Facing Your Giants

40 %
60 %
Information about Facing Your Giants
Spiritual

Published on March 20, 2014

Author: katalismedia

Source: slideshare.net

Sumber: Bab 1 Menghadapi Raksasa- raksasa Anda dan Bab 19 Robohkan Goliat

buku Edisi Asli Bahasa Inggris Judul: Facing Your Giants Penulis: Max Lucado Penerbit: W Publishing Group (a Division of Thomas Nelson) Tahun terbit: 2006 Edisi Terjemahan Bahasa Indonesia Judul: Facing Your Giants Penerbit: Gloria Graffa Tahun terbit: 2007

daftar isi 1 Menghadapi Raksasa-raksasa Anda 2 Telepon Yang Tidak Berdering 3 Saul-saul Yang Pemberang 4 Hari-hari Putus Asa 5 Musim-musim Kering 6 Pemberi Penderitaan 7 Kelakuan Yang Biadab 8 Senjata-senjata Yang Melumpuhkan 9 Titik-titik Nadir 10 Kesedihan Yang Tak Terkatakan 11 Persimpangan Yang Membingungkan 12 Kubu Pertahanan 13 Allah Yang Jauh 14 Perjanjian Yang Teguh 15 Penyakit Ketinggian 16 Terjerumus Dosa Besar 17 Masalah Keluarga 18 Harapan Yang Kandas 19 Robohkan Goliat

sinopsis Dalam kehidupan kita menghadapi banyak ‘Goliat’: tagihan yang tidak terbayar, orang yang tak bisa disenangkan, kebiasaan yang sulit diubah, kegagalan yang tak terlupakan, masa depan yang tak menentu. Namun seperti Daud, Anda dapat menghadapi ‘raksasa’ Anda, meskipun Anda bukan orang yang terkuat, tersiap, ataupun terkudus. Daud. Ia jatuh sesering ia berdiri, tersandung sesering ia menang. Kisah kehidupan Daud dengan segala dinamika pergumulannya yang diungkapkan dalam buku akan menginspirasi Anda. Tuhan yang sama yang menolongnya juga akan menolong Anda.

Penulis. Karya-karyanya masuk dalam setiap daftar buku terlaris: Publishers Weekly, USA Today, The New York Times, Evangelical Christian Publishers Association, dan Christian Booksellers Association. Lebih dari 65 juta bukunya sudah terjual dalam kurun 25 tahun. Satu-satunya penulis yang memenangkan tiga penghargaan Christian Book of the Year (1999: Just Like Jesus; 1997: In the Grip of Grace; 1995: When God Whispers Your Name). Sebagai pengkhotbah, mendapat penghargaan Reader’s Digest sebagai “America’s Best Preacher” (2005) dan dari Christianity Today sebagai “America’s Pastor” (2004). Melayani sebagai Minister of Writing and Preaching di Oak Hills Church, San Antonio, sejak 1988. Menikah dengan Denalyn Lucado, memiliki tiga anak— Jenna, Andrea and Sara—dan satu menantu, Brett. penulis max lucadomax lucado www.maxlucado.comwww.maxlucado.com

BACAAN:BACAAN: 1 Samuel1 Samuel 17:1-5417:1-54

Orang Filistin mengumpulkan tentaranya untuk berperang; mereka berkumpul di Sokho yang di tanah Yehuda dan berkemah antara Sokho dan Azeka di Efes-Damim. (1)

Saul dan orang-orang Israel juga berkumpul dan berkemah di Lembah Tarbantin; mereka mengatur barisan perangnya berhadapan dengan orang Filistin. (2)

Orang Filistin berdiri di bukit sebelah sini dan orang Israel berdiri di bukit sebelah sana, dan lembah ada di antara mereka. (3)

Lembah Tarbantin/Ela

44Lalu tampillah keluar seorangLalu tampillah keluar seorang pendekar dari tentara orang Filistin.pendekar dari tentara orang Filistin. Namanya Goliat, dari Gat.Namanya Goliat, dari Gat. Tingginya enam hasta sejengkal.Tingginya enam hasta sejengkal. 55Ketopong tembaga ada diKetopong tembaga ada di kepalanya, dan ia memakai bajukepalanya, dan ia memakai baju zirah yang bersisik; berat baju zirahzirah yang bersisik; berat baju zirah ini lima ribu syikal tembaga.ini lima ribu syikal tembaga. 66Dia memakai penutup kaki dariDia memakai penutup kaki dari tembaga, dan di bahunya iatembaga, dan di bahunya ia memanggul lembing tembaga.memanggul lembing tembaga. 77Gagang tombaknya seperti pesaGagang tombaknya seperti pesa tukang tenun, dan mata tombaknyatukang tenun, dan mata tombaknya itu enam ratus syikal besi beratnya.itu enam ratus syikal besi beratnya. Dan seorang pembawa perisaiDan seorang pembawa perisai berjalan di depannya.berjalan di depannya.

GOLIAT Pendekar Filistin (4) Keturunan raksasa dari Gat (4) Tinggi: 2,97 m (4) Pakaian: Baju zirah bersisik (berat: 56,7 kg), Ketopong tembaga, Penutup kaki tembaga (5-6) Senjata: Lembing/tombak tembaga (berat mata tombak: 6,8 kg), perisai (6-7), pedang (45) Prajurit sejak masih muda (33)

88Ia berdiri dan berseru kepadaIa berdiri dan berseru kepada barisan Israel, katanya kepadabarisan Israel, katanya kepada mereka: “Mengapa kamu keluarmereka: “Mengapa kamu keluar untuk mengatur barisanuntuk mengatur barisan perangmu? Bukankah akuperangmu? Bukankah aku seorang Filistin dan kamu adalahseorang Filistin dan kamu adalah hamba Saul? Pilihlah bagimuhamba Saul? Pilihlah bagimu seorang, dan biarlah ia turunseorang, dan biarlah ia turun mendapatkan daku.mendapatkan daku. 99Jika ia dapat berperang melawanJika ia dapat berperang melawan aku dan mengalahkan aku, makaaku dan mengalahkan aku, maka kami akan menjadi hambamu;kami akan menjadi hambamu; tetapi jika aku dapat mengunggulitetapi jika aku dapat mengungguli dia dan mengalahkannya, makadia dan mengalahkannya, maka kamu akan menjadi hamba kamikamu akan menjadi hamba kami dan takluk kepada kami.”dan takluk kepada kami.”

1010Pula kata orang Filistin itu:Pula kata orang Filistin itu: “Aku menantang hari ini barisan“Aku menantang hari ini barisan Israel; berikanlah kepadakuIsrael; berikanlah kepadaku seorang, supaya kami berperangseorang, supaya kami berperang seorang lawan seorang.”seorang lawan seorang.” 1111Ketika Saul dan segenap orangKetika Saul dan segenap orang Israel mendengar perkataanIsrael mendengar perkataan orang Filistin itu, maka cemaslahorang Filistin itu, maka cemaslah hati mereka dan sangathati mereka dan sangat ketakutan.ketakutan. 1616Orang Filistin itu majuOrang Filistin itu maju mendekat pada pagi hari danmendekat pada pagi hari dan pada petang hari.pada petang hari. Demikianlah ia tampil ke depanDemikianlah ia tampil ke depan empat puluh hari lamanya.empat puluh hari lamanya.

Apa masalah terbesar yang Anda hadapi saat ini? Goliat apa yang sedang menatap wajah Anda, yang mencela Anda dan menantang Allah untuk menolong Anda? • Penolakan, Kegagalan, Depresi • Hubungan yang retak • Tagihan yang tidak dapat Anda bayar • Kebiasaan buruk yang tidak dapat Anda tolak • Masa lalu yg tidak dapat Anda hapus • Masa depan yang tidak dapat Anda hadapi, dll. R E F L E K S I

Selama 40 hari, dua kali sehari, pagi dan petang, raksasa Filistin itu menantang dengan pongahnya di depan pasukan Israel! (17:16, New Living Translation) Raksasa Anda juga melakukan hal yang sama. Pikiran pertama di pagi hari. Kecemasan terakhir di malam hari. Goliat Anda menguasai hari-hari dan menyusupi kegembiraan Anda. R E F L E K S I Ketika Saul dan pasukannya mendengar tantangan orang Filistin, mereka ketakutan dan kehilangan harapan. (17:11, The Message)

DAUD Gembala domba (15) Anak bungsu dari Efrata, Betlehem-Yehuda (12) Masih muda, kemerah-merahan dan elok parasnya (42) Pakaian: Tidak dapat berjalan dengan baju perang, kemudian menanggalkannya (39) Senjata: tongkat, lima batu licin, umban (40) Belum pernah mencoba baju perang (39)

GOLIAT DAUD Pendekar Filistin (4) Gembala domba (15) Keturunan raksasa dari Gat (4) Anak bungsu dari Efrata, Betlehem-Yehuda (12) Tinggi: 2,97 m (4) Masih muda, kemerah-merahan dan elok parasnya (42) Pakaian: Baju zirah bersisik (berat: 56,7 kg), Ketopong tembaga, Penutup kaki tembaga (5-6) Pakaian: Tidak dapat berjalan dengan baju perang, kemudian menaggalkannya (39) Senjata: Lembing/tombak tembaga (berat mata tombak: 6,8 kg), perisai (6-7), pedang (45) Senjata: tongkat, lima batu licin, umban (40) Prajurit sejak masih muda (33) Belum pernah mencoba baju perang (39)

Jika Anda salah satu dari orang Israel pada masa itu, di manakah Anda akan meletakkan taruhan Anda?

Apakah yangApakah yang membedakan Daudmembedakan Daud dengan orang Israeldengan orang Israel lainnya?lainnya? Apakah kunciApakah kunci kemenangan Daud?kemenangan Daud?

KUNCI #1KUNCI #1 Daud mengenal AllahDaud mengenal Allah secara pribadi,secara pribadi, bukan sekadar tahubukan sekadar tahu tentang Allah.tentang Allah.

Kita dapat mengetahuiKita dapat mengetahui segala sesuatu tentangsegala sesuatu tentang para tokoh terkenal:para tokoh terkenal: alamat, status pernikahan,alamat, status pernikahan, kebiasaan makan, ataukebiasaan makan, atau jadwal harian mereka.jadwal harian mereka. Tetapi mengetahui tentangTetapi mengetahui tentang mereka tidak sama denganmereka tidak sama dengan persahabatan yang intim.persahabatan yang intim.

Seseorang dapat mengetahuiSeseorang dapat mengetahui banyak hal tentang Allah tanpabanyak hal tentang Allah tanpa banyak mengenalnya.banyak mengenalnya. Seseorang dapat mengetahuiSeseorang dapat mengetahui bagaimana cara menafsirkanbagaimana cara menafsirkan Alkitab, metode bersaksi,Alkitab, metode bersaksi, bagaimana menjadi orang tuabagaimana menjadi orang tua Kristen, menjadi pengurusKristen, menjadi pengurus yang efektif, dll. dan tetap tidakyang efektif, dll. dan tetap tidak mengenal Allah.mengenal Allah.

Orang-orang yang mengenal Tuhan: • memiliki keyakinan yang besar untuk mengandalkan Tuhan. 36Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.” 37Pula kata Daud: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.”

Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? … Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? … Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. ROMA 8:31,32,35,37

“Di hadirat Tuhan, kita dapat menilai permasalahan dalam ukuran yang sebenarnya.” Daud Kecil, Raksasa Besar, TUHAN YANG LEBIH BESAR!!!

Orang-orang yang mengenal Tuhan: • memiliki hasrat yang besar untuk memuliakan Tuhan. 46Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah, 47dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”

Orang-orang yang mengenal Tuhan: • memiliki keberanian yang besar untuk bertindak bagi Tuhan. Ketika Goliat itu bergerak maju untuk menyerang, Daud segera berlari untuk menyambutnya. (17:48, New Living Translation)

Orang-orang yang mengenal Tuhan:Orang-orang yang mengenal Tuhan: • memilikimemiliki keyakinankeyakinan yang besaryang besar untukuntuk mengandalkanmengandalkan TuhanTuhan (17:34-37).(17:34-37). • memilikimemiliki hasrathasrat yang besar untukyang besar untuk memuliakanmemuliakan Tuhan (17:46-47).Tuhan (17:46-47). • memilikimemiliki keberaniankeberanian yang besaryang besar untukuntuk bertindakbertindak bagi Tuhanbagi Tuhan (17:48).(17:48).

Mengenal Allah bukan sekadar melibatkan pemahaman, tetapi juga melibatkan pengalaman berjalan bersama Dia dalam menghadapi ‘raksasa-raksasa’ tantangan dan kesulitan hidup. Mari kita menggunakan pengalaman- pengalaman sulit kita sebagai kesempatan untuk MENGALAMI TUHAN! REFLEKSI

KUNCI #2KUNCI #2 Daud lebihDaud lebih memusatkanmemusatkan perhatiannya kepadaperhatiannya kepada Allah, bukan padaAllah, bukan pada masalah.masalah.

2626Lalu berkatalah Daud kepadaLalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri diorang-orang yang berdiri di dekatnya: “Apakah yang akandekatnya: “Apakah yang akan dilakukan kepada orang yangdilakukan kepada orang yang mengalahkan orang Filistin itu danmengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh dariyang menghindarkan cemooh dari Israel? Siapakah orang FilistinIsrael? Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini, sampai iayang tak bersunat ini, sampai ia berani mencemoohkan barisanberani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang hidup?”dari pada Allah yang hidup?” Kata-kata pertama Daud mengenai situasi ini. Para prajurit tidak menyebut apa pun tentang Dia. Kakak-kakaknya tidak pernah menyebutkan nama-Nya. Daud tampil untuk berbicara tentang Allah yang hidup.

3434Tetapi Daud berkata kepada Saul:Tetapi Daud berkata kepada Saul: “Hambamu ini biasa menggembalakan“Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singakambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor dombaatau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,dari kawanannya, 3535maka aku mengejarnya,maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu darimenghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdirimulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkapmenyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya danjanggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.membunuhnya. 3636Baik singa maupun beruangBaik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orangtelah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan samaFilistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu,seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari padakarena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.”Allah yang hidup.” 3737Pula kata Daud: “TUHANPula kata Daud: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singayang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akandan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.”melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” Kata-kata Daud ketika bertemu dengan Raja Saul. Tidak ada obrolan tentang petempuran atau pertanyaan tentang perimbangan kekuatan. Hanya pernyataan tentang kuasa Allah dan pengalaman pribadi bersama-Nya.

4545Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu:Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan"Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangitombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam,engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. 4646Hari ini juga TUHAN akan menyerahkanHari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akanengkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggalmengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akankepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orangmemberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara danFilistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruhkepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah, 4747dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwadan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedangTUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangandan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia punTUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.” Kata-kata Daud ketika bertemu dengan Goliat. Tidak ada seorang pun yang berbicara tentang Allah. Daud tidak membicarakan pribadi lain kecuali Allah.

Hanya ada dua pengamatan dan komentar Daud mengenai Goliat. Keduanya sangat sinis: Ada sembilan petunjuk dan komentar Daud mengenai Allah. Daud lebih memusatkan pikirannya kepada Allah: 2626SiapakahSiapakah orang Filistin yang tak bersunat iniorang Filistin yang tak bersunat ini, sampai ia, sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yg hidup?berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yg hidup? 3636DanDan orang Filistin yang tidak bersunat ituorang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telahseperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup. ““barisan dari padabarisan dari pada AllahAllah yang hidup” (26)yang hidup” (26) ““barisan dari padabarisan dari pada AllahAllah yang hidup” (36)yang hidup” (36) ““TUHANTUHAN semesta alam,semesta alam, AllahAllah segala barisan Israel” (45)segala barisan Israel” (45) ““TUHANTUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tangankuakan menyerahkan engkau ke dalam tanganku … supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai… supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai AllahAllah” (46)” (46) ““TUHANTUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang danmenyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tanganbukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANTUHANlahlah pertempuran danpertempuran dan IaIa pun menyerahkan kamu ke dalampun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.“ (47)tangan kami.“ (47) 2 9

Lebih dari sekadarLebih dari sekadar ““Daud vs Goliat”,Daud vs Goliat”, kisah ini merupakankisah ini merupakan pertentangan antarapertentangan antara ““fokus kepada Allah vsfokus kepada Allah vs fokus kepada raksasa”fokus kepada raksasa”

Fokus kepada Allah Fokus kepada raksasa 9 2 Kasih karunia Allah Kesalahan Anda Daftar berkat Allah Daftar keluhan Anda Harapan Ketakutan Kekuatan Allah Tuntutan hidup Anda

Fokus pada raksasa:Fokus pada raksasa: Anda akan tersandung.Anda akan tersandung. Fokus pada Allah:Fokus pada Allah: Raksasa akan tumbangRaksasa akan tumbang

Bagaimana Anda dapat mulai memusatkan perhatian kepada Allah— pada kuasa, hikmat, dan kemuliaan-Nya—dan mengalihkan perhatian dari Goliat? REFLEKSI

Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. (17:40)

1. Batu Pengalaman (PAST) 2. Batu Doa (PRAYER) 3. Batu Prioritas (PRIORITY) 4. Batu Pandangan (PERSPECTIVE) 5. Batu Ketekunan (PERSEVERANCE) Ambillah lima batu, buatlah lima keputusan:

Ingat kembali kemenangan- kemenangan yang Allah berikan pada masa lalu (1Sam 17:34-36). “Tuliskanlah kecemasan Anda hari ini di atas pasir. Pahatlah kemenangan- kemenangan kemarin di atas batu.” Batu Pengalaman (PAST)

Bagaimana Daud sebagai buronan mampu bertahan hidup di gua-gua? (Mzm 57:1b-3) “Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.” (Yes 26:3) Batu Doa (PRAYER)

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” FILIPI 4:6-7 Batu Doa (PRAYER)

Daud memiliki prioritas tertingginya: menjaga kemuliaan nama Allah (1Sam 17:46-47). “Anggaplah pergumulan Anda sebagai kanvas Allah. Di atas kanvas itu Dia akan melukiskan supremasi-Nya yang beraneka warna.” Batu Prioritas (PRIORITY)

Daud berlari menyongsong, bukan manjauhi raksasanya (1Sam 17:48). “Di hadirat Tuhan, kita dapat melihat semua permasalahan dalam ukuran dan proporsi yang sebenarnya.” Batu Pandangan (PERSPECTIVE)

Terus bertekun dalam keempat hal sebelumnya. Daud juga harus menghadapi saudara- saudara Goliat yang juga bertubuh raksasa (2Sam 21:16-22). Batu Ketekunan (PERSEVERANCE)

Angkatlah matamu, penakluk ‘raksasa’! Allah yang membuat titik balik bagi Daud siap membuatnya juga bagimu.

Add a comment

Related presentations

How to do Voodoo

How to do Voodoo

November 11, 2014

How to do Voodoo Are you working too hard and not getting the results?? Well,...

LA VERDAD SOBRE LA MUERTE

LA VERDAD SOBRE LA MUERTE

October 24, 2014

Donde van las personas despues de muerto?

Son simples cuestiones que, aunque puedan resultar a priori inocentes, albergan in...

"The souls of the just are in the hand of God, and no torment shall touch them. " ...

Boletín de 02/11/2014

Boletín de 02/11/2014

November 1, 2014

Boletín de 02/11/2014

Omms News 10-07-2014

Omms News 10-07-2014

November 4, 2014

Omms News 10-07-2014

Related pages

Facing Your Giants eBook by Max Lucado - Kobo

Lesen Sie Facing Your Giants The God Who Made a Miracle Out of David Stands Ready to Make One Out of You von Max Lucado mit Kobo. You know your Goliath.
Read more

Facing Your Giants: God Still Does the Impossible (English ...

Facing Your Giants: God Still Does the Impossible (English Edition) eBook: Max Lucado: Amazon.de: Kindle-Shop
Read more

Facing Your Giants: God Still Does the Impossible: Max ...

Facing Your Giants: God Still Does the Impossible [Max Lucado] on Amazon.com. *FREE* shipping on qualifying offers. You know your Goliath. You recognize ...
Read more

Max Lucado sermon on Facing Your Giants - SermonCentral

Facing Your Giants sermon, Facing Your Giants sermon by Max Lucado, Max Lucado takes you through - 1 Samuel - Hardship of Life Sermons
Read more

Facing Your Giants by Max Lucado - YouTube

Facing Your Giants, the new book from Max Lucado. You know your GOLIATH. You recognize his walk, the THUNDER of his voice. But like David, you ...
Read more

Facing your Giants: Amazon.de: April D Crenshaw ...

Facing your Giants: Amazon.de: April D Crenshaw: Fremdsprachige Bücher. Amazon.de Prime testen Fremdsprachige Bücher. Los ...
Read more

Facing Your Giants - YouTube

Bishop Quincy Lavelle Carswell, Senior Pastor of the Covenant Church in Decatur, GA, preaching "Facing Your Giants
Read more

Facing Your Giants Study Guide: ebook jetzt bei weltbild.de

eBook Shop: Facing Your Giants Study Guide als Download. Jetzt eBook sicher bei Weltbild runterladen & bequem mit Ihrem Tablet oder eBook Reader lesen.
Read more

Facing Your Giants - SoundFaith

Facing Your Giants. Daniel Waller. Sermon ... I. Facing our Giants. A. David and Goliath (1 Samuel 17) Goliath 9.5’ / armor 125LB/ ...
Read more