Kebutuhan VS Memanjakan

50 %
50 %
Information about Kebutuhan VS Memanjakan

Published on February 5, 2014

Author: 24hourparenting

Source: slideshare.net

kebutuhan vs memanjakan

kebutuhan vs memanjakan

Bedakan apakah kita memenuhi kebutuhan atau keinginan anak.

Saat akan melakukan sesuatu untuk anak, pikirkan apakah kita melakukannya untuk anak atau untuk diri kita sendiri.

Salah satu kebutuhan anak yang terbesar adalah belajar untuk menghadapi frustasi dan kekesalan saat kebutuhan atau keinginannya tidak terpenuhi.

Memanjakan Membelikan anak sepatu bertali bergambar karakter favorit di usia saat dia masih belum memiliki kemampuan motorik halus untuk belajar mengikat tali sepatu.

Mendukung Proses Belajar Membelikan anak sepatu bertali bergambar karakter favorit di usia saat dia siap dengan kemampuan motorik halus untuk belajar mengikat tali sepatu.

Saat mendapatkan sesuatu dari orangtua, anak harus belajar dari yang kita komunikasikan tentang mengapa memilih membeli suatu barang serta kegunaan dan cara menjaganya.

Bisa meminta atau menggunakan sesuatu tidak sama dengan kemampuan menjaga, membersihkan, dan memanfaatkan dengan baik.

Dari mulai puzzle sampai smartphone, pastikan tahap perkembangan anak sudah tepat untuk mampu bertanggung jawab terhadap barang tersebut.

Bukan sekedar mampu memasang puzzle, tapi juga mampu mengumpulkan dan mengembalikan ke kotak mainan.

Bukan sekedar bisa menelpon, tapi bisa memahami netiket di dunia maya.

Salah satu alasan terburuk memberikan atau melakukan sesuatu untuk anak adalah karena orang lain juga memilikinya atau melakukannya.

Kemampuan menahan diri dari tekanan teman atau kelompok, pengaruh iklan atau propaganda adalah salah satu keterampilan hidup yang sangat penting untuk diajarkan pada anak.

Kemampuan tersebut bisa diajarkan pada anak dengan membuat daftar kebutuhan atau belanja beserta anggaran.

Contohkan bahwa proses membeli atau ke toko bukan proses impulsif.

Anak perlu belajar mengkomunikasikan kebutuhannya dengan baik. Misalnya, meminta sesuatu tanpa merengek, meriset jenis permainan yang akan dibeli di internet.

Anak perlu belajar mengekspresikan dan mengendalikan kekecewaan saat kebutuhan atau keinginannya tidak terpenuhi.

Jika kita harus menunda membeli sesuatu karena jadwal atau anggaran yang terbatas, ia mampu menghibur diri sendiri atau mencari kesibukan/aktivitas lain sambil menunggu.

Biasakan juga anak untuk memperhatikan, menolong, dan berusaha memenuhi apa yang dibutuhkan orangtua, kakak-adik, atau pengasuh.

Anak yang memahami kebutuhannya akan belajar dan perlu dilatih untuk membantu memenuhi kebutuhan orang lain.

Add a comment

Related pages

Kebutuhan VS Memanjakan - Health & Medicine

1. kebutuhan memanjakan vs 2. kebutuhan memanjakan vs 3. Bedakan apakah kita memenuhi kebutuhan atau keinginan anak. 4. Saat akan melakukan sesuatu untuk ...
Read more

MEMANJAKAN PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT SOLO - dokumen.tips

Kebutuhan VS Memanjakan 1. kebutuhan memanjakan vs 2. kebutuhan memanjakan vs 3. Bedakan apakah kita memenuhi kebutuhan atau keinginan anak. 4.
Read more

Kasih Sayang VS Memanjakan | Resourceful Parenting Indonesia

Kebutuhan Khusus. Orang Tua Tunggal; Masa Kehamilan; Kontak Kami; Kuesioner; Home Tips Parenting. Kasih Sayang VS Memanjakan. Tips Parenting; Kasih Sayang ...
Read more

Kebutuhan Dan Nafsu | Agfian Muntaha

Perbandingan kebutuhan dan nafsu memang sudah menjadi pembicaraan yang kuno. Ilmu ekonomi dalam teori dan berbagai pelajaran di dalam mata kuliah, sudah ...
Read more