Desain pembelajaran PNF landasaan berfikir

25 %
75 %
Information about Desain pembelajaran PNF landasaan berfikir
Education

Published on March 18, 2014

Author: S4f3tyLi9ht

Source: slideshare.net

DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NON FORMAL

KELOMPOK 1 Afifah turohmah 1201412001 Taufik akbar soleh 1201412007 Mar’atus solihah 12014120 Ririn kurniawati 12014120 Agus sholehudin 12014120 Diyah ajeng 12014120 Tatag pratama aji 12014120

A. PENGERTIAN DESAIN PEMBELAJARAN

REIGELUTH, 1983 Desain pembelajaran adalah kisis-kisi dari penerapan teori belajar dan pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar seseorang.

ROTHWELL & KANZANAZ, 1992 Disain pembelajaran terkait dengan peningkatan mutu kerja seseorang dan pengaruhnya bagi organisasi. Bagi mereka, peningkatan kinerja berarti peningkatan kinerja rganisasi. Disain pembelajaran melakukan hal tersebut melalui suatu model kinerja manusia.

REISER, 2002 Baginya, disain pembelajaran berbentuk rangkaian prosedur sebagai suati system untuk pengembangan program pendidikan dan pelatihan dengan konsisten, dan teruji. Desain pembelajaran juga sebagai proses yang rumit tapi kreatif, aktif, dan berulang-ulang.

DICK, CAREY & CAREY, 2005 Ketiga pakar teknologi pendidikan ini menegaskan penggunaan konsep pendekatan system sebagai landasan pemikiran suatu disain pembelajaran. Umumnya pendekatan system terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Desain pembelajaran mencakup seluruh proses yang di laksanakan pada pendekatan system.

EMPAT KOMPONEN Peserta Didik Ada berbagai istilah yang digunakan untuk peserta didik, seperti siswa, mahasiswa, peserta pelatihan, warga belajar dan lain- lain.

Tujuan Pembelajaran Setiap perumusan tujuan belajar harus dikembangkan berdasarkan kompetensi atau kinerja yang harus dimiliki peserta didik setelah proses belajar selesai. Jika tujuan yang ingin dicapai dirasa sulit, maka dapat dibuat sebagai subkompetensi yang bertahap dan mudah dicapai.

Metode Metode adalah cara-cara atau teknik yang dianggap jitu untuk menyampaikan materi ajar. Metode sebagai strategi pembelajaran dapat dikaitkan dengan media dan waktu yangtersedia untuk belajar.

Penilaian Dalam konsep ini, nilai dinggap sebagai sangat penting sebagai indikator keberhasilan suatu tujuan belajar yang telah dirumuskan sebelumnya.

ANALISIS TOPIK TUJUANTOPIK PERBAIKAN PERBAIKAN PEMBELAJAR AN PENILAIAN

B. DASAR PEMIKIRAN Sebelumnya, esensi disain pembelajaran hanyalah mencakup empat komponen (siswa, tujuan, metode, dan evaluasi) serta analisis topik. Empat komponen di bawah di pengaruhi oleh, teori belajar dan pembelajaran, sedangkan analisis topic merupakan disain pembelajaran yang di hasilkan dari disiplin ilmu tertentu.

A. BERORIENTASI PADA PESERTA DIDIK - Karakteristik umum Sifat internal peserta didiklah yang mempengaruhi penyampaian materi - Kemampuan awal (pra syarat) Sebagai dasar untuk peserta didik sebelum mempelajari kemampuan baru - Gaya belajar merupakan aspek psikologi yang berdampak terhadap penguasaan kemampuan/ kompetensi SIFAT DESAIN PEMBELAJARAN

B. Alur Berpikir Sistem atau Sistematik Merupakan kerangka berfikir yang harus diterapkan secara optimal dalam desain pembelajaran. Sistem merupakan rangkaian dari komponen dengan fungsi yang berbeda-beda. Keberhasilan dan kegagalan dalam pelaksanaanya dapat disebabkan oleh salah satu komponen saja. C. Empiris dan berulang Setiap model desain pembelajaran bersifat empiris. Dan segala model yang diajukan oleh pakar sudah melalui berbagai uji coba yang mereka lakukan sendiri sebelum dipublikasikan.

TEORI KOMUNIKASI Desain pembelajaran menerapkan berbagai teori (teori belajar, teori pembelajaran, komunikasi, psikologi, informasi,dsb). Teori belajar mengkaji kejadian belajar dalam diri seorang Teori pembelajaran adalah faktor eksternal yang memfasilitasi proses belajar. Esensi perbedaan antara 2 teori ini terletak dalam sifat keilmuanya. Teori pembelajaran bersifat Preskriptif (menyarankan begaimana sebaiknya proses belajar diselenggarakan) lebih banyak belajar mengenai The Learning. Teori belajar bersifat Deskriptif ( menjelaskan

Menurut teori Berlo dalam suatu KBM konvensional, pengajar sebagai pengirim pesan (materi ajar). Kemudian peserta didik sebagai penerima pesan atau topik yang disampaikan oleh pengajar mencerna materi. Umpan balik merupakan respons peserta didik terhadap topik yang d sampaikan oleh pengajar.

Proses belajar seseorang dapat di pengaruhi oleh faktor internal peserta didik itu sendiri dan faktor eksternal yaitu pengaturan kondisi belajar. Proses belajar terjadi karena sinergi memori jangka pendek dan jangka panjang diaktifkan melalui penciptaan faktor eksternal yaitu pembelajaran atau lingkungan belajar.

MENURUT MAGNESEN, BELAJAR TERJADI DENGAN: MEMBACA SEBANYAK 10% MENDENGAR 20% MELIHAT 30% MELIHAT DAN MENDENGAR 50% MENGATAKAN 70% MENGATAKAN SAMBIL MENGERJAKAN 90% Seseorang yang belajar dan terlibat langsung dengan suatu kegiatan atau mengerjakan sesuatu dianggap sebagai cara yang terbaik dan bertahan lama.

Dalam teori ini penyajian materi bisa dimulai dari yang termudah secara bertahap ke arah materi yang lebih sukar. Dengan kata lain materi yang bersifat sederhana sebaiknya dijelaskan terlebih dahulu, sehingga jika diberikan materi yang lebih rumit peserta diidik tidak terlalu kaget.

DESAIN PEMBELAJARAN Desain pembelajaran hasil, kerja sama dan sinergi suatu tim : Tim penyusun bersifat sistematik, yaitu berperan sesuai profesi masing-masing, tidak tumpang tindih 1. Desainer 2. Pengajar (guru, dosen, intruktur, trainers) 3. Ahli materi 4. Penilaian

ANALISIS KEBUTUHAN Analisis kebutuhan adalah, penulusuran tentang proses belajar, kebutuhan peserta didik serta harapan yang harus dicapai dalm proses belajar lanjutan. Analisis kebutuhan bermanfaat antara lain utuk menentukan : 1. Pengalaman belajar yang harus dimiliki atau kemampuan persyaratan yang dikuasai sebelum suatu proses belajar. 2. Rumusan tujuan pembelajaran serta analisis tugas yang harus dilaksanakan 3. Penyajian materi dimulai dengan metode, media, jangka waktu atau strategi pembelajaran apa yang diterapkan. 4. Dukungan dan hambatan terhadap proses belajar

E. BEBERAPA ISTILAH TERKAIT DESAIN PEMBELAJARAN Uraian dibawah menegaskan masing-masing istilah tersebut dengan mengembangkan sebagai konsep :  Pengembangan Pembelajaran (Intructional Development)  Sistem Pembelajaran (Intructional Sytems)

KESIMPULAN Desain pembelajaran adalah kisi – kisi dari penerapan teori belajar dan pembelajaran untuk memfasilatasi proses belajar seseorang. Dasar pemikiran dalam desain pembelajaran mencakup 4 komponen : Siswa, tujua, metode, evaluasi. Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam desain pembelajaran : Berorientasi pada peserta didik, sistematik, empiris dan berulang. Beberapa teori yang paling menonjol adalah teori komunikasi, belajar dan pembelajaran.

TERIMAKASIH

Add a comment

Related presentations

Related pages

Hakikat Pendidikan, Pembelajaran Dan Sistem - scribd.com

... PEMBELAJARAN DAN SISTEM ... perbedaan cam berfikir. 01ganisasi. maka ... apa itu pembelajaran. Guru membuat desain ...
Read more

Hakikat Pendidikan, Pembelajaran Dan Sistem - id.scribd.com

... PEMBELAJARAN DAN SISTEM PEMBELAJARAN ... yang selanjutnya disebut BAN-PNF adalah badan evaluasi mandiri yang ... dalam desain instruksional ...
Read more

Hakikat Pendidikan, Pembelajaran Dan Sistem - es.scribd.com

... PEMBELAJARAN DAN SISTEM PEMBELAJARAN ... tingkatan perbedaan cam berfikir. ... desain instruksional. Pembelajaran mengandung arti setiap ...
Read more