Difusi sel welly andri

50 %
50 %
Information about Difusi sel welly andri
Education

Published on April 22, 2014

Author: Terasingdilautan

Source: slideshare.net

Oleh : Welly Andri

TRANSPOR PASIF Adalah perpindahan molekul atau ion tanpa menggunakan energi sel. Perpindahan molekul tersebut terjadi secara spontan dari konsentrasi tinggi ke rendah. Contoh transport pasif adalah difusi dan osmosis.

DIFUSI Adalah perpindahan molekul- molekul dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah baik melalui membran plasma ataupun tidak. Difusi dapat diartikan perpindahan zat (padat, cair, dan gas) dari larutan konsentrasi tinggi (hipertonis) ke larutan dengan konsentrasi rendah (hipotenis). Dengan kata lain setiap zat akan berdifusi menuruni gradien konsentrasinya.

DIFUSI Hasil dari difusi adalah konsentrasi yang sama antara larutan tersebut dinamakan isotonis. Kecepatan zat berdifusi melalui membran sel tidak hanya tergantung pada gradien konsentrasi, tetapi juga pada besar, muatan, dan daya larut dalam lemak (lipid). Membran sel kurang permeabel terhadap ion-ion (Na +, Cl–, K+) dibandingkan dengan molekul kecil yang tidak bermuatan.

DIFUSI Dalam keadaan yang sama molekul kecil lebih cepat berdifusi melalui membran sel daripada molekul besar. Molekul-molekul yang bersifat hidrofobik dapat bergerak dengan mudah melalui membran daripada molekul-molekul hidrofolik. Molekul- molekul yang besar dan ion dapat bergerak melalui membran. Molekul dan ion yang terlarut dalam air bergerak secara acak dengan konstan. Gerakan acak ini mendorong terjadinya difusi.

DIFUSI  Proses ini merupakan perpindahan molekul larutan berkonsentrasi tinggi menuju larutan berkonsentrasi rendah tanpa melalui selaput membran. Gambar 1.14 menunjukkan proses terjadinya difusi. Pada permulaan percobaan se-mula molekul glukosa ada di bagian A.  Setelah beberapa saat, proses difusi menyebabkan konsentrasi glukosa di A turun dan di B naik dengan kecepatan yang sama. Setelah 3 jam, konsentrasi pada kedua ruang tersebut sama dan keseimbangan akan tercapai.

Difusi pada membran sel (selaput plasma) dapat terlihat pada Gambar 1.15! Proses difusi sering terjadi pada tubuh kita. Tanpa kita sadari, tubuh kita selalu melakukan proses ini, yaitu pada saat kita menghirup udara. Ketika menghirup udara, di dalam tubuh akan terjadi pertukaran gas antarsel melalui proses difusi. Contoh lain proses difusi adalah saat kita membuat minuman sirup. Sirup yang kita larutkan dengan air akan bergerak dari larutan yang konsentrasinya tinggi ke larutan yang konsentrasinya rendah.

Difusi dapat dibedakan menjadi dua : 1. Difusi sederhana 2. Difusi terbantu (facilitated diffusion)

Difusi sederhana Molekul zat dapat berdifusi secara spontan hingga dicapai kerapatan yang sama dalam suatu ruangan. Sebagai contoh, setetes parfum akan menyebar ke seluruh ruangan (difusi gas di dalam medium udara).

Difusi terbantu (facilitated diffusion) Difusi terbantu merupakan proses difusi dengan perantara protein pembawa ( carrier protein). Arah perpindahan molekul seperti halnya pada difusi biasa yaitu dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, hanya saja protein pembawa membantu proses perpindahan molekul ini.

Difusi terbantu (facilitated diffusion) Difusi terfasilitasi melibatkan difusi dari molekul polar dan ion melewati membran dengan bantuan protein transpor. Protein transpor merupakan protein khusus yang menyediakan suatu ikatan fisik bagi molekul yang sedang bergerak. Protein transpor juga merentangkan membran sel sehingga menyediakan suatu mekanisme untuk pergerakan molekul. Difusi terfasilitasi juga merupakan transpor pasif karena hanya mempercepat proses difusi dan tidak merubah arah gradien konsentrasi.

Difusi terbantu (facilitated diffusion) Difusi terbantu merupakan transpor melalui media pembawa. Pada proses ini, molekul diikat oleh reseptor pada sisi luar sel dan dilewatkan melalui membran plasma oleh protein transmembran yang telah mengalami perubahan susunan. Setelah itu, protein pembawa kembali pada susunan semula. Protein pembawa juga dapat membuat celah yang dapat dilalui oleh ion-ion seperti Cl – dan Na +.

Kecepatan Difusi Seberapa cepat zat terlarut dapat berdifusi bergantung pada lima faktor : 1. Ukuran 2. Suhu 3. Perbedaan Gradien konsentrasi 4. Muatan 5. Tekanan

Bagaimana zat menembus membran ? Permeabilitas selektif adalah sifat yang timbul dari struktur membran. Lipid bilayer membiarkan gas dan molekul non polar menembusnya secara mudah, tetapi membran bersifat impermeabel terhadap ion dan molekul besar, polar. Protein transpor pasif membuarkan

VIDEO ANIMASI PROSES DIFUSI

SIMULASI PROSES DIFUSI SEDERHANA

SIMULASI PROSES DIFUSI SEDERHANA

Osmosis Osmosis adalah perpindahan molekul air melalui selaput semipermiabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer.

Membran semipermiabel adalah selaput pemisah yang hanya bisa ditembus oleh air dan zat tertentu yang larut di dalamnya. Secara umum, membrane tersebut permiabel terhadap air dan zat-zat kecil dan tidak bermuatan. Misalnya molekul air dapat bergerak melewati dinding sel. Pelarut air yang dimaksud dalam proses osmosis adalah air dalam keadaan bebas yang tidak terikat dengan jenis molekul yang lain, seperti gula, protein, atau molekul yang lain.

Faktor yang mempengaruhi Osmosis : 1. Ukuran molekul yang meresap: Molekul yang lebih kecil daripada garis pusat lubang membran akan meresap dengan lebih mudah. 2. Keterlarutan lipid: Molekul yang mempunyai keterlarutan yang tinggi meresap lebih cepat daripada molekul yang kelarutan yang rendah seperti lipid. 3. Luas permukaan membran: Kadar resapan menjadi lebih cepat jika luas permukaan membran yang disediakan untuk resapan adalah lebih besar. 4. Ketebalan membran: Kadar resapan sesuatu molekul berkadar songsang dengan jarak yang harus dilaluinya. Berbanding dengan satu membran yang tebal, kadar resapan melalui satu membran yang tipis adalah lebih cepat. 5. Suhu: Pergerakan molekul dipengaruhi oleh suhu. Kadar resapan akan menjadi lebih cepat pada suhu yang tinggi dibandingkan dengan suhu yang rendah.

Osmosis merupakan difusi air melintasi membran semipermeabel dari daerah dimana air lebih banyak ke daerah dengan air yang lebih sedikit . Osmosis sangat ditentukan oleh potensial kimia air atau potensial air , yang menggambarkan kemampuan molekul air untuk dapat melakukan difusi. Sejumlah besar volume air akan memiliki kelebihan energi bebas daripada volume yang sedikit, di bawah kondisi yang sama.

Perbedaan difusi dan osmosis adalah : Difusi perpindahan zat sedangkan osmosis hanya perpindahan air saja Difusi adalah penyebaran partikel dari larutan konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah tidak melalui semi permeabelsedangkan osmosis adalah perpindahan larutan konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi lewat membran semi permeabel

Perbedaan difusi dan osmosis adalah : Membran semi permeabel hanya dapat melewatkan air dan materi kecil tanpa muatan secara searah jadi istilah difusi merupakan generalisasi dari osmosis. Difusi diperuntukan bagi partikel secara umum, sedangkan osmosis khusus untuk larutan.

Add a comment

Related presentations

Related pages

Membran Sel Bersifat Impermeabel Terhadap Zat-zat - Accueil

... sel adalah contoh membran yang bersifat semipermebell membran sel bersifat impermeabel fungsi uang cache sukrosa difusi sel welly andri cache apr ...
Read more

Cell | Andri Karina - Academia.edu

Andri Karina. Download PDF ... Transpor pasif / perpindahan molekul tanpa menggunakan energi sel. Perpindahannya spontan 10 Difusi/ penyebaran molekul zat ...
Read more

catebe(class ten b amazing)andri.p@Smansal mlp: LAPORAN ...

Andri purnama ... biologi yaitu tentang pengamatan terjadinya difusi dan ... melihat sayatan sel gabus pada mikriskop berupa ruangan ...
Read more

difusi | Yunita Anggraeni - Academia.edu

Pengaruh Konsentrasi Larutan Teres dalam Larutan Sirup 1 % terhadap Waktu Difusi Cair ke ... di dalamn)a masuk dan keluar sel ... Andrie Man)tah dan ...
Read more

RESPIRASI - Scribd - Read Unlimited Books

... pengambilan oksigen oleh sel didahului oleh pelarutan oksigen dalam medium air • Respirasi dapat terjadi melalui difusi pada hewan ... Andri. Andri ...
Read more