advertisement

Hakikat menulis dalam bahasa Indonesia

43 %
57 %
advertisement
Information about Hakikat menulis dalam bahasa Indonesia
Education

Published on March 8, 2014

Author: niajanuary

Source: slideshare.net

advertisement

Assalamu’alaikum Wr. Wb. KELOMPOK 7 Oleh : 1. Nia Kurniasih (1305221) 2. Rini Nur Solihah (1300413) 3. Yayang Arif Hidayat (1306845)

HAKIKAT MENULIS

Pengertian Tujuan Jenis Fungsi Manfaat Hakikat Menulis

Pengertian Menulis adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan lambang-lambang bahasa untuk menyampaikan sesuatu baik berupa ide atau pun gagasan kepada orang lain atau pembaca yang dilakukan dengan menggunakan bahasa tulisan.

Tujuan 1. Penugasan Kegiatan menulis dilakukan karena ditugaskan menulis sesuatu, bukan atas kemauan sendiri. 2. Altruistik Membuat pembaca senang, ingin menolong pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalarannya. 3. Persuasif Meyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan. 4. Penerangan memberi informasi atau keterangan kepada pembaca.

Tujuan 5. Pernyataan diri memperkenalkan atau menyatakan diri sang pengarang kepada pembaca. 6. Kreatif Mencapai nilai-nilai kesenian. 7. Pemecahan masalah Penulis ingin menjelaskan, menjernihkan serta menjelajahi meneliti secara cermat pikiran-pikiran dan gagasannya sendiri agar dapat dimengerti dan diterima oleh pembaca.

Jenis – jenis tulisan 1. Tulisan Narasi Tulisan yang bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Dengan demikian pembaca seolah-olah mengalami sendiri kejadian yang diceritakan. Dalam tulisan ini kehadiran alur/peristiwa, tokoh, dan latar sangat utama.

Jenis – jenis tulisan Tulisan naratif terbagi menjadi dua jenis yaitu : 1. Naratif aristik Yakni paragraf yang menyajikan sejumlah pengalaman estetis dengan tujuan untuk menghibur pembacanya. Tulisan ini lebih sering muncul dalam karya-karya sastra seperti novel, cerpen, dan sebagainya. Contoh : Aku mau membantah. Tapi, sebelum aku memilih kata-kata, dia berkata lagi. “Seperti tadi saja. Kalau bukan aku yang menyapamu, kau takkan tahu siapa aku, bukan? Sedangkan matamu melihatku tadi, kau seolah-olah melihat pengemis yang dijijiki.” alangkah cepatnya segalanya berubah. Dan lebih cepat lagi seseorang melupakan seseorang lainnya meski pernah orang itu dicintainya.

Jenis – jenis tulisan 2. Naratif informasional Yaitu tulisan yang menyajikan sejumlah peristiwa faktual, informasi, dan pengetahuan. Jenis tulisan ini terdapat dalam biografi ataupun kisah perjalanan. Contoh : Pada tanggal 27 Mei 2013 yang lalu, kami telah melaksanakan kegiatan karya ilmiah di Pantai pangandaran Jawa Barat untuk memenuhi tugas mata kuliah konsep dasar IPA.

Jenis – jenis tulisan 2. Tulisan Deskripsi Jenis tulisan yang menggambarkan suatu pesan atas benda, peristiwa, keadaan, ataupun manusia. Dengan tulisan ini, pembaca seolah- olah menyaksikan, merasakan, atau mengimajinasikan hal yang digambarkan. Ciri-ciri : a. Menggambarkan. b. Menyatakan kesan. c. Memungkinkan terciptanya imajinasi. d. Banyak menggunakan kata sifat.

Jenis – jenis tulisan Contoh kalimat deskripsi : Pada siang hari, pemandangan di sekitar perkebunan tersebut sangat indah dengan latar belakang pegunungan serta hamparan sawah yang menghijau. Tapi kalau sore atau malam hari gelapnya minta ampun dan suasana di sana sangat sunyi. Namun, walaupun begitu, aku sering melewatinya pada waktu sore atau malam hari.

Jenis – jenis tulisan 3. Tulisan Eksposisi Tulisan yang memaparkan atau menerangkan suatu hal atau objek dengan sejelas-jelasnya. Tulisan ini sering kali menggunakan contoh, grafik, serta berbagai fakta lainnya untuk memperjelas gagasan pokok yang dikemukakan. • Untuk mencapai tujuan diatas adalah : a. Definisi b. Klasifikasi/pembagian c. Ilustrasi d. Pembandingan/penentangan

Jenis – jenis tulisan Cotoh tulisan eksposisi : Rasa takut, pernahkan anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaat takut? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Takut adalah dimana seseorang mengalami situasi yang dapat menghilangkan rasa percaya diri akan sesuatu. Dibawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut, diantaranya : 1. Pertama, persiapkan diri anda…. 2. Kedua …. 3. Ketiga …. 4. Keempat …. 5. Kelima ….

Jenis – jenis tulisan 4. Tulisan Argumentasi Tulisan yang mengemukakan alasan, contoh, dan bukti-bukti yang kuat serta meyakinkan. alasan-alasan, bukti, dan sejenisnya, digunakan penulisn untuk mepengaruhi pembaca agar mereka menyetujui pendapat, sikap, atau keyakinan. Ciri-ciri : a. Menyajikan pendapat, alasan. b. Meyakinkan pembaca. c. Penilaian, pembelaan, pertimbangan.

Jenis – jenis tulisan Contoh tulisan argumentasi : Semakin hari semakin mahal harga kebutuhan pokok. Tentunya menjadi salah satu hal yang menyulitkan bagi kita semua. Belum lagi masalah harga BBM yang dicanangkan akan naik dalam waktu dekat ini. Tidak hanya itu saja, biaya pendidikan yang tidak sedikit juga menjadi beban tersendiri bagi masyarakat. Alasan-alasan tersebutlah yang menjadikan hidup kita terutama rakyat miskin semakin terpuruk. Pastinya anda semua setuju bukan ?

Jenis – jenis tulisan 5. Tulisan Persuasif Bersifat ajakan, bujukan, atau nasihat. Membutuhkan data dan contoh-contoh konkret untuk mempengaruhi pembaca. Namun tidak sedikit pula tulisan persuatif yang menyatakan bujukannya secara tersirat. Ciri-ciri : a. Mengungkapkan bujukan, ajakan, b. Menggunakan aspek emosional, c. Mengguakan fakta, pendapat, d. Menggunakan tanda kata harus, jangan, tidak boleh, hendaknya.

Jenis – jenis tulisan Contoh tulisan persuatif : Pengembangan kecerdasan emosional lebih mudah ditanamkan pada anak sejak dini. Tugas-tugas yang dapat diselesaikan oleh anak dengan baik akan berpengaruh pada perkembangan selanjutnya. Ketidakcerdasan emosional membuat anak di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia, gamang bersikap. Hendaknya generasi sekarang sudah dilatih mengembangkan kecerdasan emosinya sejak dini.

Jenis – jenis tulisan 6. Tulisan Dialog Berisi percakapan yang berupa kalimat-kalimat langsung seorang pembicara dengan orang lain secara bergantian dalam peran pembicara dengan pendengar. Contoh: Ani : “Apa yang sedang kamu lakukan ?” Toto : “Aku sedang mencari dompetku yang hilang saat bermain tadi, apa kau melihatnya?” Ani : “ya,, bahkan aku telah menemukannya di dekat pintu itu”. Toto : “terima kasih Ani, kamu baik sekali”.

Jenis – jenis tulisan 7. Tulisan Surat Tulisan yang berupa kalimat langsung seorang penulis yang ditujukan kepada teralamat (Rusyana; 1986; Liamzon, 1984; dan Sakri, 1989). Contoh : Sehubungan dengan akan diadakan acara Pentas Seni SMA Pahlawan, kami mengundang panitia untuk menghadiri rapat persiapan acara tersebut pada….

Fungsi Bahasa Dalam Menulis Menurut Syarif (1975:50) 1. Fungsi individual yaitu untuk melahirkan perasaan, pikiran, atau kemauan kepada orang lain dalam rangka kepentingan pribadi atau umum, 2. Fungsi masyarakat yaitu untuk berkomunikasi dan mewujudkan sifat kontrol sosial. Mewujudkan kerja sama antar manusia.

Fungsi menulis a. b. c. d. e. Fungsi kegunaan Melukiskan Memberi petunjuk Memerintahkan Mengingat Berkorespondensi a. b. c. d. Fungsi peranan Fungsi penataan Fungsi pengawetan Fungsi penciptaan Fungsi penyampaian

Manfaat menulis Mengetahui kemampuan dan potensi diri serta pengetahuan tentang topik yang dipilih Mengembangkan gagasan Memperluas wawasan Menilai secara objektif Mengungkapkan sesuatu secara tertulis Memecahkan masalah Membiasakan bernalar

TERIMA KASIH Wassalamua’alaikum Wr. Wb.

Add a comment

Related presentations

Related pages

Hakikat menulis dalam bahasa Indonesia - Education

Download Hakikat menulis dalam bahasa Indonesia. Transcript. 1. Assalamu’alaikum Wr. Wb. KELOMPOK 7 Oleh : 1. Nia Kurniasih (1305221) 2.
Read more

Sang Guru: HAKIKAT KETERAMPILAN MENULIS

Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia. Soedjito dan Hasan, M. 1986. ... HAKIKAT KETERAMPILAN MENULIS;
Read more

catatan ''Kang Hasan'': Hakikat Menulis

Hakikat Menulis. Menulis merupakan ... dari kurikulum sekolah dan menjadi bagian sentral dalam pengajaran bahasa Indonesia. ... Menulis Bahasa Indonesia ...
Read more

Hakikat Menulis | Pembelajaran Bahasa Indonesia MA Maarif ...

Hakikat Menulis Posted on Rabu, 26 ... yang difokuskan pada bentuk dan penggunaan bahasa secara pragmatik dalam menulis. ... was posted in menulis by ...
Read more

hakikat menulis - pt.scribd.com

Pembelajaran menulis dalam bahasa Indonesia tidak dapat dilepaskan dari pembelajaran membaca. ... hakikat menulis. by misagirl87. 132 views. Embed. Download.
Read more

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Hakikat Menulis

Penguasaan bahasa dan penguasaan menulis dalam penulisan merupakan faktor penting yang harus diketahui sejak awal. Aspek bahasa dalam menulis terkait ...
Read more

hakikat menulis - Documents - dokumen.tips

Hakikat menulis dalam bahasa Indonesia 1. Assalamu’alaikum Wr. Wb. KELOMPOK 7 Oleh : 1. Nia Kurniasih (1305221) 2. Rini Nur Solihah (1300413) 3.
Read more

HAKIKAT MEMBACA | Mari Belajar Bahasa Indonesia

Dalam hal ini penulis menyampaikan idenya melalui tulisan dan pembaca menemukan ... keterampilan menulis ... Ikuti “Mari Belajar Bahasa Indonesia ...
Read more