Mengembang kemampuan-berpikir-matematika1

75 %
25 %
Information about Mengembang kemampuan-berpikir-matematika1
Education

Published on March 15, 2014

Author: LoekmanThelucky

Source: slideshare.net

Mengembang Kemampuan Berpikir Matematika (Developing Mathematical Thinking) Kita bisa berpikir matematis………………. Kemampuan berpikir matematis adalah proses dinamis yang menuntut lahirnya beragam ide yang kompleks sehingga terjadi peningkatan pemahaman. Tiga faktor yang mempengaruhi seberapa efektif kemampuan berpikir matematika seseorang adalah : 1. Kemampuan proses dalam memecahkan masalah matematika. 2. Pengendalian emosi dan psikologi untuk menguatkan proses pemecahan masalah matematika. 3. Pemahaman konsep matematika berikut aplikasinya. (Mason, 1973) A. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika (Improving Mathematical Thinking) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematika, dua hal yang perlu diperhatikan adalah : 1. Proses penemuan 2. Pengendalian emosi Kegiatan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis adalah perlu mempraktekan dan selalu melakukan refleksi (by practice with reflection). B. Merangsang Kemampuan Berpikir Matematika (Provoking Mathematical Thinking) Yang merangsang kemampuan berpikir matematis adalah : Tantangan Tekanan atau desakan Kejutan Kontradisi Gap yang

C. Mensuport Kemampuan Berpikir Matematika (Supporting Mathematical Thinking) Untuk mensuport kemampuan berpikir matematika diperlukan atmosfir: 1. Pertanyaan (questioning) Saya dapat mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan untuk investigasi Saya dapat men-query asumsi saya Saya dapat bernegosiasi dengan makna-makna dari istilah 2. Tantangan (challenging) Saya dapat membuat banyak konjektur Saya dapat mencari berbagai argumen pembenaran atau penyalahan Saya dapat memeriksa, memodifikasi, dan membuat beragam alternatif 3. Pemikiran yang mendalam (reflective) Saya dapat mengkritisi sendiri Saya dapat memperkirakan dan menilai beragam pendekatan Saya dapat mengangkat, merundingkan kembali, dan mengubah arah. D. Kelenturan Kemampuan Berpikir Matematika (Sustaining Mathematical Thinking)

Add a comment

Related presentations

Related pages

Mengembang kemampuan-berpikir-matematika1 - Education

Mengembang kemampuan-berpikir-matematika1. by lukman. on Jun 30, 2015. Report Category: Education. Download: 0 Comment: 0. 51. views. Comments. Description.
Read more

Mengembang Materi PAI - Documents - dokumen.tips

Download Mengembang Materi PAI. Transcript. ... Mengembang kemampuan-berpikir-matematika1 1. Mengembang Kemampuan Berpikir Matematika ...
Read more

pustaka.pdf - scribd.com

http://www.google.co.id/mengembang-kemampuan-berpikir-matematika1 pada tanggal 4 April 2012 Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Read more

EKOLOGI POPULASI.pdf - pt.scribd.com

Mengembang Kemampuan Berpikir Matematika1. bab-5-trigonometri-ii.doc. section7.pdf. i-pertumbuhan-mikroba.pdf. 2 Pengenalan Internet II. Pob Uml Unila 2012.
Read more

pustaka.pdf - es.scribd.com

http://www.google.co.id/mengembang-kemampuan-berpikir-matematika1 pada tanggal 4 April 2012 Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Read more

section7.pdf - pt.scribd.com

Section 8.7 Exponential Growth and Decay 847 Version: Fall 2007 8.7 Exponential Growth and Decay Exponential Gro...
Read more

section7.pdf - es.scribd.com

Section 8.7 Exponential Growth and Decay 847 Version: Fall 2007 8.7 Exponential Growth and Decay Exponential Gro...
Read more