Menapak jejak desa tugu kidul

29 %
71 %
Information about Menapak jejak desa tugu kidul
Data & Analytics

Published on July 10, 2014

Author: Maspanq

Source: slideshare.net

Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 1 Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul oleh Meneer Panqi (Sekretaris Sanggar Aksara Jawa Indramayu) Pemerhati Budaya dan Sejarah Indramayu Pendahuluan Desa Tugu Kidul merupakan daerah dataran rendah dimana desa tersebut berada pada 6 m ketinggian permukaan laut yang terletak di Kabupaten Indramayu. Desa Tugu Kidul termasuk termasuk kedalam wilayah kecamatan Sliyeg kabupaten Indramayu. Sebelum memiliki nama seperti sekarang ini, Desa Tugu Kidul merupakan satu desa dengan desa Tugu. Akan tetapi, pada awal dekade 80’an ketika ada pemekaran wilayah dari Provinsi Jawa Barat, Desa Tugu dibagi menjadi 2 (dua) yakni desa Tugu dan desa Tugu Kidul. Dengan adanya pemekaran wilayah tersebut, secara otomatis batas-batas desa pun mengalami perubahan. Batas wilayah desa Tugu Kidul : Batas sebelah utara : desa Tugu Batas sebelah timur : desa Sambimaya Batas sebelah selatan : desa Mekargading Batas sebelah barat : desa Sliyeg & desa Longok Kondisi Sosiografis Desa Tugu Kidul Desa Tugu Kidul adalah desa yang luas wilayahnya 606 Ha, dimana Desa Tugu Kidul ini berbatasan dengan desa Tugu di sebelah Utara, desa Sambimaya di sebelah Timur, desa Mekargading di sebelah selatan, dan desa Longok atau Sliyeg di sebelah barat. Sementara itu jarak dari pusat pemerintah desa (orbitrasi) ke pemerintah kecamatan sejauh 2,5 Km, dan jarak dengan ibukota kabupaten sejauh 18 km. Desa Tugu Kidul ini berada di ketinggian 6 m dari permukaan Laut. Luas area persawahannya adalah 461 Ha, selebihnnya adalah area pemukiman, jalan, pemakaman serta bangunan-bangunan lain. Jumlah penduduk desa Tugu Kidul sebanyak 5.279 jiwa, dengan proporsi laki-laki 2.573 dan perempuan sejumlah 2.707 jiwa, dengan tingkat kepadatan sebesar 9,95 per km2. Jumlah RT yang ada di Desa Tugu Kidul sebanyak 28 RT yang jumlah pengurusnya 28 orang dan jumlah RW di Desa Tugu Kidul ini ada 4 RW yang jumlah pengurusnya sebanyak 4 orang.1

Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 2 Legalitas Desa Tugu Kidul Melacak jalan cerita awal mula berdirinya desa Tugu Kidul itu ternyata rumit. Apalagi melacak awal mula berdirinya yang relatif tidak ada secuil pun “prasasti” atau “artefak”-nya. Sampai saat ini tak ada yang berceritra tentangnya. Dongeng (legenda) tentang peninggalan situs-situs yang ada di desa Tugu Kidul pun belum bisa membuka tabir berita masa lalu desa Tugu Kidul. Data yang masih ditemukan berupa pecanden-pecanden desa, seperti keberadaan sumur tua, Sumur Keramat Buyut Sumuran, Situs Buyut Tasem, Situs Buyut Kunang, Situs Buyut Nasi, Sumur Keramat Buyut Trusmi dan Situs Buyut Pandan. Akan tetapi, desa Tugu, termasuk didalamnya desa Tugu Kidul tidak pernah disebut-sebut dalam sejarah manapun, kecuali dalam peta Regent van Indramajoe pada tahun 1857, yang mencantumkan desa Toegoe dalam afdelling controule Sleman.2 Tulisan ini diedit ulang terus menerus setelah beberapa hasil lacakan menunjukkan lagi berbagai data sejarah desa Tugu—termasuk didalamnya desa Tugu Kidul. Desa Tugu Kidul secara faktual- historis dimulai dari desa Tugu, yang secara de jure, termasuk 60 desa yang berada di afdelling controule Sleman, dengan ketetapan oleh besluit Gubernur Jendral Hindia Belanda, yang mengeluarkan peraturan tentang wilayah-wilayah di Resedint van Cheribon tanggal 5 Januari 1819, karena ada perbuatan hukum dari pemerintah kolonial bersamaan dengan “pembentukan Karesidenan Cirebon” yang membawahi lima “regenschaft” (kabupaten), yaitu Cirebon, Bengawan Wetan, Maja, Galuh (bukan Rajagaluh; ini Ciamis), dan Kuningan.3 Dasar hukumnya besluit (surat keputusan) Gubernur (yang benar Komisaris) Jenderal Hindia Belanda. Berdasarkan besluit itu, maka suka tidak suka harus dicatat sebagai sejarah bahwa desa Tugu merupakan cikal bakal desa Tugu. Tentu saja itu tidak berarti bahwa sejarah desa Tugu sebagai suatu desa bermula dari saat itu, seperti Indonesia–yang adanya sebagai suatu negara tertanggal 17 Agustus 1945, tapi ada sejak masa prasejarah. Desa Tugu, sebagai suatu wilayah, sejarahnya bisa sangat panjang sekali, sejak saat zaman prasejarah. Maksudnya, semua kejadian sejarah di wilayah yang sekarang menjadi desa Tugu (dan perubahan-perubahannya) termasuk sejarah Kabupaten (tepatnya wilayah) Indramayu.

Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 3 Catatan sejarah desa Tugu Kidul menerangkan pada masa Orde Baru desa Tugu Kidul masuk kedalam bagian wilayah Pemerintah Desa Tugu. Maka pada tahun 1982 terbentuk Desa Tugu Kidul yang merupakan pemekaran dari desa Tugu. Wilayah Desa Tugu Kidul terangkum dalam wilayah kecamatan Sliyeg. Berdirinya desa Tugu Kidul sebagai desa pemekaran dari desa Tugu secara hukum berdasarkan keluarnya Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat Nomor : 146/Sk. 1868-Pem.Des/82, Tanggal 30 Nopember 1982, perihal Pemecahan Desa di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Lebak, Sumedang, Majalengka, Indramayu, dan Bandung.4 Jadi, secara hukum setelah keluarnya besluit dari Gubernur Jawa Barat, pada tanggal 30 November 1982, bahwa terjadi pemekaran desa-desa di wilayah kabupaten Lebak, Sumedang, Majalengka, Indramayu, dan Bandung. Berdirilah desa Tugu Kidul dimekarkan dari desa induk, desa Tugu. Geokultur Desa Tugu Kidul Kedudukan Kuwu di Desa Tugu Kidul dianggap sebagai tokoh yang dapat melindungi warga masyarakat dari gangguan keamanan dan sebagai pelayan masyarakat baik pelayanan publik maupun pelayanan administratif di Desa Tugu Kidul. Masyarakat Tugu Kidul pada umumnya bersifat relijius menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan ramah. Kaum ulama dianggap tokoh kharismatik karena dianggap memiliki prilaku baik, pemimpin spiritual menjadi penengah dalam mengambil kebijakan untuk kepentingan masyarakat Desa Tugu Kidul. Selama ini masyarakat Desa Tugu Kidul berperan aktif bersama Pemdes untuk terus berusaha dalam meningkatkan sektor-sektor pembangunan, baik pembangunan fisik/sarana dan prasarana, bidang keagamaan dan sosial budaya, pendidikan, pertanian, pengembangan sumber daya alam, serta bidang perekonomian masyarakat kecil dan menengah. Kebudayaan atau adat istiadat masih melekat kental di masyarakat Desa Tugu Kidul sejak jaman dahulu sampai sekarang, seperti : Mapag Tamba, Mapag Sri, Sedekah Bumi, Ngupat, Nujuh Bulan, Rasulan, dan lain-lain. Aset desa Tugu Kidul begitu melimpah diantaranya waduk Rawa sebagai objek wisata/Wanawisata Waduk Rawa dan sebagai Embung air untuk pertanian pada musim kemarau.

Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 4 Juga berbagai situs pecanden desa merupakan aset masyarakat Desa Tugu Kidul yang dapat dikembangkan sebagai wisata religi. Waduk Rawa merupakan aset masyarakat Desa Tugu Kidul yang terletak di kawasan tanah pangon dan tanah titi sara (partikular land), yang berada didalam pangkuan wilayah administratif Desa Tugu Kidul. Sejarah Pembangunan Desa Tabel : 1 Sejarah Pembangunan Desa Tahun Peristiwa Penting Keterangan 1982 Tardi, Pembina Desa persiapan, Desa Tugu Kidul 1982 Pemilihan Umum wakil-wakil rakyat 1984 Terbentuknya Desa Tugu Kidul hasil pemekaran dari Desa Tugu 1984 Pemilihan Kepala Desa Tugu Kidul periode pertama 1984 – 1993, saat itu pesertanya : Tardi Kliwon Sutiyah H. Mawar H. Mawar sebagai pemenang Pilwu pertama di desa Tugu Kidul 1985 Dibangunya Balai Desa Tugu Kidul yang terletak di sebelah selatan desa, yakni Blok Benduk 1986 Listrik masuk desa Pada awalnya menggunakan sistem accu 1987 Pemilihan umum wakil-wakil rakyat 1992 Pemilihan umum wakil-wakil rakyat 1992 ABRI Masuk Desa ( AMD ) 1993 Pemilihan Kuwu periode II 1993-2001. Pesertanya : H. Kasimah H. Karsiwan H. Oken Kliwon Sutiyah Kuwu H. Mawar Pada periode terjadi dua kali putaran pemilihan kuwu, setelah tidak adanya pemenang pada putaran pertama, putaran kedua adalah bertarungnya dua

Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 5 Sarniti Lebe Tarsidi calon kuwu yang memperoleh suara terbesar yakni, Kuwu H. Mawar dan H. Kasimah. Pada putaran kedua ini dimenangkan oleh H. Kasimah. 1993 Perang antar desa, desa Tugu & Tugu Kidul dengan desa Segeran, Kecamatan Juntinyuat. 1994 Listrik masuk desa 1997 Pemilihan umum wakil-wakil rakyat 1997 Perang antar desa, desa Tugu & desa Tugu Kidul dengan desa Sudimampir, periode pertama 1998 Perang antar desa, desa Tugu & desa Tugu Kidul dengan desa Sudimampir, periode kedua 1999 Pemilhan wakil-wakil rakyat 2000 Pemilihan secara langsung anggota BPD yang pertama 2001 Pemilihan Kuwu periode III 2001-2011. Pesertanya : H. Tasir H. Dariman Sarniti Kliwon Danto H. Dariman sebagai pemenang pilwu periode ketiga. 2004 Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2005 Rehabilitasi Total Kantor Balai Desa Tugu Kidul 2005 Pilkada Bupati / Wakil Bupati, yang dimenangkan oleh Pasangan IRIANTO MS SYAFIUDDIN & HERRY SUDJATI 2011 Demo sebagian Masyarakat mengenai jalan desa Tugu yang rusak parah, dari blok cibulus sampai blok klinter. 2011 Pemilihan Kuwu periode IV 2011-2017. Pesertanya : H. Yitno Sarniti H. Yitno sebagai pemenang pilwu periode keempat.

Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 6 Sutomo, SH. 2012 Pembangunan Jalan Raya Tugu Kidul dengan beton 2013 Pembangunan Embung Waduk Rawa Kuwu Tugu Kidul dari Masa ke Masa 1. Penjabat Kuwu TARDI (Pembina Tugu) 1982-1984 2. H. MAWAR 1985-1993 3. H. KASIMAH 1993-2001 4. H. DARIMAN 2001-2011 5. H. YITNO 2011-sekarang Catatan Kaki : 1. Kecamatan Sliyeg dalam Angka 2011, Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu 2. Peta Regentschaaf van Indramajoe 1857. 3. Besluit (Surat Keputusan) Komisaris Jendral Hindia Belanda No. 23 (Besluit van Commissarissen Generaal over Nederlandsch Indië van den 5 den Januarij 1819, no. 23, houdende bepalingen nopens de verdeeling van de residentie Cheribon en de uitgebreidheid van der-zelver regentschappen). 4. Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat Nomor : 146/Sk. 1868- Pem.Des/82.

Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 7 Peta Regentschaaf van Indramajoe 1857

Add a comment

Related presentations

Research/ Dissertation on “How online selling has changed the marketing perspectiv...

مشروع قانون يتعلق بالقضاء على كل أشكال العنف ضد المرأة

Remedial geo

Remedial geo

November 6, 2014

nnn

This brief examines 2013 demographic data recently released by the U.S. Census Bur...

Introduction into Big data

Introduction into Big data

October 22, 2014

This presentation shows you the advantages and the importance of Big Data in these...

Info om powerpoint

Info om powerpoint

November 10, 2014

Powerpoint

Related pages

Menapak Jejak, Meretas Simbol Kraton Jogja - scribd.com

menapak jejak, meretas simbolTim ... Keputren dan Kesatriyan 11. Kamagangan 12. Kamandhungan Kidul ... Bangsal ini konon berasal dari pendapa desa Pandak ...
Read more

Meneer Panqi - Hubslide

Author: Meneer Panqi. Data & Analytics. Menapak jejak desa tugu kidul
Read more

Ville de Kaum Kidul, province de Jawa Barat en Indonésie

... Menapak jejak desa tugu kidul, SlideSearchEngine.com Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul 1 Menapak Jejak Sejarah Desa Tugu Kidul oleh Meneer ...
Read more

tojogja.com - Solusi Wisata Jogja Anda

Di daerah Gunung Kidul, ... Menapak Jejak Purbakala di Situs Wisata Ratu Boko . Dusun Dawung Desa Bokoharjo, Sleman, ...
Read more

Sejarah Akan Terus Jadi Inspirasi: Sejarah Gunung Kidul

Sejarah Gunung Kidul ... terdapat suatu desa yang ... Guna mengabadikan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul dibangun prasasti berupa tugu di makam bupati ...
Read more

Asa Aing Uyah Kidul - Documents

Asa Aing Uyah Kidul; System is processing data Please download to view Download 1
Read more

Sejarah Akan Terus Jadi Inspirasi: Jejak Sejarah di Situs ...

... Desa Cikuya, Kecamatan Culamega, ... Situs Tugu terletak di Blok Mekarbakti, ... Menapak Jejak Mengenal Watak.
Read more

www.jelajah-nesia.blogspot.com: Wisata Dokar Hias Di Kota ...

Bahkan diantara kuda itu terdapat lukisan yang berkisah tentang Nyi Roro Kidul sedang ... berdekatan dalam desa ... Menapak Jejak Sejarah ...
Read more