Makna dari Pancasila Sila ke-Satu

50 %
50 %
Information about Makna dari Pancasila Sila ke-Satu
Education

Published on September 15, 2014

Author: hilyauliya

Source: slideshare.net

Mengamati dan menganalisis sila Ketuhanan Yang Maha Esa Disusun Oleh : 1. Devi Aninditya H (09/XII IPA 4) 2. Fitri Nor F (13/XII IPA 4) 3. Hade Hafizuddin A (15/XII IPA 4) 4. Maulia Nurul A (16/XII IPA 4) 5. Vian Prastowo A (23/XII IPA 4)

Arti dari sila Ketuhanan Yang Maha Esa Kata Ketuhanan yang berasal dari kata Tuhan yang diberi imbuhan ke- dan –an bermakna sifat-sifat Tuhan. Dengan kata lain Ketuhanan berarti sifat-sifat Tuhan atau sifat-sifat yang berhubungan dengan Tuhan. Kata Maha berasal dari bahasa Sansekerta atau Pali yang bisa berarti mulia atau besar Kata Esa berasal dari kata “etad” yang lebih mengacu pada pengertian keberadaan yang mutlak atau mengacu pada kata “ini” Sedangkan kata Satu dalam pengertian jumlah dalam bahasa Sansekerta atau bahasa Pali adalah kata “eka”.

Dari penjelasan yang disampaikan tersebut dapat disimpulkan bahwa arti dari Ketuhanan Yang Maha Esa bukanlah berarti Tuhan Yang Hanya Satu, bukan mengacu pada suatu individual yang kita sebut Tuhan Yang Jumlahnya Satu. Tetapi sesungguhnya Ketuhanan Yang Maha Esa. Berarti sifat-sifat luhur atau Mulia Tuhan yang mutlak harus ada. Jadi yang ditekankan pada sila pertama dari Pancasila ini adalah sifat-sifat luhur atau mulia, bukan Tuhannya.

Makna sila Ketuhanan Yang Maha Esa 1) Percaya dan taqwa kepada Tuhan YME sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab . 2) Hormat dan menghormati serta bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup . 3) Saling menhormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing . 4) Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaannya kepada orang lain . 5) Frasa ketuhanan YME bukan berarti warga indonesia harus memiliki agama Monoteis , namun frasa ini menekankan keEsaan dalam beragama . 6) Mengandung makna adanya Causa Prima (sebab pertama) , yaitu Tuhan YME . 7) Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya . 8) Negara memberi fasilitas bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga negara dan mediator ketika terjadi konflik agama . 9) Bertoleransi dalam beragama , dalam hal ini tolerasi ditekankan dalam beribadah menurut agama masing-masing .

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Sila I berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” terkandung nilai-nilai antara lain : a.Bangsa Indonesia menyatakan kepercaayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan YME. b.Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan YME, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. c.Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaannya yang berbeda-beda terhadap Tuhan YME. d.Membina kerukunan hidup diantara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME. e.Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan YME f.Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. g.Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME kepada orang lain. h.Negara yang di dirikan adalah sebagai pengejawantahan tujuan manusia sebagai makhluk Tuhan YME.

Penyimpangan pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa 1. Amuk masa 2. Tawuran antar pelajar 3. Pelecehan seksual 4. Korupsi 5. Mabuk 6. Mencuri 7. Durhaka pada ortu 8. Perusakan tempat-tempat ibadah 9. Tidak menghormati perbedaan agama 10.Munculnya aliran-aliran sesat

SOLUSI pemecahan masalah dari penyimpangan sila pertama 1. Menanamkan sikap saling menghormati antara pemeluk agama yang berbeda. 2. Membangun kerukunan antar pemeluk agama baik yang seagama maupun bukan. 3. Menanamkan toleransi beragama dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 4. Tidak boleh memaksakan suatu agama atau kepercayaan tertentu terhadap orang lain. 5. Menghilangkan sikap deskriminasi di dalam kehidupan bermasyarakat. 6. Menghayati dan menanamkan nilai-nilai yang terkandung didalam pancasila TERUTAMA sila pertama.

WONTEN PERTANYAAN?

Add a comment

Related presentations

Related pages

Makna dari Pancasila Sila ke-Satu - Education

Makna Sila Pancasila Makna Sila Pancasila 1. Ketuhanan Yang Maha Esa Makna sila ini adalah: y y y y y Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai ...
Read more

Makalah Sila Ke-1 Pancasila - Scribd - Read books ...

Ditinjau dari Pancasila Sila Ketuhanan Yang Maha Esa kasus Ahmadiyah merupakan suatu pelanggaran karena Pancasila mengajarkan ... Makna Sila Persatuan ...
Read more

The Life: Pancasila Sila Kedua

Dari beberapa butir isi dari sila ke 2 Pancasila kita dapat ... Sila kedua Pancasila mengandung nilai dan makna yaitu dalam kehidupan kenegaraan ...
Read more

Arti Dari Lambang 5 Sila dalam Pancasila - Scribd - Read ...

Arti dari Lambang Sila Pancasila. ... Di bagian kanan bawah terdapat rantai yang melambangkan sila kedua Pancasila, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
Read more

Arti, Makna, Dan Wujud Pengamalan Sila Dalam Pancasila ...

Makna dari Pancasila Sila ke-Satu 1. Mengamati danmenganalisis silaKetuhanan Yang Maha EsaDisusun Oleh :1. Devi Aninditya H (09/XII IPA 4)2.
Read more

Ryan Kurniawan: MAKNA SILA-SILA PANCASILA

Arti dan Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat ... terkandung dalam pembukaan UUD 1945 sebagai perwujudan dari jiwa Pancasila .
Read more