Perkembangan Windows

50 %
50 %
Information about Perkembangan Windows
Education

Published on March 10, 2014

Author: RiswanFadhilla

Source: slideshare.net

Description

Artikel ini menjelaskan sedikit tentang perkembangan windows dari masa ke masa.

Nama :Riswan Fadhilla NIM : 3311301065 Politeknik Negeri Batam PERKEMBANGA WINDOWS Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Windows adalah operating system buatan microsoft yang didirikan oleh Bill Gates. Berikut adalah macam-macam produk perkembangan Sistem yang dikeluarkan Windows dari awal hingga sekarang: 1. Windows 1.0 Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Namun masih terdapat banyak kekurangan. 2. Windows 2.x Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer karena sudah terdapat aplikasi grafis buatan Microsoft,Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. 3. Windows 3.0 Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Windows 3.0 mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan Memory virtual. 4. Windows 95 Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking. Windows 95 merupakan windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi. Dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. 5. Windows 98 Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan terdapat berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE pada tahun 1999. 6. Windows ME Mengisi kekosongan antara dirilisnya windows 98SE dan XP, dibuatlah windows ME. Konsep konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME. 1. Sayangnya GUI yang buruk dan terlalu geeky membuat nya tidak populer. 7. Windows 2000 Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau “NT 5.0″ . Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server.

8. Windows XP Pada oktober 2001, microsoft merilis Windows XP ini adalah versi sistem operasi yang banyak digunakan pada era sekarang, dan juga banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Window xp banyak digunakan pada usaha-usaha warnet dan bisnis, karena lebih murah dalam segi harganya. 9. Windows Vista Vista membawa perubahan besar dalam kernel, karena terdapat fitur-fitur baru. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari windows XP dalam penggunaan sehari hari. 10. Windows 7 Selanjutnya setelah Windows Vista berkembang menjadi Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Windows ini memiliki kennel NT versi 6.2 SP2 dari Windows Server 2008. Windows 7 memiliki keamanan dan fitur yang baru. Windows 7 adalah jenis dari Windows Server 2008 SP2. Windows ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Fitur yang ada di Windows 7 60% sama dengan Windows Vista. Beberapa fiturnya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang nama berganti menjadi Gadget dan Gadget bebas ditaruh kemanamana (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spektifikasi Windows 7 lebih ringan dari pada Windows Vista. Harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista. 11. Windows 8 Inilah sistem operasi Windows terbaru yang baru dirilis 26 Oktober 2012 lalu. Di Windows 8 ini juga diperkenalkan Windows Store yang akan menjadi market jual beli aplikasi untuk Windows 8.

Add a comment

Related presentations

Related pages

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Microsoft Windows

Sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface).
Read more

Perkembangan-perkembangan Windows dan Linux | My Blog

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perkembangan os windows dan linux, alangkah baiknya dikalau kita mengerti dulu apa itu os. yup os (operating ...
Read more