Media Visual

50 %
50 %
Information about Media Visual
Education

Published on March 9, 2014

Author: desyaryanti37

Source: slideshare.net

MEDIA VISUAL

Pengertian Media Visual Menurut Daryanto, 1993:27, Media Visual adalah semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata Media visual ( image atau perumpamaan) memegang peran yang sangatpenting dalam proses belajar

Jenis Media Visual Non Proyeksi Gambar Diam Sketsa dan Diagram Charta Grafik Poster Kartun

1. Gambar Diam  Gambar diam merupakan hasil photografi yang menggambarkan orang, tempat dan benda.  Gambar diam yang sangat umum digunakan dalam pembelajaran adalah photografi, poscard, ilustrasi dari buku, priodesasi dan katalog dan hasil-hasil gambarsiswa dan gambar hasil pembesaran dari objek yang kecil seperti hasil gambar mikroskop.

Contoh gambar diam

Kelebihan Gambar Diam:  Sifatnya kongkrit (Gambar/foto lebih realisis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal).  Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu.  Dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja dan untuk usia berapa saja sehingga dapat mencegah dan membetulkan kesalah pahaman.  Harganya murah dan gampang untukdibuat.

Kekurangan: Foto hanya menekankan indera mata. Gambar foto yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran. Ukurannya sangat terbatas untuk ukuran besar.

2. Sketsa Dan Diagram Sketsa merupakan gambar yang tidak lengkap dan sederhana, atau dapat dikatakan sebagai gambar kasar yang hanya menampilkan bagian-bagian pokok/utama dan mengabaikan badianbagian yang bersifat detail.

Contoh:

Kelebihan: Media ini rapi, benar,jelas dan diberi tittle. Ditempatkan secara strategis. Penyusunannya sesuai dengan pola dan memperjelas arti.

Kekurangan: Diagram bersifat simbolis dan abstrak sehingga sulit untuk dimengerti. Yang dapat membaca diagram adalah orang-orang yang harus mempunyai latar belakang tentang apa yang didiagramkan.

3. Chart Chart atau bagan adalah salah satu jenis dari media grafis yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi atau materi yang cukup sulit jika disampaikan secaralisan maupun tulisan

Contoh:

Kelebihan: Bentuknya sederhana. Hemat biaya/ murah. Detail.

Kekurangan: Biasanya data dari bagan banyak. Pesannya terlalu singkat sehingga sulit dipahami. Hanya menekankan pada persepsi indera mata saja.

4. Grafik  Grafik adalah suatu bentuk penampilan visual dari sebuah data kompleks yang berupa angka atau hubungan proporsional sehingga memungkinkan pembaca untuk menangkap data tersebut secara cepat dan akurat.

Jenis Grafik: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart

a. Line Grafik  Termasuk Grafik yang sederhana karena grafik ini hanya merepresentasikan harga closing selama periode tertentu

b. Bar Chart  lebih menampilkan banyak informasi dibandingkan dengan line chart, dengan menambahkan beberapa kunci informasi di setiap poin datanya

3. Candlestick Chart  Candle stick chart hampir sama dengan bar chart, akan tetapi sedikit perbedaan dalam bentukan kedua bar ini secara visual

Kelebihan Grafik Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya. Grafis memungkinkan kita dengan cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arah. Penyajian dari data grafik: jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.

Kekurangan Grafik  Media ini sulit dipahami karena berbentuk gambar sederhana.

5. Poster  Poster memadukan kombinasi visual antara gambar, garis, warna dan kata-kata.  Hal ini ditujukan untuk menangkap dan menggapai perhatian orang yang melihatsetidaknya cukup lama untuk mengkomunikasikan sebuah pesan singkat, biasanya pesan persuasif.

Contoh:

Kelebihan Poster Poster dapat dibuat di kertas, kain, kayu, seng dan semacamnya. Pemasangannya bias di kelas, di luar kelas, di pohon, di tepi jalan dan di majalah. Ukurannya terserah tergantung kenutuhan.

Kekurangan Poster Media ini tetap. Sulit untuk dipindahkan.

6. Kartun  Kartun (garis–garis gambar yang jelas dari suatu bentuk nyata orang atau kejadian) mungkin bentuk visual yang paling populer dan mudah diketahui  Kartun sangat mudah dan cepat dibaca dan diminati anak-anak dan juga orang dewasa.  Kebanyakan isinya tentang kebijaksanaan prilaku

Contoh

Kelebihan Kartun Kemampuan besar sekali untuk menarik perhatian. Pesan yang besar bisa disajikan secara ringkas. Kesannya akan tahan lama diingat.

Kekurangan Kartun biasanya hanya menangkap esensi pesan. Menuangkannya dalam gambar yang sederhana. Mempengaruhi sikap / tingkah laku.

MEDIA VISUAL PRESENTASI  Powerpoint salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalampenggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alatuntuk penyimpanan data (data storage).  Kelebihan : dapat menyajikan teks, gambar, film, soundefek, lagu, grafik, dan animasi sehingga menimbulkan pengertian dan ingatan yangkuat, mudah direvisi, mudah disimpan dan efisien, dapat dipakai berulang-ulang,dapat diperbanyak dalam waktu singkat dan tanpa biaya, dapat dikoneksikan denganinternet

Prosedur Pembuatan Media Power Point:  Identifikasi program  Mengumpulkan bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaranseperti video, gambar, animasi, suara.  Setelah bahan terkumpul dan materi sudah dirangkum, selanjutnya proses pengerjaan di Powerpoint hingga selesai. Selanjutnya mengubah hasil akhirpresentasi apakah dalam bentuk Slide Show, Web Pages, atau Executable File(exe).  Setelah program selesai dibuat, tidak langsung digunakan sebaiknya dilakukanreview program dari sisi bahasa, teks, tata letak, dan kebenaran konsep,selanjutnya di revisi dan siap digunakan.

Tips Membuat Media dengan Power Point:  Gunakan background yang sederhana, kontras dan konsisten, hindari backgroundyang rumit, mengganggu dan penuh.  Gunakan huruf yang konsisten, sederhana, dan jelas seperti arial, verdana,Tahoma dan trabucet, jangan gunakan huruf yang rumit dan bersambung.  Visualisasikan pesan Anda, jangan gunakan tulisan kecuali terpaksa  Maksimalkan fitur power point seperti unsur gambar, video, animasi dan suara,tapi jangan berlebihan.  Buatlah background atau template sendiri untuk meningkatkan daya tarikpresentasi dan memperjelas pesan.  Jika menggunakan latar dengan warna yang terang, maka gunakanlah teks denganintensitas yang gelap, demikian sebaliknya.

Lanjutan….  Gunakanlah warna untuk memperindah tampilan sekaligus memberikan fokus padapenyajian. Tapi jangan terlalu banyak karena akan terkesan ramai danmengganggu sajian materi. Gunakan warna kontras atau warna yang serasi  Hindari kombinasi warna lebih dari 3 dalam satu slide.  Gunakanlah huruf-huruf yang memiliki karakter jelas dan tegas, seperti arial,Tahoma atau verdana hindari karakter atau jenis font dekoratif karena lebih sulitdibaca.  Besar huruf minimal 24 untuk kalimat dan 40 untuk judul.  Maksimal 6 kalimat dan 25 kata dalam satu slide.  Gunakan kata-kata yang powerful.

Tips khusus untuk menggunakan perangkat lunak presentasi:  Menggelapkan ruangan.  Memperkenalkan presentasi. mendistribusikan handsout, jika digunakan; memberikan gambaran presentasi; dan menunjukkan tujuan (tujuan).  Tidak membaca dari slide.  Menggunakan apersepsi yang tepat.  Meringkas hal-hal penting untuk ditampilkan pada slide

JENIS-JENIS VISUAL PROYEKTOR Jenisjenis Visual Proyektor OHP LCD Projector Kamera Dokumen Gambar Digital

1. OHP  OHP merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri atas sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi

Cara Pengoperasiannya:  Periksa tegangan sumber listrik dan sesuaikan tegangan pada peralatan.  Hubungkan kabel OHP dengan sumber listrik.  Tekan tombol ON/OFF ke posisi ON  Letakkan transparansi pada posisi yang benar (diatas stage). Lalu, aturlah posisi lens headassembly dan posisi OHP itu sendiri untuk menghindarkan energi keystone-effect.  Atur tombol pengatur fokus, sehingga didapatkan hasil gambar proyeksi yang jelas dan tajam (fokus).

Cara pembuatan transparan:  Langsung pada transparan. Dengan menulis/menggambar materi yang akandigunakan pada slide transparansi, dengan menggunakan pana yang berlabel “ overhead projector pen”  Membuat transparan dengan cara reproduksi. Maksudnya yaitu dengan memperbanyak gambar/tulisan/isi yang persis sama. Alat reproduksi yang banyak dipakai adalah mesin foto copy, dan termofax.

Kelebihan OHP Gambar/ tulisan yang diproyeksikan lebih jelas. Sambil mengajar, guru dapat berhadapan dengan siswa. Benda-benda kecil dapat diproyeksikan langsung, meskipun hasilnya berbentuk bayangan. Tidak memerlukan proyeksionis khusus. Lebih sehat bila dibandingkan papan tulis.

Kelemahan OHP Tidak dapat diprogram. Efektifitas tergantung pada presenter. Tidak dapat diperintah. Membutuhkan proses produksiBahan presentasi harus dibuat dalam bentuk transparansi. Distrosi gambar yang ditampilkan.

Pemanfaatan dalam Pelajaran  Konsep Visual yang dipakai.  Proses, prosedur, siklus Bagan alur (flowchart).  Fakta, data Tabel, matriks, daftar.  Data perbandingan Grafik.  Hubungan ruang Peta.  Hubungan dalam struktur Bagan, skema, diagram.  Hubungan keluarga Bagan silsilah

2. LCD Projector  LCD (Liquid Crystal Display) merupakan salah satu metoda tampilan yang menggunakan panel-panel kristal cair sebagai pembentuk gambar.

Tata Cara Operasional LCD Sambungkan kabel konektor data dari LCD ke PC / Laptop yang akan digunakan. Tekan tombol ON/OFF untuk menyalakan LCD projector, kemudian tekan tombol ON/STANDBY. Bila LCD Projector tidak automatis mendeteksi INPUT tampilan ( bila dihubungkan dengan LAPTOP/PC) maka perlu diatur secara manual INPUT tampilan yang dikehendaki dengan menekan tombol INPUT di LCD Projector.

Lanjutan…  Atur lensa untuk mengatur fokus dan zooming gambar yang baik (atur sudut kemiringan bila diperlukan, gunakan pengatur kemiringan dibagian kaki depan LCD).  Bila telah selesai pemakaian, tekan ombol ON/STANDBY untuk mematikan LCD (untuk tipe tertentu harus menekan tombol ON/STANDBY 2 kali).  Tunggu beberapa saat (kipas pendingin masih akan berjalan beberapa saat untuk mendinginkan LCD Projector, indikator FAN tetap akan menyala) hingga posisi STANDBY.  Tekan Tombol ON/OFF (bila LCD tidak akan digunakan lagi) lalu cabut kabel power dari stopkontak dan kabel konector dari PC/Laptop.

Kelebihan LCD Dapat menayangkan apa saja yang ada di monitor ( misalnya teks, data, gambar dll). Warna lebih matang/solid. Cocok untuk gambar yang cerah dan berwarna-warna. Lebih bagus untuk gambar yang bergerak cepat/motion picture

Kekurangan LCD Ruangan harus gelap (Contrast Ratio rendah). Kurang bagus untuk gambar/tampilan yang gelap. Air Filter harus selalu dibersihkan/maintenance rutin. Pemanfaatan dalam pembelajaran

3. Kamera Dokumen  Kamera dokumen merupakan kamera video di mana cara pengoperasiaannya perlu dihubungkan menggunakan monitor televisi atau data proyektor

4. Gambar Digital  Gambar digital dapat ditangkap dengan kamera digital atau pemindai, selain itu Penyimpanannya dapat menggunakan CD, DVD, hard drive komputer, dan alat penyimpanan lain.  Dengan proyektor digital, gambar digital dapat diproyeksikan dari komputer

Kelebihan Gambar Digital  Mudah dilihat.  Kemudahan penggunaan.  Kapasitas penyimpanan. CD dan DVD dapat menyimpan sejumlah besar visual digital.  Berkualitas visual yang tinggi. Kualitas visual digital sering lebih baik daripada gambar fotografi pada saat dicetakan atau ditampilkan di slide  Daya tahan lama.  Aman dan mudah dibawa.  Interaktif, kita dapat menampilkan banyak gambar yang dapat memacu audien untuk menanggapi atau mengomentari gambar tersebut.

Kekurangan: Mahal Memerlukan digital proyektor atau monitor

Jenis Gambar Digital Jenis gambar Digital Gambar Bitmap Gambar Vector

1. Gambar Bitmap  Merupakan duplikat atau tiruan persis dari gambar asli dalam bentuk gambar digital

Kelebihan:  Mampu Menangkap nuansa,warna dan bentuk yang natural  Lebih cepat dan lebih sesuai untuk tampilan Desktop Kekurangan:  Pembesaran dan Pengecilan ukuran Gambar Mempengaruhi kualitas  Ukuran Gambar relatif besar  Mengkompres Gambar (pemadatan) Kualitas Gambar menurun

2. Gambar Vektor  Gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis,kurva,dan bidang tertentu dengan menggunakan instruksi yang masing-masing bisa didefinisikan dengan cara matematis gambar vektor tidak dipengaruhi oleh pixel atau resolusi gambar vektor hanya bisa dihasilkan dari komputer saja

Kelebihan:  Anda memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tidak mempengaruhi kualitas ganbar  Memiliki ukuran file yang kecil,sehingga lebih mudah dan lebih cepat di-download melalui Internet  Mempunyai warna yang solid Cocok untuk gambar sederhana seperti logo,komik Dll

Kelemahan:  Kurang dapat menampilkan gambar secara natural atau realistis

Wassalamualaykum Wr.Wb.

Add a comment

Related presentations

Related pages

Startseite | Visual Media Internetagentur Bensheim

Visual Media ist spezialisiert auf modernstes Webdesign, professionelle App-Entwicklung, SEM (AdWords), sowie Online Marketing (Social Media Marketing).
Read more

Visual Media | Design & Photo

Multimedia, branding, application development, and translation services. Located in Sao Paulo, Brazil.
Read more

MEDIA PEMBELAJARAN: MEDIA VISUAL

BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Media Kata media berasal dari bahasa Latin, kata med...
Read more

Mass media - Wikipedia, the free encyclopedia

The mass media is a diversified collection of media technologies that reach a large audience via mass communication. The technologies through which this ...
Read more

MP3 Files mit Visual Basic abspielen

Das Windows Media Player Control. Das Windows Media Player Control ist ein vielseitiges und leistungsfähiges Werkzeug zum Abspielen aktueller ...
Read more

Visual.VisualYSnappingGuidelines-Eigenschaft (System ...

Ruft die Auflistung der (horizontalen) Führungslinien für die y-Koordinate ab oder legt diese fest.
Read more

LED Media visual solutions GmbH

Neuer Internetauftritt. Herzlich willkommen auf der neuen Homepage der LED Media visual solutions GmbH
Read more

Bachelor of Arts - Visual Media Production | im eigenen ...

Das Bachelor-Studium Visual Media Production ist ein Vollzeitstudium mit einer Dauer von sechs Semestern. Während der ersten vier Semester sind Sie an der ...
Read more

visual - Best institute for Animation | Fashion | Web ...

Visual Media is one of the best industrial training center to learn 3D Animation , Fashion Cad, Web Designing, pro-e, php and a lot more career oriented ...
Read more

Visual media - definition of Visual media by The Free ...

mass medium. n. pl. mass media. A means of public communication reaching a large audience. mass media. pl n (Communications & Information) the means of ...
Read more