Mindset entrepreneur1

71 %
29 %
Information about Mindset entrepreneur1
Education

Published on March 19, 2014

Author: anin13dya

Source: slideshare.net

Description

presentasi untuk mata kuliah Kewirausahaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawiyaja, 2014.

Kelompok 2 Anindya Atma Zulatsari Byanka Rayanfitiari Ade Auliya Rahma Megawati Yuni Putri Fina Maysaroh Nur Maulidiana

kerangka berpikir seseorang yang beorientasikan entrepreneurial, lebih memilih untuk menjalani ketidakpastian daripada menghindarinya, melihat segala sesuatu lebih sederhana daripada orang lain, dan mau belajar yang berresiko (McGrath & MacMillan, 2000: 2) Definisi Mindset Enterpreneur

7 MINDSET WIRAUSA HA Action Oriented Fokus pada eksekusi Berpikir simpel Senantiasa berkreasi, mencari alternatif dan peluang baru. Memiliki integritas dalam mengejar peluang bisnis Mengambil peluang yang terbaik, paling potensial dan menjanjikan Pandai bersosialisasi dan membangun jaringan.

Tujuh mindset wirausaha menurut McGraith & Mac Millan: 1) Action Oriented Prinsip yang mereka anut adalah see and do. Bagi mereka, risiko bukanlah untuk dihindari, melainkan untuk dihadapi dan ditaklukkan 2) Fokus pada eksekusi yaitu melakukan tindakan dan merealisasikan apa yang dipikirkan daripada menganalisis ide-ide baru

3) Berpikir simpel Mereka melihat persoalan dengan jernih dan menyelesaikan masalah satu demi satu secara bertahap. 4) Senantiasa berkreasi, mencari alternatif dan peluang baru. menjalani bisnis baru atau menjual produk berbeda, melainkan juga dapat dilakukan dengan mengembangkan cara-cara penjualan yang inovatif.

5) Memiliki integritas dalam mengejar peluang bisnis Karena wirausaha merupakan tempat investasi dan penuh resiko, maka seorang wirausaha harus memiliki integritas dan disiplin yang tinggi terhadap apa yang sedang ia kerjakan 6) Mengambil peluang yang terbaik, paling potensial dan menjanjikan. Mereka sangat adaptif sehingga mampu melakukan perubahan arah mengikuti peluang paling potensial dan terus mencari cara terbaik untuk mewujudkannya. 7) Pandai bersosialisasi dan membangun jaringan. Ia cenderung melibatkan kemampuan orang lain dalam mewujudkan peluang, baik dari dalam maupun dari luar organisasi. Mereka menciptakan dan menjaga relasi hubungan dengan partner daripada bekerja sendirian.

Mengembangkan Mindset Positif Wirausaha mengapa entrepreneur harus memiliki mindset positif?  Mindset positif merupakan bentuk rasa percaya diri pada kualitas diri yang Anda miliki. Yakin dengan potensi yang kita miliki merupakan modal awal Anda untuk membangun motivasi dalam hidup.  Mindset positif akan membuat Anda lebih fokus dalam mencapai tujuan. Jangan sibuk memikirkan omongan-omongan negatif orang lain. Mendengarkan ucapan-ucapan negatif dari orang lain akan melemahkan semangat kita untuk sukses.  Mindset positif adalah kunci sukses yang akan mendorong diri melakukan usaha yang lebih maksimal untuk meraih sukses.

Langkah-langkah untuk membantu mengembangkan mindset positif belajarlah dari kisah para pengusaha sukses yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. ikuti pelatihan, seminar atau sharing bisnis yang bisa membantu Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan sumber daya, yang bisa Anda jadikan sebagai prospek bisnis.

Menghindari mindset negatif Pertama, hindarkan pandangan bahwa mencari keuntungan dan kekayaan adalah sebagai sifat rakus. Kedua, hindarkan anggapan bahwa mengambil, mencuri, korupsi dan merampok dari orang kaya adalah wajar. Mindset seperti ini tidak akan membawa kesejahteraan bagi komunitas dan negara, malah akan menciptakan kekacauan sosial. Ketiga, jangan menuntut pembayaran sebelum memberi pelayanan atau dari pelayanan yang buruk.

Selalu Komitmen dalam Pekerjaan tekad yang bulat untuk meraih kesuksesan. Komitmen akan membuatnya bertahan menghadapi berbagai masalah, tetap bertahan dalam guncangan, dan tekun menjalani usahanya. Memiliki Kreatifitas Tinggi Kreatifitas akan memunculkan ide dan inovasi-inovasi baru yang dapat digunakan untuk memperbaiki, mengevaluasi, serta mengembangkan usaha yang sedang digeluti Karakter dan Ciri Wirausaha

Berani Menghadapi Risiko dan Bertanggung Jawab wirausahawan justru harus memiliki keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru, membuka peluang, dan mengambil resiko dalam setiap kegiatan usahanya. Mandiri atau Tidak Ketergantungan Kemandirian ini mutlak dimiliki seorang wirausaha yang merintis usaha dalam keadaan mapan dan nyaman pun, cepat lambat harus mempelajari sikap ini agar mampu menjalankan usaha secara independen. Motif Berprestasi Tinggi Motif berprestasi ialah suatu nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna mencapai kepuasan secara pribadi.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi, ia selalu menampilkan barang dan jasa-jasa yang dihasilkanya lebih cepat, lebih dahulu dan segera berada dipasar. Memiliki Kemampuan Manajerial seorang wirausaha harus memiliki kemampuan perencanaan usaha, mengorganisasikan usaha, visualisasikan usaha, mengelola usaha dan sumber daya manusia, mengontrol usaha, maupun kemampuan mengintergrasikan operasi perusahaanya.

Sikap Entrepreneur 2.In an entrepreneurial mindset, everybody plays” 1.Develop insight into the customers behavioral context”. 3.Doing experiment intelligently 4.Spend imagination instead of money 5.“Framing is crucial to the entrepreneurial leader”. 6.Be ruthless with respect to priorities. 7.“Pay attention to the cost of failure 8.Using measures early on is better than using precise ones too late”.

Sikap entrepreneur menurut McGrath & MacMillan  “Develop insight into the customers behavioral context”. pemikiran revolusioner ke dalam suatu konteks kehidupan pelanggan, menciptakan ide yang mampu menjadi jawaban bagi masalah utama pelanggan dalam konteks tersebut.  “In an entrepreneurial mindset, everybody plays” Ide beberapa orang yang dilebur menjadi satu akan memberikan hasil yang lebih baik daripada pemikiran satu orang saja.

 “Doing experiment intelligently” Eksperimen merupakan tindakan nyata untuk memilih dan memulai proyek ide secara nyata namun dalam skala yang masih kecil, berbeda dengan analisis dan forecasting yang hanya merupakan perencanaan.  “Spend imagination instead of money”. Upaya yang perlu dilakukan seseorang untuk terus mengembangkan entrepreneurial mindset- nya adalah secara rutin menggunakan waktu- waktu tertentu untuk berimajinasi dan berkreasi supaya ide-ide baru muncul.

 “Framing is crucial to the entrepreneurial leader”. Seorang yang memiliki entrepreneurial mindset mampu menyediakan kerangka sistem pekerjaan yang jelas bagi semua orang yang bekerja bersamanya.  “Be ruthless with respect to priorities.” Seorang entrepreneur harus mampu memilah tugas, mana yang perlu atau tidak untuk dilakukan, mana yang sifatnya segera atau dapat ditunda.

 “Using measures early on is better than using precise ones too late”. Entrepreneurial mindset dapat terus dikembangkan dengan cara menggunakan ukuran atau batasan untuk setiap persoalan.  “Pay attention to the cost of failure”. Biaya akan kegagalan (cost of failure) tersebut yang masih dapat dikontrol, seorang entrepreneur harus memiliki calculated risk taking mindset. Meminimalisasi biaya kegagalan, bukan meminimalisasi jumlah kegagalan.

Intinya, jadilah orang yang yakin dengan potensi diri sendiri. Karena jika kita sendiri ragu dengan potensi yang kita miliki, lalu bagaimana dengan orang lain? Bangunlah rasa percaya diri dan jangan indahkan kata-kata negatif dari orang lain. Anggaplah semua itu sebagai pacu untuk menjadi lebih baik, bukan tekanan yang membuat kita melemah dan merasa kecil. Kesimpulan

Add a comment

Related presentations

Related pages

rahasia mindset internet entrepreneur yang sukses ...

rahasia mindset internet entrepreneur yang suksesdownload from 4shared Files Photo Music Books Video. Sign Up. Log In ...
Read more

Mindset ika - Documents

Mindset entrepreneur1 presentasi untuk mata kuliah Kewirausahaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawiyaja, 2014. Mengubah mindset Coach's ...
Read more

The Rise of An Asian Entrepreneur - Kenny Yap

mindsets can remain impartial when working with close friends and family members. My course of work has given me many close friends too, some of whom became
Read more

"On Some of the Misconceptions about Entrepreneurship" by ...

Business schools have developed inspiring spiels about becoming an entrepreneur1 and many governments have made ... entrepreneurial mindset,4 and the ...
Read more

Nature or nurture? - EY

16 Nature or nurture? An opportunistic mindset Where others see disruption and chaos, entrepreneurial leaders see opportunity.
Read more

InnovationDiscover

I know enough people who have dreamt of starting a company, but they never took the first step. You need courage, and the mindset of an entrepreneur, to ...
Read more

Business & Leadership Tips on Pinterest | Entrepreneur ...

Explore Dianna Martinez Bartholomew's board "Business & Leadership Tips" on Pinterest, ... With this mindset, ... Entrepreneur1.jpg More.
Read more

Internship Archives - 1 Year Entrepreneur1 Year Entrepreneur

After 3 weeks in India on Thursday May 23 I decided to submit my 2 weeks notice and quit my internship with Orb Energy. I had already deciding to shorten ...
Read more