) mengandung substansi yang dapat membersihkan sisa metabolisme yang mengganggu tubuh. Untuk membuang lemak, kandungan gula alami yang terkonsentrasi memberikan energi untuk melepaskan debris (sisa metabolisme) yang tidak diharapkan dari sel tubuh. Manfaat ceri untuk kesehatan adalah : * Membersihkan sisa metabolisme dari tubuh. * Berfungsi sebagai sikat gigi alami.

3. BEACH CHERRY

Beach chery merupakan tanaman perdu yang berasal dari Australia. Namun demikian tanaman ini tumbuh subur dan berbuah terus menerus di Indonesia. Sosok tanaman perdu, rimbun dengan buah matang warna merah menyala, sehingga layak dan bagus bila dibikin tabulampot (tanaman buah dalam pot).

3. Buah Naga (Dragon Fruit)

Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

4. BUAH KIWI

Kiwi adalah sejenis buah beri ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara. Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, Buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing di tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian kiwi. Nama buah ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.

5. BUAH DELIMA

Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara. Secara tradisional, buah delima biasa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bisa mengurangi derita radang tenggorokan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

6. BUAH TIN

Tin (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Nama ini diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig, sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin. Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran.

7. BUAH LECI

Buah leci adalah buah subtropis yang berasal dari daerah Tiongkok Selatan. Buah dengan warna kulit luar merah itu sering disebut sebagai raja dari buah-buahan. Buah leci acap kali ditampilkan sebagai menu dalam hidangan makanan Asia, baik dalam kondisi segar maupun dalam bentuk kalengan. Buah leci memberikan rasa serta tekstur yang menarik untuk hidangan manis dan gurih. Dalam buah ini juga terdapat kandungan vitamin C dan potasium yang cukup tinggi.

8. BUAH ZAITUN

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar . Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun.Distribusinya meliputi daerah daerah iklim panas sampai iklim sedang. Kebanyakan jenisnya dapat ditemui di Asia dan daerah Laut Tengah. Tumbuhan ini masih berkerabat dengan melati (Jasminum sambac).

9. Buah Pir

Pir atau Pear adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. Pir adalah pohon yang berasal dari daerah beriklim sedang di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.

10. Buah Kurma

Kurang lengkap rasanya jika tidak menyantap kurma saat berbuka puasa. Kalau biasanya buah-buahan mengandung energi dan kalori yang rendah maka tidak halnya dengan kurma. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi kurma menjadi sumber energi yang tinggi pula. Bahkan tertinggi diantara semua buah-buahan lainnya. Karena itulah kurma sangat cocok untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Bagi orang yang cukup banyak makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar karena bahan pangan ini juga kaya akan serat.

11.Peach (Prunus Presica)

Meski teksturnya lembut, buah peach ini kaya serat. Peach alias persik memiliki banyak khasiat untuk kesehatan mulai dari kesehatan kulit, pencernaan, sampai jadi ‘teman’ yang baik untuk orang yang sedang berdiet. Buah yang banyak ditemukan di daratan Cina ini, kaya akan vitamin C, yang bermanfaat sekali untuk menjaga sistem imun tubuh, berguna untuk melancarkan proses metabolisme tubuh, dan dipercaya bisa membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan sebagai komponen penting untuk kekuatan otot kita. Buah ini juga mempunyai kandungan gizi yang berkonsentrasi vitamin, mineral, dan antioksidan terkaya.

12. Plum

Buah plum yang berwarna kuning dan ungu gelap, banyak tumbuh di Eropa, Amerika dan Amerika Latin, khususnya yang berudara sejuk. Buah plum ini mengandung vitamin C yang tinggi. Dijadikan sebagai buah selamat datang di setiap hotel besar atau kapal pesiar. Tubuh yang lelah atau mengantuk setelah melakukan beberapa jam penerbangan akan merasa segar kembali setelah menyantap buah tersebut Plum mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid, yang memiliki senyawa antikanker. Penelitian menujukkan banyak konsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan risiko kanser usus. Plum merupakan buah yang kaya serat dan potasium.

13. Buah Anggur

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya

Jenis-jenis Buah Anggur 1. Anggur Autum Royal 2. Anggur Merah dan Hijau 3. Foliage of the Concord Grape Plant

14. Buah Pepaya

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". . Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan.

15. Buah Sirsak

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

16. Buah cermei

Cerme, Cereme atau Ciremai adalah nama sejenis pohon dengan . Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Buah cerme sering dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cerme juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya digunakan sebagai lalap. Rebusan akar cerme digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak juga dihasilkan dari kulit akarnya.

17. Buah Pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah pisang diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, kue, ataupun arak (di Amerika Latin). Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

18. Buah Sawo

Buah sawo barangkali menjadi satu-satunya buah yang dianggap buah asli Indonesia. sebenarnya Sawo berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko.Pohon sawo banyak ditanam di India, Sri Lanka, Filipina, Meksiko, Venezuela, Guatemala, dan Amerika Tengah.Di Negara-negara tersebut buah sawo sudah dibudidayakan secara komersial. Buah Sawo ini mempunyai rasa manis. .Karena rasanya yang manis tersebut,sudah pasti kalau sawo kaya gula, sawo juga mengandung zat gizi lain seperti mineral, vitamin, karbohidrat, dan serat pangan

19. Nanas

Asal-usul Tanaman nanas berasal dari Amerika tropis, yakni Brasil, Argentina, dan Peru. Pada saat ini, nanas telah tersebar ke seluruh dunia, terutama di sekitar khatulistiwa antara 300 LU dan 300 LS. Di indonesia, tanaman nanas sangat populer dan banyak di tanam di tegalan dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Daerah penghasil nanas yang terkenal di antaranya Subang, Bogor, Riau, Palembang dan Blitar.

Cara Memilih Buah yang Baik .. Berat : Buah dengan ukuran yang sama, pilih buah yang lebih berat karena biasanya rasanya lebih enak, karena susunan di dalamnya lebih padat, dan kadar airnya juga lebih banyak. Penampilan luar : 1. Bentuk buah yang padat lebih baik, seperti mangga yang padat maka dagingnya akan banyak dan bijinya kecil. 2. Kulit luar halus dan mulus lebih baik daripada yang berkulit kasar, seperti buah jeruk. 3. Bagian ujung dan ekor buah, ketika sudah masak akan lebih merekah, itu ciri – ciri sudah masak. 4. Guratan pada kulit luar sangat jelas serta merekah dan merata, seperti buah melon. 5. Buah yang kulitnya berbulu, bulunya lebih panjang akan lebih baik, seperti buah peach, kiwi, pipa (buah dari Tiongkok).

Suara : Sentil atau tepuk perlahan dan dengarkan suaranya, ini juga cara yang penting dalam menentukan buah yang baik dan buruk. 1. Semangka bersuara mantap dan padat. 2. Apel bersuara jernih dan renyah. 3. Goyangkan dengan ringan buah melon dan yang sejenis, jika bersuara maka kualitasnya kurang baik. 4. Memilih nanas harus yang memiliki “mata” yang besar-besar pada kulitnya dan bersuara berat jika dipukul. 5. Goyangkan alpukat dan durian, jika bersuara (kocak) berarti sudah cukup matang untuk dimakan. Tingkat kekerasan : Pilihlah buah yang agak keras untuk mendapatkan mutu terbaik, seperti cherry, jambu, jeruk peras, anggur. Warna : Warna harus terlihat alami dan cerah. Seperti berbagai jenis jeruk dan pepaya harus dipilih yang berwarna oranye, jika warnanya agak kekuningan maka kualitasnya kurang baik.

Perbedaan Buah Asing dan Buah Indonesia ..  Terletak dari letak geografi atau tempat tumbuhnya buah tersebut pertama kali Kalau buah Indonesia berarti buah yang bisa tumbuh di Indonesia dan pertama kali ditemukan di Indonesia , sedangkan buah asing berarti buah yang pertama kali ditemukan selain di Indonesia tapi kemungkinan masih bisa tumbuh di Indonesia.  Dari Rasanya Rata-rata rasa dari buah Indonesia adalah asam walaupun memang ada juga yang berasa manis , sedangkan buah asing rata-rata berasa lebih manis.

Any Question ???

Selesai ... Terimakasih perhatiannya .. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Add a comment

Related presentations

Related pages

Real precentasi buah - Education - dokumen.tips

buah aslli indonesia ... 1. Kelompok 6 Ernawati Perninda P. Nova Dwicahyani Ria Apriani W. Sartika Khairunisa Windha Umbarawati “Buah-buahan Indonesia ...
Read more