advertisement

E - Mail

33 %
67 %
advertisement
Information about E - Mail
Education
moh

Published on March 5, 2014

Author: zhyperz007

Source: slideshare.net

Description

Pengertian dan Sejarah E-Mail
advertisement

Moh. Rizky Ramadhan

Pegertian E-Mail E-mail adalah singkatan dari Elektronik Mail yang dalam bahasa indonesia berarti “Surat Elektronik”. Mengapa surat elektronik?. Karena e-mail merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau telepon seluler (hp). Dalam pengertian diatas, jika dibuat lebih spesifik E-Mail (Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu.

Sejarah E-Mail Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain. Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif.

Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada". Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.

Perkembangan E-Mail Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas. Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampai pesannya

Komponen E-Mail Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan identitas pemilik email tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

1. E-mail Berbasis SMTP/POP E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas email pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator.

2. E-mail Berbasis Web E-mail berbasis web tentunya lebih mudah dan gratis. Akses dilakukan dengan melalui fasilitas internet. Biasanya para pengguna menggunakan jasa dari layanan web mail gratis misalnya yahoomail atau gmail. Contoh: G-Mail Yahoo

3. E-mail Forwarding E-mail Forwading adalah layanan E-mail yang meneruskan E-mail yang diterimanya ke alamat E-mail kita yang lain. E-mail ini bermanfaat untuk pengguna yang sering atau suka berganti-ganti alamat E-mail. Kelebihannya kita bisa menyembunyikan alamat E-mail yang sesungguhnya. Kelemahannya dalam mengecek E-mail harus terhubung dengan internet, karena sifatnya hanya sebagai perantara. Email ini membutuhkan waktu yang relative lama agar sampai ke alamat E-mail sesungguhnya.

Jenis E-Mail Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. A. Pop Mail E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda Kelebihan: Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Kekurangan: Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat

B. Web Based Mail Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web Kelebihan: Anda bisa mencek email anda dari mana saja Kekurangan: Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.

Mengakses E-Mail Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP. * Menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.

* Menggunakan program pengakses email (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

Cara Singkat Mengirim E-Mail 1. Buka web media yang ingin digunakan. Disini kita menggunakan Yahoo!. Kemudian Log In 2. Setelah berhasil masuk ke e-mail Yahoo! Anda, kemudia klik menu “Compose Message” 3. Lalu akan tampil halaman pengiriman e-mail 4. Masukan alat e-mail yang ingin dituju pada kotak “To” 5. Isikan “Subject” untuk menambahkan judul pada pengiriman e-mail tersebut 6. Masukan kata kata atau format lampiran pada “Kotak besar” dibawah. 7. Jika sudah, kemudian kirim e-mail tersebut dengan menekan button “Send atau Kirim” pada Tampilan tersebut.

SEKIAN & TRIMAKASIH

Add a comment

Related presentations

Related pages

E-Mail Center Login

Die Anwendung verwendet eine nicht unterstützte OpenID-Version. Bitte schließen Sie das Fenster. Impressum
Read more

WEB.DE - E-Mail-Adresse kostenlos, FreeMail, De-Mail ...

E-Mail-Login; News; Unwetter in Deutschland; Flugzeugabsturz Egyptair; Flüchtlingskrise in Deutschland und Europa; Kampf gegen den Islamischen Staat (IS)
Read more

GMX: Email-Adresse, FreeMail, De-Mail & Nachrichten

Portal des FreeMail-Pioniers mit Nachrichten und vielen Services. Kostenlos mit GMX FreeMail: E-Mail-Adresse, 1 GB Mail Speicher, Free SMS.
Read more

E-Mail – Wikipedia

Die (auch das) E-Mail (engl. [ˈiːmeɪl], auch mit deutscher Aussprache [ˈiːmeːl], kurz Mail; engl. electronic mail für „elektronische Post“ oder ...
Read more

Yahoo Mail – Kostenlos mit 1 TB Speicherplatz

Eine E-Mail zu verfassen, sollte sowohl persönlich als auch produktiv sein. Mit Yahoo Mail können Sie Ihre Nachricht mithilfe schöner Vorschau-Links ...
Read more

E-Mail - Telekom | Kundencenter

Erleben, was verbindet. Kundencenter Festnetz. Zum Kundencenter Mobilfunk
Read more

Ihre E-Mail-Adresse @t-online.de

Mail & Cloud S (bisher E-Mail Basic), Freemail und Mail & Cloud M (bisher E-Mail Paket) und Mail & Cloud L bieten Ihnen viel Sicherheit und Mobilität bei ...
Read more

Yahoo - login

Yahoo makes it easy to enjoy what matters most in your world. Best in class Yahoo Mail, breaking local, national and global news, finance, sports, music ...
Read more

E-Mail von mail.de – Ihre E-Mail Adresse - mail.de GmbH

E-Mail von mail.de - Ihre neue E-Mail Adresse. Richten Sie sich jetzt Ihre E-Mail Adresse ein und genießen Sie die vielen Komfort Funktionen. Jetzt ...
Read more

Kostenlose E-Mail-Adresse - freenetmail Basic

Das kostenlose E-Mail-Postfach mit 1GB Online-Speicher und sicheren Spamschutz made in Germany. Schnell und einfach anmelden.
Read more