Hadis ahkam as sariqoh

54 %
46 %
Information about Hadis ahkam as sariqoh

Published on March 17, 2014

Author: rizkyrahmansyah

Source: slideshare.net

Tary Rizky Fathan Hadis Ahkam tentang As- sariqoh

Larangan mencuri dari allah swt Firman Allah: “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (Al-Ma‟idah 38)

perbuatan dapat dikatakan sebagai mencuri apabila memenuhi syarat-syarat dibawah ini : O Orang yang mencuri adalah mukalaf, yaitu sudah baligh dan berakal. O Pencurian itu dilakukan dengan cara sembunyi-sembunyi. O Orang yang mencuri sama sekali tidak mempunyai andil memiliki terhadap barang yang dicuri. O Barang yang dicuri adalah benar-benar milik orang lain.

O Barang yang dicuri mencapai jumlah nisab. O Barang yang dicuri berada di tempat penyimpanan atau di tempat yang layak.

Tidak semua pencuri yang melakukan pencurian dipotong tangan Hadis : Artinya: “Potonglah karena (mencuri sesuatu senilai) seperempat dinar, dan jangan dipotong karena (mencuri) sesuatu yang kurang dari itu”. ( HR. Bukhori )

Artinya: ”Tidaklah dipotong tangan seorang pencuri kecuali (jika ia telah mencuri sesuatu) senilai seperempat dinar atau lebih”. ( HR. Muslim )

Mencuri benda yang tidak tersimpan dengan baik Adapun harta yang hilang dari pemiliknya, buah-buahan yang berada di pohon di padang pasir tanpa pagar, binatang ternak tanpa penggembala di sisinya, atau yang semisalnya: maka orang yang mengambilnya tidaklah dipotong. Akan tetapi didapatnyalah hukum ta‟zir, yaitu digandakan (dua kali lipat) baginya denda, sebagaimana terdapat dalam hadits.

”Tidak ada (hukum) potong tangan dalam (pencurian) tsamar dan katsar (tandan kurma) ” [Diriwayatkan oleh Ahlus-Sunan].

Orang yang Dicuri Hartanya Boleh Memaafkan Pencuri Sebelum Diajukan Perkaranya kepada Hakim Dari „Abdullah bin „Amr, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Saling memaafkanlah kalian tentang masalah hukuman yang terjadi di kalanganmu. Tetapi kalau kasus pelanggaran telah sampai kepadaku, maka hukuman itu pasti akan dilaksanakan”. [HR. Nasai dan Abu Dawud]

The end

Add a comment

Related pages

Jurnal Korupsi - Scribd - Read Unlimited Books

... sariqoh, pengkhianatan dan ... dalam al-Ahkam asSultaniyah10 menyebutkan bahwa perbuatan tindak pidana ... dalam nash-nash baik al-Qur’an maupun hadis.
Read more

Anwar Reza - Google+

(Ahkamu Sariqoh fi Syari’ah wal Qonun, ... (Ahkam al-Quran, 1/641) Allahu juga berfirman, ... Hadis ini diriwayatkan Abu Nuaim dalam al-Hilyah ...
Read more

HUKUM PLAGIAT DAN BAHAYANYA DALAM PANDANGAN ISLAM | Islam ...

... “Memang benar, perbuatan tersebut termasuk sariqoh (pencurian ilmu, ... AHKAM; AKHLAK; AKTUAL; ANTI TERORIS; AQIDAH; ... Shahihkah Hadis Tentang ...
Read more

FATWA ULAMA dan di-tag dengan AGAR ALLAH MENJADIKAN ILMU ...

... “Memang benar, perbuatan tersebut termasuk sariqoh (pencurian ilmu, ... AHKAM; AKHLAK; AKTUAL; ANTI TERORIS; AQIDAH; ... Shahihkah Hadis Tentang ...
Read more

sugengrawuh dowigengsu: korupsi dalam perspektif islam

... sariqoh, pengkhianatan dan ... dalam al-Ahkam as-Sultaniyah menyebutkan bahwa perbuatan tindak pidana ... dalam nash-nash baik al-Qur’an maupun hadis.
Read more

Hukum Risywah (Suap) | berbagi cerita dan berita

... misalnya; ghasb, ikhtilas, sariqoh ... mausu’ah fiqhiyyah dan tafsih ayat ahkam ... salah satu mukjizat Rasulullah Hadis ...
Read more