16.Nikmatul khoeriyah

40 %
60 %
Information about 16.Nikmatul khoeriyah
Education

Published on February 27, 2014

Author: syaefulafwukuntama

Source: slideshare.net

Description

my pptx

TUGAS TERSTRUKTUR KKPI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI OLEH : NIKMATUL KHOERIYAH SMK MA’ARIF NU 1 CILONGOK TAHUN AJARAN 2013/2014

1.Sejarah Jaringan Komputer Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken.

Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).

Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer.

Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendirisendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing)

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminalterminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.

Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet

Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

2. Pengertian Jaringan Komputer  sebuah sistem yang terdiri atas komputerkomputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).[1]  hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.  kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan.

4. JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER A. PAN (Personal Area Network) PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.

B. LAN (Lokal Area Network) LAN adalah singkatan dari lokal area network. Jenis jaringan LAN ini sangat sering kita temui di warnetwarnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan.

C. MAN (Metropolitan Area Network) MAN singkatan dari metropolitan area network. Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter.

D. WAN (Wide Area Network) WAN singkatan dari wide area network. WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubugkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.

E. INTERNET SEBENARNYA TERDAPAT BANYAK JARINGAN DIDUNIA INI, SERINGKALI MENGGUNAKAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK YANG BERBEDA-BEDA. ORANG YANG TERHUBUNG KE JARINGAN SERING BERHARAP UNTUK BISA BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN YANG TERHUBUNG KE JARINGAN LAINNYA. KEINGINAN SEPERTI INI MEMERLUKAN HUBUNGAN ANTAR JARINGAN YANG SERINGKALI TIDAK KAMPATIBEL DAN BERBEDA. BIASANYA UNTUK MELAKUKAN HAL INI DIPERLUKAN SEBUAH MESIN YANG DISEBUT GATEWAY GUNA MELAKUKAN HUBUNGAN DAN MELAKSANAKAN TERJEMAHAN YANG DIPERLUKAN, BAIK PERANGKAT KERAS MAUPUN PERANGKAT LUNAKNYA. KUMPULAN JARINGAN YANG TERINTERKONEKSI INILAH YANG DISEBUT DENGAN INTERNET.

F. Jaringan Tanpa Kabel ( wireles) Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat.

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER Pengertian Topologi Jaringan Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.

2. JENIS-JENIS TOPOLOGI a)  Topologi BUS Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: Kerugian: - Hemat kabel - Deteksi dan isolasi kesalahan sangatkecil - Layout kabel sederhana - Kepadatan lalu lintas - Mudah dikembangkan - Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi. - Diperlukan repeater untuk jarak jauh

B. TOPOLOGI TOKENRING Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Keuntungan: - Hemat kabel kesalahan Kerugian: - Peka Pengembangan jaringan lebih kaku

c. Topologi STAR Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server.

      Keuntungan: - Paling fleksibel - Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain - Kontrol terpusat - Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan - Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian:  - Boros kabel  - Perlu penanganan khusus  - Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis 

E. Topologi mesh : Jaringan ini dirancang dimana masing-masing komputer dan perangkat dalam jaringan saling berhubungan satu sama lain. Hal ini memungkinkan sebagian besar tranyasmising akan didistribusikan secara merata , bahkan jika salah satu dari koneksi turun. Sambungan antara perangkat dan node yang berbeda (komputer) dilakukan melalui hop.

F. Topologi pohon: Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu.

Keunggulan jaringan model pohon seperti ini adalah dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan kelemahannya : apabila simpul yang lebih tinggi tidak berfungsimaka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara Kerja jaringan pohon ini relatif lebih lambat.

DOMAIN NAME 1. SYSTEM(DNS) DNS adalah system yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer/internet ditranslasikan menjadi IP address, dalam pemberian nama DNS menggunakan Arsitektur hierarki sebagai berikut: Root Level Domain merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik(dot)

2. Top Level Domain Kode kategori organisasi atau Negara. Contohnya: com (comersial) edu (edukation) Gov (Government) .id (Indonesia) .Au (Australia)

3. Second Level Domain Nama untuk organisasi atau perusahaan Contoh: yahoo.com microsoft.com google.com gmail.com

SEJARAH INTERNET  Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

KEGUNAAN INTERNET Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain : Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP. Dll

1.Internet sebagai Media Komunikasi Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang : Butuh 30 tahun untuk radio  Butuh 15 tahun untuk televisi, dan  Hanya Butuh 3 tahun untuk web dengan aplikasi: mail,WWW, NewsGroup FTP Gopher dan lain-lain

2. Pendidikan Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer Sebagai Sarana Komunikasi

3. Perdagangan / Bisnis Online Mempermudah melakukan transaksi jika antara penjual dan pembeli berada di wilayah yang berbeda. Bisa menghemat waktu ataupun biaya transportasi Bisa memasarkan produk secara luas ke berbagai wilayah yang akan dituju.

4.Pemerintahan Akan adanya transparansi kinerja pemerintahan selama melaksanakan program kerjanya. Lebih memudahkan menjalin komunikasi dengan masyarakat secara luas Lebih mudah memberi informasi segala hal

5. Masyarakat pada umumnya. Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan Bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet

Add a comment

Related presentations