Adart06

60 %
40 %
Information about Adart06

Published on September 26, 2014

Author: jokowismanto

Source: slideshare.net

AD/RT Untuk menciptakan suasana lingkungan di RT.06 RW.13 yang aman,tentram, damai dan bersih lingkungan, maka perlu dibuatkan aturan atau rambu-rambu yang jelas dan baku. Berikut ini adalah Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga RT.06 Perum. Griya Persada, Mangunjaya, Tambun Selatan

BUKU PANDUAN WARGA RUKUN TETANGGA 06 – RUKUN WARGA 13 Perum. Griya Persada Kelurahan Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Timur ANGGARAN DASAR BAB I PENDAHULUAN Warga Perum. Griya Persada Mangujaya, Tambun Selatan, Bekasi Timur, khususnya RT 06 RW 13 adalah warga yang menetap di wilayah RT. 06 yang diresmikan, diputuskan dan ditetapkan oleh Kepala Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Timur. Wilayah RT 06 RW 13 meliputi :  Blok C : 36 unit rumah  Blok D : 19 unit rumah Dengan total 55 unit rumah, program kerja kepengurusan RT. 06 RW. 13 periode 2012 – 2014 diharapkan seluruh warga memiliki kepedulian untuk saling menghargai dan mehormati sesama sebagai satu keluarga besar dengan tujuan hidup tentram, aman dan damai. BAB II KEDUDUKAN DAN STATUS WARGA 2.1. RT. 06 berada dibawah RW. 13 berkedudukan di PERUM. GRIYA PERSADA Kelurahan Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi Timur. 2.2. Warga RT. 06 adalah warga yang menetap dan tinggal di wilayah RT. 06 RW.13, baik di rumah milik sendiri ataupun kontrak.

BAB III HAK DAN KEWAJIBAN WARGA 3.1. HAK WARGA a. Setiap warga berhak mengeluarkan pendapat baik lisan maupun tulisan kepada pengurus RT. 06 RW.13 Mangunjaya, Tambun Selatan. b. Setiap warga berhak mengikuti kegiatan – kegiatan yang diadakan dilingkungan RT. 06 RW.13. c. Setiap warga berhak memilih dan dipilih sebagai pengurus RT. d. Setiap warga berhak mengetahui laporan keuangan dan kas RT. 3.2. KEWAJIBAN WARGA a. Warga yang menetap diwajibkan memiliki identitas diri (KTP) permanen dan untuk warga yang mengontrak diwajibkan memiliki KTP musiman/Surat Domisili. b. Setiap warga (KK/Rumah) berkewajiban membayar iuran keamanan, kebersihan dan kas RT/RW yang disetorkan kepada Koordinator Blok/Sekertaris masing masing/Penguruas RT, paling lambat tanggal 10 pada setiap bulannya dan Jika terjadi tunggakan iuran, maka setiap warga wajib menginformasikan ke pengurus melalui koordinator blok/sekertaris, dan jika terjadi tunggakan Ketua RT berkewajiban untuk memberikan surat teguran yang diberikan bersamaan dengan laporan keuangan Kas RT setiap bulan. c. Setiap warga (Kepala Keluarga) berkewajiban memberikan data atau identitas diri ke pengurus RT. d. Setiap warga baru paling lambat 10 hari berkewajiban melaporkan ke Ketua RT dengan membawa fotocopy KK atau fotocopy identitas diri lainnya yang masih berlaku.

e. Setiap warga tamu atau anggota keluarga baru atau pembantu yang bekerja menginap, menetap atau tinggal di wilayah RT. 06, kepala keluarga berkewajiban melaporkan ke pengurus RT dengan membawa fotocopy identitas diri yang bersangkutan. f. Setiap warga berkewajiban mematuhi hasil rapat pengurus RT dengan warga keseluruhan. g. Warga yang mempunyai kendaraan roda dua atau roda empat diwajibkan pada saat parkir agar dalam kondisi terkunci dan menempatkan kendaraan di tempat yang tidak mengganggu aktivitas tetangga sekitar (dipinggir jalan). h. Setiap warga diwajibkan untuk membersihkan pekarangan dan selokan di areal rumah masing-masing tanpa terkecuali (pemilik/penyewa) setiap bulan. i. Sampah rumah tangga dan sampah plastik harus dipisahkan pada kantong yang berbeda sebelum dibuang dalam tong sampah di depan rumah. DILARANG membuang bungkusan sampah rumah tangganya ke tong sampah tetangga, di jalan-jalan atau areal penghijauan dan tanah kosong di sekitar lingkungan RT 06 RW.13. serta tidak menggantungkan kantong sampah di pagar atau pohon. j. Warga yang memelihara binatang peliharaan (misalnya:anjing,kucing dll) harus menjaga & mengawasi binatang peliharaan tersebut dan tidak dibiarkan berkeliaran sehingga mengganggu dan membahayakan tentangga. k. Warga yang akan atau mempunyai kegiatan komersil/usaha baik jangka pendek maupun panjang diwajibkan melapor kepada pengurus RT. 06 RW.13 setempat dan tetangga terdekat, agar dapat ditindak lanjuti segala dampak dan keberadaannya. l. Setiap warga yang melakukan pembangunan / renovasi harap memperhatikan penempatan material sehingga tidak mengganggu fasilitas umum. Dan untuk selanjutnya masalah sampah dari pembangunan juga harus di tata dengan rapi, agar tidak mengganggu kebersihan lingkungan. Dilarang menaruh bahan bangunan (Semen, Pasir,Dll) di jalan umum tanpa diberi alas yg melindungi

JALAN dari kerusakan serta tidak menganggu kepentingan umum serta kebersihan lingkungan. m. Setiap warga yang menerima tamu, kerabat/keluarga yang bermaksud menginap lebih dari 1 (satu) hari, wajib melapor kepada Pengurus RT 06 RW.13 sebelum 1 x 24 jam (bisa dengan lisan, surat, telepon).  Apabila warga menerima tamu/orang asing dirumah maka:  Pintu utama rumah/pintu ruang tamu saat malam hari dalam keadaan terbuka di saat tamu sedang berkunjung.  Mematuhi batas jam bertamu/berkunjung yang telah ditentukan untuk hari Senin s/d Jum’at adalah sampai dengan jam 23.00 WIB.  Hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur adalah sampai dengan jam 24.00 WIB n. Setiap warga diwajibkan menciptakan lingkungan yang aman, tentram dan damai. BAB IV PINDAHAN 4.1. Warga yang pindah keluar wilayah RT.06 diwajibkan melapor ke pengurus RT. 06 dan membuat surat pindah dari RT.06 RW.13. 4.2. Warga yang pindah keluar wilayah RT.06, bukan lagi warga RT.06. 4.3. Warga yang masih memiliki kartu tanda penduduk RT.06, tetapi tidak lagi tinggal di wilayah RT.06 bukan warga RT.06. Dalam hal-hal tertentu ketua RT berhak mengambil kebijakan yang sekiranya dianggap perlu.

BAB V MUSYAWARAH 5.1. MUSYAWARAH WARGA a. Merupakan hasil musyawarah yang patut dipatuhi dan dijalankan oleh setiap pengurus dan warga RT.06 RW.13. b. Merupakan forum musyawarah untuk mencari mufakat warga c. Musyawarah bisa diadakan setiap ada masalah yang membutuhkan mufakat seluruh warga secara mendesak. d. Warga mendapatkan undangan musyawarah, selambat-lambatnya 1 hari sebelum hari pelaksanaan. e. Pengurus RT wajib melaksanakan kegiatan Musyawarah minimal 1(satu) kali dalam satu bulan. 5.2. MUSYAWARAH PENGURUS a. Musyawarah meliputi koordinasi dan evaluasi program kerja kepengurusan RT, yang dilakukan secara berkala minimal 1(satu) kali dalam satu bulan. b. Pengurus RT akan mengadakan musyawarah yang bersifat mendesak BAB VI PEMILIHAN KETUA RT 6.1. KUALIFIKASI CALON a. Calon ketua RT adalah WNI, warga yang bersikap jujur, Nasionalis, adil dan ramah terhadap sesama serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

b. Calon ketua RT diharuskan warga yang menetap dan tinggal di rumah milik sendiri sekurang-kurangnya selama 1 tahun. c. Calon ketua RT dapat diikuti 2 (dua) calon atau lebih di dalam pemilihan. 6.2.MASA JABATAN a. Masa jabatan Ketua dan kepengurusan RT adalah 3 (tiga) tahun, terhitung sejak diputuskan/disyahkan. b. Ketua RT maksimum menjabat 2 (dua) periode. (tidak boleh mencalonkan lagi atau di calonkan kembali setelah masa jabatannya habis atau menjabat sebagai kepengurusan) 6.3. TATA CARA PEMILIHAN c. Pemilihan Ketua RT dilaksanakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia. d. Setiap KK memliki 2 (dua) suara yaitu suami dan istri. e. Calon ketua yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai ketua yang terpilih. f. Ketua mempunyai hak penuh untuk menyusun kepengurusan RT BAB VII KEPENGURUSAN 7.1. Kengurusan yang baru mulai berjalan apabila : a. Adanya serah terima secara adminitratif dari kepengurusan lama kepada kepengurusan baru, berupa uang kas, laporan keuangan, data warga, berkas- berkas RT dan inventaris RT. b. Susunan kepengurusan dibuat paling lambat 2 minggu setelah hasil pemilihan.

7.2. Anggota kepengurusan harus bertanggung jawab secara moral untuk melaksanakan tugasnya. 7.3.Pengurus yang tidak menjalankan tugasnya dapat diberikan teguran oleh ketua. 7.4. Pengurus yang melaksanakan manipulasi, korupsi dan bertindak buruk dapat diberhentikan oleh ketua melalui rapat pengurus. 7.5. Pengurus wajib menghadiri rapat koordinasi dan evaluasi yang diadakan minimal 1(satu) kali dalam satu bulan. BAB VIII TUGAS KEPENGURUSAN 8.1. KETUA Bertanggung jawab untuk : a. Membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah (Desa). b. Memelihara kerukunan dan keharmonisan hidup warga dan lingkungan. c. Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat d. Mengarahkan dan mengkoordinir warga untuk mencapai tujuan bersama. e. Memilih anggota dan merubah struktur kepengurusan RT. f. Memimpin rapat pengurus dan rapat warga. g. Mengontrol pemasukan dan pengeluaran dana RT.

h. Menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada musyawarah umum warga pada akhir masa jabatan. 8.2. SEKRETARIS Bertanggung jawab untuk : a. Menyelenggarakan administrasi dan memberikan saran-saran serta pertimbangan kepada Ketua untuk kemajuan dan perkembangan RT; b. Mengatur / mengkoordinir jadwal kegiatan tahunan. c. Menyiapkan dan mendistribusikan agenda rapat pengurus d. Mempubikasikan hasil musyawarah e. Menarik/Menerima Iuran warga setipa bulan dan di setor langsung ke bedahara agar di buku. f. Mengatur administrasi dan data warga g. Bekerjasama dengan humas/pengurus lainnya, untuk mengatur pubikasi dan dokumentasi kegiatan insidential. 8.3. BENDAHARA Bertanggung jawab untuk : a. Mengatur dan melakukan manajemen atas semua transaksi kegiatan. b. Melakukan monitoring dan kontrol terhadap semua anggaran kegiatan. c. Mengkoordinir dana sosial warga dan duka cita d. Menerima dan mecatat iuran setiap bulan yang diterima oleh sekertaris. e. Membuat laporan keuangan secara rutin setiap bulan.

8.4. SEKSI HUMAS Bertanggung jawab untuk : a. Menjadi penghubung dan jembatan antara pengurus dan warga (internal khusus) atau menjadi penghubung antara pengurus RT. 06 dengan aparat pemerintah diluar RT. 06 (eksternal khusus). b. Membina hubungan baik dengan seluruh pengurus RT. 06 maupun pengurus RT lain. c. Membuat dan mengelola sistem data kehumasan (bekerjasama dengan sekretaris) d. Menginformasikan program kerja baik di lingkungan internal maupun eksternal 8.5. SEKSI KEOLAHRAGAAN Bertanggung jawab untuk : a. Menggairahkan warga untuk meningkatkan olahraga di lingkungan RT. 06 b. Menyiapkan dan menjaga sarana dan prasarana olahraga yang tersedia. c. Sebagai koordinator apabila ada pertandingan atau uji tanding dengan RT / Perkumpulan lain. 8.6. SEKSI KEAMANAN KETERTIBAN MASYARAKAT ( KAMTIBMAS ) Bertanggung jawab untuk : a. Menyusun rencana penanggulangan keamanan yang terjadi di lingkungan RT. 6. b. Membina kerjasama keamanan lingkungan dengan tokoh masyarakat dan kepolisian setempat. c. Mengontrol dan memberdayakan petugas keamanan.

d. Melakukan koordinasi dengan keamanan. 8.7. SEKSI SOSIAL Bertanggung jawab untuk : a. Memberdayakan warga untuk menciptakan budaya saling membantu sesama di lingkungan RT 06. b. Sebagai koordinator apabila ada yang sakit, melahirkan atau kematian. c. Menyiapkan dan memberikan dana sosial RT. d. Melakukan koordinasi dengan bendahara. e. Menginformasikan dan menyiapkan sarana dan prasarana apabila ada warga yang meninggal dunia dengan koordinasi dengan seksi kerohanian. 8.8. SEKSI PEMBANGUNAN DAN TATA LINGKUNGAN Bertanggung jawab untuk : a. Membantu program RT yang berhubungan dengan lingkungan. b. Membuat dan mempersiapkan rencana kerja yang berhubungan dengan lingkungan (bekerjasama dengan ketua RT) c. Mengatur lingkungan agar tertata rapi, aman, nyaman, bersih dan sehat. BAB IX P E N U T U P Kebijakan Ketua RT. 06 RW.13 : Kegiatan / acara yang diadakan di lingkungan RT adalah :

a. Perayaan Tahunan HUT RI b. Ketua RT harus memberikan kebijakan mengenai dana yang berhubungan dengan kegiatan di atas. c. Hal-hal yang belum diatur dalam panduan warga ini akan diatur secara tersendiri di kemudian hari, sesuai dengan kebutuhan. d. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun. e. Agar setiap warga mengetahui seluruh peraturan ini, maka pengurus RT memberikan 1 (satu) salinan setiap KK (Kepala keluarga). ANGGARAN RUMAH TANGGA 1. BIAYA ADMINITRASI a. Biaya pengurusan surat pengantar, surat domisili atau surat yang lainnya dikenakan biaya administrasi secara sukarela bagi warga pendatang baru. b. Bagi yang bukan warga dan yang bukan warga tetap dimasukkan ke dalam KK salah satu keluarga dikenakan biaya administrasi secara sukarela c. Seluruh biaya tersebut akan dimasukkan ke dalam kas RT. 2. KAS RT a. Kas RT akan digunakan untuk kepentingan warga dan penggunaannya akan dilaporkan pada rapat tahunan. b. Besar Iuran untuk kepentingan RT adalah Rp. 20,000 setiap bulan setiap KK. 3. PENGURUS ADMINITRASI a. Pengurusan administrasi harus diurus oleh kepala keluarga atau anggota keluarga lainnya.

b. Pengurusan administrasi dilakukan oleh yang bersangkutan tidak boleh diwakilkan kecuali ada halangan dan dianjurkan membawa identitas diri (KTP dan KK). 4. PERAYAAN, HAJATAN DAN ACARA KELUARGA a. Apabila salah satu warga mengadakan perayaan, hajatan atau acara keluarga, diwajibkan lapor ke ketua RT dan menginformasikan ke tetangga sekitarnya. b. Apabila terjadi keributan di dalam acara tersebut, ketua RT dan seksi keamanan ketertiban masyarakat berhak menegur dan memberhentikan acara. 5. DANA SOSIAL WARGA a. Alokasi dana sosial dibicarakan lewat musyawarah warga b. Warga yang berhak mendapatkan dana sosial apabila :  Melahirkan / Bersalin : Rp.150,000,-  Sakit Rawat Inap : Rp.150,000,-  Meninggal Dunia : Rp.150.000,- Keterangan = - Dana sosial diatas diperuntukkan hanya untuk warga/keluarga yang tinggal atau bertempat tinggal di lingkungan RT.06 RW.013 dan lama tinggal sudah 1 tahun - dilihat dari partisipasi/kewajibannya membayar iuran setiap bulannya. 6. FASILITAS SOSIAL DAN FASILITAS UMUM a. Setiap warga memiliki hak yang sama untuk menggunakan fasilitas umum maupun fasilitas sosial yang ada di dalam lingkungan perumahan. b. Setiap warga wajib memilihara dan menjaga, agar fasilitas lingkungan terawat dengan baik.

7. KERJA BAKTI Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan menumbuhkan kebersamaan diantara warga dengan melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan perumahan Griya Persada dan seluruh fasiltas yang tersedia sesuai dengan jadwal yaitu dilaksanakan minimal 1(satu) kali dalam 1(satu) bulan setiap Minggu ke-4(empat) dan dilaksanakan pada hari Minggu mulai Pukul 08.00 s/d Selesai . Diharapkan setiap warga membawa peralatan untuk kerja bakti Ketua RT.06 RW.13 Perum. Griya Persada ttd S Joko Wismanto

Add a comment

Related presentations

Related pages

npaia - mandak

npaia - mandak
Read more

Candice Swanepoel on Instagram: “👁😘☺️ hi. Bored much?”

adart06 Aque está la perfección @rosesbrade __.zxk._ Whats her snapchat? anaa.39 @_caarmenn_08 iyaa es tu d mayorr tiene to tus ojos carmelita t md vas ...
Read more