Indonesian Basic Training Juni 2009

50 %
50 %
Information about Indonesian Basic Training Juni 2009
Education

Published on July 16, 2009

Author: theelijahchallenge

Source: slideshare.net

Description

Bahan Materi Pelatihan Dasar TEC Juni 2009
by Davy Hermanus

TANTANGAN ELIA Training Dasar www.TheElijahChallenge.org Tantanganelia.ning.com

Situs (Website) kami: www.TheElijahChallenge.org Tantanganelia.ning.com E-Mail kami: davy_hermanus@yahoo.com

• Powerpoint file ini tersedia dengan gratis bagi hamba-hamba Tuhan untuk keperluan pribadi agar dapat mengulangi bahan-bahan yang telah dipelajari selama seminar. (Mohon tidak disebar luaskan sembarangan supaya tidak jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab) • Berilah alamat E-mail saudara kepada kami di sign-up sheet. •Sebaiknya Anda Sign in di http://tantanganelia.ning.com dan http://facebook.com pada group Elijah Challenge Indonesia agar dapat berkomunikasi secara teratur dengan kami

• Powerpoint file ini tersedia dengan gratis bagi hamba-hamba Tuhan agar dapat mengulangi bahan-bahan yang telah dipelajari selama seminar. • Berilah alamat E-mail saudara kepada kami agar kami dapat mengirimkan berita-berita terbaru •Anda tidak diperbolehkan membuat seminar atas nama Elijah Challenge atau Tantangan Elia tanpa seizin kami. Silahkan hubungi kami untuk keperluan tersebut. •Mereka yang sudah mengikuti Advanced TEC yang kelak dapat mengajar Traning

THE ELIJAH CHALLENGE HERALD (BERITA THE ELIJAH CHALLENGE) Jika anda ingin menerima setiap bulan secara cuma-cuma : • pengajaran • kesaksian • laporan terkini pelayanan melalui E-Mail, silahkan memberi alamat E-mail anda kepada kami.

TANTANGAN ELIA Koordinator Elijah Challenge Indonesia Davy R. Hermanus,MA,MKom

Pemulihan Kuasa & Keberanian

Maleakhi 4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu. Apa artinya nubuat ini?

Lukas 1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.

…16 ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, Yohanes diutus bukan kepada orang kafir, melainkan kepada orang Israel, yaitu umat Allah. 17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia… dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.“

Lukas 3:3 Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu, Yohanes memberitakan pertobatan kepada umat Allah.

7 Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: "Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang? Yohanes sampaikan kata-kata ini kepada umat Allah.

8 “Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan.” Pertobatan yang sesungguhnya akan menghasilkan buah-buah yang kelihatan. “Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!”

Pada masa kini orang Kristen berpikir dalam hati mereka: “Kami adalah orang Kristen dan Yesus adalah Juruselamat kami --- Kami diselamatkan oleh kasih karunia saja karena iman, dan sesudah itu tidak perlu berbuat apa-apa lagi.” Apakah yang Yohanes katakan kepada orang Kristen pada masa ini?

“Allah dapat menjadikan orang Kristen dari batu-batu ini!”

9 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api." Yohanes berkata bahwa pertobatan yang sesungguhnya akan menghasilkan buah yang baik: kita harus menaati perintah Tuhan. Kita harus berbuat yang baik & benar dan hidup yang kudus. Hal ini kurang diajarkan didalam Gereja pada masa kini sehingga akibatnya banyak orang Kristen tidak selamat.

Roh dan kuasa Elia akan dipulihkan sekali lagi pada akhir zaman sebelum Yesus Kristus kembali Apakah yang kita akan beritakan kepada umat Allah setelah roh Elia dipulihkan kepada kita? Bertobatlah! Siapkanlah dirimu untuk hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu!

Bagaimana roh Elia itu?

1 Raj 18:20 Ahab mengirim orang ke seluruh Israel dan mengumpulkan nabi-nabi itu ke gunung Karmel.

18:21 Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu dan berkata: "Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia.“ Tetapi rakyat itu tidak menjawabnya sepatah katapun.

Tantangan Elia kepada hamba-hamba Baal

18:24 Kemudian biarlah kamu memanggil nama allahmu dan akupun akan memanggil nama TUHAN. Maka allah yang menjawab dengan api, dialah Allah!" Seluruh rakyat menyahut, katanya: "Baiklah demikian!"

1 Raj 18:36 Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata:

"Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.

37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali.“

18:38 Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.

18:39 Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!"

Roh Elia adalah roh: • keberanian • kuasa • dan kekudusan

Tuhan cari orang yang akan melayani dengan roh dan kuasa Elia Bagaimana saudara?

2 Raja-raja 2:9 Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu."

…11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

…15 Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa."

Orang yang punya rohnya Elia akan memuridkan orang lain

Yesus Kristus memakai cara seperti ini untuk membuktikan bahwa Ia adalah Anak Allah

Yohanes 20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,

20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Lukas 7:20 Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata: "Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya kepada-Mu: Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?“

21 Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta.

22 Dan Yesus menjawab mereka: "Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar:

Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Yesus menyembuhkan orang sakit sebagai bukti bahwa Dialah Mesias yang akan datang, yaitu Juruselamat.

Yohanes 10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa- Ku, janganlah percaya kepada-Ku,

38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada- Ku, percayalah akan pekerjaan- pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.“

Yoh 10:25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, 26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba- Ku.

Yesus punya tiga jabatan: • Imam Agung • Nabi • Raja atas segala raja

Ketiga macam jabatan untuk Gereja • Jabatan imamat • Jabatan profetik • Jabatan raja

Pemulihan Jabatan Raja kepada Gereja untuk berperang dan menghancurkan pekerjaan musuh Raja Daud

Jabatan raja memakai otoritas untuk menjalankan kehendak and mewujudkan pemerintahan daripada raja.

Kesaksian Raja Daud

1 Samuel 17:8 Ia berdiri dan berseru kepada barisan Israel, katanya kepada mereka: "Mengapa kamu keluar untuk mengatur barisan perangmu? Bukankah aku seorang Filistin dan kamu adalah hamba Saul? Pilihlah bagimu seorang, dan biarlah ia turun mendapatkan daku.

9 Jika ia dapat berperang melawan aku dan mengalahkan aku, maka kami akan menjadi hambamu; tetapi jika aku dapat mengungguli dia dan mengalahkannya, maka kamu akan menjadi hamba kami dan takluk kepada kami."

10 Pula kata orang Filistin itu: "Aku menantang hari ini barisan Israel; berikanlah kepadaku seorang, supaya kami berperang seorang lawan seorang."

11 Ketika Saul dan segenap orang Israel mendengar perkataan orang Filistin itu, maka cemaslah hati mereka dan sangat ketakutan.

1 Samuel 17:23 Sedang ia berbicara dengan mereka, tampillah maju pendekar itu. Namanya Goliat, orang Filistin dari Gat, dari barisan orang Filistin. Ia mengucapkan kata-kata yang tadi juga, dan Daud mendengarnya.

24 Ketika semua orang Israel melihat orang itu, larilah mereka dari padanya dengan sangat ketakutan.

…26 Lalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri di dekatnya: "Apakah yang akan dilakukan kepada orang yang mengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh dari Israel?

Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini, sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang hidup?"

45…aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.

46 Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu;

hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,

48 Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang Filistin itu;

Jabatan raja • otoritas untuk mengeluarkan perintah • tidak ada takut, melainkan keberanian • kuasa dan kesanggupan yang nyata untuk memusnahkan musuh, seperti raja Daud melakukan

November 2002 KKR Penginjilan masal pertama yang pernah diadakan di dalam sejarah Niger, Afrika Barat Diselenggarakan oleh World Vision dan World Horizons dengan Clive Cook

Niger, Afrika Barat : Lebih dari 99% Muslim, di tengah pergumulan untuk memenangkan jiwa-jiwa di Afrika

Pengikut Yesus di Niger menyembuhkan orang sakit didalam nama Isa Almasih, yaitu Yesus Christ

Orang percaya “biasa” meneguhkan Injil dengan melakukan mujizat di dalam nama Kristus

Seorang wanita yang hampir buta total dan tuli disembuhkan dan menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat

Tuhan sedang memulihkan kuasa kesembuhan Ilahi kepada GerejaNya untuk menghadapi akhir zaman

Perempuan buta bersaksi bahwa dia dapat melihat

Dua orang dukun memberi kesaksian akan kesembuhan mereka

Untuk pertama kalinya di dalam sejarah Niger, orang buta melihat, orang tuli mendengar, orang Muslim menerima Kristus pada Kebaktian Kebangunan Rohani di udara terbuka.

Laporan dari Pendeta Joel Biao dari Sponsor KKR World Vision Niger (World Vision adalah badan kemanusiaan Kristen terbesar di dunia. Badan ini bersifat injili.)

"Saya tak dapat menahan senyum sewaktu membayangkan cara Tuhan memimpin KKR ini. Tentu (kami) mulai membahas hal ini tanpa keyakinan apapun pada hari pertama. Hari ini kami berdoa singkat. Saya tak membayangkan, Brother William, bahwa semua ini akan berujung pada suatu acara yang begitu dahsyat di dalam sejarah Gereja di Niger.”

“Hidup saya sebagai seorang gembala dan pemimpin benar-benar diubahkan: saya belajar berani dalam melayani kesembuhan. Saya bertumbuh banyak di dalam iman. Sepanjang KKR ini saya merasa Tuhan menambahkan sesuatu yang lebih pada iman saya.”

“Melalui KKR ini saya jadi tahu pesan macam apa yang (perlu) kami berikan bila ingin membawa orang untuk mengenal kuasa transformasi Allah. Saya juga mendapat kesimpulan bahwa tanpa tanda-tanda ajaib dan mujizat, tak banyak yang kita lakukan dalam memenangkan jiwa bagi Kristus.”

”Hal utama yang terpenting yang dicapai oleh rangkaian KKR bagi gereja- gereja ialah kesatuan. Inilah yang pertama kali [di Niger] yang sungguh- sungguh membuat gereja-gereja bekerja sama di dalam roh kesatuan yang nyata.”

“Juga banyak tembok penghalang yang diruntuhkan; sebenarnya ada beberapa gereja yang melayani kesembuhan [di dalam KKR] tidak percaya akan hal itu pada mulanya. Mereka mengira bahwa [kesembuhan] hanya untuk gereja-gereja pantekosta….

“Melalui pengajaran dan pelatihan yang anda berikan, mereka diyakinkan bahwa setiap orang yang terlibat dalam pemberitaan Kabar Baik di dalam nama Yesus dapat juga melakukannya.” “Terlebih lagi, oleh karena itu gereja- gereja disatukan dan bebas untuk bekerja sama tanpa diskriminasi denominasi apapun lagi…

“…Gereja di Niamey (ibukota Niger) yakin akan pemberitaan Injil dengan tanda-tanda ajaib dan mujizat; gereja tahu bagaimana menghadapi peperangan rohani; gereja sungguh- sungguh berani dalam memberitakan Injil.”

”Injil akan menjadi efektif di Niger karena orang-orang Muslim sendiri juga akan menyaksikan mujizat- mujizat di dalam nama Yesus. Akan ada lebih banyak lagi buah yang dihasilkan daripada yang kita dapatkan sebelumnya…

“Gereja di Niger akan menjadi sangat berani dan efektif dalam menjangkau umat Muslim. Tuaian akan dahsyat sekali.”

Cara penginjilan yang sama dipakai di… The same approach was used in…

KKR William Lau di India Utara Dilaksanakan oleh Kesatuan Baptis September 2000

Agustus 2002 Proyek KKR terbesar dalam sejarah Mesir Diselenggarakan oleh Campus Crusade dan Presbyterian Church ---10,000 jiwa diselamatkan---

KKR Bersejarah di Mesir, Agustus 2002

Oleh anugerah Tuhan, KKR terbesar dan paling banyak menghasilkan buah dalam sejarah Mesir.

orang menerima Yesus 10,000 KKR disponsori oleh Lembaga Persekutuan Mahasiswa

Berbondong-bondong pengunjung maju ke depan untuk mendapatkan pelayanan Kesembuhan Illahi.

Vietnam - Juli 2003 • Kebaktian penginjilan terbesar di Vietnam semenjak jatuhnya negeri itu ke tangan komunis. • Orang buta melihat, orang tuli mendengar, orang lumpuh berjalan, kanker disembuhkan, mujizat kesembuhan berlipat ganda sewaktu Yesus melayani dengan kuasa Roh Kudus.

• Hampir tiga-puluh denominasi dan organisasi, baik yang beraliran injili konservatif maupun kharismatik, bergabung bersama untuk pelatihan dan KKR di Vietnam.

• Tuhan memakai para gembala dan orang percaya dari kedua jenis gereja untuk melayani kesembuhan Ilahi di dalam KKR tersebut. Beratus- ratusan orang Vietnam (orang Buddha) menerima Kristus.

Wanita yang menderita kanker ini digotong untuk datang ke kebaktian, bersaksi bahwa ia telah disembuhkan

Seorang gadis berusia 18 tahun yang terlahir buta di mata kanannya kini dapat melihat dengan jelas dengan matanya

Seorang pejabat pemerintah yang dibawa ke kebaktian di kursi roda disembuhkan dan berdiri pada waktu seorang pendeta Baptis melayani dia

Polisi yang dikirim untuk membubarkan kebaktian tak berdaya menghentikan kebaktian itu

Setelah kebaktian, kami lari dari polisi dengan sepeda motor

Tuhan menyembuhkan orang sakit… dengan berbagai cara

Tetapi… Kita harus teliti menuruti Firman Tuhan karena… bukan semua mujizat berasal daripada Tuhan, Dan bukan semua yang datang dalam nama Yesus Kristus datang daripada Tuhan

Matius 24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!

5 Sebab banyak orang akan datang dalam nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. “Akulah Mesias” bisa juga diterjemahkan “Akulah yang diurapi” Di dalam Perjanjian Baru, hanya satu saja yang diurapi untuk melayani dengan kuasa: Yesus Kristus

Matius 24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. 24 Sebab Mesias-mesias palsu [atau “yang diurapi”] dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

Matthew 7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu… 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!“ Nabi palsu atau hamba Tuhan yang palsu bisa menjalankan mujizat.

Bagaimana supaya kita jangan disesatkan oleh nabi palsu yang dapat mengadakan mujizat? Jalan yang paling aman adalah menuruti Firman Tuhan dengan seksama.

Mujizat itu harus diadakan sesuai dengan cara yang terdapat dalam Firman Tuhan. Kita harus hati-hati terhadap 1 metode dan 2 manifestasi yang tidak berdasarkan dan tidak terdapat dalam Firman Tuhan.

Yang kedua, kehidupan hamba Tuhan itu harus kudus. Hamba-hamba Tuhan yang hidup dalam dosa bisa menjalankan mujizat dalam nama Yesus. Roma 11:29 Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia [atau karunia-karuniaNya] dan panggilan- Nya.

Cara kami dalam melayani kesembuhan: “Spesifik pada tugas”

“Karunia Kesembuhan” sebagaimana yang diajarkan di I Korintus 12 secara umum untuk melayani kesembuhan bagi orang percaya.

Karunia kesembuhan 1 Korintus 12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. …7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata- kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.

1 Korintus 14:12 Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat.

Jadi, “karunia Kesembuhan” bisa dimanifestasikan pada perkumpulan orang percaya untuk membangun Jemaat

Tetapi tugas kami di sini adalah untuk melayani kesembuhan di dalam konteks memberitakan Injil kepada orang yang terhilang, sebagaimana yang dilakukan oleh Kristus dan para murid mula-mula.

Oleh sebab itu pertama kami mempelajari bagaimana Kristus melayani kesembuhan kepada orang sakit di dalam kitab Injil….

Yohanes 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan- pekerjaan yang Aku lakukan, Mari kita mempelajari bagaimana Yesus menyembuhkan orang sakit setelah diurapi oleh Roh kudus. Dengan cara yang sama kami juga akan menyembuhkan orang sakit.

Yesaya 61.1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara,

dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan…

Penggenapan daripada Yesaya 61 Lukas 3.22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atasNya.

Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah AnakKu yang Kukasihi, kepadaMulah Aku berkenan."

Lukas 4.1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.

2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa- apa... Kalau kita mau melayani dengan kuasa, berpuasa adalah penting.

Lukas 4:14 Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu.

Bagaimana caranya Yesus melayani orang sakit setelah diurapi oleh Roh Kudus?

Lukas 4:31 Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.

32 Mereka takjub mendengar pengajaranNya, sebab perkataan- Nya penuh kuasa.

4:33 Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras: 34 "Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami?..

Kira-kira bagaimana reaksinya orang percaya yang biasa? • Lari • berdoa kepada Tuhan • berbahasa roh • berkata: “Bapa, dalam nama Yesus kami perintahkan setan ini keluar.” Bagaimana murid Yesus yang sebenarnya ambil tindakan?

35 Tetapi Yesus menghardiknya, kata- Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!“ Apakah Yesus berdoa untuk orang ini? Apakah Yesus berkata: "Bapa, kami perintahkan setan ini supaya diam dan keluar dari padanya"? Apakah Yesus tutup mata pada waktu mengeluarkan perintah? Apakah ada kegiatan imamat kepada Bapa?

Dan setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya. Bagaimanakah Yesus melakukan mujizat ini? Dengan menjalankan otoritas yang diberikan kepadaNya oleh BapaNya. Otoritas tidak dijalankan dengan berdoa, tetapi dengan mengeluarkan perintah.

36 Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar.“ Bukan Yesus tidak pernah berdoa, tetapi ada saat yang tertentu dimana Dia tidak berdoa, melainkan mengeluarkan perintah.

37 Dan tersebarlah berita tentang Dia ke mana-mana di daerah itu.

Bagaimana caranya Yesus melayani orang yang sakit secara jasmani saja?

Di gereja kami telah diajarkan bahwa orang percaya diberi kuasa untuk mengusir setan- setan. Akan tetapi, kalau ada orang yang sakit secara jasmani saja, kami hanya bisa berdoa dan minta kepada Tuhan menyembuhkan orang itu.

Marilah kita lihat bagaimana Jesus melayani orang yang sakit secara jasmani saja… 38 Kemudian Ia meninggalkan rumah ibadat itu dan pergi ke rumah Simon. Adapun ibu mertua Simon demam keras dan mereka meminta kepada Yesus supaya menolong dia.

39 Maka Ia berdiri di sisi perempuan itu, lalu menghardik demam itu, dan penyakit itupun meninggalkan dia. Apakah Yesus berdoa untuk orang ini? Apakah Yesus berkata: "Bapa, kami menghardik demam ini"? Apakah Yesus tutup mata? Apakah ada kegiatan imamat kepada Bapa?

Insiden yang sama dari: • Matius 8:15 Maka dipegang-Nya tangan perempuan itu, lalu lenyaplah demamnya. Iapun bangunlah dan melayani Dia. • Markus 1:31 Ia pergi ke tempat perempuan itu, dan sambil memegang tangannya Ia membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya.

Disini Yesus melakukan tiga hal: • Dia menghardik demam itu • Dia memegang tangannya orang itu • Dia membangunkan dia • Dia tidak berdoa untuk perempuan itu

Lukas 4:40 Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kepada-Nya orang-orang sakitnya, yang menderita bermacam-macam penyakit. Iapun meletakkan tangan-Nya atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka.

Lukas 4:41 Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah." Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias.

Lukas 5:12 Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."

13 Lalu Yesus mengulurkan tangan- Nya, menjamah orang itu, dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Apakah Yesus berdoa untuk orang ini? Apakah Yesus berkata: "Bapa, kami perintahkan orang ini menjadi tahir"? Apakah Yesus tutup mata? Apakah ada kegiatan imamat kepada Bapa?

Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya.

Matius 12:9 Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka. 10 Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya.

• Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!“ Apakah Yesus berdoa untuk orang ini? Apakah Yesus berkata: "Bapa, kami perintahkan orang ini mengulurkan tangannya"? Apakah Yesus tutup mata? Apakah ada kegiatan imamat kepada Bapa?

Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain.

Tetapi Yesus sekarang ada di sorga..... Jadi, siapa yang sekarang mengerjakan apa yang Yesus kerjakan waktu Dia di bumi?

Yohanes 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.

Apakah yang Yesus lakukan? • Dia memberitakan injil • Dia menyembuhkan orang • Dia mengusir setan • Dia memuridkan orang • Sebenarnya, Dia tidak berdoa untuk orang sakit

Jadi, saudara juga akan: • memberitakan injil sebagaimana Yesus lakukan • menyembuhkan orang sebagaimana Yesus lakukan • mengusir setan sebagaimana Yesus lakukan • memuridkan orang sebagaimana Yesus lakukan • Jadi, jangan hanya berdoa untuk orang sakit saja, sembuhkanlah mereka sebagaimana Yesus lakukan

Apakah Alkitab mengajarkan bahwa kita, para murid Kristus, telah diberikan kuasa untuk menyembuhkan orang sakit seperti yang Yesus lakukan?

Lukas 9.1 Maka Yesus memanggil kedua belas muridNya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai [segala] setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. 2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang,

Apakah ada banyak hamba Tuhan dan orang percaya yang menyembuhkan orang sebagaimana Yesus lakukan?

Apa perbedaan antara berdoa untuk orang sakit dan menyembuhkan orang sakit?

Yang mana lebih mudah: mendoakan orang sakit atau menyembuhkan orang sakit?

Apa artinya “berdoa untuk orang sakit?” Mungkinkah kita gagal pada waktu berdoa untuk orang sakit?

Apa artinya “menyembuhkan orang sakit?”

• Saudara menyembuhkan orang oleh “iman” saja, walaupun orang itu masih sakit • Saudara mendorong orang jatuh. • Saudara menyembuhkan orang sebagaimana Yesus sendiri lakukan sehingga orang sakit sembuh nyata

Mungkinkah kita gagal pada waktu menyembuhkan orang sakit?

Sedikit orang percaya menyembuh- kan orang sakit sebagaimana Yesus perintahkan kepada murid-muridNya Maka itu, kesembuhan ilahi jarang terjadi didalam Gereja

….Lukas 9:6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat. Pemberitaan injil seharusnya disertai dengan penyembuhan orang sakit

Mat 10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Rasul-rasul bisa diberi ukuran otoritas yang tinggi sekali untuk menyembuhkan penyakit

Matius 10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. 8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Inilah yang dipertintahkan Tuhan kepada keduabelas rasul.

Yesus memerintahkan murid- muridNya untuk memberita- kan Kerajaan Sorga dan untuk menyembuhkan orang sakit Sebelum Dia naik ke sorga Yesus mempercayakan kepada murid-muridNya “Amanat Agung”

Matius 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.“

Makanya pada masa kini kita harus mengajar murid-murid Yesus melalukan apa yang diperintahkanNya 2,000 tahun yang lalu, yaitu: memberitakan Kerajaan Sorga dan menyembuhkan orang sakit

Bagaimana dengan para murid yang bukan para rasul?

Lukas 10.1 Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahuluiNya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungiNya.

Lukas 10:5 Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. 6 Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Mereka disuruh membesuk rumah orang yang belum percaya

...9 “dan sembuhkanlah orang- orang yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.” Otoritas untuk menyembuhkan juga diberi kepada ketujuh puluh murid--- yang bukan para rasul---pada waktu mereka diutus memberitakan kerajaan Allah.

Berarti dalam konteks penginjilan, kehendak Tuhan adalah supaya orang sakit disembuhkan

...9 “dan sembuhkanlah orang- orang yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.” Ini dijalankan di suatu kota di Brasil dimana 400 murid dilengkapi untuk menyembuhkan orang sakit. Setelah itu mereka pergi membesuk 6,000 rumah orang yang belum percaya. Beratus- ratusan orang sakit disembuhkan di rumah mereka sendiri.

Brazil January 2009

Metode ini juga dipakai di Filipina dimana lebih dari 50 “house church” dimulai dalam 5 bulan, kebanyaknya oleh orang yang baru dimuridkan… yaitu oleh “orang yang layak menerima damai sejahtera” yang disebut pada Lukas 10:6.

Di Malaysia murid-murid Tuhan yang baru ikut Training minggu yang lalu akan sewa tempat jualan di pasar malam. Mereka akan pasang spanduk: “Kesembuhan ilahi gratis” Saudara berani tidak berbuat hal yang sama di Indonesia?

…17 Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi namaMu.”

Otoritas untuk menguasai penyakit and setan dibagikan kepada siapa saja yang diutus Tuhan memberitakan Kerajaan Allah kepada orang yang terhilang

Setiap murid Yesus Kristus diutus kepada dunia sebagai saksiNya

Apakah otoritas atas penyakit identik dengan “karunia kesembuhan?”

• Otoritas untuk menyembuhkan diberikan sebelum Hari Pentekosta pada waktu Roh Kudus turun membawa karunia- karuniaNya

• Otoritas itu tidak diberikan untuk membangun tubuh Kristus melainkan untuk memberitakan injil kepada orang terhilang

• Otoritas itu diberikan kepada setiap orang percaya, sedangkan tidak setiap orang percaya diberikan karunia kesembuhan

• Cara memakai otoritas untuk menyembuhkan sangat berbeda dengan cara memakai karunia kesembuhan

Murid-murid Kristus pernah gagal menyembuhkan orang sakit

Matius 17.14 Ketika Yesus dan murid- muridNya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah,

15 katanya: “Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air. 16 Aku sudah membawanya kepada murid-muridMu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya.”

17 Maka kata Yesus: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu?

Dengan alasan apa Tuhan Yesus dapat menuntut murid-muridNya melakukan mujizat itu?

• Mereka adalah murid-muridNya dan dilatih melakukan apa yang dia lakukan. • Dia sudah memberikan kepada mereka otoritas untuk menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan. • Dia telah mengutus dan perintahkan mereka memberitakan injil dan menyembuhkan orang sakit.

Bawalah anak itu ke mari!” 18 Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga. Bagaimana caranya Yesus melakukan muzijat ini?

19 Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: “Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?”

Ada empat alasan yang kita berikan mengapa orang sakit tidak disembuhkan sewaktu kita melayani mereka :

1. Itu bukan kehendak Tuhan 2. Itu bukan waktunya Tuhan 3. Orang sakit itu berdosa 4. Orang sakit itu kurang iman Beberapa dari keempat alasan ini bisa kadang-kadang berlaku, terutamanya pada waktu kita melayani orang percaya

• Bukan kehendakNya • Bukan waktuNya Kita “menyalahkan” Tuhan

• Orang sakit itu berdosa • Orang sakit itu kurang iman Kita “menyalahkan” orang sakit itu

Kita jarang mempersalah- kan diri sendiri apabila orang yang sakit itu tidak sembuh

Tetapi alasan apa yang Yesus berikan mengapa anak itu tidak disembuhkan?

20 Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. [“Karena kamu kurang iman.”] Kesalahan siapa mujizat ini tidak terjadi?

Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, -- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. Para murid kurang “iman yang memindahkan gunung”

Ayat ini tidak terdapat didalam semua versi Alkitab 21 Tetapi jenis ini tidak keluar kecuali dengan berdoa dan berpuasa.

Apa yang dimaksud dengan iman yang “memindahkan gunung”?

Mark 11:12 Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar.

13 Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau- kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu.

Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara.

Markus 11.14 Maka kataNya kepada pohon itu: “Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama- lamanya!” Dan murid-muridNyapun mendengarnya.

…20 Pagi-pagi ketika Yesus dan murid-muridNya lewat, mereka melihat pohon ara tadi sudah kering sampai ke akar-akarnya. 21 Maka teringatlah Petrus akan apa yang telah terjadi, lalu ia berkata kepada Yesus: “Rabi, lihatlah, pohon ara yang Kaukutuk itu sudah kering.”

22 Yesus menjawab mereka: “Percayalah kepada Allah!” Menurut bahasa Yunani, bisa juga: “Punyalah iman yang Allah punya”

Markus 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! “Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakan- nya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.” ImanNya Allah: • tidak bimbang hatinya • “Apa yang saya katakan harus terjadi”

ImanNya Allah: • tidak bimbang hatinya • “Apa saja yang saya katakan harus terjadi”

Lima contoh untuk “imanNya Allah”

1. Bagaimana Allah memindahkan gunung?

Markus 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Apakah Allah bimbang bahwa gunung itu akan menaati Dia? Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka

2. “Jadilah terang!” Apakah Tuhan bimbang bahwa terang itu akan jadi? Kenapa tidak?

3. Tuhan Yesus mengutuk pohon ara Apakah Tuhan Yesus bimbang bahwa pohon itu akan mati? Kenapa tidak?

4. Yesus membangkitkan Lazarus Apakah Tuhan Yesus bimbang bahwa Lazarus itu akan bangkit? Kenapa tidak?

5. Saudara perintahkan anjing saudara “duduk” Apakah saudara bimbang?

Beginilah seharusnya setan- setan dan penyakit-penyakit menaati kita pada waktu penginjilan…

Tetapi bagaimana keadaan yang sebenarnya diantara orang percaya dan sakit- penyakit & setan-setan?

Pada waktu seorang jenderal mengeluarkan perintah kepada bawahannya, dia berbicara tanpa bimbang dan sama sekali tidak takut akan ditolak.

Oleh karena dia diberikan otoritas atas bawahannya, dia percaya bahwa apa yang dikatakannya kepada bawahannya itu akan terjadi.

Pengikut Yesus Kristus yang diutus untuk memberitakan Kerajaan Allah telah diberikan otoritas menguasai penyakit dan setan. (Kami tidak mengajar bahwa orang percaya telah diberikan segala otoritas sama seperti Allah sendiri)

Jadi pada waktu dalam konteksnya ini kita perintahkan penyakit dan setan untuk pergi dalam nama Kristus, kita berbicara dengan imanNya Allah, tanpa bimbang atau takut akan kegagalan.

Otoritas atas penyakit dan setan harus dijalankan dengan imanNya Allah atau iman yang memindahkan gunung. Akibat daripada kekurangan iman kemungkinan kegagalan.

Otoritas “Potensi” untuk menyembuhkan dalam diri saudara yang diberi oleh Tuhan Iman yg memindahkan gunung mewujudkan potensi ini supaya menyembuhkan penyakit

Saudara tidak kurang “urapan”; saudara kurang imanNya Allah saja

ImanNya Allah (tindakan raja) Untuk perintahkan penyakit & setan Markus 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Iman kepada Allah (tindakan imamat) Untuk menghadapi Tuhan Mark 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Mengampuni orang lain Mark 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.“

Allah “iman kepada Allah” Murid-murid Yesus “imanNya Allah” Penyakit & setan & daging

Arah Jabatan imamat: ke atas Profetik: horizontal Jabatan raja: ke bawah

Jabatan imamat Bukan untuk menyelesaikan Amanat Agung, melainkan untuk beribadah kepada Tuhan yang di sorga

Jabatan profetik Bukan untuk menyelesaikan Amanat Agung, melainkan untuk membangun tubuh Kristus dan sesama orang percaya di dunia

Jabatan raja Untuk menyelesaikan Amanat Agung: untuk memusnahkah pekerjaan musuh kita; untuk menyembuhkan orang sakit dan memberitakan Kerajaan Sorga kepada orang terhilang

Demonstrasi

Dapat dikatakan penyembuhan adalah satu proses memindahkan gunung... Daripada satu peristiwa yang instan dan mungkin jadi/mungkin tidak jadi

Kalau saudara ingin memakai otoritas untuk menyembuhkan penyakit, jangan mencampurkan doa dan perintah. Cara menjalankan karunia kesembuhan berbeda.

Gerakan Masal Penentang Injil terhadap Yesus Kristus

Pada akhir tahun 2003, pelayanan Tantangan Elia mengadakan Training dan KKR di kota Bandung untuk menjangkau suku terabaikan terbesar di dunia yang belum mengenal Injil.

Suku ini terdiri dari empat puluh lima juta orang pemeluk agama lain yang dikenal sangat menentang Injil bila dijangkau dengan metode- metode penginjilan tradisional.

Di dalam Training tersebut kami melatih para hamba Tuhan bagaimana menyembuhkan orang sakit di dalam nama Isa Almasih untuk membuktikan kepada orang-orang suku ini bahwa Ia adalah satu-satunya jalan menuju kepada Bapa.

Setelah Training kami adakan KRR Kesembuhan Ilahi. Sejumlah orang suku ini datang dan mendengar Injil dan menyaksikan mujizat kesembu- han yang dilakukan di dalam nama Isa Almasih. Beberapa dari mereka bahkan disembuhkan dan memberi kesaksian.

Sebagai hasilnya, lebih dari separuh orang suku penentang Injil yang hadir di kebaktian itu mengambil keputusan untuk mengikut Isa Almasih sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka.

Mereka tidak diminta untuk menyang- kal agama mereka (dan juga budaya mereka) secara formal lalu berpindah agama di depan umum menjadi pemeluk agama terencana yang disebut "Kekristenan", yang selama ini dikenal oleh masyarakat mereka sebagai "agama penjajah".

Di luar, mereka tetap tampak sebagai pemeluk agama mereka yang setia, namun kini mereka adalah pengikut Isa Almasih yang telah lahir baru. Mereka menyembah Allah dan dimuridkan sesuai dengan ajaran Alkitab bukan di gedung gereja, melainkan di tempat lain yang tidak disebut gedung gereja.

Dengan cara ini, dua hamba Tuhan yang dilatih di dalam Training kini telah menjangkau kira-kira 65 desa suku tak terjangkau ini bagi Kerajaan Allah.

Bahkan para ulama mereka kini telah menjadi murid Isa. Pada awalnya mereka tertarik oleh manifestasi kuasa mujizat kesembuhan yang diberikan oleh Isa kepada para muridNya untuk menjadi saksi-saksi Kristus yang efektif.

Suatu hari kelak suku "terabaikan” (tak-terjangkau) ini akan dijabarkan ulang oleh para ahli missiologi menjadi suku yang "terjangkau". Bukan, mereka bukannya telah di "kristenisasi", karena Kristus pun tidak bermaksud demikian.

Akan tetapi di tengah mereka, pada komunitas mereka sendiri, mereka akan memiliki suatu tubuh orang percaya yang penuh kuasa yang secara potensial dapat memenuhi Amanat Agung yang diberikan pada mereka.

September – October 2003 KKR untuk menjangkau suku tak terjangkau di Bandung/Jabar

100 orang percaya bersiap-sedia berperang: membuktikan Yesus adalah satu-satunya jalan ke sorga

Banyak orang disembuhkan---termasuk orang tak terjangkau---dan menyaksikan kuasa Tuhan dari panggung

Lebih dari separuh daripada orang tak terjangkau yang hadir terima Yesus

Dasar Firman Tuhan bagi kesembuhan Ilahi: Bagaimana hubungan antara kesembuhan dan pengampunan dosa

Matius 8.16 Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yang kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit.

17 Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita."

Yesaya 53.4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Kalau orang percaya mau sembuh, dia harus terlebih dahulu mengampuni orang lain

Markus 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.“

Matius 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu

Yohanes 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

Injil apakah yang diteguhkan oleh tanda ajaib?

1 Korintus 2:4 Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, 5 supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.

1 Korintus 2:1 Demikianlah pula, ketika aku datang kepadamu, saudara- saudara, aku tidak datang dengan kata- kata yang indah atau dengan hikmat untuk menyampaikan kesaksian Allah kepada kamu. 2 Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan.

Markus 1:14 Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, 15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!“

Markus 6:12 Lalu pergilah mereka [murid-murid] memberitakan bahwa orang harus bertobat, 13 dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

Dan Yohanes Pembaptis memberitakan: Lukas 3:8 “Jadi hasilkanlah buah-buah “ yang sesuai dengan pertobatan.” Pertobatan yang sebenar-benarnya akan disertai oleh buah-buah yang kelihatan dan perbuatan yang baik dan benar.

John 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak… 6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

8 Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.“ Buah macam apakah yang murid- muridNya hasilkan untuk Yesus? d

9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. 10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku… m

Kisah Rasul2 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu…

Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

1 Korintus 15:3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,

4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

Wahyu 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Jadi bagaimanakah kita harus hidup?

Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

Galatia 6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Yakobus 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Tujuan kami dalam pengajaran ini ialah untuk melatih “bala tentara” (bukan para jenderal) di dalam pasukan Tuhan Yesus Kristus yang akan memenuhi Amanat Agung.

Otoritas bisa dibandingkan dengan talenta yang diberikan oleh tuan kepada hamba-hambanya

Matius 25:24 Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu… itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam.

25 Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan! Inilah yang sering terjadi sesudah Training & KKR selesai 26 Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas! malas

28 Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu. 29 Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. 30 Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."

Lukas 16.10 "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar.

• Tuhan Yesus adalah Panglima • Kalau setiap gembala sidang adalah komandan di bawahNya, mereka itu harus menaati perintahNya dan berperang untuk Kerajaan Sorga, bukan hanya untuk pelayanannya atau gerejanya masing-masing.

• Tidak boleh bersaingan satu dengan yang lain, tetapi harus bekerjasama. • Panglima Yesus akan memberkati pelayanan dari pada setiap hambaNya yang mementingkan KerajaanNya.

Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Bagaimana kita bisa tahu allah yang manakah yang sebenarnya yang menciptakan alam semesta?

Siapakah Allah yg sebenarnya? • Yang berkuasa atas sakit- penyakit dan setan-setan (berbeda jauh dengan dukun dll.)

Lukas 4:35 Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!“ Dan setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya. • Dukun dll tidak berkuasa demikian

Siapakah Allah yg sebenarnya? • Yang berkuasa mengampuni dosa (berbeda jauh dengan agama)

Mark 2:1 Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah.

2 Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintupun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka, 3 ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang.

4 Tetapi mereka tidak dapat mem- bawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring.

5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!“

6 Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya: 7 "Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?"

8 Tetapi Yesus segera mengetahui dalam hati-Nya, bahwa mereka berpikir demikian, lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu berpikir begitu dalam hatimu?

9 Manakah lebih mudah, mengatakan kepada orang lumpuh ini: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalan? 10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:

11 "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!“ 12 Dan orang itupun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya: "Yang begini belum pernah kita lihat."

Siapakah Allah yg sebenarnya? • Yang berkuasa menyembuhkan penyakit dengan menjalankan otoritas adalah yg berkuasa mengampuni dosa

Kita akan belajar menjalankan otoritas ini untuk menyembuhkan orang sakit dalam nama Yesus membuktikan Tuhan kami adalah Allah yang sebenarnya Agama tidak terbukti berkuasa demikian; agama tidak berkuasa atas sakit-penyakit & setan-setan

Bagaimana Petrus dan Paulus melayani kesembuhan kepada orang sakit di Kisah Para Rasul setelah Roh Kudus turun pada Hari Pentakosta… dan karunia kesembuhan tersedia bagi mereka? Apakah mereka berbahasa roh waktu mereka menyembuhkan orang sakit?

Menurut Kisah Rasul-Rasul, para murid Yesus berkata-kata dalam bahasa roh pada waktu yang tertentu, dan bukan pada setiap saat: • Kis 2:4 pada Hari Pentakosta • Kis 10:46 di rumah Cornelius • Kis 19:6 di Ephesus

Kisah Rasul2 3.1 Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah. 2 Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung.

Tiap-tiap hari orang itu diletakan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta sedekah kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah. 3 Ketika orang itu melihat, bahwa Petrus dan Yohanes hendak masuk ke Bait Allah, ia meminta sedekah.

4 Mereka menatap dia dan Petrus berkata: “Lihatlah kepada kami.” Mata Petrus terbuka atau tertutup pada waktu dia menyembuhkan orang lumpuh itu? 5 Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.

6 Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunya, kuberikan kepadamu:

Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!” • Otoritas atau karunia? • Apakah Petrus berkata: “Bapa, dalam nama Yesus, saya perintahkan orang ini berjalan"? • Petrus berbicara dalam bahasa roh? • Apakah ada kegiatan imamat? • (Tetapi dengan karunia kesembuhan, kemungkinan ada kegiatan imamat.)

7 Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu. 8 Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian kemari dan mengikuti mereka ke dalam Bait Allah, berjalan dan melompat-lompat serta memuji Allah.

11 Karena orang itu tetap mengikuti Petrus dan Yohanes, maka seluruh orang banyak yang sangat keheranan itu datang mengerumuni mereka di serambi yang disebut Serambi Salomo.

12 Petrus melihat orang banyak itu lalu berkata: "Hai orang Israel, mengapa kamu heran tentang kejadian itu dan mengapa kamu menatap kami seolah- olah kami membuat orang ini berjalan karena kuasa atau kesalehan kami sendiri? Petrus memberitakan injil Yesus Kristus kepada mereka.

…16 Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus [karena iman kepada nama Yesus], maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan [iman yang datang melalui dia] itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.

Kis 4:4 Tetapi di antara orang yang mendengar ajaran itu banyak yang menjadi percaya, sehingga jumlah mereka menjadi kira-kira lima ribu orang laki-laki. Kis 4:22 Sebab orang yang disembuhkan oleh mujizat itu sudah lebih dari empat puluh tahun umurnya.

Eneas disembuhkan

Kisah Rasul2 9.32 Pada waktu itu Petrus berjalan keliling, mengadakan kunjungan ke mana-mana. Dalam perjalanan itu ia singgah juga kepada orang-orang kudus yang di Lida. 33 Di situ didapatinya seorang bernama Eneas, yang telah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh.

34 Kata Petrus kepadanya: “Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!” • Otoritas atau karunia? • Apakah Petrus berkata: “Bapa, dalam nama Yesus, saya perintahkan orang ini berjalan"? • Petrus berbicara dalam bahasa roh? • Apakah ada kegiatan imamat? • (Tetapi dengan karunia kesembuhan, kemungkinan ada kegiatan imamat.)

Seketika itu juga bangunlah orang itu. 35 Semua penduduk Lida dan Saron milihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan.

Keseimbangan • Menantikan “rhema” sebagai bimbingan Tuhan atau • oleh iman saja menjalankan otoritas yg sudah diberikan Tuhan kepada kita untuk menjalankan maksudNya berdasarkan “logos”

Menyembuhkan orang sakit Berdasarkan Berdasarkan otoritas roh “logos” “rhema”

Yohanes 5:19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

5:20 Sebab Bapa mengasihi Anak dan Ia menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri, bahkan Ia akan menunjukkan kepada- Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada pekerjaan- pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran.

5:21 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya. 5:22 Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,

5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan- Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.

5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. Mat 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Menyembuhkan orang sakit Berdasarkan Berdasarkan otoritas roh “logos” “rhema”

Kebangkitannya Dorkas

Kisah Rasul2 9.39 Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas dan semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup.

40 Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Disini Petrus berbuat apa yang berbeda?

Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!” • Apakah Petrus berkata: “Bapa, dalam nama Yesus, kami perintahkan Tabita bangkit?” • Apakah Petrus berbahasa roh? • Petrus berlutut terus, atau ia bangun berdiri? • Matanya terbuka atau tertutup?

Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. 42 Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan.

Dua tahap yang berbeda dan terpisah: • Berdoa – kegiatan imamat • Keluarkan perintah – kegiatan raja Pada tahap yang mana mujizat itu terjadi? Bagaimana akibatnya dari pada mencampurkan doa dan perintah?

Mengapa kita seringkali mencampurkan doa dan perintah pada waktu kita melayani orang sakit? …Sebab kita bimbang bahwa kita dapat menyembuhkan mereka sebagaimana kita diperintahkan oleh Tuhan dalam pemberitaan injil.

Akibat dari meragukan apakah kita dapat melakukan apa yang Tuhan perintahkan untuk kita lakukan

Petrus berjalan diatas air

Matius 14:28 Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." 29 Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.

30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" 31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"

Yesus tidak senang dengar seruan Petrus karena: Dia sudah perintahkan Petrus datang berjalan di atas air dan menuntut dia berhasil menjalankan perintahNya

Mengapa Petrus tenggelam? dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya [atau kurang iman], mengapa engkau bimbang?" Petrus tenggelam karena dia bimbang. Tepatnya apa yang Petrus ragukan?

Karena Petrus bimbang dia bisa berjalan di atas air sebagaimana diperintahkan Yesus, dapat dikatakan dia kurang... imanNya Allah

ImanNya Allah Markus 11:22 Yesus menjawab mereka: “Punyalah iman yang Allah punya.” 23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah…! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Iman kepada Allah: Saya yakin Tuhan bisa melakukannya ImanNya Allah: Saya yakin saya bisa melakukannya karena diberikan otoritas & kesanggupan oleh Tuhan dan diperintahkan oleh Tuhan untuk melakukannya

Tidak cukup kita turun dari perahu saja. Kita juga harus berjalan diatas air dengan tidak tenggelam

Tidak cukup kita hanya berusaha untuk menyembuh- kan orang sakit sebagaimana diperintahkan oleh Tuhan. Kita juga harus menyatakan kuasa kesembuhan secara nyata untuk membawa jiwa- jiwa kepada Tuhan.

Kemungkinan pada mulanya saudara akan diuji oleh sesuatu

Takut dan imanNya Allah berlawanan

Matius 8:23 Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. 24 Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur.

25 Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa!" Apakah Tuhan senang dengar seruan mereka?

26 Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya (kurang iman)?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali.

27 Dan heranlah orang-orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?“ Sebenarnya,Tuhan ingin mereka ambil tindakan apakah?

Mengingat bagaimana murid-murid gagal mengusir setan ayan…

Matius 17:19 Kemudian murid-murid Yesus datang…, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?“ 20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya (kurang iman).

Matius 17:20b ...Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Mereka gagal akibat dari kurang iman yang memindahkan gunung atau kurang imanNya Allah: mereka bimbang mereka bisa mengusir setan itu sebagaimana Yesus perintahkan mereka

Kejadian yang sama menurut Injil Markus (dalam bahasa Yunani)

Markus 9:17 Kata seorang dari orang banyak itu: "Guru, anakku ini kubawa kepada-Mu, karena ia kerasukan roh yang membisukan dia. (Tidak berbeda dengan injil Matius)

18 Dan setiap kali roh itu menyerang dia, roh itu membantingkannya ke tanah; lalu mulutnya berbusa, giginya bekertakan dan tubuhnya menjadi kejang. Aku sudah meminta kepada murid-murid-Mu, supaya mereka mengusir roh itu, tetapi mereka tidak dapat.“ (Tidak berbeda dengan injil Matius)

19 Maka kata Yesus kepada mereka: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!“ (Tidak berbeda dengan injil Matius)

20 Lalu mereka membawanya kepada-Nya. Waktu roh itu melihat Yesus, anak itu segera digoncang- goncangnya, dan anak itu terpelanting ke tanah dan terguling- guling, sedang mulutnya berbusa. (Tidak berbeda dengan injil Matius)

Markus 9:21 Lalu Yesus bertanya kepada ayah anak itu: "Sudah berapa lama ia mengalami ini?" Jawabnya: "Sejak masa kecilnya. (Tidak bertentangan dengan injil Matius)

22 Dan seringkali roh itu menyeretnya ke dalam api ataupun ke dalam air untuk membinasakannya. Sebab itu jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah kami dan kasihanilah kami.“ (Tidak bertentangan dengan injil Matius)

Markus 9:23 Jawab Yesus, jikalau engkau dapat percaya, segala sesuatu mungkin bagi mereka yang percaya. (Jelas bertentangan dengan injil Matius) Matius 17:20 ...Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Terjemahan alternatif untuk Markus 9:23

• Dalam bahasa Yunani, “percaya” sama artinya dengan “punya iman” Mar 9:23 Jawab Yesus, jikalau engkau dapat percaya [atau, punya iman], segala sesuatu mungkin bagi mereka yang percaya [atau yang punya iman].

Mar 9:23 Jawab Yesus, jikalau engkau dapat punya iman, segala sesuatu mungkin bagi mereka yang punya iman. • Yang punya iman macam apa?

Matius 17:20 ...Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Pada waktu Petrus tenggelam dan berseru kepada Yesus…

Matius 14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya [kurung iman], mengapa engkau bimbang?“ Tepatnya apa yang Petrus ragukan?

Petrus tenggelam karena dia kurang imanNya Allah: dia bimbang dia bisa berjalan di atas air sebagaimana diperintahkan Yesus

Pada waktu murid-murid didalam perahu takut kepada angin ribut di danau… danau

Matius 8:26 Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya (kurang iman)?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu… Iman macam apa yang kurang pada mereka? Yesus ingin mereka ambil tindakan apa? Mujizat seperti ini tidak jarang terjadi.

• Tiga kali murid-muridNya mengecewakan Tuhan • Dalam ketiga hal ini mereka gagal menjalankan sesuatu hal yang mereka dituntut untuk melalukan • Dalam setiap hal ini mereka gagal oleh karena mereka kurang... “imanNya Allah”

• Orang luar yang datang kepada Yesus minta kesembuhan sering dipuji oleh Tuhan karena mereka percaya mereka akan disembuhkan: iman kepada Allah • Sebaliknya, Yesus berkali-kali “mengomel” murid-muridNya pada waktu

Add a comment

Related presentations

Related pages

sukirman-tkjbisa.blogspot.com

sukirman-tkjbisa.blogspot.com
Read more

Indonesian language - Wikipedia, the free encyclopedia

... Government regulation No. 24/ 2009 specifically ... the Indonesian Embassy in the Philippines has given basic Indonesian language ... Juni: July: Juli ...
Read more

SEAMEO BIOTROP - Southeast Asian Regional Centre For ...

BIOTROP Welcomes 3 Indonesian Ambassadors ... BIOTROP Employee of the Year 2009/2010 receives ... Basic Training on Isolation and Inoculation of ...
Read more

Kulit SehatKu | by dr. Dian Pratiwi, SpKK - Dokter ...

TRAINING ... Juni 2014 Advanced ... Sept & Nov 2012 Ultra V –Lift Basic & Advanced Face & Body Treatment Training , Indonesia September 2009 ...
Read more

Dony Satriyo | LinkedIn

LinkedIn adalah jaringan bisnis terluas di dunia dan dapat membantu profesional seperti Dony Satriyo ... (Indonesian Tower) Maret 2009 – Juni 2009
Read more

Google

Google Indonesia. Google.co.id angeboten auf: Bahasa Indonesia English Basa Jawa Basa Bali
Read more