Nikmatul khoeriyah-16

80 %
20 %
Information about Nikmatul khoeriyah-16
Education

Published on February 27, 2014

Author: syaefulafwukuntama

Source: slideshare.net

Description

my power point

TUGAS TERSTRUKTUR KKPI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI OLEH : NIKMATUL KHOERIYAH SMK MA’ARIF NU 1 CILONGOK TAHUN AJARAN 2012/2013

BIRRULWALIDAIN UNTUK: Ibuku yang telah mendidikku arti hidup mengajariku menjadi manusia meneladankan padaku ketegaran sikap,Dan Ayahku yang telah melimpahkan perhatian dan kasih sayang tuk besarkan kami meniti jalan ilahi

Ibuku. . . Kasih sayangnya sehangat mentari pagi belaian tangannya selembut angin sutra senyum manisnya hiburkan hati nan duka pandang matanya tajamkan hati nan suci Dia. . Adalah wanita paling berjasa sejak kita lahir kedunia dan melangkah alam fana tiada tandingan budinya dalam hidup kita yang melahirkan kita,menyusui dan membesarkan kita

Pertaruhkan jiwa raga membela kita semua dialah. . Ibunda. .yang selalu mendo’akan kita dalam keadaan lapang,suka maupun duka tutur katanya adalah harapan,do’a nasehat yang berguna sepanjang masa keridhaanya adalah ridha ilahi kemurkaaanya adalah murka ilahi

Pertaruhkan jiwa raga membela kita semua dialah. . Ibunda. .yang selalu mendo’akan kita dalam keadaan lapang,suka maupun duka tutur katanya adalah harapan,do’a nasehat yang berguna sepanjang masa keridhaanya adalah ridha ilahi kemurkaaanya adalah murka ilahi

“dan kami tetapkan di dalam rahim apa yang kami kehendaki sampai waktu yang telah di tentukan,kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi.” (QS. Al Hajj:5)

Cara berbakti kepada orang tua ketika mereka masih hidup: 1.mentaati segala yang diperintahkan selama tidak untuk bermaksiat kepada Allah SWT Meski sedemikian agungnya nilai ketaatan seseorang terhadap kedua orang tuanya,akan tetapi Islam tetap meletakan standar kataatan utama tetap kepada Allah Azza wa Jalla. Artinya ketaatan kepada Allah Dan RasulNya tetap merupakan prioritas utama.

2.Memberikan nafkah terhadap kedua orang tua,, Di riwayatkan oleh Ad Dailami bahwa, “Ibu dan bapak berhak makan dari harta milik anak mereka dengan cara ma’ruf. Seorang anak tidak boleh makan dari harta ibu bapaknya kecuali dengan izin mereka”

4.Mendahulukan kepentingan orang tua Sudah seharusnya seorang anak berbakti kepada orang tua yaitu melakukan yang terbaik untuk mereka,mendahulukan kepentingan mereka atas kepentingan dan kebutuhannya sendiri.

6.Bersegera menyahut panggilan orang tua Termasuk nilai bakti kepada kedua orang tua yang cukup besar adalah segera menyahut dan menyambut seruan mereka,bahkan harus di prioritaskan atas amal ibadah sunnah.

8.Jangan mencela orang tua “Diantara dosa-dosa besar adalah seorang yang memaki kedua ayah bundanya” Para sahabat bertanya, ”Ya Rasulalloh,adakah seorng yang memaki ayah bundanya?” jawab Nabi,”Ya.” dia memaki ayah orang lain, maka dibalas di makilah ayahnya.(HR. Bukhori muslim)

9.Membalas jasa orang tua “Seorang anak tidak akan bisa membalas(jasa) kedua orang tuanya kecuali bila ia menjumpai mereka dalam keadaan menjadi budak lalu di belinya untuk di merdekakan.”

5. Melunasi hutang-hutang nadzarnya Diantara kewajiban anak terhadap orang tuanya adalah menunaikan berbagai perkara yang telah di nadzarkan, menjadi tanggungan atau hutangnya.

6. Menjaga nama baik kedua orang tuanya Dan termasuk menjaga nama baik orang tua adalah: - Menjaga diri dalam pergaulan - menunaikan hak-hak orang lain - tidak mencela orang tua orang lain - Melanjutkan kebaikan yang di bangun dan di minta urang tua.

7. Melanjutkan amal sholih “Apabila anak adam meninggal, maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal,shadaqah jariyah, atau ilmu yang dimanfaatkan, atau anak shalih yang senantiasa mendo’akannya..” (HR.

DURHAKA KEPADA ORANG TUA: Bentuk bentuk kedurhakaan: 1. Membuat orang tua menagis Termasuk bentuk kedurhakaan kepada kedua orang tua adalah membuat mereka menangis, yaitu tangisan disebabkan kesedihan mereka atau ketiadaan ridha mereka terhadap hal-hal yang dilakukan oleh seorang anak, meskipun itu suatu kebaikan dimata anak.

2. Pergi Tanpa Izin

3. Berjalan di depan orang tua Aisyah ra berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Rasululloh SAW dengan membawa seorang tua. Beliu bertanya kepadanya, “Hai lelaki, siapakah orang yang bersamamu ini?” “Ayahku!” Jawabnya. Beliau Bersabda, “Janganlah kamu berjalan di depannya, jangan duduk di hadapannya jangan memanggil ia dengan namanya dan janganlah engkau samakan dia dalam sesuatu.”

4. Meninggalkan do’a bagi kedua orang tua Salah satu kewajiban anak kepada orang tua adalah mendo’akan mereka. Maka bila anak tidak lagi mendo’akan orang tuanya berarti dia telah melalaikan kewajiban dan durhaka kepadanya. “Apabila seorang meninggalkan do’a bagi kedua orang tuanya maka akan terputus rezekinya.” (HR. Ad Dalaimy)

Dosa dan adzab bagi pelaku durhaka kepada kedua orang tua 1. Tidak akan masuk surga “Tidak akan masuk surga orang yang suka memutuskan hubungan famili(memutuskan silaturahmi).” (HR. Bukhari Muslim)

2. Kerugian yang tidak ada akhirnya “Sungguh kecewa,sungguh kecewa dan hina,sungguh kecewa dan hina orang yang mendapati kedua ayah bundanya atau salah satunya sampai tua,lantas ia tidak dapat masuk surga.”(HR. Muslim)

3. Mendapat kemurkaan Allah SWT dan kemurkaan orang tua “keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.” (HR. Al Hakim)

Begitulah Sekiranya cara-cara berbakti kepada orang tua, semoga bermanfaat buat yang membaca ini.

Add a comment

Related presentations