advertisement

Contoh soal kalimat tanya

50 %
50 %
advertisement
Information about Contoh soal kalimat tanya
Education

Published on March 6, 2014

Author: ddlomy1

Source: slideshare.net

advertisement

KALIMAT TANYA 1. Cermati paragraph di bawah ini secara seksama Mesin fotokopi dapat melaksanakan fungsi penggandaan, di satu pihak sama dengan alat reproduksi foto atau potret, di pihak lain mirip dengan alat cetak. Bedanya alat reproduksi foto memerlukan klise, fotokopi tidak memerlukan klise. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraph di atas adalah . . . A. Apakah yang dimaksud mesin fotokopi? B. Mengapa mesin fotokopi diciptakan? C. Apakah fungsi mesin fotokopi? D. Dapatkah mesin fotokopi dipergunakan? E. Bagaimana mengoperasikan mesin fotokopi? 2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Pada tahun 2012 pelancong luar negeri yang datang ke Indonesia diprediksi akan mencapai 8 juta orang. Target tersebut naik 3,9% dibandingkan target tahun 2011, yakni sebesar 7,7 juta wisatawan. Nia niscaya, Direktur Jenderal Promosi Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parenkraf), berpendapat kenaikan tersebut disebabkan oleh peningkatan promosi pariwisata Indonesia. Tidak menutup kemungkinan, target tahun 2012 tersebut bisa tercapai. Survei Minat Wisata Global 2011 menunjukkan, 4,25% pelancong global ingin mengunjungi Indonesia dalam dua tahun mendatang. Riset dilakukan PT Visa Worldwide Indonesia terhadap 11.620 responder dari 23 negara. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ... A. Berapa jumlah pelancong luar negeri yang datang tahun 2012? B. Bagaimana persiapan Pemerintah untuk menyambut kedatangan pelancong luar negeri? C. Apa upaya Pemerintah Indonesia untuk memperbaiki sarana prasarana pariwisata Indonesia? D. Bagaimana hasil Survei Minat Wisata Global 2011 ? E. Apa yang menyebabkan wisatawan luar negeri tertarik datang ke Indonesia?

3. Perhatikan paragraf berikut ini! Tidak hanya barang-barang China yang beredar di pasar Indonesia. Barangbarang Indonesia pun kini menyerbu negeri Tirai Bambu. Bahkan, untuk pertama kalinya, ekspor Indonesia ke China lebih tinggi jika dibandingkan dengan impor Indonesia dari China. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesia dengan China mengalami surplus US$106,9 juta. Kalimat tanya berikut ini yang berbentuk klarifikasi adalah ... A. Mengapa ekspor Indonesia ke China lebih tinggi daripada impor Indonesia dari China? B. Bagaimana kondisi ekspor Indonesia saat ini? C. Benarkah ekspor Indonesia ke China lebih tinggi daripada impor Indonesia dari China? D. Berapa surplus ekspor-impor Indonesia dengan China menurut BPS? E. Apa saja barang yang diekspor Indonesia ke China? 4. Perhatikan paragraf berikut ini! Setiap hari Jum’at sekolah kami mengadakan kegiatan Jum’at Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jum’at Bersih pada minggu ini tidak hanya sekedar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ke-1 adalah. … A. Apa yang diadakan sekolah setiap hari jum’at ? B. Di mana pertama kali penghuni kelas melakukan kegiatan mengharumkan sekolah ? C. Apa tujuan dilakukan kegiatan mengharumkan sekolah ? D. Siapa yang bertanggungjawab atas kebersihan dan keharuman sekolah ? E. Apakah nama sekolah yang mengadakan jum’at bersih?

5. Perhatikan paragraf berikut ini! Penerimaan Siswa Baru (PSB) baru akan dimulai pertengahan Juni. Namun, Dinas Pendidikan sudah mempersiapkan infrastruktur, diantaranya membangun gedung sekolah dan ruang kelas baru. Tujuanya supaya kekurangan daya tampung di sekolah negeri yang terjadi setiap tahun bisa teratasi. Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf pertama adalah . . . A. Mengapa Dinas Pendidikan mempersiapkan infrastruktur? B. Bagaimana proses membangun gedung sekolah dan ruang kelas baru ? C. Siapa yang memberi pelatihan kepada para guru ? D. Kapan diadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga ? E. Apakah tujuan Penerimaan Siswa Baru (PSB) ? 6. Perhatikan paragraf berikut ini! Semua kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 2 Banjarbaru dilakukan setiap hari Jumat, pukul 15.00-17.00. Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan setiap hari Sabtu adalah pramuka, PMR, olahraga, seni tari, seni musik, dan kerohanian. Setiap kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh dua guru pembimbing. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut dilaksanakan di ruangan dan tempat yang berbeda. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf adalah . . . A. Mengapa setiap kegiatan ekstrakurikuler hanya diberikan dua guru pendamping? B. Mengapa kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Banjarbaru dilakukan pada hari yang sama? C. Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Banjarbaru? D. Apa yang terjadi jika kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Banjarbaru tidak dilaksanakan? E. Apa yang dilakukan siswa SMK Negeri 2 Banjarbaru pada hari Jumat dari siang sampai sore?

7. Perhatikan paragraf berikut ini! Musim hujan yang masih berlangsung masih berlangsung hingga akhir tahun 2010 di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menguntungkan para petani sayur. Hal tersebut dikarenakan tanaman petani di Temanggung membutuh air yang cukup. Tanaman petani di Temanggung dapat tumbuh subur tanpa harus disirami. Kalimat tanya berikut yang bertujuan menemukan informasi adalah . . . A. Bagaimana musim hujan terjadi di Temanggung? B. Mengapa petani di Temanggung tidak memerlukan hujan? C. Apakah hujan menguntungkan petani sayur di Temanggung? D. Bagaimana suasana musim panen di Temanggung? E. Di mana petani menjual hasil panennya? 8. Bacalah penggalan percakapan berikut! Marsya: Apa kau ingin nilai rapot mu bagus? Laily : Tentu. Mengapa kau bertanya seperti itu? Siapa yang tidak ingin mendapat nilai rapot bagus? Cuma bagaimana caranya? Marsya: Belajar itu hanya perlu dipahami jangan dihafal, selalu berlajarlah dengan giat dan jangan lupa berdoa. Aku hanya ingin tahu jawabanmu. Laily : (Tersenyum bijak) Terima kasih kau memang hebat semakin matang usiamu, semakin dewasa jalan pikiranmu. Marsya: (Tersenyum bijak) Oke. Siap menghadapi ujian, kan …? Laily : Pasti! Kalimat tanya retoris dari pertanyaan-pertanyaan dalam percakapan teks di atas adalah . . . . A. Apa kau ingin nilai rapot mu bagus? B. Mengapa kau bertanya seperti itu? C. Siapa yang tidak ingin mendapat nilai rapot bagus? D. Bagaimana caranya?

E. Siap menghadapi ujian, kan? 9. Cermati paragraph berikut! Selain disebabkan kuman, penyakit dapat juga disebabkan oleh cuaca yang buruk. Cuaca yang tidak menentu dapat memengaruhi kesehatan manusia. Zat asam yang terkandung pada air hujan dapat memengarui kesehatan, khususnya pada anak-anak. Anak-anak yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat dapat mengalami gangguan kesehatan seperti flu, pusing, mual dan demam. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraph di atas adalah . . . A. Apa sajakah penyebab orang terkena penyakit? B. Mengapa kondisi masyarakat kita pada umumnya buruk? C. Bagaimana caranya agar kita tidak terserang kuman? D. Jenis kuman apa saja yang menimbulkan penyakit? E. Mengapa zat asam pada air hujan dapat menyebabkan penyakit? 10. Bacalah penggalan percakapan di bawah ini! Kirani : Kemana kau kemarin? Tiyas : Aku di rumah sakit, nenek ku ada di sana. Kirani : [……] Tiyas : Dua hari yang lalu nenek ku terserang penyakit jantung. Kirani : Oooh. Aku doakan semoga nenekmu cepat sembuh Tiyas. Tiyas : Amin. Oke, terima kasih Kirani atas doanya. Kirani : Sama-sama Tiyas. Kalimat tanya yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah . . . A. Siapa yang mengantarnya ke sana? B. Di mana nenek mu dirawat? C. Apa yang nenekmu lakukan di sana? D. Mengapa nenekmu ada di sana? E. Kapan nenekmu masuk rumah sakit?

Kunci Jawaban : 1. C. Apakah fungsi mesin fotokopi? 2. A. Berapa jumlah pelancong luar negeri yang datang tahun 2012? 3. C. Benarkah ekspor Indonesia ke China lebih tinggi daripada impor Indonesia dari China? 4. A. Apa yang diadakan sekolah setiap hari jum’at ? 5. A. Mengapa Dinas Pendidikan mempersiapkan infrastruktur? 6. E. Apa yang dilakukan siswa SMK Negeri 2 Banjarbaru pada hari Jumat dari siang sampai sore? 7. C. Apakah hujan menguntungkan petani sayur di Temanggung? 8. C. Siapa yang tidak ingin mendapat nilai rapot bagus? 9. B. Mengapa kondisi masyarakat kita pada umumnya buruk? 10. D. Mengapa nenekmu ada di sana?

Add a comment

Related presentations

Related pages

Contoh Soal Menentukan Kalimat Tanya Sesuai Isi Paragraf ...

0 Response to "Contoh Soal Menentukan Kalimat Tanya Sesuai Isi Paragraf" Post a Comment. Silakan Tulis KOMENTAR yang tidak mengandung SARA DAN P*RN*GRAFI.
Read more

33 Contoh Kalimat Tanya dalam Bahasa Inggris (WH Questions ...

33 Contoh Kalimat Tanya dalam Bahasa Inggris (WH Questions) dan Artinya – Apa itu WH questions? ... Contoh, dan Soal Latihan Demonstrative Adjective.
Read more

Kalimat Tanya Belajar Bahasa Jepang | Kumpulan contoh

Incoming search terms: soal GAT PLN; contoh-contoh motto; contoh judul skripsi sastra indonesia; Cronbach Alpha bhs indonsia; tes wawancara di rumah sakit
Read more

PENGERTIAN DAN FUNGSI KALIMAT TANYA | My Blog, My Life, My ...

SOAL MATERI WACANA. SOAL MATERI DISKUSI; SOAL MATERI NEGOSIASI; ... Contoh kalimat tanya retorik: 1. Saya tidak habis pikir mengapa dia menolak penugasan itu.
Read more

PENGGUNAAN KATA TANYA PADA KALIMAT TANYA (Edisi Latihan UN ...

PENGGUNAAN KATA TANYA PADA KALIMAT TANYA (Edisi Latihan UN 2013 Bahasa Indonesia) Kompetensi Dasar : ... (contoh soal no. 5) Membuat Kalimat Tanya.
Read more

100 Contoh Kalimat Tanya dalam Bahasa Inggris (WH ...

100 Contoh Kalimat Tanya dalam ... terus belajar memahami konteks pertanyaan yang ada di soal-soal bahasa Inggris. 100 Contoh Kalimat Tanya dalam ...
Read more