advertisement

Budaya Organisasi

38 %
62 %
advertisement
Information about Budaya Organisasi

Published on August 23, 2007

Author: anggihafiz

Source: slideshare.net

Description

Bahan Mata Kuliah Komunikasi Organisasi Program Studi S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan FIKOM UNPAD
advertisement

KOMUNIKASI ORGANISASIONAL Oleh : Uthe Lies Siti K., S.Sos., M.Si. Nurmaya Prahatmaja, S.Sos. Jurusan Ilmu Informasi & Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran 2006

BUDAYA ORGANISASI (Suatu Konsep Menuju Efektivitas Organisasi) Manajemen akan mempengaruhi budaya. Budaya akan mempengaruhi kemampuan perusahaan meraih keuntungan & sekaligus meraih citra. Organisasi perlu untuk memiliki kepribadian. Kepribadian organisasi yang juga disebut sebagai budaya organisasi harus diciptakan & dipertahankan sehingga dapat membantu keefektifan organisasi.

Manajemen akan mempengaruhi budaya.

Budaya akan mempengaruhi kemampuan perusahaan meraih keuntungan & sekaligus meraih citra.

Organisasi perlu untuk memiliki kepribadian.

Kepribadian organisasi yang juga disebut sebagai budaya organisasi harus diciptakan & dipertahankan sehingga dapat membantu keefektifan organisasi.

Budaya Organisasi Pada hakikatnya, budaya organisasi memiliki nilai yang baik bagi kemajuan suatu organisasi. Budaya organisasi merupakan salah satu perangkat manajemen untuk mencapai tujuan organisasi. Budaya organisasi bukan merupakan cara yang mudah untuk memperoleh keberhasilan, dibutuhkan strategi yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu andalan daya saing organisasi. Budaya organisasi merupakan sebuah konsep sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

Pada hakikatnya, budaya organisasi memiliki nilai yang baik bagi kemajuan suatu organisasi.

Budaya organisasi merupakan salah satu perangkat manajemen untuk mencapai tujuan organisasi.

Budaya organisasi bukan merupakan cara yang mudah untuk memperoleh keberhasilan, dibutuhkan strategi yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu andalan daya saing organisasi.

Budaya organisasi merupakan sebuah konsep sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

DEFINISI Secara etimologis (asal usul kata), budaya organisasi terdiri dari dua kata : budaya & organisasi. Organisasi merupakan suatu sistem yang mapan dari sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjang kepangkatan & pembagian. Pengertian budaya adalah suatu set nilai, penuntun kepercayaan akan suatu hal, pengertian & cara berpikir yang dipertemukan oleh para anggota organisasi & diterima oleh anggota baru. BUDAYA ORGANISASI merupakan penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat yang terkait, bekerja di bawah naungan suatu organisasi. (Duncan dalam Kasali, 1994: 108)

Secara etimologis (asal usul kata), budaya organisasi terdiri dari dua kata : budaya & organisasi.

Organisasi merupakan suatu sistem yang mapan dari sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjang kepangkatan & pembagian.

Pengertian budaya adalah suatu set nilai, penuntun kepercayaan akan suatu hal, pengertian & cara berpikir yang dipertemukan oleh para anggota organisasi & diterima oleh anggota baru.

BUDAYA ORGANISASI merupakan penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat yang terkait, bekerja di bawah naungan suatu organisasi.

(Duncan dalam Kasali, 1994: 108)

Terrence E Deal & Allan A. Kennedy : budaya organisasi (BO) merupakan nilai-nilai dominan yang diterapkan oleh suatu organisasi. RT Pascale & AG Athos, BO merupakan falsafah yang menuntun kebijakan organisasi terhadap pegawai & pelanggan. Marvin Bower, BO merupakan cara pekerjaan yang dilakukan di tempat tertentu. Edgar H. Schein, BO merupakan asumsi & kepercayaan dasar yang terdapat di antara angota organisasi. Linda Smirch, BO merupakan pola kepercayaan, simbol-simbol, ritual, mitos & praktis yang telah lama berjalan. (Semua dalam Robbins, 1990: 479)

Terrence E Deal & Allan A. Kennedy : budaya organisasi (BO) merupakan nilai-nilai dominan yang diterapkan oleh suatu organisasi.

RT Pascale & AG Athos, BO merupakan falsafah yang menuntun kebijakan organisasi terhadap pegawai & pelanggan.

Marvin Bower, BO merupakan cara pekerjaan yang dilakukan di tempat tertentu.

Edgar H. Schein, BO merupakan asumsi & kepercayaan dasar yang terdapat di antara angota organisasi.

Linda Smirch, BO merupakan pola kepercayaan, simbol-simbol, ritual, mitos & praktis yang telah lama berjalan.

(Semua dalam Robbins, 1990: 479)

PEMBENTUKAN BUDAYA ORGANISASI (Sutanto, 1997: 13) Filsafat Pendiri Organisai Kriteria Seleksi Sosialisasi Manajemen Puncak BUDAYA ORGANISASI

Penjelasan Diagram Filsafat pendiri organisasi merupakan sumber utama sebuah budaya organisasi. Artinya para pendiri organisasi secara tradisional mempunyai dampak yang penting dalam pembentukan budaya wal organisasi. Mereka memiliki visi & misi mengenai bagaimana bentuk organisasi tersebut seharusnya. (Robbins, 1990: 486) Contoh, Ray Kroc dengan McDonald-nya. Sejak dirintis pada tahun 1955 sampai dengan abad 21 ini, pegawai McDonald seolah masih “diawasi” Kroc dengan prinsip-prinsip dasar organisasinya. Misalkan komitmen terhadap kualitas pelayanan, kebersihan & nilai. Juga penggunaan bumbu & peralatan yang baik, kebersihan kamar mandi, dan jangan kompromi. Inilah filosofi pendiri penjual hamburger, fries & shakes yang masih diikuti sbg pedoman manajemen.

Filsafat pendiri organisasi merupakan sumber utama sebuah budaya organisasi. Artinya para pendiri organisasi secara tradisional mempunyai dampak yang penting dalam pembentukan budaya wal organisasi. Mereka memiliki visi & misi mengenai bagaimana bentuk organisasi tersebut seharusnya. (Robbins, 1990: 486)

Contoh, Ray Kroc dengan McDonald-nya. Sejak dirintis pada tahun 1955 sampai dengan abad 21 ini, pegawai McDonald seolah masih “diawasi” Kroc dengan prinsip-prinsip dasar organisasinya. Misalkan komitmen terhadap kualitas pelayanan, kebersihan & nilai. Juga penggunaan bumbu & peralatan yang baik, kebersihan kamar mandi, dan jangan kompromi. Inilah filosofi pendiri penjual hamburger, fries & shakes yang masih diikuti sbg pedoman manajemen.

Seleksi untuk menentukan kriteria yang dianggap paling tepat untuk menjadi anggota organisasi. Ini merupakan kekuatan dalam mempertahankan budaya organisasi. Tujuan utama dari proses seleksi adalah menemukan & mempekerjaka individu yg memiliki pengetahuan, kepandaian & kemampuan utk berprestasi dlm pekerjaan di dalam organisasi. Manajemen puncak  perilaku & tindakan mereka akan berpengaruh terhadap budaya organisasi.

Seleksi untuk menentukan kriteria yang dianggap paling tepat untuk menjadi anggota organisasi. Ini merupakan kekuatan dalam mempertahankan budaya organisasi.

Tujuan utama dari proses seleksi adalah menemukan & mempekerjaka individu yg memiliki pengetahuan, kepandaian & kemampuan utk berprestasi dlm pekerjaan di dalam organisasi.

Manajemen puncak  perilaku & tindakan mereka akan berpengaruh terhadap budaya organisasi.

Proses sosialisasi merupakan langkah yang tepat untuk mempertahankan budaya organisasi, terutama sosialisasi yang ditujukan bagi anggota baru. Seluruh anggota organisasi seharusnya mengetahui & memahami mengenai terbentuknya budaya organisasi, pentingnya bagi kemajuan organisasi, termasuk bagi pengembangan dirinya. Cara mempelajari BO : dalam bentuk cerita, acara ritual, material & bahasa.

Proses sosialisasi merupakan langkah yang tepat untuk mempertahankan budaya organisasi, terutama sosialisasi yang ditujukan bagi anggota baru.

Seluruh anggota organisasi seharusnya mengetahui & memahami mengenai terbentuknya budaya organisasi, pentingnya bagi kemajuan organisasi, termasuk bagi pengembangan dirinya.

Cara mempelajari BO : dalam bentuk cerita, acara ritual, material & bahasa.

Penjelasan bentuk : Cerita : penjelasan tentan sejarah berdirinya organisasi, runag lingkup usaha, hubungan usaha dgn organisasi yang lain, orang-orang penting, dsb. Acara ritual : penyerahan pemilihan & penghargaan bagi staf berprestasi, dsb. Simbol material : pakaian khas pramugari, teller, satpam, dsb.

Cerita : penjelasan tentan sejarah berdirinya organisasi, runag lingkup usaha, hubungan usaha dgn organisasi yang lain, orang-orang penting, dsb.

Acara ritual : penyerahan pemilihan & penghargaan bagi staf berprestasi, dsb.

Simbol material : pakaian khas pramugari, teller, satpam, dsb.

Karakteristik utama dalam BO : Inisiatif individual. Toleransi terhadap tindakan beresiko. Arah. Integrasi. Dukungan dari manajemen. Kontrol. Identitas.

Inisiatif individual.

Toleransi terhadap tindakan beresiko.

Arah.

Integrasi.

Dukungan dari manajemen.

Kontrol.

Identitas.

Lanjutan… Sistem imbalan. Toleransi terhadap konflik. Pola-pola komunikasi. (Robbins, 1990: 480)

Sistem imbalan.

Toleransi terhadap konflik.

Pola-pola komunikasi.

(Robbins, 1990: 480)

Add a comment

Related pages

Heri Y: Pengertian dan Fungsi Budaya Organisasi

Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya.
Read more

Budaya Organisasi by ary krisdiantoro - issuu

Budaya Organisasi, Psikologi | Issuu is a digital publishing platform that makes it simple to publish magazines, catalogs, newspapers, books, and more online.
Read more

Teori Budaya Organisasi - jurnal-sdm.blogspot.com

Teori Budaya Organisasi, Jurnal Manajemen, Bahan Kuliah Manajemen, Teori Budaya Organisasi
Read more

budaya organisasi - Scribd

budaya organisasi - Free download as Word Doc (.doc / .docx), PDF File (.pdf), Text File (.txt) or read online for free.
Read more

BUDAYA ORGANISASI: BUDAYA ORGANISASI

pekerjaan mempunyai makna yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehingga setiap orang membutuhkan pekerjaan. Pekerjaan dapat dimaknai sebagai sumber ...
Read more

BUDAYA ORGANISASI - bocahbancar.files.wordpress.com

BUDAYA ORGANISASI Suradi Andrew Jones & John May PENGANTAR Stoner: budaya mempengaruhi pelaksanaan organisasi dan tercermin dlm kehidupan organisasi, misal ...
Read more

BUDAYA ORGANISASI - scribd.com

budaya organisasi. makalah oleh: galih purwo nugroho mudhari nim 409413421069 nim 408413418480 universitas negeri malang fakultas ekonomi jurusan manajemen ...
Read more

Pentingnya Nilai Budaya Bagi Organisasi | Prita Kemal Gani

Setiap perusahaan memiliki budaya organisasi. Edgar H.Schein (1992) mendefinisikan budaya organisasi yaitu: sebagai sistem makna bersama yang dianut oleh ...
Read more