advertisement

Modul database4 revpkt

60 %
40 %
advertisement
Information about Modul database4 revpkt
Books

Published on March 14, 2014

Author: VivinPrastyo

Source: slideshare.net

advertisement

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 35 Bab IV Diagram Database Diagram database adalah representasi grafik dari sebuah database. Dengan diagram database, Anda bisa mengelola objek – objek database menggunakan antarmuka grafis. Anda bisa melihat tabel-tabel database dan hubungan antara mereka. Setiap tabel yang ditunjukkan disini hanyalah referensi ke tabel yang secara fisik disimpan di dalam database. Beberapa diagram bisa dibuat untuk database yang sama. Beberapa tugas yang dapat dilakukan pada diagram:  Melihat struktur tabel dan hubungannya  Menghasilkan beberapa view dari bagian-bagian database yang kompleks  Bereksperimen dengan struktur database tanpa mengubah database  Mengubah struktur database Membuat Diagram Langkah-langkah membuat diagram : 1. Pilih Database yang diinginkan. 2. Klik kanan pada Diagrams dan pilih New Database Diagrams. 3. Muncul kotak dialog Create Diagram Wizard. Klik Next.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 36 4. Pilih semua tabel yang ingin ditampilkan. Tekan Add. Bila semua sudah ditambahkan tekan Next. 5. Selanjutnya Wizard akan menampilkan tabel –tabel pilihan Anda. Tekan Finish. Untuk menyimpan diagram, klik Save dan ketikkan nama untuk diagram tersebut.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 37 Menggunakan Diagram Membuka Diagram Langkah – langkah untuk membuka diagram adalah : 1. Pilih Database pada folder Databases yang diinginkan. 2. Pilih Diagrams. Klik ganda pada diagram yang ingin dibuka. 3. Anda dapat memperbesar atau memperkecil tampilan diagram dengan tombol Zoom. Mencetak Diagram Langkah – langkah untuk mencetak diagram adalah : 1. Buka Diagram yang ingin dicetak. 2. Klik pada tombol Print atau klik kanan pada diagram lalu pilih Print. 3. Untuk melihat pemenggalan halaman, klik kanan pada diagram lalu pilih View Page Breaks.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 38 Menggunakan Tabel pada Diagram Melihat Properti Tabel 1. Klik kanan pada baris judul tabel 2. Pilih Properties. Muncul kotak dialog properti. 3. Pada kotak dialog tersebut terdapat lima buah tab. Tab Tables menampilkan keterangan/properti dari tabel tersebut. 4. Tab Columns menampilkan properti tiap field/kolom dalam tabel tersebut.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 39 5. Tab Relationship menampilkan hubungan antara tabel ini dengan tabel yang lain. 6. Tab Indexes/Keys mengizinkan Anda untuk melihat dan membuat file indeks dari tabel. 7. Tab Check Constraints menampilkan batasan yang berlaku pada tabel ini.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 40 Mengubah Tampilan Tabel Untuk mengubah tampilan tabel pada diagram : 1. Klik kanan pada judul tabel 2. Pilih Table View. Lalu pilih jenis tampilan yang diinginkan. Ada beberapa jenis tampilan yaitu : a. Standard : menampilkan sebuah grid dengan semua field dari tabel dan properti dari field tersebut. b. Column Names : menampilkan nama-nama field/kolom dari tabel. c. Keys : menampilkan nama semua kolom yang merupakan kunci primer atau kunci asing, atau kolom yang memiliki karakteristik ekslusif. d. Name Only : hanya menampilkan nama tabel e. Custom : menampilkan kolom-kolom yang ditentukan oleh user saja Menambah Tabel Ke dalam Diagram Untuk menambah tabel ke dalam Diagram lakukan langkah berikut ini : 1. Klik kanan pada daerah yang kosong di diagram 2. Pilih Add Table... Maka akan muncul kotak dialog Add Table. 3. Pilih Tabel yang ingin ditambahkan pada diagram. Anda dapat memilih lebih dari satu tabel dengan menekan tombol Shift atau Ctrl bersamaan dengan klik mouse.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 41 4. Lalu tekan Add. Tekan Close untuk menutup kotak dialog. 5. Anda dapat mengatur tabel dengan drag-drop pada judul tabel tersebut. Menghapus Tabel Dari Diagram 1. Pilih tabel yang ingin dihapus dari Diagram. Anda dapat memilih lebih dari satu tabel. 2. Lalu klik kanan pada judul tabel. Pilih Remove Table From Diagram. Menambah Tabel yang Berhubungan Diagram database mengizinkan semua tabel yang berhubungan untuk disertakan sekaligus. Cara menambahkan adalah klik kanan pada tabel dimana semua hubungan berasal lalu pilih Add Related Tables. Tabel-tabel yang berhubungan akan ditampilkan pada diagram.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 42 Menyertakan Catatan Pada diagram database Anda juga dapat menyertakan catatan atau komentar di dalam kotak teks pada daerah kerja. 1. Klik kanan pada tempat dimana Anda ingin menyisipkan teks. 2. Pilih New Text Annotation. 3. Sebuah kotak akan muncul. Ketikkan teks yang Anda inginkan. 4. Anda dapat memperbesar atau memperkecil ukuran kotak dan mengatur teks dengan mengklik dan menggeser sudut-sudutnya. Juga dapat mengubah jenis dan ukuran hurufnya dengan memblok tulisan dan klik kanan lalu pilih Font. Membuat Tabel Baru Untuk membuat tabel baru : 1. Klik kanan pada diagram dan pilih New Table... 2. Masukkan nama tabel baru. Ketikkan Tabel1Demo lalu klik OK. 3. Grid untuk membuat tabel akan muncul pada daerah kerja. Sebagai contoh, kita akan membuat dua kolom seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 43 4. Untuk membuat kunci primer, klik kanan pada baris pertama lalu pilih Set Primary Key. 5. Tekan Save untuk menyimpan tabel tersebut. Membuat Hubungan Antartabel Kini setelah tabel baru dibuat, kita akan menghubungkannya dengan tabel Publisher. Operasi ini cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut. 1. Pilih baris yang mendefinisikan kolom dengan kunci primer pada tabel yang baru (pubId dari tabel Table1Demo). 2. Lalu geserlah ke nama dari kolom yang berhubungan dengan tabel yang lain (pubId dari tabel Publisher). 3. Operasi ini akan membuka sebuah kotak dialog yang baru. Tekan OK untuk memastikan pembuatan hubungan antartabel.

Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 44

Add a comment

Related presentations

Related pages

Modul database4 revpkt - Education - dokumen.tips

1. Program Diploma III Manajemen Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Manajemen Basis Data 35 Bab IV Diagram Database Diagram ...
Read more