Kedaulatan Rakyat 17 Maret 2014

17 %
83 %
Information about Kedaulatan Rakyat 17 Maret 2014
Books

Published on March 17, 2014

Author: hastapurnama

Source: slideshare.net

KUALA LUMPUR (KR) - Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 memasuki tahap baru dan bertambah rumit. Pemerintah Malaysia, Minggu (16/3) mengumum- kan pencarian pesawat yang dibajak melibatkan 25 negara mencakup wilayah yang sa- ngat luas di darat ataupun di lautan. "Jumlah negara yang terli- bat dalam operasi pencarian dan pertolongan telah ber- tambah dari 14 jadi 25, se- hingga membawa tantangan baru untuk melakukan koor- dinasi dan diplomasi bagi upaya pencarian," kata Men- teri Pertahanan dan Trans- portasi Malaysia Hishamud- din Hussein dalam pernya- taan persnya. Menurutnya, pembahasan sedang berlangsung menge- nai cara terbaik menggelar aset itu dan koridor pencarian utara dari Malaysia ke arah Asia Tengah, serta koridor se- latan dari Malaysia ke arah Samudera Indonesia diberi kepentingan yang sama da- lam hal kemampuan pencari- an. Untuk saat ini lebih ba- nyak kapal diperlukan bagi koridor selatan. "Pencarian sekarang dipusatkan pada laut dangkal dan jalur luas daratan, yang melintasi 11 negara, serta samudera da- lam dan terpencil," jelas His- hamuddin. Mengenai informasi ten- tang pilot dan co-pilot yang * Bersambung hal 7 kol 1 PURWOKERTO (KR) - Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah belum juga me- nunjukkan tanda-tanda pe- nurunan. Bahkan sejak dua hari terakhir ini, selain me- ngeluarkan material vulka- nik seperti debu dan pasir, Gunung Slamet mulai mele- tupkan lava pijar. Namun demikian lontaran lava pijar tersebut belum membahayakan warga le- reng Gunung Slamet. Pasal- nya, jarak lontaran lava pijar hanya 100-200 meter dari mulut kawah. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendrasto, tidak semua gem- pa letusan membawa materi- al lava pijar yang secara vi- sual terlihat dari bawah. "Se- makin kuat daya letusnya, lava pijar akan terlihat," je- lasnya, Minggu (16/3). Diungkapkan Hendrasto, letupan lava pijar mulai terli- hat sejak Jumat malam. Bia- sanya akan nampak bersama letusan asap yang berwarna hitam pekat. Namun sejauh ini gunung tertinggi di Jawa Tengah itu lebih sering me- ngembuskan asap solfatara berwarna putih. Durasi letus- an lava pijar tersebut juga sa- ngat singkat, berkisar 10-20 detik. Meski sering meletupkan lava pijar, namun belum mempengaruhi status * Bersambung hal 7 kol 1 @krjogjadotcom q PENGGEMAR kuliner pasti kenal macam-macam olahan tahu. Misalnya, di ka- wasan Cirebon ada Tahu Gejrot, di Tegal ada Tahu Aci, di Pemalang ada Tahu Ban- jaran, di Semarang ada Tahu Bakso dan Tahu Gimbal, di Solo ada Tahu Goling atau Tahu Kupat, di Magelang ada Kupat Tahu, dan di Yogya ada Tahu Susur.--(Kiriman: Ira Patma Sari, Perum Shangrila Land, Jalan Pala 27 C27, Mejasem Timur, Dampyak, Kramat, Tegal, Jawa Tengah)-b Senin Kliwon 17 Maret 2014 15 Jumadilawal 1947 Tahun LXIX No. 166 Harian Pagi 28 Halaman Harga Eceran Rp. 3.000 http://www.krjogja.com Gunung Slamet Semburkan Lava Pijar Suara Hati Nurani Rakyat Terbit Sejak 27 September 1945 PELAKSANAAN pemilihan umum (pemilu) telah semakin dekat. Hari 'H' 9 April 2014 merupakan turning point politik Indo- nesia. Apakah Indonesia akan semakin terpuruk ataukah bangsa ini akan tegak berdiri setara di hadapan bangsa lain. Lewat pemilu itulah bangsa ini mencoba menciptakan 'wajah baru' parlemen yang bersih, bermartabat serta berwibawa. Karena memang ang- gota parlemen kita berkualitas, memiliki integritas, memiliki morali- tas dan memiliki visi jauh ke depan untuk memajukan dan menye- jahterakan rakyat. * Bersambung hal 7 kol 1 374 Dharma Wanita Persatuan Batan Unit PSTA & STTN Yogyakarta dan Pusat Jakarta . . . . . . . . . . 6,400,000.00 375 Warga RT. 07/RW. 03 Kalakijo Triharjo Sleman . . 325,000.00 376 Warga Dasa Wisma RT. 07/RW. 03 Kalakijo Triharjo Sleman . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 300,000.00 Melalui Rekening Bank : 377 NN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 300,000.00 378 NN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 100,000.00 379 Kel. Subagyo . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 250,000.00 380 Warga Masyarakat Bulus Wetan Sumberagung Jetis Bantul . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2,001,500.00 * Bersambung hal 7 kol 6 NO NAMA ALAMAT RUPIAH ERUPSI Gunung Kelud membuat puluhan ribu warga sekitar mengungsi, meninggalkan harta bendanya. Untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita tersebut, KR membuka dompet sumbangan pembaca. Sumbangan diharapkan berupa uang, tak berbentuk barang. Diberikan di bagian keuangan SKH KR, Jl P Mangkubumi 42 Yogyakarta atau melalui rekening Bank BRI Cabang Mlati, Yogyakarta No. 0409-01-000180-56-1 atas na- ma Dompet KR Peduli Bencana Gunung Kelud. JAKARTA (KR) - Diang- gap terlambat melaporkan dana kampanye, Komisi Pe- milihan Umum (KPU) men- diskualifikasi 9 parpol di 25 kabupaten/kota dan 35 calon anggota DPD RI di 15 provin- si. Namun, komisioner Ba- waslu Nasrullah mengata- kan, meski telah diputuskan, parpol dan calon yang diba- talkan bisa menggugat ke Bawaslu. "Bahwa parpol yang dico- ret tersebut masih memiliki hak hukum untuk menyele- saikan persoalannya dalam proses penyelesaian sengketa pemilu di Bawaslu," jelas Na- srullah di Jakarta, Minggu (16/3). Lebih lanjut Nasrullah mengatakan waktu pelapor- an dibatasi 3 hari mulai Se- nin (17/3) hingga Rabu (19/3), lalu akan diproses di Bawaslu dalam 12 hari. "Dari data yang ada, untuk DPD ada 35 orang dari 15 provinsi yang dibatalkan se- bagai peserta pemilu dan ada 9 parpol di 25 kabupaten/kota yang dibatalkan sebagai pe- serta pemilu tahun 2014," ka- ta komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah. Dari daftar yang dicoret tersebut, tak satu pun berasal dari DIY. Hari terakhir melaporkan dana kampanye itu adalah Minggu (2/3). Meski dalam Surat Edaran KPU batas akhir pelaporan pukul 18.00 WIB, tapi KPU kembali me- ngacu ketentuan UU yaitu pada batas akhir harinya. Sedangkan mengenai eva- luasi pelaksanaan kampanye hari pertama kemarin, Ba- waslu akan menindak tegas peserta pemilu yang melang- gar kampanye terbuka sam- pai 5 April mendatang. "Kita akan memproses temuan. Kemudian ada kampanye yang melintas di luar zona yang ditentukan. Bawaslu ingin cepat merespons. Prin- sipnya, di mana terjadi pe- langgaran, di situ akan ditin- dak. Kalau ada di pusat dita- ngani Bawaslu RI, di provinsi ya Bawaslu Provinsi," kata Ketua Bawaslu, Muhammad. Dijelaskannya, dalam kampanye pertama kemarin hampir seluruh partai politik peserta Pemilu 2014 melak- sanakan kampanye rapat umum terbuka. * Bersambung hal 7 kol 4 SIMULATOR DI RUMAH PILOT MH370 DIANALISA Pencarian Pesawat Libatkan 25 Negara KR-Antara Hembusan asap mengepul dari kawah puncak Gunung Slamet, Jateng. KR-Antara Tim Basarnas Indonesia Aceh mencari pesawat MH370 menggunakan Kapal Negara 208 di Samudera Hindia.

YOGYA (KR) - Persoalan apakah perekonomian sudah merata atau belum di kawasan Indonesia harus menjadi kajian para pejabat di negara ini, baik ditingkat daerah maupun pusat. Selain itu, untuk memeratakan ke- sejahteraan dan memajukan pertumbuhan ekonomi raky- at, harus dimulai dari tingkat desa terlebih dahulu. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Mebel Indo- nesia (Asmindo) Ambar Cahyono, saat menjadi pem- bicara pada National Eco- nomic Talkshow 2014 dengan tema "Jelang Pemilu 2014", di Gedung Kuliah Umum dr Sardjito Universitas Islam Indonesia (UII) Jalan Kali- urang, Yogyakarta, Sabtu (15/3). Acara itu digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta. "Perekonomian Indonesia memang sudah tumbuh, te- tapi harus diakui sampai saat ini belum merata. Sebab masih banyak daerah ter- tinggal dan pengangguran. Untuk mewujudkan hal itu pembangunan ekonomi harus dibangun terlebih da- hulu dari bawah yaitu di kawasan kampung atau pe- desaan. Setelah selesai, baru meningkat ke daerah, provin- si dan terakhir Indonesia. Jadi pembangunan dila- kukan secara bertahap," pa- parnya. Ambar menambahkan, un- tuk mewujudkan semua itu, para pejabat daerah dan pusat serta para calon legis- latif (caleg) terpilih 2014, harus berkordinasi dengan baik, dengan memakai asas nasionalisme bukan partai. Hal itu dilakukan, agar se- mua pejabat netral dan mele- bur menjadi satu kesatuan, untuk memajukan kesejahte- raan dan pertumbuhan eko- nomi rakyat Indonesia. Direktur Penelitian, Pela- tihan Ekonomika dan Bisnis Fakultas Ekonomi Univer- sitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Sri Adiningsih MSc yang juga menjadi pem- bicara menyatakan, untuk meningkatkan perekonomi- an dan kesejahteraan bangsa Indonesia , ada be- berapa sektor yang harus dibenahi oleh pemerintah. Di antaranya sektor penge- lolaan dan pengolahan sum- ber daya alam (SDA) dan penguatan sektor usaha ke- cil menengah (UKM). " Sampai saat ini dalam pengelolaan dan pengolahan SDA, masih tergantung dari negara luar dan itu secara terus-menerus dilakukan. Hal itu sebenarnya sangat merugikan negara dan ma- syarakat. Untuk bisa me- naikkan perekonomian, pe- merintah harus bisa menge- lola dan mengolah SDA se- cara utuh, tanpa bantuan pi- hak luar negeri. Jika itu bisa dilakukan keuntungan ne- gara bisa lebih besar. Keuntungan itu dapat digu- nakan untuk membangun perekonomian disegala sek- tor khususnya disektor UKM,"paparnya. (*-6)-f SENIN KLIWON 17 MARET 2014 (15 JUMADILAWAL 1947) ÓKEDAULATAN RAKYATÓ HALAMAN 2KOTAYOGYA SIMULASI PEMILU KAUM DIFABEL DiKotaYogyakartaAda268Pemilih YOGYA (KR) - Sebanyak 100 kaum difabel Kota Yogya- karta mengikuti simulasi pemi- lihan umum (Pemilu), yang di- adakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) KotaYogyakarta, Minggu(16/3). Simulasiitudigelarbertujuan untuk memaksimalkan sosial- isasi tentang tatacara pemilih- an, saat di tempat pemungutan suara(TPS)danpengenalanter- hadap alat bantu pencoblosan yaitu template braille bagi tuna netra. Selain itu, simulasi ini ju- ga untuk melatih pihak Ke- lompok Penyelenggara Pemu- ngutan Suara (KPPS) serta pi- hak pendamping yang diper- caya oleh pemilih, dalam mem- bantukaumdifabeldiTPS. Ketua KPU KotaYogyakarta Wawan Budianto menyatakan sampai saat ini kaum difabel belum secara penuh menge- tahui tentang informasi dan tat- acara pemilu. Maka dari itu, pi- haknya menyelenggarakan kegiatanini,agarmemudahkan merekadalammemilih. "Dalam kegiatan ini, simulasi yang kami berikan kepada pe- serta pemilih difabel, dikon- disikan menyerupai aslinya di- lapangan. Dimulai dari tata cara pencoblosan dengan meng- gunakan template braille dan memasukan surat suara ke da- lam kotak suara. Dalam melakukannya, peserta pemilih didampingi oleh petugas KPPS atauorangyangdipercaya.Saya meminta petugas pendamping memperhatikan dengan serius dalamsimulasitersebut.Halitu dilakukan agar, pemilih bisa nyaman dalam mencoblos,"pa- parnya kepada KR, di kantor KPUKotaYogyakarta. Wawan Budianto menam- bahkan, untuk alat template brailleakandigunakanpadape- milihan DPD RI dan DPR RI. Pengadaan template braille DPD RI akan disiapkan oleh KPU Pusat dan DPR RI dari KPU DIY, dengan total peserta pemilih difabel KotaYogyakarta sebanyak 268 orang. Menurut datadariKPUKotaYogyakarta, sebanyak 97 TPS, memiliki pe- serta pemilih difabel khususnya penyandang tuna netra dan akan mendapat bantuan tem- plate braille. Tempat alat bantu yang dibuat motif braille, ter- letak pada nama caleg dan nomorurut. (*-6)-a Sulit Mencari Regenerasi Perkumpulan Trah YOGYA (KR) -Tak mudah menjaga ikatan kekeluargaan dengan wadah perkumpulan trah, karena banyak yang tak menganggap penting. Begitu pun dengan perkumpulan Trah Prawiralayan yang sejak pertama dibentuk 1 Maret 1964 kini hanya sedikit yang aktif. Untuk menjaga ikatan kekeluargaan itu, pertemuan rutin yang pernah diadakan setiap bulan, diubah menjadi dua bulan sekali. Ketua Paguyuban Trah Pra- wiralayan Djoko Dwiyanto MHum menyebutkan, anggota aktif trah pernah mencapai 200 orang. Tiap bulan melaku- kan pertemuan dengan bebe- rapa jenis arisan, tetapi kemu- dian yang aktif banyak berku- rang. "Akhirnya pertemuan bu- lanan itu menjadi tiap dua bu- lan dengan hanya satu arisan wajib sebagai ikatan saja," ka- ta Djoko Dwiyanto pada peringatan HUT ke-50 Trah Prawiralayan di Dalem Dipopernatan, Kemetiran Kidul,Yogya, Minggu (16/3). Peringatan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh anggota sepuh, Ny Suhartoyo, dandiserahkankepadaDrRM Pramutomo, anggota yang di- harapkan menjadi penerus. Sajian Tari Golek Clunthang yang dibawakan Dewi dan Sari yang masih duduk di bangku SMP juga ikut menye- marakkan acara. Meski dengan sejumlah kendala, Djoko bersyukur, perkumpulan trah yang di- awali pertemuan para ketu- runan R Panewu Prawira- laya itu masih bertahan hingga sekarang. Memang tak mudah menggiatkan ke- luarga untuk aktif dalam pa- guyuban seperti ini. Seperti saat dirinya ditunjuk sebagai ketua pada 1986 untuk re- generasi, tetapi sampai saat ini belum pernah mengalami pergantian. (Ewp)-a KR-Effy Widjono Putro Tari Golek Clunthang dibawakan Dewi dan Sari pada peringatan HUT ke-50 Trah Prawiralayan. IKUT AMANKAN TPS PemkotTerjunkan2.890Linmas Menurut Komandan Sat Pol PP Dinas Ketertiban Kota Yog- yakarta, Sukamto, jumlah Lin- mas yang akan dilibatkan men- capai 2.890 personel. "Tidak hanya di tingkat TPS saja, tapi di kelurahan, keca- matan hingga tingkat Kota Yogyakarta, Linmas akan ikut mengamankan jalannya Pe- milu 2014," paparnya, Minggu (16/3). Khusus di tingkat TPS, per- sonel Linmas diterjunkan ma- sing-masing dua orang. Ke- duanya akan tergabung dalam Kelompok Penyelenggara Pe- mungutan Suara (KPPS) yang dibentuk oleh Panitia Pemu- ngutanSuara(PPS).Kemudian di tingkat kelurahan, disia- gakan 10 personel. Sedangkan di tingkat kecamatan dan kota, masing-masing 31 personel dan 100 personel. Sukamto menambahkan, Linmas yang masuk dalam KPPSdiserahkansecarapenuh kepada KPU. Baik dari segi ke- tugasan maupun hak Linmas. Sementara tingkat di atasnya, menjadi kewenangan penuh Sat Pol PP. "Tapi semuanya su- dah kami latih mengenai ke- samaptaan. Linmas juga sudah memilikipengalamanjadipani- tia pemungutan suara dalam pemilu sebelumnya," imbuh- nya. Oleh karena itu, meski rata- rata anggota Linmas sudah berusia lanjut, namun kapabili- tasnya tidak bisa diragukan. Pembekalan kesamaptaan itu juga sengaja digelar untuk membangkitkan kembali se- mangat kedisiplinan. Komisioner KPU Kota Yogyakarta Divisi Penyeleng- garaan, Aris Munandar se- belumnya mengungkapkan, to- tal anggota KPPS mencapai tu- juh orang. Dua diantaranya berasal dari Linmas yang di- rekomendasikan oleh pe- rangkatpemerintahdiwilayah. "Sebagian besar KPPS su- dah memiliki pengalaman da- lam penyelenggaraan pemilu. Tapi kami tetap akan melaku- kan bimtek (bimbingan tek- nis) agar lebih matang dalam menjalankan tugasnya," pa- parnya. (R-9)-a YOGYA (KR) - Personel Perlindungan Masya- rakat atau Linmas di Kota Yogyakarta siap ikut mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pemungutan suara 9 April 2014 kelak. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta juga telah membekali dengan kegiatan kesamaptaan. PENGANGGURAN DAN DAERAH TERTINGGAL Bukti Pertumbuhan Ekonomi Belum Merata JEMMY SETIAWAN SBYAntarkanIndonesiaMenujuNegaraMaju YOGYA (KR)- Perjalanan se- jarah Indonesia, mempunyai be- berapa tonggak yang menandai era atau kurun waktu perkemban- gan. Yakni, masa kemerdekaan yang diisi dengan perjuangan memerdekakan Indonesia dari penjajahan. "Setelah kemerde- kaan,Indonesiamemasukierane- gara berkembang. Kini, Indonesia sedang berada di era menuju ne- gara maju," kata Jemmy Setia- wan,mantanaktivis'98,dalamse- buahdiskusiyangdihadiriparaak- tivis,diYogyakarta,Minggu(16/3). Indikator Indonesia sedang ber- gerak ke negara maju dapat kita saksikan dengan nyata, di an- taranya adalah proses transisi demokrasi yang telah berjalan de- ngan baik, semakin tumbuh dan berkembangnyakelasmenengah, juga semakin modernnya kehi- dupanrakyat. "Kita sudah berada di depan gerbangnegaramaju.Sayayakin, selangkah lagi Indonesia dapat berdirisejajardengantujuhnegara maju lainnya," sambung Jemmy Setiawan, caleg Partai Demokrat dari Dapil DIY dengan nomor urut yang sama dengan nomor par- tainya,No7ini. Menurut Jemmy Setiawan, ini- lah salah satu keberhasilan peme- rintahan SBY. Kebijakan dan kepemimpinan SBY telah berhasil meletakan bangun dasar sebagai negara maju. "Di era SBY, Indo- nesia telah berhasil menjadi ne- garademokrasi,dimanapelemba- gaan demokrasi dan juga budaya demokratis telah menjadi tatanan yang kuat. Disamping itu, tumbuh- nya sektor produksi yang lebih berorientasi pada industri olahan, telah menjadikan Indonesia seba- gainegaramodern,"jelasnya. Pendapat yang sama juga dis- ampaikan oleh Basyit Alaba'du, mantan aktivis mahasiswa dari UPN Veteran Yogyakarta, bahwa era kepemimpinan SBY meru- pakan fase sejarah terpenting per- jalananIndonesia. Basyit, juga menambahkan, bahwa penegakan hukum di masa pemerintahan SBY telah berjalan baik. Terdapat ketegasan pemisahan kekuasaan yudikatif, eksekutif, dan legistatif. Ini terlihat dari tidak adanya campur tangan atauintervensidalamberbagaika- sushukumyangterjadi. "Apa yang telah kita capai sela- ma sepuluh tahun terakhir harus dilanjutkan. Saya sependapat de- ngan Jemmy Setiawan, bahwa sebentar lagi Indonesia menjadi negara maju. Negara yang kuat, adil,dansejahtera,"tegasBasyit. Diakui oleh Jemmy Setiawan, bahwa keberhasilan SBY inilah yang menjadi modal partainya da- lam meraih dukungan pada pe- milulegistatifpada9Aprilnanti. "Kami tidak perlu mengumbar janji, karena memang selama sepuluh tahun terakhir ini ma- syarakat sudah mendapatkan bukti nyata. Disamping keber- hasilan dalam transisi demokrasi dan modernisasi, program-pro- gram yang telah dilaksanakan oleh SBY sangat pro keadilan sosial. Saya telah berkeliling Yogyakarta, dari dusun paling po- jok di Gunungkidul sampai ma- syarakat perkotaan, mereka mengakui bahwa program-pro- gram SBY telah mereka rasakan manfaatnya,"paparnya. (*)-a KR-Bambang Nurcahya Salah satu warga difabel melakukan simulasi pemu- ngutan suara Pemilu 2014.

Di sisi lain banyaknya ke- luhan masyarakat karena un- tuk menuju ke pusat pemerin- tahan di Kabupaten Gunung- kidul harus dua kali naik ang- kutan sehingga kurang efisien. "Kami sangat prihatin meli- hat kondisi angkutan khusus- nya perkotaan yang sudah tidak intensif lagi," kata Ir Pur- nama Jaya M Urb MGT, Ke- pala Dinas Perhubungan dan Kominfo Gunungkidul, Ming- gu (16/3). Menurut Purnama, antara kru angkutan pedesaan dan angkutan perkotaan terjadi ketidakakuran, karena di an- tara mereka terjadi penyero- botan penumpang. Di lain sisi, jumlah penumpang terus me- nurun, akibat semakin ba- nyaknya kendaraan roda dua dan roda empat milik pribadi, sehingga pengguna angkutan umum menurun drastis. Pertimbangan lain, baik angkutan kota maupun ang- kutan pedesaan jalur tertentu banyak yang tidak masuk ter- minal, sehingga Pemkab Gu- nungkidul kehilangan retribusi masuk. Selain itu akibat dari saling serobot penumpang pe- langgaran tidak bisa dielak- kan, tambah Purnama Jaya. Dalam waktu dekat seba- nyak 40 angkutan perkotaan akan dikembalikan menjadi angkutan pedesaan dengan pengaturan jalur menyusul. "Tentu saja pengaturan jalur dalam pengembalian angkutan kota menjadi angkutan pede- saan akan dibicarakan bersa- ma," ujar Purnama Jaya. Manfaat adanya penataan jalur dan pengintegrasian ang- kot, anak sekolah yang belum waktunya mengendarai sepeda motor bisa menggunakan ang- kutan pedesaan yang nantinya bisa melewati wilayah kota. Dikatakan Purnama, ba- nyak angkutan perkotaan maupun angkutan pedesaan yang tidak beroperasi. Dari pengamatannya, angkot dan angkudes yang beroperasi ti- dak lebih dari 60 persen. Para kru terpaksa mengkandang- kan kendaraannya karena se- pinya penumpang jika dipak- sakan beroperasi akan terus merugi. Dari data yang ada pada Dinas Perhubungan dan Ko- minfo, jumlah angkutan per- kotaan ada 40 unit, angkutan pedesaan sebanyak 450 unit yang beroperasi pada 41 jalur, namun yang masih efektif tinggal 28 jalur atau hanya se- kitar 280 unit angkudes yang beroperasi. Suharno SE, anggota Komisi C DPRD Gunungkidul menilai sebenarnya Gunungkidul be- lum waktunya diterapkan ang- kutan perkotaan karena sara- na dan prasarana pendukung belum disiapkan.Apalagi peng- aturan jalur angkutan masih saling berbenturan antara angkudes dan angkot. Seperti angkutan perkotaan melewati jalur angkutan pedesaan, seba- liknya angkutan pedesaan ba- nyak yang melewati jalur ang- kutan perkotaan, sehingga se- ring terjadi saling serobot. Melihat kondisi yang demi- kian Suharno mendesak Dinas Perhubungan dan Kominfo se- gera menata ulang jalur ang- kutan terutama angkutan pe- desaan. Pihaknya juga sepen- dapat jika angkot dilebur men- jadi angkudes, namun perlu ada pengaturan yang bijak de- ngan melibatkan paguyuban angkudes setiap jalur. (Awa)-f SENIN KLIWON 17 MARET 2014 (15 JUMADILAWAL 1947) ÓKEDAULATAN RAKYATÓ HALAMAN 3GUNUNGKIDUL TINGGAL 60 PERSEN YANG BEROPERASI AngkotDihapus,DileburJadiAngkudes WONOSARI (KR) - Dinas Perhubungan dan Kominfo Gunungkidul merencanakan untuk meng- hapus atau mengintegrasikan angkutan perkotaan (angkot) kembali menjadi angkutan pedesaan. Ber- dasarkan pengamatan selama ini, banyak kru angkutan perkotaan yang mengeluh karena sepinya penumpang. WONOSARI (KR) - Gunungkidul In- ternational Festival (GIFt) rencananya di- adakan Maret 2014, terpaksa ditunda setelah Pemilu 2014. Alasan penundaan ini agar rencana menggali potensi budaya khas Gunungkidul tidak ditunggangi oleh kepentingan politik menjelang pemilu. Bahkan pihak panitia penyelenggara GIFt mengusulkan untuk dikolaborasikan dengan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul 27 Mei 2014. "Setelah kami renungkan dan dimusyawarahkan de- ngan seluruh panitia, maka pelaksanaan GIFt ditunda setelah pemilu legislatif," ka- ta Bambang Krisnadi, Ketua Umum Panitia Gift usai audiensi dengan Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos, Sabtu (15/3). Bupati Hj Badingah yang didampingi Asekda II Ir Anik Indarwati MP, Kepala Bagian Humas dan Protokol Drs Agus Kamtono dan pejabat dari Dinas Kebu- dayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul serta dari Dinas Perindagkop dan ESDM sangat mengapresiasi, rencana penun- daan pelaksanaan GIFt. "Kami akan segera koordinasikan de- ngan panitia Hari Jadi Kabupaten Gu- nungkidul dan SKPD terkait untuk pelak- sanaan GIFt ini," ujarnya. Festival International Gunungkidul ini menurut Bambang Krisnadi akan me- nampilkan seluruh potensi budaya dan seni serta hasil kerajinan unggulan dalam satu lokasi. Festival tersebut akan meng- hadirkan sejumlah seniman kondang In- donesia dan wisatawan dari mancane- gara. "Gunungkidul punya potensi yang luar biasa, baik kesenian, kebudayaan, makanan maupun rumah adat dan kuli- ner, namun belum banyak diketahui oleh turis, kalau kita pamerkan jelas akan memiliki daya tarik," ucapnya. Panitia sedang mencari lokasi yang strategis dijadikan ajang festival. Di lokasi tersebut akan dibangun rumah limasan khas Gunungkidul, sekitarnya akan dige- lar berbagai kesenian lokal, maupun pa- meran hasil kerajinan serta kuliner dan adat istiadat penduduk Gunungkidul. (Awa)-f Ditunda, Festival International Gunungkidul WONOSARI (KR) - Deklarasi kampanye damai dan karnaval kendaraan partai politik (parpol) di Gunungkidul, Sabtu (15/3) diguyur hujan lebat. Pembacaan deklarasi berlang- sung di Aula Dinas Perhubungan disaksikan Hj Badingah SSos, Bupati Gunungkidul, AKBP Farid Zulkarnain SIK, Kapolres, Letkol (Arh) Herman Toni, Dandim, Drs Budi Utama MPd Ketua DPRD dan sejumlah tamu un- dangan. Dalam deklarasi semua partai politik menyatakan siap untuk melakukan kampa- nye damai. Di tengah guyuran hujan lebat, peserta karnaval kendaraan roda 4 dilepas Bupati Gunungkidul, selanjutnya sesuai dengan urut nomer partai berjalan menyusuri Jalan Ringroad Utara-Bundaran Air Mancur Si- yono (Playen) belok ke kiri lewat jalan pro- tokol-Simpang Lima Baleharjo-pertigaan Branang - depan Makodim-simpang empat RSUD Wonosari- simpang empat Piyaman kembali ke depan Kantor Dinas Perhu- bungan. Deklarasi dan karnaval damai ini, kata M Zaenuri Iksan SAg, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul merupakan awal dari rangkaian panjang kegiatan partai politik untuk mengadakan kegiatan kampa- nye terbuka. AKBP Farid Zulkarnain SIK, Kapolres Gu- nungkidul dalam sambutannya mengingat- kan dalam pelaksanaan kampanye semua partai politik untuk mentaati peraturan dan menjaga ketertiban umum. (Ewi)-f DIGUYUR HUJAN LEBAT Parpol Deklarasi Kampanye Damai KR-Endar Widodo Pembacaan deklarasi damai. SAPTOSARI (KR) -Men- jelang Perayaan Hari Raya Nyepi, ribuan Umat Hindu mengadakan Upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Saptosari, Sabtu (15/3). Pelaksanaan Me- lasti bertujuan mensucikan di- ri sebelum umat memasuki Hari Raya Nyepi 31 Maret mendatang. "Upacara Melasti merupakan rangkaian kegiat- an Umat Hindu dalam per- ingatan Nyepi. Melalui upa- cara ini untuk melabuh segala kekotoran alam," kata Pur- wanto, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Gunung- kidul. Dikatakan, Melasti sengaja dipilih di Pantai Ngobaran, se- bab memiliki atmosfer spiritu- al dan sejarah yang cukup ku- at. Kawasan Pantai Ngobaran menjadi tempat Prabu Wijaya yakni Raja Majapahit yang pa- da waktu itu melaksanakan tapa brata menuju kesempur- naan hidup. Lokasi ini peti- lasan Prabu Brawijaya ke-5 dan memiliki kekuatan magis untuk menggelar upacara. "Pantai Ngobaran meru- pakan Petilasan Prabu Bra- wijaya ke-5 sehingga secara spiritual memiliki kekuatan. Semoga dengan pelaksanaan upacara di Pantai Ngobaran, memberikan hal positif bagi masyarakat Gunungkidul," je- lasnya. Prosesi Melasti diawali de- ngan arak-arakan gunungan yang membawa uba rampe atau sesembahan dari lokasi parkir Pantai Ngobaran menu- ju tepi pantai. Pelaksanaan arak-arakan yang menggam- barkan menuju kesempur- naan dipimpin Wasi Triman serta memercikan air ke selu- ruh bagian Pura Segara Wukir untuk menghilangkan hal yang sifatnya kotor. Para Wasi kemudian melabuh seluruh sarana upacara ke laut sela- tan. Usai labuhan, digelar gre- beg gunungan yang berisi hasil-hasil bumi. Warga lang- sung berebut gunungan yang diyakini akan memberikan berkah. (Ded)-f SUCIKAN DIRI MENJELANG NYEPI Ribuan Umat Hindu Upacara Melasti KR-Dedy EW Upacara Melasti di Pantai Ngobaran.

SENIN KLIWON 17 MARET 2014 (15 JUMADILAWAL 1947) ÓKEDAULATAN RAKYATÓ HALAMAN 4BANTUL TEMU KANGEN WARGA KEDUNGJATI Masyarakat Minta Didukung Infrastruktur BANTUL (KR) - Temu kangen warga Dusun Kedungjati Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri bersama Drs HM Idham Samawi, Sabtu (15/3) malam lalu banyak diisi diskusi. Dalam perte- muan tersebut, masyarakat meminta agar prasarana pendukung aktivitas perekonomian diperhatikan. Karena se- lama ini, masyarakat di wilayah terse- but banyak bergerak di bidang jasa angkut serta pertanian. Sudiyono dalam forum tersebut me- ngatakan, keberadaan Dusun Kedung- jati yang jauh dari pusat kota mestinya harus didukung infrastruktur lainnya. Karena selama ini, masyarakat di wi- layahnya sangat tergantung pada akses jalan. "Jalan di kampung ini hanya satu, jika rusak masyarakat sangat di- rugikan. Sehingga ketika rusak lang- sung diperbaiki," ujarnya. Karena selama ini masyarakat ber- tumpu pada satu jalur dalam mela- kukan aktivitas ekonomi. Lebih mence- maskan lagi, ketika jalan rusak sangat mengancam pemakainya. Kekhawa- tiran tersebut cukup beralasan, karena di sisi kiri dan kanan jalan terdapat ju- rang yang cukup dalam. Sementara Drs HM Idham Samawi mengatakan, untuk membangun ne- gara tidak ada kata lain. Bangsa ini harus cerdas, berakhlak serta berke- pribadian. Dengan bangsa cerdas, se- hingga tidak ada istilah sumber daya alam ini tidak harus dikelola pihak asing. "Bangsa ini tidak cukup hanya dengan cerdas saja, tetapi harus ber- akhlak mulia dan berkepribadian," pa- parnya. Dalam kesempatan itu, para orang- tua diminta untuk memperhatikan pen- didikan anak-anaknya. Karena pen- didikan anak merupakan hal terpen- ting, dalam membuat negara maju. Sementara Caleg DPRD Bantul, Su- ratman mengatakan, pihaknya sangat mendukung perbaikan infrastruktur ja- lan di wilayah itu. Karena jika sampai jalan rusak, kehidupan warga akan se- makin terpuruk. Penilaian itu merujuk jauhnya antara perkampungan Ke- dungjati dengan kampung lainnya. (Roy)-m BANTUL (KR) - Momentum mancing bersama yang digelar di Dusun Kweden Desa Trirenggo Bantul bersama Drs HM Idham Samawi diikuti ratusan warga. Terpenting dalam acara tersebut, adalah terciptanya kebersamaan di masyarakat. Dalam acara tersebut juga dihadiri Nur Afifah (Caleg DPRD DIY No 3) serta Pramu Diananto (Caleg DPRD Bantul). Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Mancing Bersama Idham Samawi, Ratno di sela acara, Minggu (16/3). Ratno mengungkapkan, dalam acara mancing tersebut satu kuintal lebih ikan berbagai jenis diperebutkan ratusan peserta. Tidak hanya itu, panitia juga memberikan sejumlah hadiah bagi peserta. Tetapi dari berbagai kemudahan dalam acara itu, tidak kalah penting untuk menciptakan rasa kebersamaan menjelang Pemilu 2014. Meski acara mancing digelar di wilayah Trirenggo, namun peserta datang dari berbagai wilayah. (Roy)-m Mancing Bersama, Rekatkan Kebersamaan BANTUL (KR) - Dalam usahanya mensukseskan ujian akhir kelas IX, MTsN Giriloyo Bantul, mengadakan mujahadah dilan- jutkan dengan Achievmen Motivation Training (AMT), di Aula Madrasah setempat, dengan menghadirkan KH Wazirudin dari Pleret Bantul dan Tim AMT dari MAN Yogyakarta 3 (Mayoga) Yogyakarta, yang dimotori Supardi SPd MPd, Jumat (14/3) lalu. KH Wazirudin menyampaikan satu hal yang perlu diingat dalam mensukseskan ujian, siswa-siswi tidak sekedar lulus dan mendapat nilai baik, namun juga ilmu yang diperoleh akan bermanfaat untuk diri siswa di masa mendatang, baik manfaat dunia maupun akhirat. Sementara itu untuk sukses hidup di masa datang, para siswa harus melaksanakan laku prihatin dengan membenten- gi diri dari pengaruh-pengaruh yang negatif, berjuang sekuat tenaga untuk meraih cita-cita, hal demikian dapat dibuktikan dengan usaha orang-orang yang telah sukses hidupnya. Kepala MTsN Giriloyo, Drs Tohari Suyuti MA dalam sam- butannya mengatakan, ikhtiar yang telah ditempuh madrasah untuk mensukseskan ujian madrasah (UMAD), ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) dan ujian nasional (UN) telah dilaksanakan, di antaranya tambahan jam mata pelajaran UN, adanya kelas intensif. (Aje)-m GelegarIkhtiardiMTsNGiriloyo BANTUL (KR) - Masalah modal khususnya yang berwujud uang, sering jadi hambatan seseorang dalam mengawali bis- nis. Inspira Organizer Yogyakarta akan mencoba mengurai hambatan tersebut lewat workshop tentang 'Cara Cerdas Mulai Usaha dengan Modal Sekecil-kecilnya'. Kegiatan terse- but terbuka untuk masyarakat umum, mahasiswa dan karya- wan, Minggu (23/3) mendatang mulai pukul 08.00 WIB, di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul. "Workshop ini merupakan kabar gembira bagi mahasiswa, pegawai kantoran dan siapa saja yang ingin mulai berbisnis. Segala hal untuk memulai usaha langsung diberikan lewat materi dan fasilitas workshop. Materi yang diberikan fokus pa- da teknik-teknik praktis, agar usaha bisa sukses walaupun de- ngan modal sekecil-kecilnya," papar Sri Rahmawati, Assistant Project Manager Inspira Organizer lewat keterangan persnya yang diterima KR, Minggu (16/3). Materi yang akan didapatkan peserta antara lain Socmed Pinter Rejeki Banter, 17 Jurus Closing Deal Terus Menerus, Cara Mendapat Apapun yang Kita Mau, Resep Sakti Menjadi Dropshiper dan masih banyak lagi. Materi tersebut akan di- sampaikan oleh sejumlah pembicara yang berpengalaman, praktisi yang sudah ahli di bidangnya. Mereka antara lain Saptuari Sugiharto (CEO Kedai Digital, Pendiri Jogist Kaos Gila, Bakso Iga Lunak dan Bakso Granatz Pe- dazz), Dewa Eka Prayonga (Penulis 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula, 17 Teknik Closing, Founder & CEO Billionaire Coach), Tonee Emti (CEO Albibek Smart in English, Business Coach) dan Afrig Wasiso (Creative Marketing and Brand Strategist). Tambah Rahmawati, peserta bisa memperoleh tiket dengan harga Rp 150 ribu dan Rp 75 ribu (khusus mahasiswa dari Amal Academy), di SKH Kedaulatan Rakyat Jalan Margo Utomo (P Mangkubumi), Legend Cafe, Toko Buku Toga Mas Gejayan, Movie Box Seturan, Kongkalikong Cafe, Kopma UGM, dan @kota_jogja. "Kami berharap workshop ini menjadi solusi pengembangan ekonomi masyarakat. Sebagai stimulus agar konsep kewira- usahaan tak hanya ramai sebagai wacana, namun sebagai so- lusi konkret ekonomi Indonesia yang lebih kuat. Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi kami di PIN 2A08DC86," pungkas Rahmawati. (*-2)-m AwaliUsahadenganModalKecil BANTUL (KR) - Rangkaian kegiatan sukses UN 2014 yang digelar MTsN Sumberagung Jetis, Jumat (14/3) lalu, dengan mengadakan sosialisasi bagi wali siswa sekaligus doa bersama serta Achievmen Motivation Training (AMT). Kegiatan terse- but didukung Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ) Training Center pimpinan HM Puji Hartono. Kepala MTsN Sumberagung Hj Sri Pangatun SPd kepada KR mengatakan, untuk sukses UN memang dibutuhkan kerja sama semua pihak. Untuk itu sosialisasi bagi wali siswa seper- ti ini, diharapkan mampu menumbuhkan semangat belajar ba- gi putra-putri mereka. Dalam kesempatan itu juga disam- paikan beberapa hal terkait kiat sukses UN yang sudah dan akan dilaksanakan, serta kriteria kelulusan. Sementara itu dalam pencerahan dan motivasi dari PMJ Training Center, Puji Hartono menyampaikan beberapa meto- de sukses UN yang diramu sesuai jiwa dan keinginan siswa. Sedangkan dalam renungan dan doa bersama, banyak siswa, wali siswa maupun guru yang terharu hingga me- neteskan airmata. Acara ditutup dengan saling memaafkan dan minta restu kepada guru maupun orangtua. (Can)-m SUKSES UN DI MTSN SUMBERAGUNG LakukanDoaBersamadanSosialisasi BANTUL (KR) - Kapolres Bantul AKBP Surawan SIK mengimbau, peserta kampa- nye mematuhi dan tertib pa- da aturan lalulintas yang berlaku. Selain itu, dalam masa kampanye juga diminta selalu waspada dan menjaga keselamatan selama di ja- lanan. Kewaspadaan perlu di- tingkatkan, supaya kampa- nye lancar tanpa ada pihak dirugikan. Pihak kepolisian juga akan berusaha meng- awal jalannya kampanye se- tiap partai politik. "Saya harapkan peserta mematuhi peraturan yang berlaku, dan tertib berla- lulintas," ujar Surawan usai memimpin apel kesiapan da- lam pengamanan Pemilu 2014, di halaman Mapolres Bantul, Minggu (16/3). Menurut Surawan, im- bauan yang diberikan kepada peserta kampanye tertib, sebenarnya untuk kebaikan peserta sendiri, yakni kesela- matan. Terkait dengan potensi kerawanan semua daerah harus diwaspadai. Dalam acara tersebut, melibatkan ratusan personel semua sa- tuan fungsi, mulai Intel, Res- krim, Lalulintas serta Sa- bhara. Sementara Kabag Ops Po- lres Bantul, Kompol M Akbar Tamrin SIK mengatakan, se- lama kampanye peserta di- minta untuk patuh peratur- an. "Jangan sampai kampanye membawa korban, masing- masing peserta harus patuh pada peraturan," ujarnya. Ditambahkan Akbar, keti- ka sudah di jalan pelang- garan yang dibuat seseorang, sangat membahayakan peng- guna jalan lain. Dalam kam- panye, mestinya tidak meng- ajak anak di bawah umur," pungkasnya. (Roy)-m ApelKesiapanPengamananPemilu2014 "Lokasinya punya potensi untuk dikembangkan lebih jauh," kata Joko Kuntoro dari Asosiasi Travel Agent (Asita) DIY kepada KR, Minggu (16/3). Hal ini dimunculkan usai penjurian, sekaligus pembi- naan mengenai kelompok sa- dar wisata (Pokdarwis) se DIY, yang diadakan Dinas Pariwisata DIY. Namun me- nurut Ketua Pokdarwis 'Cer- me Asri', Ngadilan, masalah utama pengembangan objek wisata Cerme karena lokasi goa terbagi 2 kabupaten. Pintu masuk masih wilayah Bantul, tetapi di dalam goa sudah masuk kabupaten Gu- nungkidul. Sebanyak 18 Pokdarwis se DIY yang dinilai tersebut meliputi Gunungkidul: Pin- dul dan Kalisuci. Kulon- progo: Jetak II, Purwoharjo dan Sermo. Bantul: Goa Cer- me, Surocolo, Pantai Baru dan Santan. Sleman: Kali- urang, Pulesari dan Ga- bugan. Untuk Kota Yogya: Teplok Plesiran, Gunungke- tur dan Handarbeni Gedong- tengen. Selain Joko Kuntoro, tim juri ada Joko Purwanggono (Himpunan Pemandu Wisa- ta), Octo Lampito (SKH KR), Doto Sugiantoro (Ketua For- kom Desa Wisata DIY) dan Henry Bramantyo (Pupar UGM). Menurut Haris Iskandar, Ketua Kelembagaan Dinpar DIY, lomba tersebut sebe- narnya sekaligus untuk so- sialisasi Pokdarwis. Sebab masih banyak yang belum mementingkan lembaga. "Pa- dahal Pokdarwis adalah lem- baga pemikiran dan pengem- bangan resmi Desa Wisata," katanya. Dalam pengembangan mendatang bukan tak mung- kin bantuan pemerintah akan melalui Pokdarwis. Pengurus Pokdarwis dan pengelola desa wisata bisa sama personelnya. Menurut Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Dra Kus- kasriati, dewasa ini pengem- bangan pariwisata di DIY sa- ngat memperhatikan desa wisata yang tumbuh pesat. karena itu, seiring pertum- buhan harus disertai dengan pembinaan desa wisata. (Roy)-m 18 POKDARWIS DIY DINILAI GoaCermeBerpotensiWisata’Treking’ BANTUL (KR) - Objek wisata Goa Cerme ma- sih bisa dikembangkan lagi. Bukan sekadar sebagai objek wisata susur goa bawah tanah dengan kein- dahan ornamen stalagmit dan stalagtid, tetapi se- bagai objek wisata treking dan kemping. Peman- dangan disitu sangat bagus. BANTUL (KR) - Guna menghadapi pasar global 2015, perajin kipas bambu di Desa Jipangan Bangunjiwo Kasihan Bantul, harus mam- pu meningkatkan kualitas kerajinan yang ada di Ji- pangan. Karena itu, harus ada kekompakan dari para perajin dan perlu ada kope- rasi. Dengan pendirian kope- rasi akan membantu kemu- dahan mendapat pinjaman permodalan. Hal tersebut dikemukakan GKR Hemas, ketika men- canangkan Desa Wisata dan Kerajinan Jipangan, yang berbasis budaya ekonomi kreatif, Sabtu (15/3). Dalam acara pencanangan tersebut, GKR Hemas meletakkan ba- tu pertama pembangunan Pendapa "Dewi Jipang" dan penanaman pohon perindang serta peresmian show room kerajinan kipas bambu. Ditambahkan GKR He- mas, keberadaan Desa Wisa- ta dan Kerajinan Jipangan, diharapkan dapat menjawab tantangan selama ini. Desa yang lokasinya masih alami dengan bernuansa pedesaan, serta didukung potensi kera- jinan, secara tidak langsung menjadikan wahana wisata sebagai terobosan alternatif yang dapat dibanggakan. Kehadirannya juga dapat di- jadikan embrio wisata bagi obyek wisata di desa seki- tarnya. "Saya berharap, kepada warga Jipangan untuk tidak berhenti dalam mencari ide dan kreasi baru, guna pe- ngembangan kerajinan yang ada. Agar produk yang di- hasilkan dapat diterima di- pasar global, dan mampu ber- saing dengan kerajinan ne- gara lain, harus tetap memili- ki karakter nasional," harap GKR Hemas. Sementara sambutan ter- tulis Bupati Bantul yang di- bacakan Sekda Bantul, Drs H Riyantono MSi mengemu- kakan, Bantul sekarang ini memiliki banyak potensi wi- sata yang beragam, masing- masing memiliki karakter budaya dan nilai sejarah, sa- lah satunya kawasan wisata di Jipangan. Menurut Lurah Desa Ba- ngunjiwo, Parjo, Desa wisata Jipangan merupakan rang- kaian kawasan wisata di Bangunjiwo, yang dikemas dalam "Kajigelem", yakni Kasongan (gerabah)-Jipang- an (kipas bambu)-Gendeng (wayang) dan Lemahdadi (patung batu). Di Jipangan sendiri terdapat 60 perajin kipas bambu, yang menyerap tenaga kerja sekitar 500 orang, memproduksi rata-ra- ta 1.500 kipas perhari. (Jdm)-m GKR HEMAS CANANGKAN DESA WISATA Jipangan Harus Mampu Hadapi Pasar Global KR-Judiman Penanaman pohon perindang di lokasi pembangunan pendapa 'Dewi Jipang'. KR-Sukro Riyadi Polres Bantul menggelar apel dalam pengamanan Pemilu 2014, Minggu (16/3). KR-Sukro Riyadi Drs HM Idham Samawi dalam temu kangen dengan warga Kedungjati Selopamioro Imogiri.

WATES (KR) - Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kulonprogo mene- gaskan tidak akan menggelar rapat umum selama masa kampa- nye terbuka. Pertimbangannya selain Bangsa Indonesia khusus- nya Kulonprogo saat ini sedang dalam kondisi prihatin dan mem- budayakan hidup sederhana, pengurus partai politik (parpol) berlambang Ka'bah tersebut juga tidak ingin terjadi gesekan an- tarpendukung yang bisa menimbulkan kerugian semua pihak. "Kami tidak mengadakan rapat umum dengan memobilisasi massa besar-besaran lebih pada pertimbangan keamanan. Apa- lagi berdasarkan pengalaman rapat umum tidak begitu efektif meraih simpati masyarakat," kata Ketua DPC PPP setempat H Muhadi usai Bimbingan Teknis Pelaksanaan Coblosan Tanda Gambar Pemilu di Rumah Makan 'Girli, Wates, Sabtu (15/3). Sebagai penggantinya, kampanye terbuka akan diisi dengan berbagai kegiatan yang lebih menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat. "Dalam kampanye Pemilu 2014 ini, kami akan men- gadakan kegiatan berbeda dengan Pemilu sebelumnya yakni menciptakan suasana damai dengan turun langsung menyapa masyarakat," jelasnya. Salah satu agenda penting yang dinilai sangat bermanfaat khususnya bagi umat Islam membersihkan abu vulkanik Gunung Kelud di tempat-tempat ibadah. "Kami yakin gerakan member- sihkan tempat-tempat ibadah selama kampanye terbuka jauh lebih bermanfaat ketimbang pengerahan massa menghadiri rapat umum," tegasnya. Sementara itu Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LP2) PPP Kulonprogo Johan Arif Budiman menjelaskan dalam Pemilu ini, pihaknya telah menargetkan bisa meraup suara minimal satu fraksi di DPRD Kulonprogo dan satu kursi di DPRD DIY. (Rul)-b SENIN KLIWON 17 MARET 2014 (15 JUMADILAWAL 1947) ÓKEDAULATAN RAKYATÓ HALAMAN 5KULONPROGO BanyakJalanRusakAkibatPenambangan Kabag Pembangunan Desa Banjararum Kalibawang Wa- rudi mengatakan, meski sejak terjadi erupsi Merapi di wila- yahnya tidak ada lagi kegiatan penambangan pasir, karena lo- kasi yang biasanya digunakan untuk penambangan tertutup material dari Gunung Merapi, namun akibat sering dilalui truk pengangkut pasir, jalan kabupaten dan jalan lingkung- an di wilayah Banjararum ba- nyak yang rusak. Sampai seka- rang belum ada upaya per- baikan, baik oleh pemerintah maupun oleh eks penambang. "Masyarakat sering menun- tut pemerintah desa untuk melakukan perbaikan jalan yang rusak tersebut. Namun kami tidak tahu persis siapa yang harus bertanggung ja- wab, pemerintah atau eks pe- nambang?," kata Warudi, Minggu (16/3). Sementara itu dalam public hearing yang diadakan Panitia Khusus (Pansus) DPRD setem- pat sebagai rangkaian pemba- hasan Raperda Usaha Pertam- bangan Mineral dan Batubara (Minerba), Jumat (14/3) yang dipimpin Supeno terungkap para kades mengeluhkan atas kerusakan jalan di wilayah mereka. Kades Gulurejo, Lendah Su- mardi mengeluhkan kerusak- an lahan warga setempat aki- bat kegiatan penambangan pa- sir. Ironisnya, sebagian besar penambang pasir di Gulurejo berasal dari luar daerah. Se- hingga warga setempat tidak bisa menikmati hasilnya, te- tapi hanya merasakan dampak negatifnya berupa kerusakan lahan dan jalan lingkungan yang dilalui truk pengangkut pasir. "Kami berharap Raperda Minerba mengatur secara te- gas dan jelas kegiatan penam- bangan. Baik mengenai per- izinan, pengelolaan, reklamasi maupun perbaikan infrastruk- tur yang rusak akibat proses penambangan," pinta Mardi. Menanggapi keluhan terse- but anggota Pansus Nur Eni minta para kades memberi ma- sukan lengkap tentang per- masalahan kegiatan penam- bangan. Kades dinilai pihak yang paling tahu kondisi di wilayahnya, baik pelaku, pro- ses dan manfaat penambangan bagi warga maupun dampak yang ditimbulkan. "Pansus akan memperjuangkan aspi- rasi para Kades dalam pemba- hasan Raperda," janjinya. (Rul)-e KALIBAWANG (KR) - Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kulonprogo mengeluhkan banyaknya ruas jalan yang rusak parah akibat sering dilalui kendara- an pengangkut hasil tambang batu andesit dan pasir. Sementara warga kesulitan menuntut perbaikan, karena tidak tahu siapa yang harus bertanggung jawab atas kerusakan jalan-jalan di desa yang memili- ki material pertambangan tersebut. Peserta Kampanye Diimbau Taati Lalu Lintas WATES (KR) - Kampanye Pemilu 2014 mulai digelar 16 Maret hingga 5 April. Peserta kampanye diimbau agar menaati peraturan UU Lalu Lintas yang berlaku. Petugas akan bertindak tegas terhadap pelanggaran aturan tersebut. "Kami mengimbau kepada parpol un- tuk mengingatkan kader atau simpati- sannya dalam mengikuti kampanye agar menaati ketertiban dalam berlalu lintas dan aturan pemilu. Sehingga ter- cipta kampanye yang aman, tertib dan damai," kata Kasatlantas Polres Kulon- progo AKP Supriantoro, Sabtu (15/3). Menurut Supriantoro, peserta kampa- nye yang mengendarai sepeda motor ha- rus memakai helm, tidak boleh berbon- cengan lebih dari satu orang serta knal- pot tidak diperkenankan blombongan. Demikian pula truk angkutan barang tidak boleh dipakai mengangkut ma- nusia. "Bagi yang tidak pakai helm tetap akan kami tindak. Begitu pula kalau di- dapati knalpot peserta dibuat menjadi knalpot blombongan," tandasnya. Terkait tertib berlalu lintas ini, dalam karnaval kampanye damai, Kapolres Kulonprogo AKBP J Setiawan Widja- narka SIK MH telah menyerahkan satu paket buku penindakan berkait pelang- garan pemilu dan brosur tertib lalu lin- tas kepada parpol. Buku tersebut diha- rapkan bisa dipahami dan merupakan upaya meminimalisir pelanggaran pemilu maupun menekan angka kece- lakaan lalu lintas selama kampanye. Supriantoro menambahkan sesuai tu- gas kepolisian dalam pengamanan kam- panye adalah mengamankan masyara- kat serta jalannya kampanye agar dapat aman dan tertib. "Kami berusaha me- ngurangi risiko dampak dari saat kam- panye, yakni mengurangi angka kece- lakaan maupun pelanggaran lainnya," katanya. (Wid)-e HARLAH KE-68 MUSLIMAT NU AdakanBaksosdanSosialisasiKDRT Hasto Siap Jadi Jurkam Partai WATES (KR) - Bupati Ku- lonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) siap menjadi juru kampanye (jurkam) untuk partainya dalam pelaksana- an kampanye Pileg 2014. Se- lain sudah mengantongi cuti, Hasto juga memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu un- tuk kegiatan partai dalam kampanye. "Sebagai kader partai, saya siap menjadi jurkam. Kan su- dah ada aturan atau meka- nismenya. Kita (bupati) boleh kampanye, boleh sebagai ju- rkam. Bila hari kerja bisa ambil cuti, tapi pada hari Sabtu dan Minggu untuk kegiatan partai tidak perlu cuti. Meski sudah ambil cuti, saya memanfaatkan pula hari Sabtu dan Minggu un- tuk partai. Dalam melaku- kan kegiatan untuk partai, saya tidak menggunakan fa- silitas negara," kata Hasto, Minggu (16/3). Partainya, kata Hasto, su- dah memberikan edaran ke- pada bupati/wakil bupati atau walikota/wakil walikota yang dari partai agar berse- dia menjadi jurkam selama masa kampanye menjelang Pileg 2014. "Karena saya ka- der PDIP maka harus sama- sama berjuang. Kalau kita menggunakan idealisme dan nurani moralitas maka se- mua itu tidak untuk kepen- tingan pribadi. Partai apa sa- ja pasti punya idealisme ma- sing-masing," ujarnya. (Wid)-b WATES (KR) - Mempe- ringati hari lahir (Harlah) ke- 68 Muslimat NU, Pimpinan Cabang Muslimat NU (PCM- NU) Kabupaten Kulonprogo menggelar sosialisasi UU Per- lindungan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) dan bakti sosial (baksos) bagi duafa kalangan anggota, di Gedung NU, Jalan Purworejo Km 1 Wates. Harlah bertema "mera- jut kasih, meningkatkan mar- tabat dan kedudukan menuju perempuan berkualitas". "Santunan atau bakti sosial diberikan sebanyak 60 paket sembako gratis kepada anggo- ta yang dipandang memer- lukan bantuan. Sedangkan da- lam sosialisasi UU PKDRT di- sampaikan Dr Hj Emma Mar- humah MPd dari Pusat Studi Wanita UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta," kata Ketua Pim- pinan Cabang Muslimat NU (PCMNU) Kulonprogo, Hj Mien Maimunah SPdI, Minggu (16/3). Ditambahkan Mien Maimu- nah, kegiatan harlah ini meru- pakan wahana untuk saling berbagi kepada anggota yang kurang beruntung, dengan pemberian santunan gratis. Kesempatan ini juga merupa- kan media silaturahmi yang diperlukan untuk mempererat ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah. Dr Hj Emma Marhumah saat memberikan materi UU KDRT mengatakan banyak perempuan mengalami KDRT dalam keluarganya. Hanya saja kebanyakan mereka tidak tahu, tentang apa yang dialaminya tergolong KDRT. Selain itu kebanyakan perem- puan tidak tahu dan tak be- rani untuk bertindak mele- paskan diri dari belenggu itu dikarenakan ketidaktahuan- nya. (Wid)-b PT SUNG CHANG INDONESIA PEDULI Dukung’GentongRembes’BantuBedahRumah KR-Asrul Sani Manajer dan Vice President PT SCI, Lee Gi Woo dan Cho Yong Chae berbaur dengan Tim Kabupaten serta masyarakat gotong royong bedah rumah milik Sumaryono. LENDAH (KR) - Dukungan ter- hadap Gerakan Gotong Royong Rakyat Bersatu (Gentong Rembes) bermakna kaum mampu memban- tu warga miskin yang dilak- sanakan Pemkab Kulonprogo terus mengalir. Salah satunya dari PT Sung Chang Indonesia (SCI) membantu 20 sak semen un- tuk bedah rumah milik Sumaryono warga Pedukuhan Sungapan V RT 19/10 Desa Wahyuharjo Kecamatan Lendah, Minggu (16/3). "Semakin banyak perusahaan berpartisi- pasi dalam kegiatan bedah rumah menun- jukkan rasa kepedulian sosial dari pihak yang mampu kepada masyarakat miskin terus meningkat. Dengan mengalirnya bantuan tentu mempercepat upaya Pemkab dalam wewujudkan Kulonprogo bebas rumah tidak layak huni sekaligus menepis anggapan bah- wa semangat gotong royong di wilayah ini telah pudar," kata Asisten Sekda Bidang Perekonomian Pembangunan dan SDA Ku- lonprogo Triyono SIP didampingi Tim Bedah Rumah Kabupaten meliputi Disperindag dan ESDM, PD Aneka Usaha, Dinsosnakertrans, Kabag Kesra Arif Prastowo MSi serta Bagian Humas saat mengikuti bedah rumah bersama warga setempat. Dana bedah rumah milik warga miskin tersebut berasal dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) seba- nyak Rp 10 juta, Bazcam Lendah berupa pengurusan dan pemberian Izin Mendirikan Bangunan (IMB) secara gratis yang diserahkan lang- sung Camat setempat Drs Sumiran serta dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba Temon Rp 3 juta. Sementara masyarakat setempat berswa- daya semen, bambu, pasir, tukang dan mem- beri uang dengan total Rp 10 juta lebih. Panitia bedah rumah, Nur Ari Wibowo me- ngatakan pembangunan rumah milik warga miskin buruh tani tersebut telah dilaksana- kan sejak dua minggu lalu. Sebelum direnovasi kondisi rumah Sumar- yono yang dihuni empat anggota keluarganya sangat memprihatinkan. Bangunan dari bam- bu dan kayu sudah lapuk. "Kalau musim penghujan rumah tersebut sering kebanji- ran," katanya. Vice President PT SCI, Cho Yong Chae me- ngatakan, bantuan yang mereka berikan me- rupakan langkah awal mendukung Gentong Rembes. Ke depan partisipasi akan ditingkat- kan. (Rul)-b SimulasiCoblosanRelasiKulonprogo SELAMA KAMPANYE TERBUKA PPPTidakGelarRapatUmum WATES (KR) - Relawan Demokrasi (Relasi) Kulon- progo menggelar simulasi coblosan di pojok Alun-alun Wates, Minggu (16/3) sore. Simulasi dibuat seperti coblosan sesungguhnya, sehingga warga sudah menge- tahui urut-urutan coblosan sebenarnya. "Ini merupakan simulasi yang pertama dilakukan Relasi Kulonprogo. Simulasi ini diselenggarakan Relasi bekerja sama dengan KPU Kulonprogo dan mahasiswa KKN UGM. Jumlah Relasi ada 25 orang dan 20 mahasis- wa KKN," kata Siti Mutmainah, penanggung jawab Simulasi di Wates. Untuk sosialisasi Pemilu 2014, kata Siti, dilakukan Relasi dari berbagai segmen yang terdiri segmen perem- puan, agama, difabel, pemilih pemula dan orang pinggi- ran. "Kita bekerja dari November 2013 hingga April 2014. Untuk sosialisasi kita datang ke tempat-tempat sesuai de- ngan segmennya," kata Siti. Menurut Buntaryo warga Wates yang ikut mencoblos pada acara simulasi coblosan merasa senang. "Ya, jadi mengerti untuk mencoblos nanti," kata Buntaryo setelah mencoblos. (Wid)-e KR-Widiastuti dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) KR-Asrul Sani Ketua KPU Kulonprogo Panggih Widodo dan Ketua DPC PPP H Muhadi (tengah) saat menyampaikan materi.

SLEMAN (KR) - Warga dan komunitas relawan le- reng Merapi mengikuti si- mulasi tanggap darurat ben- cana erupsi, di Lapangan Kridomulyo Argomulyo Cangkringan, Minggu (16/3). Kegiatan yang diadakan Forum Penanggulangan Ben- cana Desa (FPBD) didukung PKPU dan BPBD Sleman ini bertujuan meningkatkan ka- pasitas dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana. Kepala Badan Penanggu- langan Bencana Daerah Sleman Yulisetiono Dwi Wasito mengatakan, kesiap- siagaan mitigasi dan pengu- rangan risiko bencana pen- ting terus ditingkatkan. Sebab, secara geografis, wi- layah Sleman sedikitnya ada 7 potensi bencana yang diwaspadai. Selain erupsi Merapi awan panas, juga la- har hujan, angin, longsor, gempa bumi, kekeringan dan kebakaran. "Untuk itu kami akan terus memfasilitasi pening- katan kesiapsiagaan masya- rakat dan memantapkan fo- rum yang sudah terbentuk. Beberapa desa yang berada di kawasan rawan, juga telah dicanangkan sebagai kam- pung siaga bencana, dan desa tangguh bencana," jelasnya di sela kegiatan. Dalam simulasi tersebut peserta memperagakan per- annya seperti saat terjadi bencana. Usai simulasi pe- serta juga mendapatkan arahan dari Kanjeng Pa- ngeran Haryo (KPH) Wiro- negoro yang juga hadir pada acara tersebut. Koordinator Program PKPU Heri Purwanto me- ngatakan, kegiatan ini di- laksanakan untuk melatih dan mengasah kesiapan masyarakat baik saat menghadapi bencana hing- ga masa tanggap darurat. Adapun peserta dari komu- nitas relawan meliputi Rescue Wukirsari, Argo Merapi Comunity (AMC), SKSB, FPBD Argomulyo, dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sleman. (R-1)-f OTO Production bakal menggelar semi- nar go online bertajuk 'Membangun Bisnis Online' di Hotel @HOM Premier Jalan Laksda Adisutjipto Yogya, Jumat (21/3), pukul 16.30 WIB-selesai. Bagi yang bermi- nat mengikuti seminar untuk harga tiket masuk umum hanya Rp 100 ribu, dan hari H Rp 150 ribu. Panitia Kegiatan Oto Sriyono, Sabtu (15/3), mengatakan seminar menghadirkan pembicara Pakar Toko Online Agus Piran- hamas. "Seminar ini terbuka untuk umum. Untuk tiket bisa dibeli di TB Gramedia Sudirman dan Kedaulatan Rakyat Bag Promosi," ucapnya. Ia mengatakan, dalam seminar ini peser- ta akan diajari tentang internet marketing yang menghasilkan , belajar memasarkan produk ke seluruh dunia, belajar riset pasar, target pasar dan menemukan ide bisnis on- line. Selain itu, belajar membuat website/ blog. "Strategi membuat iklan di internet tepat sasaran langsung dapat order, membuat produk tampil maksimal di halaman google, cara memanfaatkan blog, facebook, twitter, youtube sampai website, serta rahasia suk- ses menjual apapun dan kapanpun di inter- net, dan rahasia meledakkan omset," kata- nya. (Asa)-f Wakil Ketua Pansus RUU Desa DPR RI Budiman Su- djatmiko mengatakan, sete- lah ditetapkannya UU Desa No 6 Tahun 2014, pemerin- tah akan mengeluarkan dua PP, yaitu PP yang mengatur eksistensi desa dan desa adat, serta PP mekanisme pencairan. Setelah PP kelu- ar, Pemda membuat per- aturan daerah (perda). "Ditargetkan dana untuk desa itu bisa cair dalam APBD perubahan nanti, setelah PP dan perdanya se- lesai dibahas, " kata Bu- diman, Sabtu (15/3) saat sosialisasi UU desa di Jenderal Soedirman Center. Menurutnya, setiap desa mendapatkan anggaran berbeda-beda tergantung jumlah penduduk, tingkat kemiskinan, luas dan lain- nya. Namun dirata-rata se- tiap desa akan mendapat- kan sekitar Rp 1, 2 miliar hingga Rp 1, 3 miliar. "Nantinya anggaran itu ditransfer ke kas daerah. Pemda kemudian memberi- kan dana tambahan melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Setelah itu baru ditransfer ke masing-masing desa," terangnya. Anggaran itu digunakan sesuai hasil musyawarah desa, bisa untuk pendidik- an, ekonomi, kesehatan, in- frastruktur dan lainnya. Musyawarah itu terdiri perangkat desa, Badan Per- musyawaratan Desa (BPD) dan golongan masyarakat. "Tujuan anggaran lang- sung diserahkan ke desa su- paya bisa menyelesaikan permasalahan di desa. Kalau dulu, desa hanya me- nerima program saja se- hingga banyak yang tidak tepat sasaran," paparnya. Untuk menghindari ter- kena permasalahan hukum, penggunaan anggaran harus transparan dengan cara dimasukkan ke dalam website di desa dan pemda. Selain itu, desa juga harus melakukan pelatihan tata kelola dan manajemen. "Saya tidak ingin perang- kat desa terkena masalah hukum gara-gara mengelola anggaran yang tidak benar. Makanya harus dirancang dengan bagus dan trans- paran," ujarnya. Sedangkan dosen Fisipol UGM Dr Hempri Suyatna mengatakan, pemdes harus terus melakukan sosialisasi tentang UU Desa. Pelatihan tata kelola dan manajemen harus terus dilakukan agar bisa menangkap otonomi desa secara maksimal. "Kalau tidak disiapkan dengan baik, ini bisa menja- di potensi konflik dan ko- rupsi ditingkat desa. Jangan sampai, anggaran senilai Rp 1,2 miliar ini ha- nya jadi bancakan di level desa," pintanya. Dengan adanya anggaran ini, diharapkan Rencana Pembangunan Jangka Me- nengah Desa (RPJMDes) lebih berkualitas. Meng- ingat selama ini RPJMDes dinilai hanya formalitas. "Peningkatan kapasitas dari perangkat desa juga perlu dilakukan. Supaya PRJMDes tidak hanya se- perti formalitas," terang- nya. (Sni)-f SENIN KLIWON 17 MARET 2014 (15 JUMADILAWAL 1947) ÓKEDAULATAN RAKYATÓ HALAMAN 6SLEMAN ANGGARAN CAIR PADAAPBD PERUBAHAN TiapDesaAkanMendapatRp1,2Miliar SLEMAN (KR) - Anggaran dari pemerintah pusat untuk desa senilai Rp 1,2 hingga Rp 1,3 mili- ar diperkirakan masuk dalam APBD perubahan 2014. Hal itu dikarenakan Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur pencairannya baru diterbitkan Juli 2014 mendatang. KR-Saifullah Nur Ichwan Budiman Sudjatmiko SLEMAN (KR) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman terus melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2014. Selain dite- mukan ratusan surat suara yang rusak, petugas juga mendapati adanya surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Tengah yang nyasar ke KPU Sleman. Anggota KPU Sleman Divisi Logistik, Keuangan, Rumah Tangga dan Umum Aswino Wardhana SIP me- ngungkapkan, untuk surat suara yang nyasar tersebut langsung diamankan. Pi- haknya akan melaporkan- nya ke KPU DIY untuk diteruskan ke KPU pusat. "Baik surat suara yang rusak maupun yang tertukar akan kami catat dalam beri- ta acara untuk kami la- porkan ke KPU DIY. Nan- tinya KPU DIY akan meng- usulkan pengadaan surat suara lagi ke KPU pusat," katanya kepada KR, Sabtu (15/3). Hingga kini, proses peli- patan surat suara di KPU Sleman sudah mencapai 50 persen lebih. Selama proses tersebut, lebih dari 300 surat suara ditemukan rusak. Ber- dasarkan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 146/KPU/ III/2014 tentang sortir surat suara Pemilu, setidaknya ada 10 item sebuah surat suara dinyatakan rusak. Kesepuluh item tersebut, antara lain, surat suara kusut, sobek atau berlubang, cetakan kotor dan tidak je- las. "Kerusakan didominasi surat suara sobek dan tinta yang meluber," ujar Aswino. Seluruh surat suara untuk pemilu legislatif yang diteri- ma KPU Sleman telah dimu- lai pelipatannya pada 6 Maret lalu. Melibatkan lebih dari 350 relawan, proses peli- patan surat suara ditar- getkan selesai 18 Maret be- sok. Sementara untuk lapor- an permintaan tambahan guna memenuhi kekurangan surat suara pengajuannya paling lambat tanggal 20 Maret. "Seluruh surat suara yang sudah selesai dilipat, akan kami distribusikan ke masing-masing Tempat Pe- mungutan Suara (TPS) mu- lai 5 April nanti. Untuk itu jika ada kekurangan surat suara akan langsung kami laporkan dengan tujuannya agar semuanya dapat ter- penuhi," jelasnya. (Awh)-f Surat Suara DPD Jateng Nyasar ke Sleman Bangun Bisnis Online Tak Sulit AGUS SULISTIYONO Perempuan Jadi PemilihAktif SLEMAN (KR) - Ketua DPW PKB DIY, H Agus Sulistiyono SE MT menga- takan, kaum perempuan merupakan pemilih aktif dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung pa- da 9 April 2014. Agar dalam menggunakan hak pilihnya tidak salah, maka sosial- isasi harus dilakukan. Meski sosialisasi menjadi tanggung jawab pemerin- tah, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik pusat maupun daerah, namun tidak ada salahnya jika PKB melakukan sosial- isasi. "Bagaimana cara meng- gunakan hak pilih yang be- nar pada Pemilu 2014. Hasil pengalaman pemilu tahun lalu, banyak warga salah dalam menggunakan hak pilih. Kami setiap ter- jun ke daerah, selalu me- nyampaikan kepada warga untuk menggunakan hak pilih yang benar," kata Agus Sulistiyono, anggota DPR RI dari PKB DIY, di Keca- matan Prambanan, Kabu- paten Sleman, DI Yogya- karta, kemarin. Ada sekitar 150 orang, terutama ibu-ibu yang hadir mengikuti dialog dan so- sialisasi dalam menggu- nakan hak pilih yang benar pada pesta demokrasi 2014. Selain sosialisasi, Ketua DPR PKB DIY Agus Su- listiyono juga membagikan semboko kepada warga. Bantuan sembako kepada ibu-ibu anggota kelompok senam di Desa Prambanan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Menurut Agus, cara peng- gunaan hak pilih pada pe- milihan umum (Pemilu) Legislatif 9 April 2014 harus dilakukan, karena untuk mengurangi tingkat kesa- lahan dalam menggunakan hak pilih. Ada sekitar 150 orang khususnya kaum pe- rempuan anggota senam hadir dan berdialog dengan anggota DPR RI dari Feaksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) tersebut. Dikatakan Agus Sulisti- yono yang kini menjadi Ca- leg nomor urut 1 untuk DPR RI dari PKB DIY, sosialisasi dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu 2014 sa- ngat penting, agar warga dalam menggunakan hak pilih dengan benar. Sebab pada Pemilu 2009, banyak hak pilih yang rusak, se- hingga pemerintah melalui KPU harus melakukan sosialisasi kepada masya- rakat, terutama kaum pe- rempuan merupakan pemi- lih potensial. "Sosialisasi yang kami lakukan ini, adalah mem- bentuk pemerintah agar Pemilu 9 April 2014 ber- jalan sukses dan lancar, dan mengurangi. angka golput. Mestinya, sosialisasi di- lakukan KPU," ujar anggota Komisi VII DPR RI dari PKB DIY tersebut. (*)-f BalitaBerposturPendekMasih12,6% SLEMAN (KR) - Hasil pantauan ahli gizi di 25 puskesmas se- Kabupaten Sleman 2013 menunjukkan, status balita 'stunting' alias balita pendek masih sekitar 12,6 persen. Angka itu paling tinggi di antara permasalahan gizi yang dialami balita. Balita dengan berat badan rendah sekitar 7,01 persen, balita gemuk 5,93 persen dan balita sangat kurus masih 3,11 persen. Bahkan status gizi buruk di Sleman hanya sekitar 0,37 persen saja. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr Mafilindati Nuraini MKes saat membuka Seminar Ilmiah 'Early Life Nutrition' dengan sub tema 'Dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular' diadakan DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Sleman bekerja sama dengan Dinkes Sleman di Grha Sarina Vidi Jalan Magelang Km 8, Sleman, Sabtu (15/3). Narasumber seminar Dr Susetyowati DCN MKes (Fakultas Kedokteran UGM), dr Probosuseno SpPD KGer (RSUP Dr Sardjito) dan Suparmo dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM. "Tema dan sub tema ini sangat tepat. Sebab materi yang dipa- parkan untuk menekan kasus-kasus terkait masalah gizi. Status balita 'stunting' yang masih tinggi di Sleman juga dapat diminimalisir sejak dini. Salah satu upaya preventifnya dengan ikut seminar ini. Jadi kita semua bisa dapat ilmu dari pakar atau narasumber seminar," jelasnya. Ketua panitia seminar, Slamet Haryanto SGz menjelaskan, seminar bertujuan untuk menggali isu-isu terkini dibidang gizi dan kesehatan dan meningkatkan kompetensi bagi profesi gizi. "Seminar ini diikuti 300 an peserta yang berasal dari profesi gizi seperti institusi RS, kesehatan, puskesmas, poltekes maupun perguruan tinggi kesehatan. Mereka datang dari DIY, Jateng, Jabar bahkan dari Kalimantan Selatan dan Lampung," kata Slamet. (*-1)-f Warga Lereng Merapi Ikuti Simulasi KR-Atiek Widyastuti H Anggota KPU Sleman menunjukkan salah satu surat suara yang rusak.

SENIN KLIWON 17 MARET 2014 (15 JUMADILAWAL 1947) HALAMAN 7 Kampanye,TakPerluBerkonvoi Kepada Polda Jateng dan Polres Klaten. Sebaiknya ada larangan kampanye berkonvoi terutama dengan knalpot blom- bongan. Karena membuat sua- sana bising dan mengganggu ketenangan. +62831522XXXX Elpiji 3 Kg Sulit Dicari Mau Pemilu, rakyat masih kesulitan mencari elpiji 3 kg. Mohon kepada para caleg di dapil masing-masing agar mengatasi masalah ini. Tunjukkan Anda semua mampu mengatasi masalah yang langsung bersentuhan dengan hajat hidup orang banyak. Kepedulian anda pasti akan menjadi per- hatian secara khusus dari rakyat. +628182XXXX 35 Calon . . . . . . . . . . . . Sambungan hal 1 "Semua parpol yang berkampanye hari pertama melakukan pelanggaran. Dan, pelanggaran yang paling masif pelibatan anak- anak," kata Muhammad. Menurutnya pelanggaran seperti pelibatan anak-anak dalam kam- panye terbuka terus berulang. Untuk mengantisipasi pelanggaran terulang, selain memberi sanksi, Bawaslu juga akan memanggil LO atau petugas penghubung parpol dan calon DPD RI. Kalau dilakukan berulang, Bawaslu akan memberi sanksi administrasi, bahkan pidana jika pelanggarannya sangat serius. Terhadap partai yang mengulangi pelanggaran, Bawaslu akan merekomendasikan kepada KPU memberi peringatan. "Kalau beru- lang, Bawaslu akan tegas merekomendasikan KPU mendiskualifikasi parpol," tegasnya. Untuk pengawasan selama kampanye tersebut, Bawaslu meng- gandeng para pemuda Indonesia untuk turut masuk dalam Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu. Mereka merupak

Add a comment

Related presentations

Related pages

Kedaulatan Rakyat 17 Maret 2014 - Education - dokumen.tips

1. KUALA LUMPUR (KR) - Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 memasuki tahap baru dan bertambah rumit. Pemerintah Malaysia, Minggu (16 ...
Read more

Kedaulatan Rakyat 17 Maret 2014 Upload Share And | Best Movie

Permalink. kenapa harus dipertentangkan sich antara keterbatasan anggaran dan strategi update technologi dalam pembelian mini squadron ini? udah biasa ...
Read more

Kedaulatan Rakyat 17 Maret 2014 Upload Share And | Share ...

Search Results for: Kedaulatan Rakyat 17 Maret 2014 Upload Share And . Kedaulatan Rakyat 17 Maret 2014 Upload Share And . Watch Box Office Movie Streaming ...
Read more

Kedaulatan Rakyat 16 Maret 2014 - DOCUMENTS.TIPS

Share Kedaulatan Rakyat 16 Maret 2014. ... (7 Jumadilawal 1947 Alip). Empat Puluh harinya: Kamis Legi 17 April 2014 (17 Jumadilakir 1947 Alip).
Read more

Kedaulatan Rakyat 9 Maret 2014 - Education - dokumen.tips

Share Kedaulatan Rakyat 9 Maret 2014. ... yaknya Rp 17 miliar. Tapi tahun berapa saya lupa," imbuhnya. Warga setempat juga se- ring memanfaatkan tanah
Read more

Kedaulatan Rakyat 4 Maret 2014 | newhairstylesformen2014.com

"Kedaulatan Rakyat 4 Maret 2014" Daftar penginapan pantai indra yanti. Prajurit TNI Siap Tangani Bencana: ... Suara Merdeka 8 Maret 2014 ...
Read more

Kedaulatan Rakyat - facebook.com

Kedaulatan Rakyat, Djokja, ... Hari/ tanggal : Minggu , 20 Maret 2016 Waktu : Pukul 08.00 wib ... March 17 at 3:53am.
Read more

iklan.krjogja.com - Iklan Kedaulatan Rakyat Online Yogyakarta

- 17 maret 2014. kategori iklan. ac. ahli sumur & wc. aksesori. alat musik/o.r. arloji. bahan bangunan. bangunan. barang hilang. bengkel. binatangpiaraan ...
Read more