advertisement

3. kelangkaan x iis1 stc1

56 %
44 %
advertisement
Information about 3. kelangkaan x iis1 stc1
Education

Published on September 16, 2014

Author: antoniussuranto

Source: slideshare.net

Description

Ekonomi X
advertisement

Arti Kelangkaan  Kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita.  Dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.  Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.  Kelangkaan mengandung dua pengertian: 1. Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. 2. Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan yang lain.

 Masalah kelangkaan selalu dihadapi merupakan masalah bagaimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beranekaragam dengan alat pemuas yang terbatas.  Dalam menghadapi masalah kelangkaan, ilmu ekonomi berperan penting karena masalah ekonomi yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.  Apabila suatu sumber daya dapat digunakan untuk menghasilkan suatu alat pemuas kebutuhan dalam jumlah tidak terbatas, maka sumber daya tersebut dikatakan tidak mengalami kelangkaan.

 Jenis-Jenis Kelangkaan 1. Kelangkaan Sumber Daya Alam Pernahkah kamu mengamati pengeboran minyak di lepaspantai? Nah, apa yang akan terjadi bila pengeboran dilakukan secara terus-menerus? Ya, tentu saja cadangan minyak di dalam bumi akan berkurang yang bisa berakibat terjadi kelangkaan. Jadi, kelangkaan sumber daya alam dapat diartikan terbatasnya persediaan sumber daya yang terkandung di alam, baik sumber daya biotik (hewan dan tumbuhan) maupun sumber daya abiotik (tanah, udara, barang tambang, air, dan iklim). 2. Kelangkaan Sumber DayaManusia Dalam menjalankan roda perekonomian diperlukan manusia yang memiliki keahlian dan pengetahuan tinggi. Kelangkaan sumber daya manusia di sini berarti sulitnya ditemukan manusia yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan maupun keahlian yang mampu menjalankan kegiatan ekonomi.

 3. Kelangkaan Sumber Daya Modal Sumber daya modal sangat diperlukan dalam proses produksi barang atau jasa. Sebagai negara berkembang Indonesia masih banyak menemukan berbagai kendala terutama masalah permodalan. Modal tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga bahan baku, gedung, dan mesin-mesin.  4. Kelangkaan Sumber Daya Wirausaha Seorang wirausaha adalah orang yang memiliki sikap mental kewirausahaan. Kelangkaan sumber daya wirausaha merupakan dampak dari sedikitnya orang yang berpikir kreatif dan inovatif. Akibatnya sumber daya-sumber daya ekonomi yang ada tidak dapat dikelola secara maksimal karena kurangnya kemampuan menjalankan gagasan kreatif tersebut.

Faktor penyebab kelangkaan  Berikut faktor-faktor penyebab kelangkaan : 1. Keterbatasan sumber daya Alam memang menyediakan sumber daya yang cukup melimpah. Namun, tetap saja jumlahnya terbatas, apalagi jika manusia mengolahnya secara sembarangan. Walaupun sumber daya tersebut dapat diperbaharui atau tersedia secara bebas, tetap saja akan berkurang dan lama-kelamaan akan habis. 2. Perbedaan letak geografis Sumber daya alam biasanya tersebar tidak merata disetiap daerah. Ada daerah yang sangat subur, ada pula daerah yang kaya akan bahan tambang. Namun, ada pula daerah yang gersang dan selalu kekurangan air. Perbedaan ini menyebabkan sumber daya menjadi langka dan terbatas, terutama bagi daerah yang tidak mempunyai sumber daya yang melimpah.

3. Pertambahan jumlah penduduk Pertumbuhan jumlah penduduk selalu lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Hal ini telah diamati oleh seorang ekonom, Thomas Robert Malthus. Menurutnya, jumlah manusia tumbuh mengikuti deret ukur (1, 2, 4, 8, 16, danseterusnya). Sementara jumlah produksi hanya tumbuh mengikuti deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya) 4. Keterbatasan kemampuan produksi Kemampuan produksi didukung oleh faktor-faktor produksi yang digunakan. Misalnya kapasitas faktor produksi manusia terbatas karena masih bisa sakit, lelah, atau bosan. Mesin produksi juga bisa rusak dan haus. Selain itu, keterbatasan produksi juga ditentukan karena perkembangan teknologi yang tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berlangsung sangat cepat. Sementara itu, di negara berkembang perkembangan kebutuhan barang dan jasa masih lebih cepat dari pada perkembangan teknologinya.

5. Bencana Alam Bencana alam merupakan faktor perusak yang berada di luar kekuasaan dan kemampuan manusia. Walaupun sebenarnya sebagian bencana terjadi akibat ulah manusia sendiri. Banjir, gempabumi, tanahlongsor, kebakaranhutan, dan lain-lain telah membawa dampak kerugian yang cukup besar. Kerusakan bangunan, tempat usaha, sumber daya alam, dan bahkan korban jiwa yang menjadi korbanbencana alam tersebut

Dampak Kelangkaan SDA Terhadap Perekonomian  Tingkat produksi yang menurun. Di dalam sistem produksi alam sebagai input produksi. Semakin besar sumberdaya alam maka akan berpengaruh pula pada cadangan / bahan mentah yang akan diproduksi. Sebaliknya, jika sumber daya alam semakin berkurang/langka maka hasil produksi juga semakin sedikit.  Menurunnya pendapatan masyarakat. Hal ini juga terkait pada tingkat produksi di atas. Jika dalam perusahaan mengalami tingkat produksi turun, secara otomatis tenaga kerja yang dibutuhkan juga sedikit, sehingga akan terjadi pemberhentian tenaga keja(PHK). Hal ini mengakibatkan terjadinya pengangguran atau turunnya pendapatan masyarakat.  Naiknya harga- harga . Sumber daya alam yang langka mempengaruhi tingkat produksi, sehingga jika sumber daya alam tersedia sedikit, maka tersedianya barang yang diproduksi juga sedikit. Hal ini menimbulkan pada harga barang yang diproduksi tersebut. Kenaikan harga karena yang diproduksi hanya sedikit. Atau dengan kata lain permintaan lebih besar dari pada penawaran.

Cara Mengatasi Kelangkaan SDA A. Eksplorasi dan Penemuan Cara eksplorasi ini dilakukan untuk memperoleh sumber daya yang baru yang belum diketahui dan atau yang pernah digali sebelumnya. Penemuan sumber daya baru memungkinkan ketersediaan sumber daya yang relatif tersebut meningkat. Namun demikian , pada dasarnya terjadi pula proses berkurangnya stok atau deposit yang tersedia di alam. Dalam cara ini bukanlah cara yang terbaik untuk mengatasi kelangkaan sumber daya alam karena hanya bersifat jangka pendek atu hanya untuk pada habisnya sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.

 Kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi memungkinkan untuk bisa mengurangi biaya ekstraksi sumber daya denganmenemukan cara-cara baru yang lebih efisien dalam mengekstrak,mengolah, memproses, dan menggunakan sumber daya. Dengan sendirinya tingkat dan jenis atau tipe teknologi yang dikembangkan disesuaikan dengan tingkat kelangkaan daya dengan kemungkinan menekan biaya eksplorasi.  Penggunaan substitusi. Dalam hal ini sumber daya yang berlimpah dimanfaatkun untuk substitusi sumber daya yang langka. Semakin mudah proses substitusi sumber daya yang diperbaharui atau sumber daya yang tidak dapat diperbaharui yang melimpah, maka semakin kecil dampaknya terhadap proses terjadinya kelangkaan atau berkurangnya ketersediaan sumber daya serta kenaikan biaya. Misal penggunaan bioenergi sebagai substitusi dari BBM.

 Pemanfaatan kembali dan daur ulang. Pemanfaatan kembali adalah penggunaan kembali barang-barang yang tidak dipakai lagi oleh produsen atau konsumen tertentu, tetapi karena masih layak dan berfungsi, masih bisa diguanakan lagi oleh konsumen lainya. Contoh sebuah computer yang sudah tidak layak pakai bagi perusahaan tersebut, namun karena masih bisa di pakai bagi konsumen lain misalkan saja warnet, maka perusahan dapat menjulanya kembali kepada pemilik warnet itu. Daur ulang adalah perubahan dan proses kembali dari bahan limbah atau residu dari sector produksi dan konsumsi dari suatu system ekonomi ke dalam barang-barang sekunder. Lalu produk ini masuk ke proses produksi sebagai input dalam pabrik untuk barang perantara atau barang akhir. Contohnya adalah tas yang terbuat dari plastic yang sudah di buang atau sudah tidak dipakai lagi.

Bahan Bakar Minyak(Bbm) mengalami kelangkaan, karena sumber daya yang mengalami penurunan ketersediaan pasokan .

Kelangkaan gas LPG yang masih terjadi di beberapa daerah di Indonesia, karena lambatnya pengiriman persediaan gas LPG, serta daerah yang tidak terjangkau oleh transportasi.

Kelangkaan air bersih Kelangkaan ini juga terjadi di beberapa daerah khususnya daerah pedalaman dan beberapa daerah bagian timur, yang mengalami kekeringan di sumber mata air atau sumur. Untuk minum, mencuci, dan mandi mereka terpaksa harus mengantri atau menunggu adanya pembagian air bersih dari pemerintah, yang terkadang dalam sehari, belum tentu ada.

Kelangkaan cabai dan sayuran Membuat harga cabai dan kebutuhan rumah tangga lainnya meningkat,hal ini disebabkan karna gagal panen para petani,banjir, dan lambatnya pengiriman dari daerah penghasil sayuran

Kesimpulan  Kelangkaan sumber daya alam adalah masalah kita manusia sebagai manusia. Perlu adanya kebijakan yang arif dari semua masyarakat dan pemerintah dalam mengolah sumber daya alam yang dimiliki agar kelestariannya tetap terjaga dan anak cucu kita dapat merasakannya juga di hari kelak.  Banyak yang tidak yang belum sadar akan kelanjutan kesimbangan alam. Sehingga melakukan hal-hal yang buruk dengan merusak keseimbangannya hanya demi keuntungan yang ingin diperolehnya. Hal ini perlu di luruskan dalam kesadaran masing-masing manusia betapa pentingnya menjaga lingkungan.  “ketika kita menebang pohon yang terkhir, mencemari sungai yang tersisa, dan memasak ikan yang terakhir, barulah kita sadar bahwa kita tidak bisa makan uang”

Sumber Informasi  www.ekonomi-holic.com  Id.wikipedia.org/wiki/kelangkaan  Id.shvoong.com/social-sciences/economics/218856-faktor-penyebab- timbulnya-kelangkaan-sumber  Supriyoekonomi.blogspot.com  Shendynovianty.wordpress.com  Politik.news.viva.co.id  Enomds.blogspot.com  Belajardisekolahdasar.blogspot.com  http://mnurwahyudi30.wordpress.com/2014/03/12/kelangka an-sumber-daya-alam/

Add a comment

Related presentations

Related pages

3. kelangkaan x iis1 stc1 - Education - dokumen.tips

3. kelangkaan x iis1 stc1. by antonius-suranto. on Jun 30, 2015. Report Category: Education
Read more

Kelangkaan ekonomi x mia4 stc1 - Education - dokumen.tips

Kelangkaan x mia 3 stc1 Ekonomi X 3. kelangkaan x iis1 stc1 Ekonomi X ... 9. sistem ekonomi x iis1 stc1 1. Sistem Ekonomi TradisionalArrafilia Paramajna ...
Read more