1210651079_SAID

42 %
58 %
Information about 1210651079_SAID
Technology

Published on March 9, 2014

Author: said79

Source: slideshare.net

Nama : MOCH. SAID RAMDHAN Nim : 1210651079 Pengertian Web 2.0 Web 2.0 adalah buzzword terbaru di dunia internet. Berbagai inovasi dan fitur terbaru yang muncul di dunia web membawa suatu pandangan baru tentang jenis situs web atau aplikasi web yang disebut web 2.0. Istilah web 2.0 disebut-sebut oleh Dale Dougherty dari O‟Reilly Media yang melakukan brainstorming dengan Craig Cline dari Media Live untuk menghasilkan ide konferensi di mana mereka menjadi host. Akhirnya pada bukan Oktober 2004 O‟Reilly Media, Battele dan MediaLive mlakukan konferensi web 2.0 pertama dan kedua pada bulan Oktober 2005. Sebelum muncul istilah web 2.0 yang sering digunakan adalah istilah semantic web. Keuntungan dari Web 2.0 adalah memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. Kemampuan Web 2.0 juga dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, dan voice seperti layaknya aplikasi desktop, bahkan berlaku seperti sistem operasi, dengan menggunakan dukungan AJAX atau berbagai plug-in (API) yang ada di internet. Hal itu akan merubah paradigma pengembang sofware dari distribusi produk menjadi distribusi layanan. Sifat dari Web 2.0 adalah read write. Web 2.0 mempunyai kelebihan dimana interaksi sosial di dunia maya sudah menjadi kebutuhan, sehingga Web 2.0 ini memiliki beberapa ciri mencolok yaitu share, collaborate dan exploit. Di era Web 2.0 sekarang, penggunaan web untuk berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu yang penting. Web 2.0 hadir dengan semakin banyaknya pengguna blog, Friendster, Myspace, Youtube dan Fickr. Aplikasi web 2.0 disajikan pada suatu web browser yang tidak memerlukan teknologi canggih dari sisi user, seperti MS Words,MS Excell,FrontPages dan yang lainnya. Teknologi Web 2.0 merupakan fasilitas gratis yang bisa digunakan setiap waktu.

Karakter WEB 2.0 adalah : 1. Web sebagai platform 2. Data sebagai pengendali utama 3. Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi 4. Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source” 5. Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan 6. Akhir dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak. 7. Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user 8. Teknologi yang dipakai adalah AJAX

LiveJournal LiveJournal adalah komunitas online global yang dibuat untuk jurnal pribadi, yang dibuat oleh Brad Fitzpatrick di bulan Maret tahun 1999. Dari terbentuknya pada tahun 2009, LiveJournal sampai saat ini telah menjadi website yang memiliki hinggal 25 juta pengguna dari seluruh dunia. Seperti jaringan sosial yang lain, pengguna LiveJournal berasal dari berbagai kalangan. Hampir semua kode sumber untuk menjalankan Livejournal adalah Open Source dan gratis digunakan. Beberapa dari website yang kode sumber Livejournal ini dintara lain adalah InsaneJournal, DeadJournal, JournalFen dan Dreamwidth. Sejarah LiveJournal, sebagai platform blog dan komunitas online yang dibuat berdasarkan jurnaljurnal pribadi, dimulai oleh Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Website ini dibuat hanya bertujuan sebagai proyek hiburan untuknya dan rekan-rekannya. Seiring dengan bertambahnya pengguna, website ini kian besar dan sukses hingga LiveJournal akhirnya membutuhkan karyawan-karyawan untuk mengurusnya. LiveJournal yang sebelumnya hanya proyek hiburan berubah menjadi site yang digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. LiveJournal kemudian dibeli oleh Six Apart dari perusahaan induknya, Danga Interactive di Januari 2005. Pelopor dari Danga Interactive, Brad Fitzpatrick, tetap terlibat dalam proyek LiveJournal ini. Brad Fitzpatrick kemudian bekerja menjadi anggota staf dari Six Apart hingga tahun 2007. Pada tahun 2007, LiveJournal dibeli dari Six Apart oleh SUP Media, sebuah perusahaan media online internasional milik Rusia yang terbentuk di Moscow di pertengahan 2006. Biarpun demikian, Six Apart terus mengembangkan website tersebut melalui perusahaan Livejournal berbasis San Fransisco. Di awal tahun 2009, Livejournal memecat sejumlah karyawan-karyawannya dan memindahkan pengembangan produk serta desain ke Rusia, walaupun server, administrator dan staf-stafnya tetap bekerja di Amerika Serikat. Hal ini didasari dengan alasan pemotongan biaya sehingga dapat menjadi lebih efektif sebagai upaya untuk bertahan saat penurunan ekonomi global.

Fitur  Setiap entri (tulisan, gambar, foto, dan lain sebagainya) di jurnal memiliki halaman web sendiri, termasuk komentar-komentar yang diberikan oleh pengguna lain.  Para pengguna dapat mengubah tampilan jurnal sendiri, template dapat diganti oleh pengguna dan gambar pengguna juga dapat disesuaikan.  Para pemilik akun dapat membuat komunitas sendiri dan masuk ke dalam komunitas apapun yang terdapat di LiveJournal.  Para pengguna memiliki halaman Informasi Pengguna, dimana para pengguna dapat memasukan data-data yang diinginkan, seperti informasi kontak, biografi, foto, minat, dan lain sebagainya.  LiveJournal memiliki sistem yang unik dalam „list teman‟. Tidak seperti jaringan sosial pada umumnya, list teman di LiveJournal menyediakan berbagai layanan dari segi privasi dan sindikasi. Pengguna dapat memasukan pengguna yang lain ke dalam list teman tanpa dimasukkan ke list teman oleh pengguna tersebut, dimasukan ke list teman oleh pengguna lain tanpa memasukan pengguna tersebut ke dalam list teman, dan bisa juga saling memasukan ke dalam list teman masing-masing. Halaman-halaman dari pengguna lain yang masuk ke dalam list teman dimiliki oleh masing-masing pengguna.  Para pengguna dapat mencari para pengguna lain yang memiliki minat yang sama melalui Pencarian Minat dan Profil.  Entri dapat diberi label dan kategori sesuai dengan keinginan pengguna, dan komentar di dalam jurnal dapat diatur.  Tulisan yang terdapat di LiveJournal dapat dilihat dengan bahasa lain.Tulisan-tulisan tersebut tersedia dalam 32 bahasa.  Entri yang tidak sesuai untuk pengguna dibawah umur atau entri yang tidak diperuntukkan untuk public dapat diatur dan disesuaikan oleh para pengguna.  Livejournal memiliki lima tipe akun, yaitu Basic, Early Adopter, Plus, Paid dan Permanent. Semua akun LiveJournal dapat menggunakan fitur-fitur utama LiveJournal. LiveJournal dapat digunakan secara gratis dari tipe-tipe akun yang ada, semua dapat dimiliki secara gratis kecuali tipe akun Paid.

Privasi LiveJournal menyediakan sebuah fasilitas untuk mengurangi peluang munculnya indeksasi jurnal dalam mesin pencari. Namun, untuk benar-benar menghindari indeksasi dari mesin pencari tersebut, para pengguna dapat mengatur keamanan menjadi “friends only” (hanya mereka yang di list teman yang dapat melihat entri tersebut) atau pengaturan keamanan yang lebih tinggi saat mempublikasikan entri. Pengaturan “friends only” ini juga di adaptasi oleh Xanga dan MySpace. LiveJournal juga memperbolehkan para penggunanya untuk membuat grup pengguna dari mereka yang terdapat di list teman mereka untuk membatasi siapa yang boleh membaca entri tersebut lebih lanjut. LiveJournal juga menyediakan fasilitas keamanan “private” yang membuat entri hanya dapat dibaca oleh pengguna itu sendiri. Pengguna juga dapat membatasi siapa saja yang diperbolehkan untuk memberikan komentar di entri. Pemberian komentar dapat diatur sehingga sebelum komentar tersebut tampil di kolom komentar dalam entri tersebut, pengguna harus mengizinkan komentar tersebut. Jika komentar itu tidak disetujui, maka komentar tersebut tidak akan tampil di kolom komentar. Pengguna juga dapat menyembunyikan komunitas-komunitas dari halaman profil mereka. Komunitas Interaksi Pengguna Seperti pada weblog pada umumnya, para pengguna dapat memberikan komentar ke dalam entri jurnal dan membuat rangkaian komentar seperti yang terdapat di forum internet dimana setiap komentar dapat dibalas secara individu sehingga sebuah komentar dapat membuat rangkaian komentar baru. Semua pengguna dapat memilih banyak setelan untuk mengatur komentar. Komentar yang diterima dapat hanya berasal dari pengguna lain yang terdapat dalam list teman dan komentar yang datang dari para anonim juga dapat diblokir, yang berarti hanya pengguna LiveJournal yang dapat memberi komentar ke dalam entri. Mereka juga dapat menyeleksi komentar-komentar apapun sebelum komentar tersebut ditampilkan, atau dapat pula meniadakan keberaaan komentar secara keseluruhan di entri tersebut. Para pengguna juga dapat menerima balasan dari komentar langsung dari alamat surat elektronik yang sudah teregistrasi.

LiveJournal bertindak sebagai host bagi grup jurnal-grup jurnal, yang biasanya disebut sebagai “komunitas”. Mereka yang turut serta dalam sebuah komunitas dapat membuat entri ke dalam komunitas tersebut selayaknya sebuah jurnal biasa. Komunitas juga memiliki para pemelihara yang menjalankan komunitas, mengawasi para anggota komunitas dan menjalankan fungsi moderasi agar komunitas tersebut berjalan sesuai dengan peraturan komunitas tersebut. Beberapa bagian dari LiveJournal sangat bergantung kepada kontribusi dari pengguna. Bagian LiveJournal Support adalah salah satu contohnya, dimana hampir semua dari mereka yang menjalankan bagian ini adalah sukarelawan yang tidak dibayar. Website ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain oleh para sukarelawan, walaupun usaha ini mulai berkurang karena minimnya keterlibatan dari administrasi LiveJournal sendiri. Sekarang perusahaan sudah menambah karyawan-karyawan yang dibayar untuk berkonsentrasi pada keuntungan dan hal ini membawa beberapa perubahan, yang kebanyakan berupa munculnya fitur-fitur baru yang diinginkan para pengguna di LiveJournal, khususnya fitur yang sering muncul berulang-ulang dalam jurnal saran LiveJournal.

Add a comment

Related presentations