FELIN INFECTION PERITONITIS DAN SCABIOSIS,CARA RESTRAIN KELINCI,KUCING ,SAPI DAN RODENTS

50 %
50 %
Information about FELIN INFECTION PERITONITIS DAN SCABIOSIS,CARA RESTRAIN KELINCI,KUCING...
Pets

Published on March 7, 2014

Author: rizalLEGUSA

Source: slideshare.net

Description

FELIN INFECTION PERITONITIS DAN SCABIOSIS ,CARA RESTRAIN KELINCI,KUCING ,SAPI DAN RODENTS

1 Tugas DIANOGSA KLINIK VETERINER OLEH : KHAIRUL RIZAL NIM : 1202101010058 KELAS :B FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2014

2 SOAL 1. Jelaskan riwayat penyakit dan gejala klinis dari : a. FIP (Felin Infection Peritonitis) pada kucing b. Clamedia pada kucing c. Scabiosis pada hewan kecil 2. Teknik restrain pada hewan kesayangan a. Pada sapi dan satwa liar

3 Jawaban Jelaskan riwayat penyakit dan gejala klinis dari : a. FIP (Felin Infection Peritonitis) pada kucing Riwayat penyakit FIP adalah penyakit serius, hampir selalu berakibat kematian bagi kucing. Penyakit ini disebabkan oleh keluarga coronavirus (feline corona virus/FcoV), yaitu sejenis keluarga virus yang juga menyerang anjing, babi dan beberapa spesies virus ini dapat menyerang manusia. Tetapi virus yang menyebabkan FIP pada kucing, tidak dapat menyerang manusia. Coronavirus yang relatif tidak berbahaya dan biasa menyerang kucing yaitu Feline Enteric Coronavirus (FECV). FECV yang bermutasi menjadi virus ganas disebut Feline Infectious Peritonitis Virus (FIPV). Bila respon kekebalan tubuh kucing kurang baik, FECV yang bermutasi jadi FIPV ini dapat menyebabkan penyakit sistemik yang disebut Feline Infectious Peritonitis (FIP). Bentuk Penyakit Penyakit ini bermanifestasi dalam dua bentuk : basah dan kering. Tipe basah menyebabkan sekitar 60-70% dari keseluruhan kasus penyakit ini dan lebih ganas dari tipe kering. Bentuk penyakit yang muncul sangat tergantung pada reaksi kekebalan tubuh kucing. Bila kekebalan tubuh bereaksi cepat biasanya yang muncul adalah tipe kering. . Gambar 1. Perut buncit berisi cairan pada FIP tipe basah .

4 Gambar 2. Rontgen perut kucing tampak lateral pada kucing yang menderita FIP, perut tampak membesar Gambar 3. Kucing yang menderita FIP perut tampak membesar :) Gejala Pada bentuk basah terjadi akumulasi cairan di rongga perut dan rongga dada, menyebabkan menyebabkan pembengkakan daerah perut (biasanya tanpa rasa sakit) disertai kesulitan bernafas. Gejala yang muncul bisa berupa bersin-bersin, mata berair, lendir hidung yang berlebihan, diare, berat badan berkurang, lemah & lesu. Gejala yang muncul bisa juga non spesifik seperti : hilang nafsu makan, depresi, rambut kasar dan demam. Pada bentuk kering, cairan yang menumpuk relatif sedikit dan gejala yang muncul tergantung organ yang terinfeksi virus. Sekitar setengah dari kasus bentuk kering, menunjukkan gejala radang mata atau gangguan syaraf seperti : lumpuh, cara berjalan yang tidak stabil dan kejang-kejang. Gejala lainnya bisa berupa gagal ginjal atau pembengkakan hati, depresi, anemia, berat badan berkurang drastis, gangguan pankreas dan sering disertai demam.

5 Gejala lain berupa muntah, diare & icterus (warna kekuningan pada kulit dan selaput lendir). Pengobatan Sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan yang ada masih berupa pengobatan suportif untuk mengurangi gejala dan mengurangi rasa sakit kucing. Kucing yang sakit dapat bertahan hidup 1 minggu - 1 tahun tergantung kekebalan tubuh dan keparahan penyakit Gambar 4. Salah satu tanda FIP basah pada anak kucing. Kurus tapi perut buncit berisi cairan Pencegahan Jaga kebersihan kandang & peralatan, dicuci dengan sabun, deterjen atau desinfektan. Bahan yang murah meriah & cukup efektif adalah larutan kaporit/pemutih + 3 %. Jaga kesehatan kucing dengan pemberian nutrisi yang cukup dan baik. Vaksin FIP pertama digunakan tahun 1991 di USA. Sampai saat ini efektivitas vaksin masih diperdebatkan. Sampai saat ini Vaksin FIP belum tersedia Di Indonesia. B. Clamedia pada kucing Deskripsi Penyakit Pneumonitis adalah istilah yg digunakan untuk infeksi saluran pernapasan atas dan sebelumnya diyakini penyebabnya adalah bakteri Chlamydia Psitacii. Tetapi sekarang dinyatakan bahwa Chlamydophilia felis (sebelumnya dikenal dg nama Chlamydia Psitacii) bukanlah sebab utama dari penyakit pernapasan pada kucing. Feline Rhinotracheitis dan Feline Calicivirus adalah sebab dari sebagian besar penyakit pernapasan pada kucing.

6 Chlamydophila Felis adalah penyakit yg disebabkan bakteri intraseluler (bakteri yang hidup dalam sel inangnya). Chlamydia Psitacii telah diklasifikasi ulang oleh para Dokter hewan (mikrobiologi). Keluarga Chlamydiae sekarang dibagi dalam 2 golongan Chlamydia dan Chlamydophila. Genus Chlamydophilla terdiri dr 4 spesies, termasuk Clamydophila felis. Bakteri ini sangat adaptif pada tubuh kucing dan merupakan salah satu penyebab Conjunctivitis pada kucing. Gejala klinis pada kucing Infeksi C. felis pada kucing ditandai dengan gejala demam, anoreksia, depresi, bersin dan batuk, serta pneumonia. Ada kotoran cair yang keluar dari mata dan hidungnya, awalnya berupa lendir biasa tetapi kemudian menjadi mukopurulen Infeksi pada mata kucing sering unilateral, mata sebelahnya akan menjadi tampak gejalanya dalam waktu 5-7 hari. Biasanya ditemukan Chemosis, tetapi kornea tidak terbawa . Gejala klinis berlangsung selama sekitar 2 minggu pada kucing yang tidak diobati. Pemulihan dimulai sekitar 2-4 minggu setelah infeksi, jalannya dapat sangat lambat pada hewan yang tidak diobati, biasanya terdapat penurunan berat badan. Namun, kucing sering tetap menjadi pembawa agen penyebab penyakit yang asimtomatik, dan dapat kambuh penyakitnya secara periodik. C. felis dapat menyerang kucing dari segala usia. Penyakit ini biasanya tidak fatal, tapi kucing yang masih muda atau tua sekali dapat meninggal akibat pneumonia berat . Pengobatan Antibiotik Tetracycline secara umum digunakan untuk pengobatan Chlamydia. Terapi dengan tetes mata antibiotik bersamaan dg antibiotik oral sangat dianjurkan. Antibiotik Vibravet membutuhkan waktu 4 minggu untuk menyembuhkan penyakit ini. Antibiotik baru yg cukup aman dan sangat efektif menyembuhkan Chlamydia (sampai 99,9%) adalah Zithromax.

7 Pencegahan 1. Vaksinasi Chlamydia. 2. Segera mencuci tangan setelah kontak dg kucing yg terinfeksi 3. Menjaga kebersihan lingkungan 4. Membatasi populasi kucing yg dipelihara. Tidak lebih dari 4 kucing dalam satu ruangan. Lebih sedikit lebih baik. 5. Apabila terdapat masalah infeksi pernafasan, mata berair, bersin pada salah satu kucing, hubungi dokter hewan anda untuk tes Chlamydia, apabila terbukti positif, semua kucing harus diberi perawatan. C. Scabiosis pada hewan kecil Deskripsi Penyakit Kudis atau Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabiei yang dicirikan dengan adanya keropeng, kebotakan, dan kegatalan pada kulit. Sarcoptes scabiei adalah tungau dengan ciri-ciri berbentuk hampir bulat dengan 8 kaki pendek, pipih, berukuran (300–600 μ) x (250-400 μ) pada betina, dan (200- 240 μ) x (150-200 μ) pada jantan, biasanya hidup di lapisan epidermis. Permukaan dorsal dari tungau ini ditutupi oleh lipatan dan lekukan terutama bentuk garis melintang sehingga menghasilkan sejumlah skala segitiga kecil . Selain itu, pada betina terdapat bulu cambuk pada pasangan kaki ke-3 dan ke-4 sedangkan pada jantan, bulu cambuk hanya terdapat pada pasangan kaki ke-3 Tanda & gejala terserang Scabies pada Anjing dan Kucing Ciri-cirinya : 1. Anjing menggaruk garuk hampir terus menerus . 2. Dibagian permukaan kulit terlihat berkelompok kutu yang sangat halus seperti kutu air. 3. Bulu bulu menjadi rontok bahkan bisa merata dipermukaan kulit 4. Kulit terlihat berkerak pada beberapa bagian tubuh.

8 5. Apabila anjing dimandikan dan disikat dengan sikat gigi kemerahan tersebut menghilang,akan tetapi setelah sehari timbul kembali warna kemerahan tersebut yang berada dipermukaan kulit tersebut. Tanda-tanda awal terkena penyakit ini biasanya berupa rontok dan gatal disekitar telinga. Dipinggiran daun telinga terlihat ada kerak berwarna putih. Penyakit dapat menyebar dengan cepat ke daerah sekitar wajah, leher, hidung dan kelopak mata. Kadang-kadang tungau juga dapat menyebar hingga ke daerah perut dan telapak kaki. Rasa gatal yang timbul menyebabkan kucing sering menggaruk-garuk. Infeksi kronis/lama dapat menyebabkan penebalan dan keriput pada kulit ditutupi oleh kerak-kerak berwarna abu-abu kekuningan. Infeksi yang parah mengakibatkan luka dan berkembang menjadi infeksi sekunder. Pengobatan Injeksi obat golongan avermectin seperti ivermectin, doramectin atau selamectin.

9 C. Teknik restrain pada hewan kesayangan ( Pada sapi dan satwa kecil) Definisi : Proses Pencegahan suatu aksi atau gerakan yang mencakup pencegahan gerakan dengan kekuatan moral atau fisik A. Teknik restrain sapi 1. Metode BURLEY  Metode, dirancang oleh Dr DR Burley Georgia,  memiliki banyak keuntungan dibandingkan metode lainnya.  Pertama, tidak diperlukan dalam metode ini untuk mengikat tali di sekitar tanduk atau leher  Kedua pengekangan ini tidak memberikan tekanan di dada dan dengan demikian tidak mengganggu jantung dan paru-paru.  Ketiga itu tidak membahayakan organ kelamin atau puting susu dari sapi,. 2. Metode ROPE (1) (2)

10 (3) (4)

11 B. Teknik Restrain Kucing Langkah 1 Mulailah dengan menempatkan kucing di atas hamparan handuk , ke arah salah satu sudut. Langkah 2 Bungkus sisi pendek dari handuk pas di leher kucing Anda, seperti syal. Langkah 3 Tarik sisi pendek dari handuk di atas kucing Anda, sehingga seluruh tubuhnya ditutupi, kecuali wajah.

12 Langkah 4 Tarik tepi depan handuk ke depan, yang akan membungkus di bawah leher kucing Anda. Langkah 5 Setelah handuk dibungkus sepanjang jalan di sekitar, ambil sisi lain dan menariknya lebih kucing Anda, pastikan bahwa itu pas di tempat. Sekarang bahwa kucing Anda dijamin handuk, Anda dapat memberikan obatnya atau klip kukunya dengan bekerja pada satu kaki pada suatu waktu. Ketika pemangkasan kuku, gunakan lengan Anda untuk memegang lembut kucing samping tubuh Anda, dan menjaga tangan Anda dari mulutnya untuk mencegah gigitan. C. Teknik Memindahkan atau membawa kelinci (Restrain Kelinci) prosedur teknis 1. Amati kelinci singkat dalam kandang atau pena sebelum mencoba untuk menanganinya, mencatat sikapnya. 2. Tentukan apakah kelincinya bernapas dengan mudah di tingkat biasa 30 sampai 60 menit per menit. 3. Bicara dengan tenang kelinci. 4. Cobalah untuk menyentuh kepala kelinci dengan tangamu dari belakang kepalanya. 5. Angkat kelinci dengan lembut dan hati-hati dengan memegang kulit di atas kepala, sementara tangan lainnya mendukung kelinci pada belakangnya. (gbr. 35-1)

13 Gambar 35-1 Membawa kelinci dengan mengangkat kulit leher dorsal sementara mendukung bagian belakangnya kelinci. 6. Seekor kelinci yang tenang akan dapatdilakukan dengan satu tangan di bawah dada dan sisi lain yang mendukung kelinci belakangnya Anda (gbr. 35-2) Gambar 35-2 Membawa kelinci dengan menempatkan satu tangan di bawah thorax kelinci sementara tangan lainnya mendukung kelinci pada bagian di bawahnya. 7. Menyelipkan kepala kelinci dan kaki depan di bawah lengan atas Anda dan membawa kelinci jarak pendek dengan tubuhnya didukung untuk lengan Anda (gbr. 35-3) Gambar 35-3 Membawa kelinci dengan menyelipkan kepalanya di bawah lengan atas, sedangkan tangan lainnya mendukung tubuh kelinci di bawahnya. D. Teknik Restrain Tikus , gerbil, chinchilla

14 Gambar 37-7 Menempatkan tikus percobaan di handuk kecil untuk Restrain Gambar 37-8 Membungkus guinea pig dalam handuk kecil Gambar 37-9 Mengambil hamster dengan memegang kulit di belakang bahu Sumber : http://www.vetstreet.com/our-pet-experts/towel-wrap-your-cat-in-5-scratch-free-steps http://rsh.fkh.ugm.ac.id/main/2012/05/03/scabies-pada-anjing/ http://www.kucingkita.com/penyakit-kucing/feline-infectious-peritonitis-fip-radang-selaputrongga-perut-dada-kucing. Steven E. Crow , Sally O Walshaw, Jennifer E. Boyle.2011. Manul Of Clinical Procedure Dogs, Cats, Rabbits, Rodents. California: VCL Veterinary Reffaral Center

15

Add a comment

Related presentations

Related pages

Restrain Dan Casting Pada Sapi - Documents

felin infection peritonitis dan scabiosis,cara restrain kelinci,kucing ,sapi dan rodents felin infection peritonitis dan scabiosis ,cara restrain kelinci ...
Read more

Bedah (Restrain Dan Casting Pada SAPI) NEW - Documents

felin infection peritonitis dan scabiosis,cara restrain kelinci,kucing ,sapi dan rodents felin infection peritonitis dan scabiosis ,cara restrain kelinci ...
Read more