PPT Evolusi Teori Manajemen Aliran Post Modern

67 %
33 %
Information about PPT Evolusi Teori Manajemen Aliran Post Modern

Published on October 10, 2016

Author: marlinda3

Source: slideshare.net

1. Istilah PostModern Berdasarkan asal usul kata, Post-modern-isme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya faham(isme), yang berkembang setelah (post) modern.

2. PostModern menurut ahli 1. Postmodernisme adalah lawan dari modernisme yang dianggap tidak berhasil mengangkat martabat manusia modern (Lyotard). 2. Postmodernisme adalah pengembangan dari modernitas dengan alasan tidak mungkin kita dapat masuk jenjang postmodernisme tanpa melalui tahapan modernisme (Jameson, ) 3. Modernisme yang ditandai oleh kepercayaan penuh pada keunggulan sains, teknologi, dan pola hidup sekuler, ternyata tidak cukup kokoh untuk menopang era industrialisasi yang dikampanyekan dapat membawa kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat (Maysa Syifa Aljauza).

3. 1.Sebagai bentuk protes akan anggapan kurangnya ekspresi dalam aliran modernisme. 2.Karena terjadinya krisis kemanusiaan modern dalam aliran modernisme. Latar Belakang Lahirnya Postmodernisme

4. Post Modern • Memperhatikan pada sifat politis organisasi • Tokoh: – James March, Herbert Simon, Jeffrey Pfeffer • Pfeffer menciptakan model teori organisasi yang mencakup koalisi kekuasaan, konflik, serta keputusan desain organisasi yang mendukung kepentingan penguasa. • Desain organisasi merupakan pertarungan kekuasaan. • Harus diketahui kepentingan dibalik keputusan desain organisasi.

5. Ciri-Ciri Posmodernisme Akbar S. Ahmed mengatakan terdapat delapan karakter sosiologis posmodernisme yang menonjol, yaitu : 1. Timbulnya pemberontakan secara kritis terhadap proyek modernitas; memudarnya kepercayaan pada agama yang bersifat transenden (meta-narasi); dan diterimanya pandangan pluralisme relativisme kebenaran. 2. Meledaknya industri media massa dalam artian perilaku orang tidak lagi ditentukan oleh agama-agama tradisional, tetapi tanpa disadari telah diatur oleh media massa, semisal program televisi. 3. Munculnya radikalisme etnis dan keagamaan. Fenomena ini muncul diduga sebagai reaksi atau alternatif ketika orang semakin meragukan terhadap kebenaran sains, teknologi dan filsafat yang dinilai gagal memenuhi janjinya untuk membebaskan manusia, tetapi sebaliknya, yang terjadi adalah penindasan.

6. Lanjutan 4. Munculnya kecenderungan baru untuk menemukan identitas dan apresiasi serta keterikatan rasionalisme dengan masa lalu. 5. Semakin menguatnya wilayah perkotaan (urban) sebagai pusat kebudayaan, dan wilayah pedesaan sebagai daerah pinggiran. Pola ini juga berlaku bagi menguatnya dominasi negara maju atas negara berkembang. Ibarat negara maju sebagai “titik pusat” yang menentukan gerak pada “lingkaran pinggir”. 6. Semakin terbukanya peluang bagi klas-klas sosial atau kelompok untuk mengemukakan pendapat secara lebih bebas. Dengan kata lain, era posmodernisme telah ikut mendorong bagi proses demokratisasi.

7. ALIRAN POST MODERN • Selain itu aliran post modern juga memandang bahwa : 1. Suatu organisasi terdiri dari berbagai entitas (tim) yang beragam namun terhubung satu sama lain. Entitas-entitas tersebut mempunyai kemampuan untuk mengatur dan mengontrol dirinya sendiri melalui koordinasi yang bersifat polisentris. 2. Koordinasi dibangun melalui kebutuhan pekerjaan 3. Entitas diorganisasikan dalam flat desain, pekerja sangat diberdayakan dan dilibatkan dalam pekerjaan, informasi disebarluaskan 4. Menekankan pada “continous improvement”.

8. March dan Simon “ Batas-Batas Kognitif terhadap Rasionalitas “ • March dan Simon menentang gagasan klasik mengenai keputusan yang rasional atau optimum. Mereka beragumentasi bahwa mayoritas pengambil keputusan memilih alternatif yang memuaskan – alternative cukup baik. Hanya pada kasus- kasus yang luar biasa mereka akan mencari dan menyeleksi alternatif yang optimal.

9. Jefrey Pfeffer “ Organisasi sebagai Arena Politik “ • Jeffrey Pfeffer menciptakan model teori organisasi yang mencakup koalisi kekuasaan, konflik inherent atas tujuan serta keputusan desain organisasi yang mendukung kepentingan pribadi dari orang yang berkuasa. Pfeffer mengusulkan agar kendali di dalam organisasi menjadi tujuan ketimbang hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan-tujuan yang rasional, seperti produksi output yang efisien.

10. Lanjutan … • Organisasi merupakan koalisi terdiri dari berbagai kelompok dan individu dengan tuntutan yang berbeda-beda. Desain organisasi merupakan hasil dari pertarungan kekuasaan berbagai koalisi tersebut.

11. • Di Awali Dengan Adanya Revolusi Industri • Aliran ini disimbolkan dengan lambang Pabrik • Bahan baku untuk memproduksi barang- barang tersebut berasal dari kekayaan alam sehingga lama kelamaan bahan baku tersebut akan habis dan rusak • yang tadinya negara Indonesia sebagai negara Agraris, pelan-pelan ingin dirubah menjadi negara Industri • Diawali dengan kebangkitan era media informasi • Aliran Postmodernisme di lambangkan dengan gambar Komputer. • kemampuan era postmodern untuk mendapatkan informasi dari mana saja secara cepat. • Statistik kerja membuktikan bahwa kita sedang mengalami perubahan dari masyarakat industri kepada masyarakat informasi. • Entitas diorganisir dalam flat design, pekerja sangat diberdayakan dan dilibatkan dalam pekerjaan, Informasi sebarkan, dan menekankan pada continuous improvement. (Kaizen) MODERN POSTMODERN

12. • Postmodernitas adalah kondisi dimana masyarakat tidak lagi diatur oleh prinsip produksi barang,melainkan produksi dan reproduksi informasi dimana sektor jasa menjadi faktor yang paling menentukan. Masyarakat adalah masyarakat konsumen yang tidak lagi bekerja demi memenuhi kebutuhan, melainkan demi memenuhi gaya hidup. • Postmodernisme adalah wacana pemikiran baru sebagai alternatif terhadap modernisme. Modernisme sendiri digambarkan sebagai wacana pemikiran yang meyakini adanya kebenaran mutlak sebagai objek representasi bagi subjek yang sadar,rasional, dan otonom. Sebagai realitas pemikiran baru, postmodernis memeluluh lantakkan konsep-konsep modernisme, seperti adanya subjek yang sadar-diri dan otonom, adanya representasi istimewa tentang dunia, dan sejarah linier.

13. >> 0 >> 1 >> 2 >> 3 >> 4 >>

Add a comment