PLET Agar Base Untuk Analisa Bacillus Anthracis

100 %
0 %
Information about PLET Agar Base Untuk Analisa Bacillus Anthracis

Published on February 16, 2014

Author: Alat_Laboratorium

Source: slideshare.net

Description

PLET Agar Base adalah media mikrobiologi untuk analisa Bacillus Anthracis

PLET Agar Base adalah media mikrobiologi yang direkomendasikan untuk isolasi selektif, kultivasi dan enumerasi dari Bacillus Anthracis.

Anthrax adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh spora dari bakteri Bacillus anthracis. Pada manusia, Bacillus anthracis dapat ditemukan pada malignant pustule, sputum dari pulmonary anthrax dan dalam darah pada tahap septikemia dari semua bentuk infeksi.

Secara umum sebenarnya manusia relatif lebih tahan (resistent ) terhadap infeksi dari anthrax. Para pekerja di laboratorium juga jarang sekali terinfeksi dengan penyakit ini. Tetapi langkah kehati hatian mesti dilakukan untuk menghindari spora Bacillus anthracis terlepas di lingkungan laboratorium.

Semua prosedur analisa Bacillus Anthracis di laboratorium harus dilakukan di Biological Safety Cabinet ( BSC ) atau kabinet keamanan. Anthrax tidak dapat menyebar secara langsung dari manusia ke manusia tetapi spora anthrax dapat berpindah melalui baju , sepatu dan peralatan lainnya.

Pada manusia, anthrax terjadi karena adanya paparan dari bangkai hewan, konsumsi jaringan hewan yang terinfeksi atau terpapar oleh spora. Media mikrobiologi PLET Agar Base pertama diformulasi pleh Knisley. Media mikrobiologi ini merupakan media selektif terbaik untuk kultivasi Bacillus anthracis dari sampel spesimen lingkungan, produk olahan hewan atau spesimen klinik.

Media mikrobiologi PLET Agar Base dapat menghambat pertumbuhan Bacillus cereus. Beef heart infusion dan tryptose menghasilkan senyawa karbonat dan nitrogen yang penting untuk pertumbuhan. Komponen Natrium klorida dalam media mikrobiologi berperan untuk memberikan keseimbangan equilibrum pada media. Thallous acetate dan polymyxin ( FD 185 ) merupakan agen penghambat yang memberikan kesempatan Bacillus anthracis tumbuh dengan menghambat bakteri kontaminan lainnnya

Lysozyme (FD185 ) secara khusus berperan untuk menekan pertumbuhan kontaminan gram negatif. Spesimen tersangka mungkin dapat digunakan secara langsung dengan metoda streaking atau dilakukan metoda penanganan panas dan metoda  penanganan spesimen dengan alkohol.

Pada inkubasi di suhu 37º C selama 24 jam, media mikrobiologi  PLET Agar base dapat menumbuhkan 30-100% dari spora Bacillus anthracis. Media mikrobiologi PLET Agar Base menghambat pertumbuhan hampir semua strains Bacillus cereus, species Bacillus lainnya, Enterobactericeae dan beberapa spesies Pseudomonas.

Beberapa strains Bacillus Cereus dari tanah dapat tumbuh tetapi membentuk koloni yang lebih kecil dari Bacillus antrachis. Koloni Bacillus antharcis tumbuh setelah 30-40 jam setelah inkubasi pada suhu inkubasi 37º C dengan bentuk koloni bulat kasar, warna putih sampai krem, dengan dasar texture seperti glass. Untuk identifikasi lebih lanjut, koloni disubkultur ke dalam Media Mikrobiologi Blood Agar. Produksi kapsul dapat dilihat secara langsung pada media Blood Agar .

Bahan ( Gram/Liter ) • Beef heart, infusion form : 500.000 • Tryptose : 10.000 • Sodium Chloride : 5.000 • EDTA : 0.300 • Thallous acetate : 0.040 • Agar : 15.000 pH akhir pada suhu 25º C adl 7.3± 0.2

Timbang 40.34 gram media mikrobiologi PLET Agar Base dalam 990 ml aquadest. Panaskan hingga mendidih dengan menggunakan hot plate stirrer, hingga media mikrobiologi larut dengan sempurna. Sterilkan dengan menggunakan autoclave 121º C selama 15 menit. Dinginkan samapai 50 ◦C, kemudian secara aseptis isi dengan 1 vial Antharcis Selective supplement ( FD 185 ) yang telah di rehydrasi. Campur dengan baik dan tuang ke dalam petridish.

Appearance • Bubuk powder berwarna krim sampai kuning, homogen, free flow Warna dan kejernihan • Gel berwarna coklat terang jernih sampai keruh dalam petri plates Kultur response • Karakteristik kultur diamati setelah penambahan  anthacis slective supplement ( FD 185 ) lakukan inkubasi pada suhu 35-37º C selama 36-40 jam.

alat2lab AlatAlatLaboratorium sales@alatalatlaboratorium.com

Add a comment

Related presentations

Related pages

PLET Agar Base Untuk Analisa Bacillus Anthracis - Documents

PLET Agar Base adalah media mikrobiologi untuk analisa Bacillus Anthracis. Dokumen.tips. ... Share PLET Agar Base Untuk Analisa Bacillus Anthracis.
Read more

Anthracis Selective Supplement - Documents - dokumen.tips

... PLET Agar Base untuk Analisa Bacillus Anthracis. Media Supplement untuk digunakan pada media mikrobiologi PLET Agar Base untuk Analisa Bacillus Anthracis.
Read more